Jumat, 25 November 2016

7 Makanan Ini Cocok Saat Musim Hujan, Mau?



7 Makanan Ini Cocok Saat Musim Hujan, Mau?

Hai Sob.

Makanan yang panas dan segar adalah pilihan tepat saat dingin melanda. Di daerahku, desa nan sejuk di puncak gunung, setiap mejalang dhuhur mendung sudah menggelayut. Artinya hujan akan datang dengan manisnya. Nah, untuk menemani hari biar nggak lemes pucat kedinginan. Makanan bisa menjadi pilihan utama.

Tentunya, masing-masing orang punya selera beda masalah makanan. Tapi kebanyakan orang pasti setuju yang panas-panas merupakan pilihan tepat saat kedinginan. Jarang orang milih es krim saat hujan petir datang, hehehe. Kecuali anak-anak :D


Nah, sudah kurangkum nih 7 jenis makanan yang sangat tepat (versiku) untuk menemani kedingian Sobat semua. Apa aja, sih? Ya lanjut dong bacanya :D

1.  Bakso

Bakso

Tak diragukan lagi, bakso adalah pilihan tepat waktu hujan. Baik bakso kuah ataupun bakso lengkap. Pokoknya bakso. Panasnya dan pedasnya, buat yang suka pedas, bikin badan dan mata kemepyar lagi. Mangkoknya jangan lupa gambar ayam jago :D. Beragam bakso banyak pilihan. Di Salatiga ada Bakso Planet yang sangat menggiurkan untuk dicicip lho.

Bakso bikinan sendiri, buanyak kan? :D

Saran: Sesekali bikin bakso sendiri, Sob. Lebih hemat dan lebih higienis tentunya. Aku juga sering membuatnaya :)


2.  Soto

Soto (sumber gambar: ratukuliner.com)
Soto memang makanan yang sering kita temui. Emak-emak termasuk aku sering masak masakan ini juga. Mau soto sapi atau soto ayam? Atau soto-soto lainnya dengan beragam jenis di Indonesia? Tetap saja, saat dingin, makanan ini pas menjadi menu pilihan Sobat. Atau pilih yang lebih spesial?

3.  Mi rebus

Mi rebus
   Iyes, banyak mi instan tersedia di toko-toko. Sesekali makan yang instan nggak masalah dong. Mi ini memang kesukaan banyak orang. Terutama anak-anak.

Biar nggak murni instan tambah saja segala macam sayur dan bumbu. Bawang putih, bawah merah, cabai, kol, sawi, serta bawang goreng yang bikin rasanya makin yummy. Tak lupa telurnya, protein sangat penting untuk tubuh kita, kan?

Hem, setuju kan kalau mi rebus sangat pantas menemani kedinginan Sobat? Atau pilih camilan camilan yang gres ini? ? tak kalah nikmat lho.

Saran: Tambahan sayur pada mi instan selain menambah gizi juga menambah rasa lebih sedap.

4.  Mi goreng

Mi goreng (sumber gambar: tersedap.net)
Lagi-lagi masalah selera lagi, Sob. Mi goreng yang masih panas keluar dari dapur tentunya sangat nikmat sekali. Pas hujan dan nggak mau yang berkuah, mi goreng ini menjadi menu pilihan yang tak jelek juga sih :)


5.  Sup

Sup (sumber gambar: idememasak.com)
 
Makanan rumahan ini sudah menjadi langganan ibu-bu, termasuk daku :D. Aneka sayur bisa dimasukin dalam sup ini. Wortel, kentang, seledri, onclang, kol, sawi. Jangan lupa sosis serta irisan baksonya ya. Hem, dengan suwiran daging ditambah brokoli, rasanya jadi beda lho Sob.

6.  Rica menthok :D

Rica menthok
Hihihi, kalau ini sih promosi alias iklan. Ya lah, rica yang super pedas karena cabe dan mericanya yang pas membuat dingin tubuh Sobat menjadi strong kembali. Banyak lho yang sampai hash hosh hash hosh saat makan. Minumnya nambah sampai beberapa gelas saking pedasnya. Mau coba? mampir ya di warung rica :D
Yang lebih hosh ada juga sih di sini.

7.  Nasi godhog

Nasi godhog (sumber gambar: cookpad.com)
Ini  nasi yang dicampur mi plus kuah yang sedap banget. Ada juga yang tanpa mi, lagi-lagi selera. Jadi ingat dulu sering nih main ke tempat teman di Bantul, selalu makan nasi godhog rame-rame.

Antrenya haduh, bikin mules. Tapi bersama teman-teman, antre nggak terasa lama. Saat yang lain sudah rampung makan, ada yang masih dibikinin hihihi.

