Jumat, 03 Februari 2017

7 Kenangan Masa Kecil Ini, Masihkah Kau Ingat?



7 Kenangan Masa Kecil Ini, Masihkah Kau Ingat?

Hai, Sob. Masa kecil memang terlalu sayang tuk dilupakan, ya. Selain masa super bahagia dan nggak ada masalah yang bikin stress, masa kecillah membuat kita seperti ini. Iya, seperti sekarang ini J .

Kalau kita perhatikan, anak-anak sekarang juga melakukan hal-hal yang dulu sering kita (khususnya aku) lakukan #secara hidup di desa. Entahlah kalau di kota. Hehehe, memperhatikan mereka bikin geleng-geleng kepala, kesal, bahkan ketawa sendiri.


Nah, masih ingat nggak kenangan masa kecil yang sangat membahagiakan itu?

1.  Mainan pasir/tanah
Bagaimana perasaan anak-anak melihat gunungan pasir di tempat tetangga yang mau bikin rumah? Hepilah hihihi. Itulah arena mereka bermain :D Pokoknya pasir ini idola banget!

Buat plosotan, ditambahin air, bikin sungai apapun deh. Hasilnya? Si empunya pasir bakalan marah-marah #biasa. Cuek aja, sih, anak-anak biasanya langsung ngacir kalau si empu sudah cuap-cuap mengusir secara halus. Entar yang punya masuk ke dalam, main lagi :D

Sebenarnya ada betulnya juga lho, mainan pasir ini kalau nggak hati-hati dan kena mata, duhai pedasnya, melebihi pedas kena lombok set bro!

Kalau ubek-ubek tanah dan dijadikan bentuk apa saja sih sudah biasa, ingatkah dirimu?
2.  Mainan air/hujan-hujanan
Siapa sih yang nggak suka maianan air? Kalau bahasa Jawanya kecehan. Hihihi. Mau hujan badaipun bahkan banjir, anak-anaklah yang paling bahagia. Nggak mikir urusan rumah tergenang atau bapak ibu susah lihat air yang meluber. Mereka malah asik berenang dan basah-basahan.
Tagline mereka: “Pokoknya hidup itu harus bahagia!” Sepakat!

3.  Memanggil orang lalu sembunyi
Hihihi, duh duh, geli sendiri lho nulisnya. Ingat banget dulu sering sembunyi di balik pagar atau tumbuhan teh-tehan. Kalau ada orang lewat, teriak, “woi!”, terus ngumpet. Orang yang lewat pandang kanan kiri, bingung. Si orang jalan lagi, dipanggil lagi, “woi!” Hih, bikin kesal banget, ya. Biasanya si orang langsung cepat-cepat jalannya sambil menggerundel sendiri.

4.  Mengambil buah-buahan milik tetangga
Ya ampun, nggak nggak lagi deh. Untunglah kategori ini aku nggak ikut-ikutan #ngeles. Masalahnya banyak pohon buah-buahan di depan rumah. Dari tebu, jambu, mangga, salak, jeruk dan lain sebagainya. Yang masih sih cuma salak, mangga dan jambu.
Sebagian tanaman yang tumbuh di pinggir jalan memang mengiurkan orang untuk  mengambil. Terutama anak-anak, sampah yang berserakan di sekitar kebun mau nggak mau bukti keusilan mereka. Hehehe. Padahal kalau minta pasti dikasih lho.

5.  Pasaran
Biasanya anak perempuan yang main pasaran alias dol tinuku ala di pasar. Punya sih maianan seperangkat alat rumah dapur. Tentu saja masih kurang, kan temannya banyak. Semua barang ibu di dapur bisa-bisa pindah tempat ke halaman. Dedauanan bahkan tanah bisa dijadikan untuk jualan es cendol ala anak-anak.
Kasihan, ibulah yang akhirnya akan membersihkan bekas maianan dan mencucinya. Iya apa iya hayo? Yang sabar ya, bu…

6.  Main petak umpet dan main bola
Yang paling kuinget dulu sih karena kecil sendiri aku selalu dijadikan pupuk bawang, alias ikut main tapi pemain abal-abl. Hikss… menyedihkan. Jadi ya gitulah, tiap main petak umpet, jadi mulu. Harus nyari mbak-mbak dan mas-mas yang ngumpet entah kemana.
Tapi ya manut aja sih, daripada nggak diajak main?

