Rabu, 07 Juni 2017

Resep Cara Membuat Kaldu Ayam Mudah, Hanya 30 Menit



Resep Cara Membuat Kaldu Ayam Mudah, Hanya 30 Menit

Dear, Sob. Gimana kabarnya?

Menu harian membosankan? Uh nggak lagi lah. Hidup di jaman super canggih seperti sekarang ini kita harus lebih pandai dan kreatif. Kreatif cari-cari resep, juga cerdas memilih bahan yang digunakan. Beli makanan jadi banyak, sih. Tapi, rasa kadang nggak bisa bohong, kehigienisan kita nggak tahu juga. Campuran masakannya? Entahlah.



Nah, untuk menyikapinya, yang paling aman dan tenteram damai sejahtera ya dengan memasak sendiri. Apalagi punya anak sedang dalam masa tumbuh kembang. So, makanan sehat dan bergizi harus diutamakan.

 Puasa sudang hampir setengahnya kita lewati. Menu apa yang belum sempat dibua tapi sudah ada dalam angan-angan? Yea… pingin banget bikin cap cay rebus campur-campur. Tapi, etapi, kalau dengan resep harian ya rasanya itu-itu aja, nggak ada perkembangan nggak ada kenaikan rasa. Pasti pada males…

Okelah biar rasa cap caynya ini nanti agak berbeda dari yang sudah-sudah, aku penasaran dengan kaldunya. Bikin kaldu sendiri? Belum pernah bro. Internet, mana inet xixixi.

Sebelumnya entak kapan hari aku baca blognya Mbak Astin Astanti, yang ngebahas tentang si kaldu ayam ini. Tak lupa gugling dari blog juga youtube. Sepertinya simpel dan sederhana.

Tapi sayang deh, pagi tadi belinya bukan ceker, leher, punggung atau tulang belulangnya (karen abelum kepikiran mau bikin kaldu). Terlanjur beli paha ayam broiler 10 ribu (dapatnya 4 paha ayam).

Yah, padahal kaldu makin harum dan oke kalau dari tuang belulang. Karena ada sumsum yang bikin aroma dan rasanya berbeda.

Yang lebih enak hebat lagi kaldu ayam kampung. Huwa.. mau banget ini, tanpa perlakuan khusus aku yakin kuah dan kaldunya jleb banget. Tapi, puasa-puasa gini musti ke kandang dulu ngejar-ngejar ayam kampung bapakku untuk disembelih? Oh no, bukan ide yang baik tentunya.

Tak apalah, masih banyak jalan menuju Roma, hehehe. Aku harus tetap bikin kaldu ayamnya, dengan apapun bahan yang tersedia ^sambil nekuk tangan ala Popeye :D


 Nah, Sobat mau tahu caranya? Ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan:
1.     4 buah paha ayam potong jadi 2, cuci hingga bersih. Ingat, lebih enak tulang belulangna ya, Sob. Kalau sudah berencana bikin kaldu, pakai ceker, bagian leher, gepuk dikit. Karena adanya si paha ini, ya sudahlah… *males ke pasar lagi.
2.    3 batang onclang, iris sedang.
3.    3 batang daun seledri, iris sedang.
4.    1 buah wortel iris kotak atau bebas.
5.    1 buah bawang bombai sedang, iris jadi beberapa bagian.
6.    Minyak goreng untuk menumis secukupnya.
7.    5 gelas air.

Cara membuatnya:
1.     Tuang minyak dalam panci, masukkan bawang bombai, aduk hingga harum.
2.    Masukkah wortel, oncang, seledri, aduk.
3.    Masukkan air dan ayam.
4.    Tunggu sampai mendidih.
5.    Ambil lemak-lemak bagian atasnya.
6.    Poin 1-5 membutuhkan waktu sekitar 10 menit.
7.    Kecilkan api, diamkan sekitar 20 menit. Hingga kaldunya sedikit mengental, kuah susut.
8.    Siapkan wadah. Saring.
9.    Kaldu ayam siap digunakan.

Nah, agar kita nggak bolak balik bikin kaldu ayam ini. Ada caranya:
1.     Dinginkan kaldu ayam yang sudah jadi.
2.    Tuangkan dalam cetakan es batu.
3.    Taruh dalam freezer.
4.    Sesekali kita mau bikn sup, sayur gori/nangka atau mau masak apa saja yang membutuhkan kaldu ayam ini, tinggal ambil dan cemplungkan. Beres deh.
 
Oh ya, ayam yang ada dalam saringan tadi jangan dibuang loh ya. Bisa dimasak atau digoreng. Tinggal dikasih bumbu garam dan bawang putih. Diamkan beberapa saat. Supaya bumbu meresap. Sehabis itu terserah Sobat semua, mau goreng langsung dibakar kecap atau apalah bebas.

Nggak ribet kan, Sob? Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:
 



52 komentar:

  1. Mba Oncang tuh apaan?aku belum pernah buat kaldu ayam sendiri hehehe jadi pengen nyobain :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun bawang Mbak. Yuk yuk dicoba mudah dan harum, buat masakan makin lezat :)

      Hapus
  2. Dapet resep lagi hehe, emang harus kreatif ya untuk keluarga tersayang
    biasanya Maya pesan di tukang sate mbak, tulang ayam untuk buat kaldu, tukang satenya dekat rumah alias tetanggaan hehe ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo tukang sate pasti punya banyak tulang Mbak, makin harus kaldunya

      Hapus
  3. pernah dengar juga cara membuat kaldu seperti ini, tp blm pernah praktek..

