Jumat, 10 Februari 2017

Musim Hujan dan Angin Kencang, Ini yang Harus Diperhatikan



Musim Hujan dan Angin Kencang, Ini yang Harus Diperhatikan

Hai Sob. Walau sudah Februari, hujan sehari-hari masih sering menemani kita. Beberapa hari ini, di desaku yang nun jauh di pucuk gunung, yaitu Desa Sumowono, Kab. Semarang, Jawa Tengah, angin kencang nggak ada habisnya. Suara berdesir angin, hu… seperti suara-suara kegelapan yang menakutkan.

Yup, kalau Sobat pernah ke sekitaran daerah Desa Sumowono, Bandungan atau Limbangan, pasti tahu banget ada masa dimana beberapa minggu, bahkan beberapa bulan kami mengalami musim seperti ini. Biasanya menjelang, pas atau sehabis hari raya Imlek. Hujan dan angin yang tiada habisnya menjadi teman setia kami. Semoga berkah dan banyak rejeki ya, Sob. Amin.

 Di dekat SDN Bandungan 1, ada pohon beringin yang ditilik dari penampakan pohonnya sih usianya kuperkirakan sudah ratusan tahun. Pohon dengan sulur-sulurnya yang indah dan dedauanan yang rindang itu memang sejuk dan nyaman sekali bila kita berada di bawahnya. 


 
Dahan-dahan yang patah karena angin kencang membahayakan sekali.


Sekitar situ juga ramai karena selain SD ada TK, kantor juga pasar bunga yang hanya buka sampai siang hari. Di bawah pohon itu pula beberapa jajajan mangkal. Dari bakso, sosis, krupuk, leker, es thong-tong, es krim, es cincau, lengkap deh.

Bahkan buat ibu-ibu yang menunggu anaknya sekolah TK, ada juga belanjaan sayur mayur dan lauk. Aku juga sering nongkrong di situ untuk sekedar ngobrol atau jajan bakso kesayangnku hehehe.

Karena angin kencang sehari sebelumnya, beberapa dahan beringin itu terjuntai dan patah ke bawah. Membahayakan anak-anak SD dan TK yang berseliweran di situ saat berangkat dan ulang sekolah.

Beberapa dahan bisa ditarik dan disingkirkan. Tapi banyak yang patah, bergantungan. Ditarik nggak bisa, didiemin membahayakan, Harus pakai alat untuk memotongnya. Untunglah menjelang siang, aksi merapikan dahan-dahan yang membahayakan ini kelar juga.

Sebagai pengingat saja, saat angin kencang dan musim hujan ini, beberapa hal harus diperhatikan:
1.     Jangan bermain/berteduh di bawah pohon. Anak-anak harus dikasih tahu bahayanya main di dekat pohon besar dan tinggi saat angin kencang karena bisa jadi dahannya patah.
2.    Buat yang sering naik angkot, jangan ngetem/menunggu angkot di bawah pohon. Bahayanya sama seperti point nomor 1.
3.    Jangan lupa bawa mantel kalau Sobat suka naik kendaraan roda 2.
4.    Payung adalah bawaan wajib saat musim hujan seperti ini.
5.    Pakai baju hangat bila bepergian ke luar rumah. Hehe, kayak di luar negeri aja ya, Sob. Tapi saking dinginnya, banyak lho yang berjaket tebal, berkupluk dan bersarung J
6.    Hawa dingin tuh bawaannya laper, jadi siap-siapin deh makanan berlebih dalam rumah. Bikin aja sendiri selain lebih sehat juga hemat, Sob.
7.    Selalu jaga kesehatan dengan makanan bergizi dan imunisasi, ups. Maksudnya dengan pola hidup sehat. Karena, musim angin kencang dan hujan serta  capek karena sibuk membuat badan bisa drop.

Tiap tempat pasti berbeda-beda kondisinya. Bersyukur dan  berdoa semoga aman tentram ya, Sob. Bayangkan kalau lihat berita yang kebanjiran, tanah longsor, kena angin puting beliung, wih.. ngeri. Bagaimanapun tetap waspada di musim seperti ini.

Gimana di daerahmu Sobat?

Baca juga:



63 komentar:

  1. ah iya payung wajib punya, baru aja beli payung soalnya payung lama rusak semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. payung skr emang cepet rusak Mbak. Awet keluaran lama

      Hapus
  2. iyah nih mba..sekarang angin kencang terus saja hadir mba hampir sering mba di daerah saya,,..pagi menjelang pas mau berangkat kerja juga cuaca sudah mendung dan gerimis serta anginnya yang begitu kencang dan kadang takut kalau lagi mengendarai motor..takut ada poho tumbang mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Mas, kudu waspada memang

      Hapus
    2. iya mba wahyu..selalu waspada pokoknyaa

      Hapus
  3. Hujan memang hampir tiap hari juga di sini dan biasanya sih siang. Kalau banjir, semenjak ada BKT udah enggak lagi sih.

    BalasHapus
  4. musim hujan, enaknya dikosan sambil makan tekwan hangat

    BalasHapus
  5. duh mba emang iya mesti pake jaket tebal nek motor pake mantel tipis pulang langsung kerokan ampun dinginnya :)

    BalasHapus
  6. iya mbak sekarang lagi musim hujan deras dan sering bgt pohon tumbang
    jadi harus ekstra waspada.

