Jumat, 27 Januari 2017

7 Manfaat Daun Sirih



7 Manfaat Daun Sirih

Hai, Sob. Gegara baca blog Mas Yuli di Garo Blog pingin juga nulis tentang daun sirih. Daun sirih memang sudah terkenal dimana-mana. Termasuk jaman simbah alias nenek-nenek jaman dahulu kala. Banyak simbah (termasuk nenekku) yang hobi banget nginang pakai daun sirih ini.

Dengan selembar daun sirih, ditambah gamping dan gambir di atasnya, lalu menelungkupkannya. Jadilah santapan dan mulai mengunyahnya di dalam mulut. Nginang  merupakan momen mengasyikkan buat beliau-beliau ini.
 


 
Daun sirih ini mengandung minyak atsiri, pati, seskuiterpen, gula, zat samak dan kavikol yang bisa mematikan kuman. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya:

1.  Menghentikan pendarahan
Ini aku alami sendiri waktu kecil sering sekali mimisan. Kepanasan dikit, mimisan, capek, mimisan, upacara mimisan. Supaya darah berhenti keluar, ibu langsung melinting daun sirih segar dari kebun, ditaruh di lubang hidung. Tak berapa lama, darah pasti mampet.

2.  Mengatasi mata merah dan gatal
Rebus saja 3-6 daun sirih yang sudah dicuci bersih. Gunakan untuk mencuci mata perlahan-lahan 3 kali sehari.

3.  Cepat mengeringkan luka karena cacar air
Anak yang terkena cacar air biasanya rewel karena bentol-bentol berair dan gatal. Supaya luka cepat kering, rebus 15-20 lembar daun sirih sampai mendidih. Tunggu hingga agak dingin, pakailah buat memandikan si kecil 2 kali sehari. Nggak usah disabun dulu ya. Biasanya lukanya akan cepat mongering. Anak ceria lagi deh :D

4.  Menghilangkan radang tenggorokan
Ambil 3-5 lembar daun sirih, rebus hingga mendidih. Minum airnya sedikit demi sedikit, niscaya gatal di tegngorokan akan berkurang dan sembuh.

5.  Sakit gigi
Ambil beberapa lembar daun sirih dan direbus dengan 2 gelas air. Rebus hingga tersisa segelas air. Setelah itu pakailah untuk kumur-kumur.

6.  Menghilangkan batuk
Caranya seperti point 4. Walau tidak langsung hilang, tapi batuknya bisa berkurang. Bahkan sembuh.

7.  Menghilangkan keputihan
Rebus beberapa lembar daun sirih. Kalau sudah hangat-hangat kuku, gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan secara rutin.

Daun sirih (sumber gambar: manfaat.co)

 Itu baru sebagian kecil manfaatnya, Sob. Masih banyak yang lainnya. Aku sudha membuktikannya sendiri. Sejak kecil, saat flu, radang tenggorokan dan batuk menyerang, ibu juga selalu merebuskan aku daun sirih.

Air rebusannya aku minum sedikit demi sedikit (lama-lama menjadi bukit) hehehe. Pokoknya saat tenggorokan mulai gatal-gatal nggak enak, langsung deh seseruput air rebusan daun sirih ini menghiasai tenggorokanku.

Dengan rutin meminum air rebusan ini, rasa gatal di tenggorokan bisa berkurang lho. Memang deh daun sirih ini kaya manfaat. Sobat punya cerita lain tentang daun sirih?

Baca juga:


28 komentar:

  1. izin simpan mbak, siapa tahu nanti ada keluarga atau anak mas, nanya apa guna daun sirih :D

    BalasHapus
  2. aku uda pernah minum rebusan daun sirih yang merah ondeh mandeh bikin pengen dipeluk manjah abang Zumi Zola rasane pahit benerrr :D meski khasiatnya serenceng tapi aku tetap nyerah ga mu minum mba :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wikikik, apa pahit sih? nggak begitu banget Mbak, hihihi

      Hapus
  3. Jadi ingat Nenek saya mbak, hehe. Dulu kalau sakit gigi pasti langsung dicarikan daun sirih.. huhu jadi kangen nenek :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nenek memang selalu pake yg tradisional hehehe

      Hapus
  4. Ya daun sirih memang bisa untuk mengehentikan pendarahan saat mimisan, ini pernah aku buktikan, daun sirih juga sangat bagus untuk mengobati kutu air dg merendam kaki yg kena kutu air kedlm air rebusan daun sirih, untuk mencuci borok juga bisa cepat kering loh

    BalasHapus
  5. Hhahaha...sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit...
    Iya benar mbak,,,memang khasiat daun sirih itu banyak...sayang cuma ada di Indonesia :(

    BalasHapus
  6. Memang banyak manfaat sirih / suruh ya mba.. Sebagai tanaman hias pun cakeep.. Jd pengen nanem juga nih..

    BalasHapus
  7. Aku baru tau yang point nomer 4...

    Maaci infonyaaaa

    BalasHapus
  8. khasiat daun sirih memang luar biasa. inget banget dulu di pekarangan sempet nanem tanaman daun sirih

    BalasHapus
  9. Daun sirih banyak manfaatnya, poin satu dulu waktu kecil pernah saya gunakan, mbak, memang hasilnya darah di hidung berhenti seketika, dan lambat laun pun tak pernah mimisan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khasiatnya memang menakjubkan ya Mbak :)

      Hapus
  10. Pernah punya pengalam dulu dengan daun sirih ini bisa mengobati penyakit gatal pada kulit

    BalasHapus
  11. dulu... banyak org nanem daun sirih di halaman rumahnya. sekrg ini sepertinya sdh jarang ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanem lagi Mbak, hehehe, bisa buat seger2 pandangan mata

      Hapus
  12. Saya juga pernah waktu kecil mimisan dan pakai daun sirih. Ini karena dulu ada nenek tetangga yang tukang nyirih. Kalau sekarang kayaknya susah dapetnya, haha... Katanya bisa untuk hilangin BB juga ya.

    BalasHapus
  13. Saya baru ngerasain manfaat yang nomor 2, 5, dan 7. Yang lain belum pernah nyoba. Setiap masa nifas, saya juga cebokan pake air sirim anget. Enaaaaak... gak gatel. Hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mbak, memang berkhasiat banget daun sirih ini

      Hapus
  14. Guru2 SD sebelah kalau pas upacara or olahraga ada anak mimisan mesti nyuruh murid2 lain ke rumah buat minta daun sirih supaya mimisannya berhenti
    Banyak banget ya manfaat si daun sirih ini :)

    BalasHapus