Rabu, 30 November 2016

7 Menu Sarapan (Nggak) Spesial, yang Mana Kesukaanmu?



7 Menu Sarapan (Nggak) Spesial, yang Mana Kesukaanmu?

Hai Sob.

Sarapan bagi sebagian orang merupakan menu wajib yang harus dilaksanakan. Jadi wajarlah kalau emak-emak alias ibu rumah tangga itu benar-benar dibikin rempong saat pagi hari karena musti nyiapin sarapan ini.

Sayur apa, lauk apa, hem, itu sih biasanya sudah dipikir semalam sebelumnya ye, Sob #pengalaman pribadi, hihihi. Tak hanya sarapan sih, minuman, bekal anak sekolah serta hal-hal kecil memang membuat emak rempong makin ramping. Soalnya harus super cepat dan tepat, biar semua bisa dikerjakan dengan baik.

Balik ke sarapan ya, Sob. Biasanya, menu sarapan di pagi hari ada beragam. Masing-masing keluarga tentu punya menu yang berbeda ya secara kegemaran juga lain-lain. Ada 7 macam menu yang kutemukan, berdasar pengalaman pribadi. Mau tahu mau tahu?

1.  Bubur

Bubur rames

Ini benar-benar menu yang menggampangkan emak-emak. Lha kenapa? Ya iya, soalnya beli sih, jadi ya nggak perlu rempong bikin dulu, hihihi.

Khusus buatku, menu bubur kadang terlintas saat hari libur. Walaupun antrenya hadeh… sambil baca komik selesai deh satu buku. Untung kita enjoy saja antrenya, diasyikin ajah. 


Buburnya nggak kayak bubur di Yogyakarta yang pada umumnya ubo rampenya berupa gudeg. Di sini, buburnya lengkap ada sayur dan lauk loh. Sayur tahu, jangan gori (sayur nangka) pecel, mijagung, juga bakwan dan telur kalau mau. Nah, sehat kan?

2.  Nasi Goreng


Nasi goreng

Walau katanya bikin ngantuk, nasi goreng merupakan menu putus asa di pagi hari, hihihi. Kok bisa sih ya? Iya, nih, soalnya, kalau ada nasi sisa semalam, paginya paling oke yang dibuat nasi goreng. Dibuang? Sayang :D


3.  Roti 

Roti (Sumber gambar: sajiannusantara.com)

Kalau pas malas masak, roti bisa menjadi menu sarapan ala orang luar negeri ya. Asalkan sudah sedia roti tawar, mentega dan meises/keju, langsung deh digarap. Jangan lupa susu hangatnya :D


4.  Telur ceplok

Telur ceplok (Sumber gambar: republika.co.id)

Ini juga menu sarapan terpraktis yang biasanya terjadi saat bahan-bahan di kulkas sedang kosong melompong. Adanya telur. Yowes diceplok saja, tambah garam, bisa deh jadi menu sarapan yang simpel nggak ribet.


Pesan: Biar nggak ngebosenin, telur bisa ditambah daun onclang dan cabai iris tipis. Bikinlah seperti martabak.

5.  Nasi + sosis/nugget

Nuget (Sumber gambar: mangcook.com)

Ini kesenangan kebanyakan anak-anak. Tinggal beli yang jadi langsung goreng, beres deh. Atau bisa juga bikin sendiri J

Baca juga: Cumi Pedas Hosh

6.  Nasi jagung

Nasi Jagung

Nasi jagung dengan urap dan gereh asin ini sering menjadi menu utama dirikuh dan Mbah Kakung. Walaupun nggak bikin tapi musti beli, nasi jagung ini ngangein banget.


Tips: Buat pengidap sakit gula, nasi jagung menjadi menu pilihan karena kandungan glukosanya sedikit.

7.  Sayur + tempe goreng

Sayur kangkung dan tempe goreng

Ini kalau sudah disiapkan sehari sebelumna ya Bu Ibu, eh Sob. Masak sayur dan lauk kadang rempong kalau harus pagi semua. Tapi ini menjadi sarapan terlezat kalau bisa tersaji di pagi hari #versiku, hehehe. Apalagi untuk keluarga tanpa asisten rumah tangga.


Hanya 7 menu sarapan versiku, Sob. Versi Sobat yang lain tentunya beda juga. Ada lho orang yang nggak sarapan, perut jadi sakitlah, lemas, mules, panas, pusing lelah lesu #hallah.

Namun tak jarang orang yang sarapan malah bikin perut sebah, nggak enak, nggak nyaman, dan bikin seharian bĂȘte gara-gara sarapan. Bisa jadi karena kurang terbiasa ya. Kalau Sobat kategori yang mana sih?