    BalasHapus
  4. Jadi seorang ibu harus kreatif, ya seharusnya tulang belulang ,akan terasa lebih sedap. Di frezzer, takutnya nanti salah digunakan untuk membuat sirup....heheee.

    BalasHapus
  5. Terkadang memang kelihatannya mudah proses cara membuatnya, Mbak.
    Cuman yang ribet itu nyiapin alat dan bahannya sih, hehehe.... Terutama kalu nggak pernah ke pasar atau belanja... wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali Mas, ini buat beberapa kali masak bisa kok :)

      Hapus
  6. Aku kalo bikin kaldu dari ayam kampung, udah ketahuan makanannya aman, mbak. Kalo dari ayam broiler apa tetep gurih? Belum nyoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ayam kampung Mbak, btw ayam broiler juga lumayan kok. Walau tetep milih ayam kampung kalo disuruh milih hehehe

      Hapus
  7. Wahh mudah ya mbaa Makasih resepnyaa..

    BalasHapus
  8. Aku mau bikin dari lama mbak, sebelum ramadhan malahan, tapi belum juga kesampaian. Hihihi
    Nanti mesti nyari ayam kampung deh supaya kaldunya nendang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, memang lebih nendang ayam kampung Mbak

      Hapus
  9. Wah makasih nih mbak resepnya, kaldu ayam aku sukanya pakai yang instan, tapi gak bagus juga ya kalau kebanyakan, besom coba bikin ah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti yang nggak instan Mbak, mudah banget kok

      Hapus
  10. wah praktis banget. Trus kaldu beku disimpan di freezer bisa tahan berapa lama? btw onclang apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya 2 minggu habis sih Mbak punyaku. Leih bisa kayakna sebulanan. Onclang itu daun bawang Mbak

      Hapus
  11. aku sampe sekarang blm kesampean nih bikin kaldu sendiri :(

    BalasHapus
  12. Eh asiiikk akhirnya aku nemu resep kaldu ayam yang simple hihi makasih bundaaa

    BalasHapus
  13. Wah.. Mbak widya bener2 ibu yang kreatif ^_^

    BalasHapus
  14. duuh..selama ini kirain rumit buat kaldu sendiri, makanya jd lbh sering beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak serumit yang dibayangkan Mbak :)

      Hapus
  15. Waaah, boleh juga neh, saya baru tahu kaldu ayam dalam bentuk es batu. Jadinya bisa awet ya. Bener-bener cerdas dan kreatif :)

    BalasHapus
  16. Onclang tuh daun bawang ya mba? Karena lihat gambarnya, cuma daun bawang yang ga disebut, haha... Kaldu kalau disimpan, untuk masak mendadak jadi ngebantu banget ya.

    BalasHapus
  17. ternyata bikin kaldu ayam gak susah-susah amat. makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak serumit yang dibayangkan Mbak :)

      Hapus
  18. Keliatannya sih mudah ya..hehe
    Dan gak lama juga, cuma 30 menitan. Masak di kost bisa lah, asal ada bahan dan kelengkapannya :)

    BalasHapus
  19. waktu anak masih MPASI saya suka bikin kaldu sendiri, tapi dimasukin plastik kecil ihhh susah deh bukanya. Ternyata pakai ice tray bisa juga ya . Thanks for the idea mbak hehehe

    BalasHapus
  20. Wiih..rajin sekali...aku kalau bikin kaldu.ga selengkap itu.bumbunya...cuma bawang putih sama jahe digeprek terus ayam dimasukkan n diberi air secukupnya...rebus deh dengan api yang keciil sekali, sampai daging empuk...

    Coba rese dr mbak.wahyu.ini saya coba,,mesti lbh mak nyuss...:)

    BalasHapus
  21. Menarik bangeet mbak aku belum pernaah bikin kaldu ayaam sendiri. Hehehe biasanya beli yg sachetan. Oiya mbak ongkang itu daun bawang kah maksudnyaa? 😁 Aku belum familiar soalnyaa hehee

    BalasHapus
  22. Kalau aku sih lebih praktis beli bumbu kaldu aja mba, kan cepet :v

    Tapi memang lebih terpercaya dan lebih sehat kalau bikin sendiri.. kan aman dan pastinya pengen menyajikan yang terbaik untuk anaknya :D

    BalasHapus
  23. Oh..ternyata kaldu itu di kasih sayuran juga sebagai bumbu to mbak.. Malah baru tahu.

    Pengen nyoba bikin ahhhh.. Daripada beli kaldu bubuk, kan banyak MSG nya

    BalasHapus
  24. Wah boleh-boleh nih. Aku gak pernah bikin kaldu sendiri. Paling-paling masak ya masak ayamnya langsung. :D

    BalasHapus
  25. Waaah nggak kepikiran aku,,, bisa juga ya bikin kaldu ayam sendiri kayak gtu,,, bisa dicoba. Makasih mbak resepnya :)

    BalasHapus
  26. aku juga seneng bangeeet nih mba punya stok kaldu ayam :)

    BalasHapus
  27. wah menarik banget nih mbak...ternyata gampang banget ya bisa ditaruh freezer juga

    BalasHapus