Rabu, 26 Juli 2017

Hanya dengan Ini, Warna Telur Bisa Berubah



Hanya dengan Ini, Warna Telur Bisa Berubah

Dear, Sob.

Telur merupakan bahan praktis yang bisa kita santap dalam menu keseharian. Bisa didadar, diceplok, dicampur dengan nasi goreng bahkan dibuat pindang. Telur juga merupakan bahan utama pembuatan beberapa macam jenis roti.

Warna telur yang begitu-begitu saja terkadang bikin bosan juga loh. Sobat tahu nggak kalau warna kulit telur bisa diwarna sesuai hati kita. Sehingga tampilannya makin menarik. Dengan apa? Tentu saja dengan pewarna alami.

Misalkan saja untuk warna coklat bisa dipakai bubuk kopi, sedangkan warna kuning bisa kita gunakan kunyit bubuk. Warna warni telur ini pasti menarik sekali untuk anak-anak. Tentu saja telur sangat aman saat kita makan.



Bagaimana kalau kita ingin memasak telur dengan bagian dalam warna coklat?

Orang jaman dulu, membuat telur menjadi coklat dengan menggunakan kulit bawang merah. Yang direbus langsung bersama telur. Ada juga yang memakai daun jambu kluthuk.

Wah wah, betapa kurang praktis ya kalau dipraktekkan. Musti ngumpulin kulit bawang merah dulu atau memetik daun jambu kluthuk. Iya kalau punya pohonnya, kalau tidak? ^minta tetangga kaleee…

Tapi tenang saja, sekarang ada cara super unik untuk membuat telur menjadi coklat. Yaitu dengan menggunakan teh celup rasa apa saja. 

 
Teh celup

Caranya mudah sekali. Untuk satu kilo telur, ambil saja 2 atau 3 teh celup. Rebus bersama telurnya. Kalau sudah matang, kupas telur tersebut. Jangan dibuang airnya ya. 

Kemudian rebus kembali dalam air rebusan yang tadi untuk mendapatkan warna coklat yang sempurna. Dijamin, sensasi warna telurnya membuat menarik sekali.

Nah, telur yang sudah berwarna coklat ini siap untuk dimasak. Mau dipindang, dibumbu pedas, atau disantan bumbu biasa.

Gimana Sob, simple dan praktis sekali bukan?

Baca juga:

35 komentar:

  1. Wah baru tahu mbak. Pake.gulajawa alias disemur coklatnya ga merata

    BalasHapus
  2. Wah baru tau kalo teh juga bisa dipake utk mewarnai telor

    BalasHapus
  3. Sumpah ini unik bgt idenya.. ga pernah kepikiran warnain telur pakai teh celup xixixi itu nnti merusak rasa ga ya mbak? *rasa yang dulu pernah ada #eaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sih nggak, tapi aromanya makin wangi sih. Wangi teh kan nggak ngebosenin Mbak Nuzha.. MAlah menurutku sih bikin rasa makin yummy

      Hapus
    2. Nah aku jg penasaran ini hahaha

      Hapus
  4. eaaa baru tahu aku tips n trik masak telur cokelat ini hahahah selama ini masih misteri buatku mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAlah, misteri tambang jebakan maut Mbak Herva hihihi

      Hapus
  5. Nice info.
    Kadang suka heran gimana cara bikinnya. Sebenarnya sih browsing sebentar udah tau gimana hehe.

    Yang jelas kalu warnanya cokelat gitu rasanya kok maniis banget kayaknya. Guriiih.

    Tkss, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pake teh normal rasana Mbak, makin harum dan enak. Untuk makin manisnya ya liat aku Mas Rifan eh ditambah gula hahaha

      Hapus
  6. Wah boleh nih dicobain masakannya 😆

    BalasHapus
  7. Waah baru taau aku mbaak kalau bsa pakai teh celupp. Makasih sharingnyaa, bisa dicobaa nih 😊😄

    BalasHapus
  8. baru tahu pakai teh celup, biasanya pakai daun jati atau daun jambu biji

    mohon maaf mau kasih info, karena ada beberapa teman menanyakan langsung lewat WA, mungkin mbak Wahyu belum tahu bahwa daftar bacaan dari blog maya tidak muncul, itu bukan kesengajaan, tapi kami juga belum ketemu solusinya

    kalau mbak Wahyu tahu bisa tolong kasih tahu Maya ya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup daun jati bisa juga Mbak, tapi dapena darimana ya heheheh..

      Iyes nggak muncul Mbak, yg terakhhir muncul postingan 2 bulan yg lalu. Hikkss.. aku juga gaptek deh masalah ginian Mbak. Maafkan. Udah kubales di blogmu ya Mbak

      Hapus
    2. Ya daun jati sudah sulit didapat ya hehe .,, itu juga resep dari bulek dari Jogja dia kalau buak gudek ada telur berwarna coklat dengan ayam bakar wow jadi laper nih

      tidak apa2 aku hanya mencoba mungkin mbak wahyu tahu solusinya

      terima kasih ya

      Hapus
  9. Nggak kepikiran aku manfaatin teh mba. Tapi rasanya nggak jadi aneh kan ya? Aku biasane cuma pake kecap klo mo bikin jd coklat..
    Mungkin bakul gudeg itu gitu juga yaa...telurnya bisa coklat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakul gudeg biasanya pake daun jati Mbak.

      Pake teh ini nggak aneh kok, malah tambah harum, enak.

      Hapus
  10. Emang gak bakal ngerubah rasanya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak Mas, malah harum dan menambah enak rasanya

      Hapus
  11. Wah baru tau kalo teh juga bisa bikin warna telur jadi cokelat.

    BalasHapus
  12. Waah barubtau akuu kalo rahasianya adalah teh celup. Ketauan jarang masak hihi.

    BalasHapus
  13. Baru tahu cara mewarnai telur kyk gitu. Setahuku telurnya berubah jd coklat krn dikasih kecap. Maklum ga sering ndapur hehehe..

    BalasHapus
  14. Wah,,, tips yang harus disebar luaskan nih, mbak...baru tahu aku,,,pasti langsung aku coba...makasih buanyak loh mbak tipsnya...

    BalasHapus
  15. Uniku Mba, ini seperti warna telur di pemandian air panas di Korea.. boleh banget nih caranya dicoba hihu

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu kalau caranya ginilho, Teh, sepertinya cukup mudah di praktekan..he

    BalasHapus
  17. Saya suka olahan telur mbak Wid, baik dimata sapi atau direbus kemudian diolah lagi. Kalau makan mi instan ga ketinggalam si telur ini deh :)

    Tipsnya bagus nih mbak dan mudah sekali ya, lebih praktis karena teh celup tuh hampir semua orang pasti punya :)

    BalasHapus
  18. Unik dan cukup sederhana cara ini, dan aku baru tahu. Hatur nuhun lho ini, Teh :)

    BalasHapus
  19. Kalau telur dipindang, itu telur yang gimana sih mbak? Ya jujur aku baru dengar dan baca di sini.

    Ternyata membuat telur berwarna itu cukup simple juga ya? Cuma butuh teh celup., hehe

    Oh iya aku pernah baca entah diblognya siapa aku lupa., kalau mbak wahyu menjelaskan cara mewarnai telur, sedangkan yang pernah aku baca, cara membuat putih telur jadi didalam waktu dimasak/digodhok.., jadi hasilnya kuningnya yang diluar.

    BalasHapus