44 komentar:

  1. Klo nginep dihotel entah knp bisa makan nasi dan segala rupa kek aji mumpung gtu hahaha tp klo dirumah cmn bisa makan roti doank lah emang yg ada cmn itu doank :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, pokoknya yg ada ajah yo Mbak :D

      Hapus
  2. ada juga yg namanya bubur rames ya? di daerah mana itu mba? saya suka sarapan dgn bubur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, ada Mbak, di desaku, hehehe. Rames lengkap ada pedesnya dll :)

      Hapus
  3. kayaknya semuanya spesial , tapi harinya harus beda beda hadirnya mbak hehehe

    BalasHapus
  4. Nasi goreng sama telor ceplok dehh mbaa favorit ssaya dikala waktu sarapan...karena nasgornya di bawa ketempat kerja...jadi sarapanya di kantor....hehhhe

    BalasHapus
  5. aku suka semua Mbaaaa, kecuali nasi jagung belum pernah makan :-D

    BalasHapus
  6. mm, seringnya sih sarapan telor soalnya praktis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang praktis banget mbak kania :)

      Hapus
  7. Kalau sarapan aku cuma pake susu doang mbak, soalnya suka sakit perut kalau makan. Nggak biasa sarapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak temeku kalo sarapan perut malah sakit Mbak. Gpp Mbak, masalah kebiasaan kayakna ya

      Hapus
  8. hehe, hari ini sarapan roti plus kopi hitam, alhamdulillah bisa pesan dan di antar ke rumah

    praktis sih

    BalasHapus
  9. Dulu pas masih tinggal di rumah, sarapan adalah hal wajib buatku mbak. tapi sejak ngekos, lama-lama mulai bisa nggak sarapan. tapi sebisa mungkin tetap usahain sarapan sih :D

    btw, penasaran sama nasi jagungnya, di Medan nggak ada kayaknya deh.

    BalasHapus
  10. kalau aku 3 kali seminggu waktu masih di Jakarta pasti poin pertama tuh, bubur ayam yang suka lewat di depan kos.... enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini beda sama bubur ayam Mbak Cit. Lebih menggelegar yg ini hihihi

      Hapus
  11. Bubur rames itu khas ya... apa aja isinya? itu kuahnya kayak kuah pecel :)

    BalasHapus
  12. Lagi mencoba sarapan buah Mba. Walaupun kadang gak konsisten tergantung tukang sayur bawa buah enggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mbak, aku suka buah apapun. mau makan pagi siang malam perutku aman Mbak :)

      Hapus
  13. kalo saya seringnya sarapan pake roti Mba, lebih praktis, hihihi :D

    BalasHapus
  14. semuanya saya suka mba, bergantian jadi gak bosan

    BalasHapus
  15. Aku suka nasi pecel dan soto ayam lamongan hahaha. Sayang di tempatku sekarang susah nemu nasi pecel pagi2. Banyakan nasi uduk :(

    BalasHapus
  16. Semuanya suka. Kecuali nasi jagung. Belom pernah makan sih. Jadi penasaran. Hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari sini Mbak Nia, ntar nongkrong makan nasi jagung hihihi :)

      Hapus
  17. Walau putus asa, aku sukaaaa sarapan nasi goreeeng

    BalasHapus
  18. Biasanya makan nasi rames. Kalau bubur belum pernah tuh. Enak kayaknya apalagi dibungkus daun pisang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Bungkusna aja udah bikin kita yummy :)

      Hapus
  19. Kalo saya biasanya, kalo ga roti ya nasi uduk..klo nasi goreng bikin klo lg pingin aja :D

    BalasHapus
  20. Sekarang saya lebih suka makan buah dulu Mbak, esp karena lagi hamil, biar nggak sembelit. Satu jam sesudahnya baru makan sesuatu yang lebih berat he he. Sebenarnya sih paling suka bubur ayam, tapi bubur yang enak jauh banget dari rumah. Oh iya kalau mau yang praktis si beli nasi uduk di warung tetangga hi hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, semoga sehat ya Mbak
      Aku juga suka pagi2 makan buah, perut ga masalah kok

      Hapus
  21. aku oats atau cereal mbak. ringkes cuman dikasih susu aja. hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oats aku nggak begitu doyan Mbak. Kalo sereal pernah juga sih. Memang leih simpel dan mudah bikinnya.

      Hapus
  22. Nasi goreng pilihan saya yang sering saya makan kalau pagi sebelum ke kantor

    BalasHapus