Kamis, 13 Juli 2017

Resep Cara Membuat Sambal Terong Ungu



Resep Cara Membuat Sambal Terong Ungu

Dear Sob, selamat hari Kamis…

Bagi penyuka pedas, sambal adalah menu wajib dalam setiap santapan. Beragam jenis sambal rumahan pastinya sudah familiar buat Sobat semua. Sambal terasi, sambal ijo, sambal tomat, sambal gecek dan masih banyak yang lain.

Cabai atau lombok merupakan bahan utama pembuatan persambalan ini. Kalau harga cabai melonjak seperti bulan kemarin ya wassalam deh. Klepek-klepek lah para penggemar sambal, termasuk aku. 

Sambal Terong Ungu

 Walaupun bukan penggemar yang sebenar-benarnya (karena mulut menggemari tapi perut nggak bisa diajak kompromi) hehehe. Ya karena jualan rica butuh cabai banyak, biar huh hah huh hah alias pedas…


Alhamdulillah harga cabai sudah normal kembali, semoga normal teruslah. Toh, sudah banyak orang yang akhirnya menanam cabai di rumah sendiri gara-gara harga yang tak bisa dikendalikan. Nah loh, Sobat nanam nggak, nih?

Ngebahas sambal rumahan biar nggak ngebosenin, bisa ditambah bahan yang nggak biasanya. Tambahan bahan kali ini terong ungu. Siapa suka warna ungu? Warna yang lembut dan teduh dipandang mata ehem ehem. Apalagi kalau dicampurin ke sambal. Hem…

Resep sambal terong ungu ini nggak pakai sulit. Cara membuatnya juga mudah sekali.

Yuk yuk mulai cari bahannya:
1.     1 buah terong ungu ukuran sedang.
2.    15 cabai merah keriting.
3.    6  cabai set (cabai super pedas).
4.    5  cabai rawit.
5.    2 siung bawang putih.
6.    2 siung bawang merah.
7.    1 buah terasi atau sesukanya.
8.    Garam secukupnya.
9.    Minyak goreng secukupnya.
10. 1 gelas air.
11.  1 sendok teh gula pasir.

Cabainya bisa diubah-ubah ya Sob terserah yang ada deh. Nggak harus sesuai resep di atas. Kalau malas ke pasar ya yang ada di kulkas ajah.

Cara membuatnya:
1.     Cuci bersih terong ungu, tak usah dikupas. Potong bulat dengan diameter sekitar 2 cm. Bisa diriris memanjang, tergantung selera.
2.    Siapkan wajan dengan minyak goreng mendidih. Kemudian goreng terong ungu yang sudah dipotong-potong. Sebentar saja gorengnya ya.
3.    Cabai merah keriting, cabai set, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, terasi dan garam diulek. Tak perlu halus-halus ya, Sob, capek nguleknya.
4.    Siapkan wajan dengan sedikit minyak goreng, tunggu hingga mendidih. Masukkan bahan-bahan yang sudah diulek dan gula pasir, tunggu sebentar hingga mendidih.
5.    Masukkan terong ungu, tambahkan segela air. Tunggu hingga terong benar-benar masak. Nggak begitu lama kok Sob, paling sekitar 7 menitan.
6.    Angkat dan taruh dalam wadah.
7.    Sambal terong ungu siap disantap.

Mudah sekali bukan?

Sebagai teman sambal goreng terong ungu ini, bisa dipadupadan dengan ayam goreng, ikan goreng atau bakar. Atau cukup dengan ikan asin. Pokoknya semuanya cocok deh. Apalagi ditambah lalapan, timun dan daun kemangi. Harumnya, sedapnya nendang menggelegarkan lidah.

Oh ya, Sob, terong ungunya bisa diganti dengan terong biasa loh yang warna hijau. Hanya saja kalau terong hijau ini kulitnya sedikit keras. Tapi rasanya sama aja sih menurutku.  Semoga resep cara membuat sambal terong ungu ini bermanfaat ya.

Gimana, Sob, mau coba?

Baca juga:

20 komentar:

  1. wah ini menu favorit saya Mbakyu...pecel terong ungu atau sambal terong ungu harus ada setiap hari....dulu waktu masih masa masa bulan madu saya sering dibikin istri tercinta sambal terong ungu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, sampai bulan madu segala... jadi pingin eh inget bulan madu loh :D

      Hapus
  2. apa kabar orang Semarang .....Semarang deketnya kab Demak kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuii.. alhamdulillah kabar baik Mas. Iya Semarang deket Demak. Btw, lhah rumahku dari Semarang masih 2 jam mas di desa hihihi

      Hapus
  3. Waaah, istriku harus baca ini. hehehe.

    Kami sering beli sayur terong kalu pagi

    BalasHapus
  4. Wow pedes banget ini, haha... Udah pakai cabe merah, rawit merah, rawit ijo ngumpul semua. Terong juga biasanya dimasak pakai ikan sambal tomat atau lalapan sambal terasi juga.

    BalasHapus
  5. onde mandeh cabenya ituuu ba banyak amat??hahaha aku suka sedih klo bikin masakan pedes yg makan y aku sendiri wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Onde mande.. kirim ke akuh Mbak hihihi

      Hapus
  6. saya sering makan sambel terong ini di kampus, emang enak deh rasanya apalagi sambalnya yang pedas jadi pengen nambah terus meskipun gak ada lauknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, hemat ternyata ya kalo makan pake sambal

      Hapus
  7. pas banget buat menu makan siang.. hihi biasanya kalo udah dipasar jadi linglung mau beli sayur apa.. terong salah satu sayur favorit dirumah.. thx info nya mba 😊

    BalasHapus
  8. Aku termasuk golongan orang penyuka makanan pedas., sepeti sambal terong ungu ini.., walau gak ada kuah asal ada sambal bagiku itu sudah cukup.

    BalasHapus
  9. mantaaap nih mbaaa sambalnyaaa..pasti enaaak

    BalasHapus
  10. Sekilas terlihat seperti sambal jengkol. Ternyata sambal terong, one of my favorite sambal.

    BalasHapus