Sabtu, 10 Desember 2016

Es Klamud = Es Degan



Es Klamud = Es Degan

Hai Sob.

Es klamud atau es kelapa muda atau orang bilang juga es degan memang ngangenin. Dari sejak jaman dahulu, aku suka banget degan ini. Sayangnya, di desaku nan sejuk ini jarang yang jual. Adapun cuma klamut-klamut alias degannya masih mudanya kebangetan. Jadi tipis banget daging kelapanya #daging kelapa?😁





           Dulu, ingat banget waktu kecil dan main ke rumah simbah di Jatinom, Klaten. Di tempat itu banyak nyiur kelapa melambai-lambai. So, setiap rumah pasti punya pohon kelapa yang berjejer di pinggir kebunnya. Tak terkecuali simbahku suwargi. 

Degan/kepala muda



Mbah kakung selalu sigap siap sedia urusan naik pohon kelapa yang tinggi menjulang. Nggak usah pakai tali temali kayak manjat tebing, cukup badan kurus (gemuk boleh sih, tapi kan lebih susah manjatnya) beliau dengan berani naik untuk ambilin degan atau kelapa buat cucu-cucunya. 


Sekali dibladogatau dibelah, disisirin juga sedikit kulit degannya yang hijau. Terus dengan senangnya aku akan mengeruk degan tersebut dengan kulit degan. Uenak banget, Sob. Makannya pun di kebun, ditemani semilir angin, hem… .sejuk… Kok jadi inget simbah ya😒


Untunglah sampai sekarang masih ada beberapa pohon yang tersisa. Setiap saudara main ke rumah, selalu ada degan yang menjadi oleh-oleh buat keluargaku. Terutama buat aku yang maniak degan😁


Biar tampah enak, aku bikin es degan versiku sediri.
Caranya:
1.     Sebelum degan dibelah, airnya tampung dulu ya, Sob. Air degan ini sueger banget.
2.    Belah degan lalu bersihkan dengan sendok kulitnya yang bikin kotor. Nggak perlu dicuci, biar tetep seger. Keruk degan dengan sendok, tutup botol atau kerukan yang dijual di pasar. Hehe, bebas.
3.    Sisir gula jawa atau gula merah secukupnya, campurkan di degan dan airnya yang sudah dikeruk. Tambahkan es batu sesukamu.
4.    Siap dihidangkan. 

Es klamud=es degan

Esna dikit ajah

Tuh kan, cepet banget, hehehe.

Tips:
-    Kalau nggak suka gula merah, bisa dipakai gula pasir yang dilarutkan dulu.  Rasanya tetep sedap dan enak.   Bisa ditambah nangka dan tape.

Yuk, Sob mumpung long week end, bikin es degan versiku atau versimu sendiri.

      


58 komentar:

  1. paling enak ditambah es batu lah pokoke mak nyuss :D

    BalasHapus
  2. baru uda ngerasaain es kelapa muda, eh terbaca postingan ini.
    met weekend mbak wahyu

    BalasHapus
  3. Es klamud maknyuss dimakan waktu cuaca panas. Sueger tenan.

    BalasHapus
  4. minum air kelapa ini tanpa tambahan apapun, banyak manfaatnya ya...

    BalasHapus
  5. Es degan memang enak dan ngangenin ya sob udah lama juga gak minum es degan nih

    BalasHapus
  6. Enak bgt kalo minum es kelapa gini pas cuaca lagi panasss. kalo aku dirumah biasanya pake gula jawa / sirop marjan mba.

    liat postingnya tiba-tiba jadi pengen minum es kelapa >-<

    BalasHapus
  7. Es dogan, weh ini pas banget ya kalau lagi cuaca trik melepas dahaga dengan es dogan mantaf loh

    tdk hanya melepas dahaga air dogan juga baik untuk kesehatan

    saya sudah sangat jarang menikmati es dogan, nggk ada yang traktir sih .... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak. Tempatku juga jarang kok

      Hapus
  8. Ini kalau disantap disiang yang terik josssssss banget mbak :D

    BalasHapus
  9. Aku kurang suka sih, es degan mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selera ya Mbak, mbakku juga nggak suka. PAdahal seger tenan lho :)

      Hapus
  10. Aku pernh buat miniuman ini teh.
    tapi ditempat aku bukan es degan, namanya es kelapa aja gitu ..
    tapi sebenernya sama aja sih haha ..

    di jual di bogor lumyana teh seplastik 5rebuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih terjangkau harganya Mas :) sueger kan?

