Selasa, 02 April 2019

Sedapnya Festival Kuliner Ndeso di Festival Gedong Songo 2019


Sedapnya Festival Kuliner Ndeso di Festival Gedong Songo 2019

Kreasi muncul dari melihat, mendengar, membaca…

Hai Sobat, masih betah baca blog ini, kan? Semoga deh, ha…
Masih dengan Festival Gedong Songo 2019, yang diadakan di area Wisata Candi Gedong Songo di Desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 



Sabtu, tanggal 23 Maret 2019 ada festival yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Yaitu Kuliner Ndeso. Apaan sih kuliner ndeso? Aha, ndeso adalah Bahasa Jawa yang artinya desa. Jadi kali ini yang dibahas di festival mengedepankan makanan khas desa. Tentu, banyak bahan dan segala macam kreasi yang desa banget.

Menikmati pagi di Gedong Songo memang sesuatu, ya. Walaupun rumahku sendiri berada di lereng gunung, rasa yang masuk ke hati tetap saja beda. Aroma khas kabutnya, udara dinginnya serta kesegaran udara yang masih asli karena pagi baru saja menjelang. Aroma kulinernya? Entar dulu…

Belum puas di hari pertama Festival Gedong Songo, lanjut aku datang di hari ketiga. Tentu saja masih bersama Mbak Hany Panjaitan.

Pembukaan dimeriahkan dengan tari-tarian juga. Dan yang paling menarik, tentulah banyak stan makanan khas ndeso yang bikin meleleh. 

Menggiurkan  banget makanan khas ndeso-nya ya

Jadi kangen Sepakung...

Ah yes, ketemu teman nongkrong di depan pohon beringin, hihihi...

Buntil

Jasreh (Senjoyo Village)

 Masing-masing stan adalah wilayah dengan beberapa wisata di sana. Misalkan saja Stan Bantir Hills, Kampung Cowboy Senjoyo Village, Stan Kuliner Khas Ndeso Desa Kebondowo, Banyubiru, Stan Wisata Keseneng (Curug 7 Bidadari),  Stan Wisata Lerep, Stan Sepakung, dan masih banyak lagi.

Gimana nggak meleleh lihatnya

Nasi jadung bakar by Senjoyo Village

Lepet jagung by Senjoyo Village

Enak banget kalau diurap
 
Stan dihias dengan beragam seni kreatif yang masing-masing menunjukkan kekhasan tersendiri. Kostum yang jaga stan juga kece badai lho. Kebanyakan sih Njawani gitu. Aroma Jawa terasa banget. Ndeso-nya dapet banget, hehehe. Bikin yang lihat adem. Banyak spot foto menarik di masing-masing stan ini.

Haseeek, ketemu teman blogger Mas zayn dan Mbak Hany

Kreasi stannya kece-kece badai semua

Banyak makanan memang membuatku kepalaparan. Langsung deh mencicipi beberapa kuliner khas ndeso yang nyatanya nggak kalah sama makanan resto, lho. Kerennya lagi, dibuat dari bahan yang masih alami banget. Indahnya bersahabat dengan alam, ya.

Pilih mana, ikan, jagung bakar atau apa sih itu yang dibuntel Mbak Hany?

 Nggak ada bosannya kalau di festival kuliner ini. Sayangnya lagi ada kondangan siang hari itu juga. Nggak bisa sampai kelar juga deh. Hihihi, tapi nggak apalah sudah kenyang juga, haha.

Beranjak siang mendung makin menggelayut. Kabut turun dengan derasnya. Ehem, kabut masak deras sih, karena disambut dengan rintik hujan juga. Acara yang menambah semangat untuk selalu berkreasi lebih jauh. Dengan beragam bahan alami yang selalu siap sedia di sekeliling tempat tinggal.

Semoga bermanfaat ya.

Kuliner seperti apa yang membuatmu meleleh?

Jangan lupa baca ini juga yuk:

1 komentar: