Jumat, 20 Januari 2017

7 Hal Ini Bisa Terjadi Jika Anak Main di Motor/Mobil



7 Hal Ini Bisa Terjadi Jika Anak Main di Motor/Mobil

Hai, Sob. Pernah nggak lihat anak kita/saudara/keponakan yang maunya main mulu dalam mobil. Di bagasi mobil atau ulak ulik jendela, pintu, buka tutup pintu dan lain lain deh pokoknya. Kalau mobil terbaru lebih canggil, ya. Kalau mobil yang lama, perlu perhatian khusus lho.

Sepele banget sebenarnya. Bikin gemes juga ya, Sob. Dibilangin nggak mau denger, ditinggalin bahaya, didiemin bikin pusing pala berbi. Baiknya diapain ya?


Tapi ternyata kita harus tetap tegas kalau urusan kendaraan ini. Bukan masalah kendaraan harganya selangit, tapi bahayana terhadap anak-anak yang belum mengerti.

Ada beberapa pengalaman yang jangan sampai deh terulang lagi. Selain berbahaya, membahayakan keselamatan si anak juga orang lain. Ini yang bisa terjadi:

1.  Nyetir mobil sendiri
Anakku yang kedua saat batita susah banget makan. Biar makannya banyak, paling suka makan di dalam mobil.

Nah suatu ketika, ikut kung uti (kakek nenek) pergi. Pulangnya, kung utinya sudah keluar dari mobil, eh anakku pingin main lagi di dalam mobil. Naiklah dia. Sedangkan kung utinya sibuk menawar orang jual ikan yang kebetulan datang.

Tak disangka, entah lupa hand rem atau gimana, itu mobil meluncur dari halaman rumah, terus meluncur ke bawah (halaman rumah jalannya turun). Non stop melewati gang dan nyemplung horror sampai depan teras tetangga. 

Di jalan ini mobil meluncur turun
 Ya Allah, untung di jalan pas nggak ada orang atau kendaraan lewat. Tepat di pinggir jalan ada pohon teh-tehan. Mobil belakang nyangkut di teh-tehan. Bagian depan mobil nangkring di tepi jalan. Kedalaman kira-kira 2 meteran. Huhuhu..

Syukurlah, mobil nggak salto dan terbalik. Anakku bisa dikeluarkan dibantu tetangga,  nggak nangis juga, sedikit kaget. Yang shock kung utinya, 7 hari 7 malam kalau ingat kejadian itu nangis sendiri. Juga dakuuu huhuhu.

Uh, kalau ingat, ngeri ya Sob, itu orang sekampung tahu. Duh duh duh, nggak berani-berani lagi deh mainan mobil.
Baca juga: Saat Anak Belanja

2.  Ngegas motor sendiri
Habis keponakan dijemput sekolah, ibunya masih nangkring di atas motor matic. Si anak yang duduk di depan juga masih nangkring. Saat si ibu sibuk menurunkan tas. Tiba-tiba si anak tanpa sengaja nge gas motornya.

Huwa… gubrak! Nabrak tembok deh, untung nggak sampai jatuh. Tapi jeritan ibu dan si anak bikin tetangga pada berdatangan.

3.  Ngejalanin motor sendiri
Ini kualami saat di pasar. Anakku duduk di depan, aku sibuk beresin belanjaan. Eh, motor matic sudah kunyalakan. Anakku yang pegang gas motor dan ngueng! Motor melesat nabrak peti-peti buah-buahan yang sudah kosong. Hancur deh itu peti, aku dan anakku hampir masuk got. Dan si Ibu penjual kagetnya setengah mati. Ngeri ya, malu jugak hiksss…

4.  Nutup pintu bagasi sendiri
Kalau nggak pas dan kejepit, yang rugi siapa hayo?

5.  Masukin sesuatu ke dalam lubang kunci
Yang namanya anak-anak, apapun bisa dijadikannya mainan. Rasa ingin tahunya yang super besar membuatnya suka melakukan hal-hal yang bikin orang dewasa harus sabar. Pernah lho ponakanku memasukkan ujung pencilnya yang runcing ke lubang kunci motor. Dan olala! Kuncipun syusyah masuknya,  harus panggil tukang kunci, hadweh…
Baca juga:

6.  Naik motor yang diparkir sendiri
Akibatnya? Kalau nggak pas itu motor bisa terjatuh. Dan si anak bisa terjungkal atau malah kejatuhan motor, nggak mau, kan?

7.  Anak terbawa mobil orang
Geli-geli gimana kalau ingat kisah ini, Sob. Ceritanya, seorang anak tetangga ada yang suka banget usil. Pas tetangga lain ada tamu naik mobil pik up, eh si anak ini main di bak mobil belakang yang berisi beberapa barang. Sampai si anak tertidur pulas ketimbun barang-barang.

Si tamu nggak nyadar, sore hari pulang aja setelah urusannya selesai. Eh tak berapa lama si anak bangun, kaget dan menangislah ia. Si tamu ini malah takut, dikiranya hantu wkwkwk.

Saat noleh ke belakang paniklah dia melihat anak kecil di bak belakang mobilnya. Secepatnya dia turun, si anak ketakutan, nangis kejer guling-guling. Akhirnya, si tamu balik lagi ke tetanggaku, minta maaf plus bingung anak siapa yang dibawanya hihihi.

Padahal tetanggaku yang anaknya nggak pulang-pulang ini udah pusing 7 keliling. Lucu tapi ngeselin juga ya. Sabar, sabar, namanya juga anak-anak :D

Gimana, Sob, masih tenang aja nggak kalau lihat anak-anak utak utik mobil/motor tanpa pengawasan orang tua?