      Hapus
  11. Enak ya mbak.. pengem coba nih hehe.

    BalasHapus
  12. mbak, mau satu ya antar ke rumah hehehe..... enak sekali terlihat

    BalasHapus
  13. Eh iya Mbak, tahu kentos, nggak? Aku sendiri agak-agak lupa apa betul begitu istilahnya. Jadi itu lo Mbak, katanya bijinya kelapa apa ya? Rasanya katanya enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya namanya kenthos sih. Itu untuk kelapa yang sudah sangat tua, sampai keluar kenthos di bagian dalam kelapa Mbak. Tapi aku juga belum pernah makan. Jadi nggak tahu rasanya.

      Hapus
  14. Duh mba... itu enak banget!! Aku suka kelapa muda, dulu waktu hamil kerjaannya makan kelapa muda & minum air kelapa ijo, enaaak :D

    BalasHapus
  15. Aku sukanya pake gula putih mba klo gula jawa bikin aku tambah manis wekekekk *dilempar batok kelapanya*

    BalasHapus
  16. praktis ya mba bikin es degan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak, langsung diminum aja juga nggak apa2 sih. Udah enak Mbak :)

      Hapus
  17. waduh enak esnya bikin ngiler apalagi cuaca lagi panas dahh

    BalasHapus
  18. Siang2 gini enyak bgt minum es degan ya mbak. Jadi inget jaman hamil kmr seneng bgt klo dibeliin es klamud

    BalasHapus
  19. aaahhh minuman fav banget ini :D

    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
  20. Aku suka banget dehh kelapa muda biasa kuminum Tanpa campuran apapun buat terapi juga soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, memang udah enak Mbak. Manis dikit tapi tetep sueger :)

      Hapus
  21. Ketika cuaca panas, minum es yang satu ini membuat fresh ditenggorokan. Apalagi ketika mertua lewat didepan pastu tidak terlihat deh πŸ˜‚

    BalasHapus
  22. saya juga suka minum es degan mbak. apalagi jika cuaca lagi panas, maka minum es degan sebagai penawar hehe.

    BalasHapus
  23. Pengen tenan aku Kakkkkkk
    anterin sini ke Kaliwungu to :-D

    BalasHapus
  24. duhh...mantff binggo nihh mba wahyu..lagi kampuss malah gagal fokus liat picture nyaa...hehehhe

    BalasHapus
  25. Aku klo dlu main di rumae nenek juga gitu mbak. Klo ada paman yg manjat pohon kelapa, antusias banget klo udah mbelah kelapanya. hee APa lagi waktu ngerukin itu kelapa mudanyaa... wihhh.. dinikmati dg ditmani semilir angin, mantap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepoi2, ma bayangin yg oke oke ya mbak, hihihi...

      Hapus
  26. Aku klo dlu main di rumae nenek juga gitu mbak. Klo ada paman yg manjat pohon kelapa, antusias banget klo udah mbelah kelapanya. hee APa lagi waktu ngerukin itu kelapa mudanyaa... wihhh.. dinikmati dg ditmani semilir angin, mantap :D

    BalasHapus
  27. Iya es degan senang sekali saya, tapi sekarang mihil mbak, apalagi kalau pas bulan puasa.. *rejeki pedagang kali ya mbak, hehe..

    Meski mahal tapi tetap dibeli lah daripada ngilerrr :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya kalo puasa wah jadi mihil banget
      Nanem sendiri kelapanya bisa jadi solusi Mbak, hehehe.

      Hapus
  28. Seger tenan, pengen menuju tukang klapa aku ni

    BalasHapus
  29. kalo di daerahku disebutnya damere Mba, kelapa muda dicampur gula merah dan es, wiii mantap banget dinikmati siang hari saat cuaca panas :)

    BalasHapus