Minggu, 22 Oktober 2017

Resep Cara Mudah Membuat Singkong Goreng Empuk di Dalam, Renyah di Luar



Resep Cara Mudah Membuat Singkong Goreng Empuk di Dalam, Renyah di Luar

Dear Sob, gimana kabar semua? Semoga sehat bahagia ya Dear.
Walau agak telat menyapa, tak apalah memulai malam Senin ini dengan sebuah camilan sederhana. Lama juga nggak posting tentang kuliner. Bukan kuliner megah di hotel nan mewah, tapi kuliner jaman nenek kakek kita dulu. 

Singkong (sumber gambar: dailymoslem.com) 



Berbahan dasar singkong, yang tentu bisa kita ambil dari kebun. Yang nggak punya pohonnya, bisa beli di pasar tradisional. Soalnya di supermarket sepertinya belum pernah nemu ada yang jual, kecuali sudah kemasan mentah. Itupun jarang banget. Apalagi kalau lo cari di apotik, nggak bakalan dapet deh ^iye kali…

Ada nggak yang suka camilan ndeso yang udah ada asejak jaman bahuela ini? Singkong goreng. Kalau di Yogyakarta nan indah tercinta sayangku orang menyebutnya balok. Hihihi, aneh ya, kayaknya kalau balok tuh atos bis a lot. Emang kok beberapa kali beli si balok di penggorengan, eh gorengan ini memang atos alias keras. Sepertinya singkongnya nggak direbus dulu. Potong-potong kayak balok, dibumbu lalu sreng.

Resep kali ini beda dengan yang pernah kuposting entah di tahun kapan. Ada cara unik lagi yang kudapat ilmunya dari sesama emak-emak rempong.
Gini nih, biasanya kalau kubikin ya singkong direbus terus bla bla bla digoreng deh. Beda ya Sob dengan yang ingin kubagi dengan pembaca setia blogku ini. Namanya juga inovasi kreatif xixixi. ^Blaik ki, mengkreatifkan diri sendiri.

Caranya super mudah nggak pake rumit apalagi pake semedi. Nggak banget. Ambil singkong di kebun Sobat. Nggak punya pohonnya? Balik ke paragraf awal, beli aja ke pasar. Kemudian cuci hingga super bersih. Kalau perlu disikat. Karena kotoran tanah yang menempel kadang susah hilang tanpa disikat. Bilas beberapa kali hingga bersih.

Bahan:
-          Singkong secukupnya, terserah punyanya seberapa, atau mau bikin seberapa hehehe. Setelah dicuci bersih, potong-potong.
-          Kukus hingga matang, dinginkan.
-          Masukkan ke dalam freezer, semalaman deh.

Bumbu:
-          3 Siung bawang putih per 1 kg singkong.
-          Garam secukupnya.
-          Bawang putih dan garam uleg hingga halus.
-          Kasih air secukupnya, campur hingga merata. Jangan banyak-banyak airnya ya, paling setengah gelas cukup untuk sekilo singkong.

Bawang putih dan garam (sumber gambar: vemale.com)

Cara membuat:
-          Keluarkan singkong dari freezer, biarkan sampai esnya mencair dan singkong bisa diiris lebih kecil-kecil lagi.

Singkong keluar dari freezer
 -          Masukkan ke dalam bumbu yang sudah dikasih air.
-          Diamkan kurang lebih 10  menit.
-          Siapkan minyak goreng, panaskan. Masukkan singkong yang sudah dibumbu.
-          Goreng hingga tampak kekuningan.
-          Tiriskan.
-          Singkong goreng siap disantap.

Tinggal lheb
       
Nah, apa coba yang beda dari singkong goreng yang biaanya? Ya ditaruh dalam freezer dulu. Dengan menaruh ke dalam freezer, singkong menjadi lebih lembut dan mempur. Teksturnya lembut. Empuk sampai bagian dalamnya. Hingga kalau digoreng meski kres di luar, dalamnya tetap empuk dan meleleh di mulut.

Gimana Sob, mudah banget, bukan? Selain bahannya juga alami, mudah didapat dan bumbunya juga nggak rumit pula. Kenapa diam saja sih, yuk cari singkong di kebun lagi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya, Sob.
Salam semangat!

Baca juga:
 

10 komentar:

  1. enakkan, campur gula merah . kayak permen manis. singkongnya. :D

    BalasHapus
  2. hiks pagi-pagi jadi rindu singkong goreng yang krenyesnya maknyuss :" #homesick #jadipengenpulang Boleh dicoba nih resepnyaa mbak, itung" mengurangi rasa rindu kampung halaman. hehehhe

    BalasHapus
  3. Itu yang dibuat singkong goreng empuk, jenis singkong apa mbak @Wahyu ? Kan banyak macam dan jenis-jenis singkong ini.., ada singkong roti,tape,randu,mertega,dll

    Biasanya orang suka yang singkong roti dan mertega, sangat cocok untuk dibakar, godhok maupun di goreng karena tektur singkongnya empuk.

    BalasHapus
  4. oh dikukus mba?aku mah beda resep dikasih tau biar empuk di goreng setengah matang lalu celup di bumbu yang sama kayak resep mba lalu goreng lagi tapi bisa meledak juga, cara ini belum aku coba jadi mau coba ah :)

    BalasHapus
  5. Oalah ditaruh freezer dulu toh. Saya suka banget singkong goreng, tapi bingung tiap goreng sendiri kok gak kayak di penjual2...ternyata ada rahasianya

    BalasHapus
  6. jadi dikukus dulu ya
    supaya empuk
    biasanya beli yang sudah matang di langganan hehe

    BalasHapus
  7. Hiiii, dah lama banget ngga main kesini, pas kesini ada resep singkong renyah.. cocoook ku pengen banget bisa bikin singkong gini :D Semoga wiken ini nemu singkong hihihi :D

    BalasHapus
  8. Nyummy banget mbak :D
    Apalagi ini musim hujan, disantap pas sore sore lagi hujan anget anget mantepp tuhh..

    BalasHapus
  9. Wah saya jadi terpikir belum nulis olahan singkong, haha... Saya pun baru tau Mba cara goreng singkong yg empuk gini. Ternyata disuruh nginap di kulkas semalaman dulu ya :D

    BalasHapus
  10. duhhh mantaff bangett mbaa wahyu nihh..bisa ajaa nih seleranya bikin ngilerr mba..renyah-renyah gimanaa gituu, apalagi ditemenin sama kopi yah mba :D

    BalasHapus