    BalasHapus
  7. Aku baca di koran untuk kawasan Semarang diperkirakan hujan deras sampe akhir Februari mbak. Thanks tips nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya katanya Mbak, harus siap2 baju hangat terus hehehe

      Hapus
  8. Kalau pas lagi hujan badai gitu suka ngeri. Apalagi kalau suami blm pulang...aiih, makin kepikiran dan bikin ga tenang. Kalau di jalan hujan dan angin kencang, mending berteduh dulu deh sampai hujan reda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, kepikiran MAs bojo kalo pas belum pulang. bener deh, nunggu agak mendingan hujannya

      Hapus
  9. Jadi ingat dulu sering disuruh mama bawa payung pas mengaji sore, eh pulangnya payung gak ada lagi, taunya ketinggalan di mesjid :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyaku pernah ilang di masjid malahan hehehe

      Hapus
  10. Musim hujan disertai angin kencang memang mesti hati hati ya mbk,, apalagi kalau ada pepohonan yang tumbuh di samping rumah,,dari pada membahayakan mendingan di tebang saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, yg terlalu tinggii kepraas biar aman mas

      Hapus
  11. Wah, ngeri kalau sudah angin ribut, apa lagi di bawah pohon besar itu banyak orang jualan.

    BalasHapus
  12. Hiyaaa mba, paling miris kalo denger berita ada org meninggal gara2 kejatuhan pphon tumbang ya. Aku pernah hmpir ngalamin juga. Untungnya kok pas kena motor aja. Btw uda aku folbek y mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, ngerinya, harsu ati2 ya.
      Makasih Mbak Rahma

      Hapus
  13. Cuaca di tempat saya kurang lebih sama mbak Wid, sering hujan dan angin. Bahkan beberapa hari terakhir saya selalu kehujanan pas pulang kerja.

    Pokoknya jaga kondisi supaya tetap sehat deh, jangan lupa siapkan obat-obatan khusus untuk masuk angin :)

    BalasHapus
  14. Sekarang aku kemana-mana pakai jaket. Ga kuat dinginnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dobel jaket Mbak. Tempatku dingin banget

      Hapus
  15. Jangan berteduh di bawah pohon besar, ini yang perlu menjadi perhatian serius. Biar selamat dan tidak tertimpa pohon jika tumbang karena angin kencang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup Mas, banyak kejadian miris soalnya

      Hapus
  16. Ya betul, di daerahku sama Jeng, hujan kadang disertai angin kencang
    apalagi sekitaran rumah banyak di tumbuhi pohon, ya semoga tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan, soalnya aktifitas di luar rumah harus tetap berjalan

    BalasHapus
  17. Iya mbak, setuju sekali. Kalau di daerahku, dimana ya? Di Malang, juga kayak gitu, palagi kalau musim petir, kita dilarang main di sawah2, tapi klau di Jerman, kalau musim hujan, malah sebaiknya kita pakai matel, jangan payung, soalnya angin suka ngrusak payung-payung itu mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya memang, kalo pake payung memang kawur mbak. Tapi kalo anginnya biasa masih aman. kalo kenceng kita ikut terbang sama payungnya hehehe

      Hapus
  18. memang harus hati-hati selalu ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak, apalagi angin kenceng hiksss

      Hapus
  19. Saya orangnya ga suka ribet, jarang bawa payung hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, gpp mbak, nunggu hujan berenti bisa sekalian cari ide :)

      Hapus
  20. Hai mba. Aku selalu bawa payung di tas. Iya benar lagi musim hujan jadi ya harus jaga kesehatan :)

    BalasHapus
  21. Hai mba. Aku selalu bawa payung di tas. Iya benar lagi musim hujan jadi ya harus jaga kesehatan :)

    BalasHapus
  22. Tipsnya oke banget.... Di daerah saya kalau musim hujan kayak gini ancaman utamanya adalah banjir dan jalan rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hikss.. semoga banjirna nggak lagi2 mbak. Jalan rusak, sama...

      Hapus
  23. apalagi kemaren sampai ada korban di deket ui krn pohon tumbang, serem ih. semoga kita semua selalu dilindungi Tuhan YME ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiksss... ngeri banget Mbak.
      Amin, amin

      Hapus
  24. Wah makasih lho mbak tipsnya...suka lupa sama yang disebutin diatas :D

    BalasHapus
  25. wah benar ya, koq cuaca kita sama-sama serem ya mbak. kalau di sana di tambah ombak super tinggi, semoga sehat selalu kita ya

    BalasHapus
  26. Postingan yang mengingatkan mba, kemarin baca dimedia sosial ada musibah suami istri tertimpa pohon meninggal semua meninggalkan anak usia 9 bulan, penggalangan dana lewat kisabisa.com pun dilakukan untuk perkembangan dan pendidikan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, itu kayaknya blogger juga hiksss...

      Hapus
  27. Nggak ngebayangin deh Mbak di Sumowono kayak gimana, lha di sini yang dataran rendah ya, maksudnya nggak di gunung, angine mobat-mabit. Naik motor kayak mau ngglempang mulu kalau nggak jejeg naik motor.

    BalasHapus
  28. Saya di Kudus aja udah dingin apalagi di Bandungan ya...

    BalasHapus
  29. Kalau rumahe di daerah pegunungan seperti mb Wahyu gini pas ujan dobel ya mbak dinginya ???

    BalasHapus
  30. Semoga banjir cepat berlalu ya non, kan capek tiap hari terjebak macet dan basah-basahan terus...

    BalasHapus
  31. di tempat saya sekarang hujan turun terus menerus tapi tdk bersamaan dgn angin kencang. Angin kencang pernah datang sampe pohon yg sudah sangat tua dan besar di depan kantor bupati serang tumbang, untung gak ada korban

    BalasHapus
  32. Di tempatku juga gitu...rainy and windy everyday.

    BalasHapus