Kalau main bola, wah ini olahraga kesukaan ribuan umat. Anak-anak bisa jejeritan, teriak dengan sekeras-kerasnya. Dan indahnya lagi, nggak ada yang namanya tawuran. Hebat, kan?

7.  Disuruh tidur siang tapi kabur main
Hehehe, pasti, paling males banget kalau disuruh tidur siang. Ini jamnya teman-teman yang lain mainan. Kalau sudah dipanggil-panggil teman, ibulah yang akan ke pintu dan bilang kita lagi tidur, dilarang keras buat ngeganggu. Ke lapangan aja sana biar nggak berisik, kalau perlu mainnya sampai monas sekalian ya bla bla bla.

Dan kita memang pura-pura tidur. Saat ibu lengah, langsung deh lari keluar rumah. #Kabur!
#Perjuangan masa kecil yang tak mungkin kulupa!

Nah, Sob, kalo inget-inget jadi ketawa sendiri, ya. Wkwkwk. Memang masa kecil tuh masa paling membahagiakan. Nggak tahu anak-anak sekarang apakah masih bisa bermain semaksimal mungkin, ya? Pulang sekolah udah capek kadang les ini itu.  Belum gadget dan TV yang bikin mereka betah duduk manis. Ruangan buat main mungkin juga nggak seluas di desa.

Teriakan mereka, canda tawa dan ekspresi mereka yang polos, hem… Gimana, Sob, masih hebohkah anak-anak main di sekitar tempat tinggalmu?

Baca juga:

71 komentar:

  1. Mainan tanah itu, Mbak. Tanah basah atau liat trus dibentuk jadi bulatan yang maksudnya itu kue talam. Dipotong2 deh trus main pasar2an. Hihihi...

    BalasHapus
  2. Kenangan masa kecil memang asik banget dan sulit dilupakan.

    Paling seneng itu mandi hujan sama main petak umpat..seru!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air memang menenangkan bagi anak2 hehehe

      Hapus
  3. Hehe, setelah baca artikel ini saya senyum ingat masa lalu karena yang di paparkan di atas, dulu ketika kecil saya lakukan.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah masih mba walaupun kalo dibandingin sama jamanku dulu beda banget sih. Masih pada main sepak bola sore2 ampe magrib, sepedahan gitu2. Tp seringnya ngumpul di satu tempat masing2 megang gadget trus main game online deh rame2 ._.

    BalasHapus
  5. Waktu kecil aku suka main petak Umpet.
    tapi aku lebih suka main kelereng :)
    jadi kangen kan masa-masa itu :(

    BalasHapus
  6. hahahah, angkatan 90an , ni. sama semua ya mainannya. disuruh tidur siang, malah main :p. yok kembali ke masa kecil lagi ,mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau dong Mas Fajar, masa kecil itu tanpa masalah haha

      Hapus
  7. Ingat bener, mainan petak umpet...ditinggal temen saya pulang ke rumahnya, padahal saya sudah muter-muter kesana kemari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, kasihan banget Mas.. hehe tapi begitulah anak-anak

      Hapus
  8. aku suka main tanah mba dibuat rumah2an gtu pulang2 kuku item dikepret sama emak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama :) ada ruang tamu, kamar, dapur juga rumah2hannya ya Mbak

      Hapus
  9. Hihihi..iya,masa kecil memang paling asiiik... Kalau kata orang, masa paling bahagia. Bebas bermain tanpa ada banyak pikiran, ya, Mbak :)

    BalasHapus
  10. ketujuh kenagan diatas dulu pernah aku praktekkan dan kumainkan, bahkan yang pasaran itu yang notaben pemainnya malah cewek semua dn aku suka ikut. duhh asikknya minta ampun zaman dulu itu hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, pokoknya asik ada pembeli dan penjual ya Mas :D

      Hapus
  11. Ah, semuanya saya pernah ngalamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kecuali pada nomor 5. Itu mainan cewek. Kalo kakak perempuan saya punya. Kini, adik saya juga punya seperangkat mainan dapur itu. Hihi.

