Selasa, 28 Agustus 2018

Tips Cara Mudah Dan Cepat Nulis 10+ Artikel Dalam Sehari


Tips Cara Mudah Dan Cepat Nulis 10+ Artikel Dalam Sehari

Pernah nggak harus menyelesaikan 15 artikel dalam sehari?

Dear sobatku semua, gimana kabarnya? Waduh, lama banget nggak saling sapa. Semoga pada sehat aman sentosa jaya merdeka yes.

Wahai, masih pada sibukkah? Masih suka nulis apapun yang ada di kepala? Mencurahkan segala sesuatunya dengan sangat detil menjadi tulisan-tulisan penuh makna. Yang kadang lebai melambai gitu nggak, Sob? Hehehe, nggak apalah sesekali. Biar hidup nggak membosankan dan mengurangi kejenuhan yang melanda.

foto by: hipwee.com


Kali ini, karena lama nggak bersua dengan sobatku semua, aku mau berbagi tips mudah cara nulis cepat. The power of kepepet lah. Pernah nggak Sobat mengalami kejadian seperti ini. Dalam waktu yang bersamaan, musti ngerjain naskah, nulis artikel, bahkan masih momong anak, antar jemput, masak dll dll.

Sesuatu yang butuh kesabaran level akut, ya. Nggak hanya sabar, tapi juga cara cepat memanajemen waktu yang masih sering berantakan karena hal-hal sepele ^terutama rasa malas.

Pengalaman pribadi, seperti di awal tulisan. Dalam waktu yang bersamaan, musti kelarin nulis beberapa artikel sekaligus. Dengan tema yang beda. Benar-benar menguras pikiran dan tenaga. Tapi, karena sudah janji dan sudah kesepakatan, mau nggak mau ya harus jadi, selesai, beres.

Butuh perjuangan yang nggak mudah, tapi nggak sulit juga kalau kita bisa memanajemen waktu dengan baik. Dari pengalaman itu, yang mengharuskan nulis beberapa artikel dalam sehari, aku punya cara jitu untuk menyikapinya.

Dengan teknikku ini, aku bisa nulis 10 lebih artikel dalam sehari. Plus masih dengan kerjaan rumah yang bejibun, masih jualan juga, haha. Puyeng ya. Mau tahu mau tahu? Monggo silakan ya Sob:

1.    Cari ide apa yang mau kita tulis. Tentang teknologi, yang serba unik, seni atau tentang kesehatan. Ambil dan tangkap salah satu. Misalkan saja tentang seni. Ini bisa banyak banget cakupannya. Pilih seni lukis. Kecilkan lagi jadi seni jalanan. Kecilkan lagi jadi mural.

2.    Cari sumber terpercaya tentang mural ini. Minimal 3 sumber ya.
3.    Sambil cari sumber, baca. Kan ada gambarnya tuh. Simpan gambarnya dulu sebagai penunjang tulisanmu. Jangan lupa sumber gambar sekalian disimpan ya.
4.    Tulis paragraf awal versimu. Gayamu, bukan gaya orang lain. Dengan berbasis sumber yang tadi sudah dibaca. Sedikit analisa juga boleh.

5.    Dari gambar yang sudah disimpan, mulai menerangkan tentang gambar tersebut. Jangan hanya gambar doang tanpa keterangan. Itu akan sangat membosankan.
6.    Jangan lupa dikasih penutup yang cetar sob.
7.    Baca ulang sekalian edit kalau ada kesalahn penulisan.
8.    Benahi sana sini. Biar keren dan kece badai.
9.    Beres deh.

10. Ulangi lagi cara seperti di atas. Kadang untuk 3 sumber ini kita bisa nulis jadi 5 tulisan sekaligus. Dari beragam sudut pandang. Kalau seni tadi bisa senimannya, jenis seninya, hasil karyanya, kreasinya, atau konsep dan idenya. Nah, mudah banget kan?

Lebih cepat lagi kalau kita nulis draft mentah. Bisa simpan draft banyak. Baru finishingnya belakangan. Juga bisa lho. Nah, dengan cara tersebut kita bisa lebih cepat nulis Sob. Buatku sendiri, sehari biasa ngedraft tulisan (artikel) sampai 10 tulisan. Bahkan bisa lebih. Meskipun hanya draft mentah, kita bisa benahi dengan cepat. Asal sumbernya terpercaya, aman.

Begitulah cara mudah menulis artikel super cepat versiku. Namanya the power of kepepet. Semua harus jadi. Dan jadi  tuh. Setiap hari dengan segala kerempongan lainnya. Yuk Sob, semangat lagi dan silakan dicoba tipsnya ya. 

Baca juga:

4 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya mbak wahyu.

    Jujur saja saya sdg mencari tips atau tepatnya pelecut semangat utk meningkatkan produktivitas menulis.

    Artikel ini sangat bermanfaat.

    Makasih.

    Sukses utk njenengan. :)

    BalasHapus
  2. malam mbakku, kirain uda hilang dari peredaran blog mbak :D.
    Jujur, mau nulis 10 postingan saat ini. belum bisa, cuma baru bisa satu-satu. coz untuk menumpahkan semua yang ada di kepala. perlu ada draft.
    heheheh. semoga mbak, kembali lagi mengisi blog ini

    BalasHapus
  3. Wow jadi itu rahasianya, mau coba ah sekarang aku mobile blogging saat anak tidur❤️

    BalasHapus
  4. keren bisa nulis 10 artikel lebih dalam sehari.. pasti butuh perjuangan kerass tuh :p

    BalasHapus