Selasa, 12 September 2017

Tips Memilih Lensa Kamera yang Tepat



Tips Memilih Lensa Kamera yang Tepat

Banyak faktor yang perlu diperhatikan bila kita memiliki hobi fotografi. Selain menyiapkan budget yang memadai, kita juga mesti mengasah keahlian secara konsisten. Sehingga pengetahuan fotografi kian bertambah dari waktu ke waktu.

Lensa kamera, Sumber Gambar: pixabay

Pengetahuan fotografi bukan hanya tentang menghasilkan foto-foto berkualitas. Kita juga mesti mahir menangani kamera. Termasuk untuk urusan memilih lensa kamera. Tak jadi masalah jika kini kita belum terlalu piawai memilih lensa kamera. Beberapa tips ini bisa kita jadikan acuan ketika harus memilih lensa kamera yang tepat:


Lensa dengan Aperture Lebar
Lensa dengan aperture lebar memiliki kemampuan yang baik untuk menangkap cahaya. Sehingga kita bisa mendapatkan foto-foto berkualitas di tempat yang minim cahaya. Aktivitas indoor atau outdoor serta acara pada sore dan malam hari tak akan jadi halangan untuk menghasilkan foto-foto menakjubkan. Kita tak akan direpotkan dengan hasil foto yang mesti diedit demi memperoleh nuansa yang kita inginkan.

Memperhatikan Daya Fokus Lensa
Beda merek dan jenis lensa, maka berbeda pula daya fokusnya. Kita membutuhkan lensa dengan daya fokus yang baik. Supaya kita tak kesulitan mengarahkan fokus pada objek yang akan difoto. Hal ini akan mempersingkat waktu foto dan kita bisa mendapatkan momen-momen istimewa yang ingin kita abadikan.

Mengenal Focal Length Lensa
Focal length lensa adalah jarak antara bagian tengah elemen optik lensa dengan sensor pada kamera. Biasanya jarak ini dinyatakan dalam satuan mm. Semakin kecil focal length, maka semakin besar sudut pandang yang bisa direkam oleh kamera. Bila kita ingin memotret pemandangan yang indah dengan sudut pandang besar, berarti kita butuh lensa yang focal length-nya kecil. Demikian pula sebaliknya.

Memilih Lensa Zoom atau Lensa Fix
Lensa zoom adalah jenis lensa yang memungkinkan kita melakukan perbesaran gambar tanpa harus mendekatkan diri ke objek. Lensa ini memang memudahkan kita memotret objek foto yang jaraknya jauh. Hasil fotonya pun akan memuaskan. Sementara lensa fix justru membuat kita mesti lebih kreatif saat melakukan eksplorasi objek foto. Lensa zoom dan lensa fix memiliki keunggulan masing-masing sehingga kita harus cermat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Teknologi Weatherseal pada Lensa
Teknologi weatherseal memang tidak terdapat pada semua jenis lensa. Jika kita memiliki lensa berteknologi ini, maka lensa tersebut tergolong aman dari kelembapan ekstrim dan debu. Oleh sebab itu, kita mesti cermat memilih lensa agar bisa mendapatkan teknologi weatherseal. Sebab teknologi ini sangat kita butuhkan sewaktu kita berburu foto di daerah yang tingkat kelembapannya tinggi atau cenderung berdebu.

Aneka Fitur Tambahan yang Tak Kalah Penting
Mungkin tak banyak yang menyadari kalau setiap merek lensa memiliki fitur unggulannya masing-masing. Ada lensa yang dilengkapi fitur Image Stabilization (IS), Ultra Sonic Motor (USM), serta fitur-fitur istimewa lainnya. Keberadaan fitur tersebut bisa membuat kualitas foto yang dihasilkan jadi semakin tajam sesuai keinginan. Tak masalah membayar sedikit lebih mahal asalkan bisa mendapatkan lensa berkualitas yang mendukung hobi fotografi kita.

Ingin mencari kamera, lensa, atau aksesori kamera lainnya?
Sekarang kita bisa segera mengakses website MatahariMall.com. Pilihan kamera dan segala aksesori pelengkap fotografi di MatahariMall memang sangat lengkap. Kita akan leluasa memilih yang terbaik untuk memaksimalkan hobi dan aktivitas fotografi. Tak perlu repot-repot membeli perlengkapan fotografi di tempat lain. Berbelanja online di MatahariMall bisa menjadi solusi yang praktis, aman, dan hemat bagi kita.

Rutinitas super sibuk tak lagi menghalangi kita untuk menekuni hobi sejak kita mengandalkan MatahariMall. Mari catat dulu daftar produk yang akan kita pesan di toko online terpercaya yang satu ini.
This entry was posted in

10 komentar:

  1. Huaa.. Pingin deh belajar fotografi. Alat perangnya lumayan juga ya :)

    BalasHapus
  2. Thanks tipsnya oke banget kebetulan aku lagi nabung mau beli lensa bokeh buat foto2 produk nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mbak, biar tambah keren ya hasil jepretan kita

      Hapus
  3. Masih blm begitu ngerti dengan lensa kamera... Next harus banyak belajar nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kok Mbak Novia, masih kudu banyak belajar

      Hapus
  4. Jadi pengen punya kamera deh, sejak handycam ilang biasanya foto dari hp aja heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun sampai hilang Mbak, sayang banget Mbak Vita...

      Hapus
  5. hwaaa.... jadi makin pengen punya kamera canggih nih, selama ini cuma ngandelin HP. hihi

    BalasHapus