38 komentar:

  1. wahhh deg2an aku mah... syka mencat mencet tombol tiba tiba nyaka..aikhh ngerihh .tetep diawasinb sihh paling

    BalasHapus
  2. Sering banget kalau liat anak-anak seperti itu, ada saja keisengan yang terkadang bikin jengkel dan terkadang bikin ngakak juga..

    Tapi ya, namanya juga anak-anak, harap maklum. Tapi yang pasti hsrus dijaga takut kejepit pintu mobil saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep yg tua yg waspada ya mas hihihi. Iya memang bikin ngakak aja kadang2 hehehe

      Hapus
  3. rasa ingin tahu anak memang luar biasa, itu yang menyebabkan anak-anak meniru apa yg dilakukan oleh orang dewasa. sebagai orang tua memang harus tegas untuk hal-hal yang berbahaya

    BalasHapus
  4. Aku palign sebel kalau liat anak2 sd-smp-sma pada naek motor, ugal2an pula.. gggrr.. itu ortunya ngga sayang anak apa ya? Aku aja baru dikasih belajar mobil pas kuliah sama nyokap karena takut knp2.. aneh deh ortu yg ngasih anak kendaraan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun,.. sama nih Mbak, di desaku juga banyakkk dan mereka nggak tau aturan

      Hapus
  5. kalo gw punya tuh ponakan suka banget dinaikin spd motor sama orang tuanya, dan itu jadi kebiasaan, tiap pulang kerja kalo gak dinaikin apd motor jadi nangis

    bahaya nya kalo misal dirumah ponakan gw kadang suka naik spd motor sendiri, masih umur tiga tahunan .. takutnya ntar jadi yg nomer dua, ngegas motor sendiri ..:D

    BalasHapus
  6. Wah bahaya banget ya :( mesti hati2 tuh

    BalasHapus
  7. Ya ampuuuun, ngakak banget baca point yang terakhir,,,,,
    Tapi yang namanya anak2 ya,,,masih aja dikaruniai keselamatan,,, padahal mobil udah meluncur,,,, haduhhh bisa mati berdiri tuh ibunya... ;)

    BalasHapus
  8. hahahahahha, untung anaknya dikembaliin ya mbak. khawatir juga kalau anak itu kebawa orang .
    kalau masih anak anak, jangan pernah ditinggalin dikendaraan mbak, ya takut apa yang mbak tulis terjadi pada anak sendiri nanti mbak. :)
    lain kali hati hati ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kejadian yg nomor 1 itu bikin trauma banget Mas Fajar hehehe...

      Hapus
    2. be carefull , mbak. :) jangan terulang lagi

      Hapus
  9. Hal sepele tapi bahaya gede buat si kecil kalau di biarkan main di mobil sendirian, semoga tak terjadi lagi ya mbak.

    BalasHapus
  10. Mba ngeri bacanya ><. Alhamudlillah anak mba ga apa2 ya:(
    kalo aku sendiri, ponakanku kalo aku bawa mobil juga suka mainin tuas rem tangan, dia kira mainan makanya kalo aku mau turun pasti aku matiin mesinnya.

    anak kecil ga tau apa2 dikirain mobil itu mainan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, bagi mereka apa2 bisa jadi mainan ihikksss..

      Hapus
  11. Duh geli2 miris gimana gitu mbak. Hehe. Terutama yg nomor 1 itu :( dulu saya pernah lihat langsung yg anaknya ngegas sendiri naik motor matic. Alhamdulillah sempet ditangkep sama bapaknya (anaknya masih kecil) jadi motornya aja yg jatuh anaknya aman. Tp tetep ngertiii.

    Makanya pake helm itu penting banget kemana aja dan siapa aja yg naik motor mau dewasa maupun anak2. Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, untuk keselamatan kita sendiri :)

      Hapus
  12. Aduuh... ngerinya... paling degdegan yang mobilnya jalan itu..

    yg motor juga sering denger cerita yg sama, degdegan juga karena hasna juga suka begitu :D untungnya ayahnya selalu siaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak, emang yg tua harus siaga penuh

      Hapus
  13. Kunjungan perdana mbak,salam kenal.
    mampir ya di blogq :)

    BalasHapus
  14. Waduuh serem mbaak mobilnya tiba" jalan sendiri 😢 pasti kung utinyaa langsung histeriss. . Untuk gak kenapa" mbak yaa. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, trauma hehehe. Alhamdulillah nggak sampai salto itu mobil

      Hapus
  15. wah, emang harus hati2 nih kalau anak2 udah main2 di motor/mobil
    orang tua harus berani melarang :)

    BalasHapus
  16. Ya Allah... ngeri memang mba, memang harus sangat berhati2 jika membawa anak kecil pake kendaraan

    BalasHapus
  17. Tante pernah cerita nih pas dia dagang, ada pembeli di seberang lapak (di bazaar) anaknya ngegas motor. Hancurlah lapak orang, bapaknya ganti rugi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwa... ngeri banget Mbak Nita. KAsihan tapi pelajaran juga buat ortunya ya

      Hapus
  18. anak-anak memang harus diawasi yaa Mbaa, kan bahaya banget tuh kalo sampe nge-gas kendaraan tanpa sepengetahuan orang tua :(

    BalasHapus
  19. emang iki nyamari banget mba, ponaakanku ya tu ke gas. Untung banget kaget langsung dicekel, diane jatuh delalah gpp.
    Medeni ya.

    BalasHapus