      Hapus
  12. main pasaran yang paling sering aku lakuin mba, pernah sampe berantem juga kwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, habis berantem haha hihi lagi ya Nyi :)

      Hapus
  13. Wow benar banget mbak :) jadi kangen masa kecil

    BalasHapus
  14. Haha.. jadi inget ngambil buah2an punya tetangga. Yah ketahuan.. wkwk

    Tapi masa kecil itu menyenangkan, tidak punya masalah.. Happy terus..he

    BalasHapus
  15. aku juga dulu suka banget main tanah, basah2an, masuk empang ha.. ha..

    BalasHapus
  16. Main petak umpet paling jago ana dulu, gak pernah dapet, ngumpet di rumah trus tidur siang ...he.he.he..

    BalasHapus
  17. ha ha...aku udah semua mbak he3

    BalasHapus
  18. hihihi... kelakuan masa kecilnya gak beda jauh sama saya :)

    BalasHapus
  19. Masa kecil memang sangat menyenangkan, dulu paling suka main pasaran
    hehe

    BalasHapus
  20. yg paling inget waktu kecil gw main ujan-ujanan, dan skarang juga masih suka ujan-ujannan .. udh tau musim ujan kerja gak bawa jas ujan, dan ahirnya pulang kerja ujan-ujannan ..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. kembali ke masa kecil mas Khanif

      Hapus
  21. Huaaakakakkakak nyolong buah tetangga & kabur pas disuruh tidur siang itu aku banget! XD sampe gegara kabur pas pulang dikunciin ngga dibukain pintu & aku malah seneng karena bisa maen lagi hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, sampai dikunci pintunya? biar nggak kabur Mbak :D

      Hapus
  22. buat rumah-rumahan dari tanah itu saya sering banget Mbaa, dan ada lagi yang berkesan yakni main masak-masakan dan main baju-baju, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, itu mainan perempuan banget ya

      Hapus
  23. Yang paling ingat, waktu disuruh ibu untuk tidur siang tapi melarikan diri bersama adik, bergabung bersama teman-teman untuk main hujan-hujanan. Meskipun setelah itu kena marah ibu, tapi tetap senang karena ibu marahnya cuma sebentar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana bisa ibu marah2na lama mbak? hehehe

      Hapus
  24. Hahahaha saya pernah ngalamin semuanya. kenangan masa kecil memang indah, seru, dan lucu banget. :)

    BalasHapus
  25. Kalau aku main tanah buat nyari "undur-undur" hihihi..sm main petak umpet dan gobak sodor..sudamanda...banyak deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, nari undur2 sama sudamanda :)

      Hapus
  26. Follback www.mangandosetiawan.com

    Salam kenal
    Terima kasih

    BalasHapus
  27. Main rumah2an pakai pasir, kenangan masa kecil yang sangat indah bareng dua sepupuku yang sudah almarhumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup pasir, hikksss.. udah almarhum Mbak heni :(

      Hapus
  28. Mbak, kenapa semuanya benar?

    Masih ada yang kurang mbak.

    8. Mbolos ngaji
    9. Pulang main magrib. Nyampe rumah diomelin emak.
    10. Kalo hari minggu pagi, bangun tidur masih ileran langsung nonton tipi.

    BalasHapus
  29. semuanya pernah aku coba mba waktu kecil, tapi kalo ngambil buah2an tetangaaa... aku juga pernah hehehe tapi suka bilang kooo

    BalasHapus
  30. Haha... kalau saya dulu pulang ngaji pas ashar, lanjut main bentengan sampe menjelang maghrib. Pas pulang kena damprat deh karena belum mandi, haha... Nyari ikan cupang di got juga iya, diseling sama main bentengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betengan juga mainanku sejak kecill.. sampai hampai lupa ma mainan ini lho

      Hapus
  31. Kalau aku telpon teman tapi setelah diangkat langsung dimatikan. Heheh iseng banget ya

    BalasHapus
  32. Ah, jadi ingat masa-masa kecil dulu. Semua permainan diatas sudah pernah saya mainkan termasuk main pasaran. Hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak, menyenangkan sekali ya maa :)

      Hapus
  33. Saya termasuk yang suka main no 5. Main jual-jualan pecel. #eh 😆

    BalasHapus