Pastinya nggak hanya 7 itu makanan terpas saat musim hujam menemani hari-hari kita Sob. Ada yang lain?

51 komentar:

  1. nomor tujuh apaan itu mbak wahyu..... nasi godhog, baru dengar hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi dikasih kuah, kadang ditambah mi Mbak. Kuahnya dari kaldu ayam or daging :)

      Hapus
  2. rica menthok baru denger. saya suka bakso dan sop :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir sini Mbak makan rica menthok sama aku :)

      Hapus
  3. yang lima aku tahu, makanan kesukaanku hehe
    yang dua belum tahu, mash asing
    terima kasih salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, memang agak asing. Tapi tetep enak kok Mbak :)

      Hapus
  4. Bakso dong jadi andalanku. Seminggu paling dikit sekali deh makan bakso. Dekat sekolahku soalnya ada yang jualan bakso. Murah dan enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, penggemar berat bakso Mbak Ika ya :)

      Hapus
  5. kalau dipalembang mbak , teman ketika hujan itu tekwan, pempek, dan laksan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, aku juga suka pempek. Kalo tekwan, nggak begitu suka, aneh gitu. LAksan juga mungkin nggak biasa aja kali ya

      Hapus
    2. rasa dan selera orang berbeda beda mbak :)

      Hapus
  6. Aku paling suka baksoooo...
    Diy, ngga kebayang kalau hidup tanpa bakso. Wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, ternyata banyak penggemarnya ya

      Hapus
  7. Wah kalo Bakso itu paling nomor satu....
    Ngak musim ujan pun juga laris mbak....apalagi bakso malang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, bener juga Mas Adhi, bakso malang juga sampai desaku loh

      Hapus
  8. wuihhh emang mantap kalo hujan hujan makan yg pedes pedes kaya bakso, makjleb deh

    BalasHapus
  9. Musim dingin kalo aku suka makan bakso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang suka bakso, memang seger ya Mbak :)

      Hapus
  10. aku suka banget bakso..apalagi bakso salatiga mbak. endes

    BalasHapus
  11. Nambah Jagung bakar mas.
    Mantep dah

    BalasHapus
  12. Pengen nyoba rica menthognya..mesti kaya rempah ya...mbayangin kok jadi lapaar...kapan ya bisa mampir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, mampir kapan2 Bu. tak tunggu ya :)

      Hapus
  13. langsung lapar seketika habis baca post ini. hahahahhaha untungggg bacanya nggak malem2.

    paling oke, cepet, ringkes... ya mie rebus ya. wkwk. apalagi ditabah potongan cabe rawit, sayur, sama telor ^^


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, setuju, apalagi yang instan. cepet bikinnya :)

      Hapus
  14. soto dan mie rebusnya bkin ngiler Mba, apalagi saat ini di bau-bau juga sedang hujan, jadi tambah pengen deh :)

    BalasHapus
  15. Baru tau nasi godog mba :p kayaknya enak mirip sama nasi mawut kali y cuman nasi godog berkuah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya berkuah Mbak. Nasi mawut sih yang kayak apa ya?

      Hapus
  16. sop dong mbaa sama bakso favoritku...hehheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mba wahyu..liatnya duhh..bikin ngilerr mba,,..ini lagi kantor perut udah keroncongan mba liat sop sama bakso favoritku..hheheheh

      Hapus
  17. Biasanya klo lg hujan suka 'ngidam' mie instan atau bakso
    Hahahha

    BalasHapus
  18. Baru baca judulnya saya langsung berujar dalam hati "Baksooooooo"
    Musim hujan dan bakso itu cocok banget :D

    BalasHapus
  19. Nggak tau kenapa emang kalau musim hujam bawaannya lapar mulu ya. Hmmm paling enak sih bikin mi instan tengah malem sambil nonton bola hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, ho oh Mas. Memang pas banget ituh :)

      Hapus
  20. Wah sup buntut kesukaanku tuh 😊, kalau mie rebus perutku sejak gerd udah gak bisa makan, bakso agak dikurangi demi promil ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak, pola hidup sehat harus tetep nomor satu

      Hapus
  21. OMG iyessss bakso is the best. apalagi kalau boleh masak indomie di abangnya huhuhuhu the best!!!!

    BalasHapus
  22. Huaaa bakso, paling enak tu saat ujan2 :D

    BalasHapus
  23. Favoritt saya mie ayam plus baksoo kalau pas adem" gtu mbaak. So yummy 😁😂

    BalasHapus
  24. Rica Menthok apaan ya bu? Saya belum pernah nyoba. Hehe :)

    Oh iya, blognya udah difollow ya, ditunggu follow backnya. Terimakasih.

    BalasHapus