Jumat, 08 Mei 2020

7 Camilan Praktis dan Murah Meriah untuk Berbuka, Nomor 5 Tak Banyak yang Tahu

7 Camilan Praktis dan Murah Meriah untuk Berbuka,
Nomor 5 Tak Banyak yang Tahu


Siapa yang suka berbuka dengan kurma? Kurma salah satu makanan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa. Selain kandungan gizinya lengkap, rasa manisnya terasa beda. Selain kurma, ada beberapa camilan yang sering banget ada untuk berbuka puasa.

7 Camilan Praktis dan Murah Meriah untuk Berbuka, Nomor 5 Tak Banyak yang Tahu
 


Gorengan, salah satu makanan berbuka yang biasanya ada. Asal tak berlebihan, tak masalah. Banyak jenis gorengan lezat, enak, praktis, murak meriah dan mudah banget membuatnya. Nggak pakai rumit, rasanya juga mantul jaya! Gimana nggak lumer...

Mendoan, gembrot dan pisang goreng
 
Untukku sendiri, berbuka memang selalu ada saja camilan yang digoreng. Tapi ingat, tak boleh terlalu banyak. Secukupnya saja. Nah, macam gorengan untuk camilan ini ada banyak ragam, lho. Ini dia yang biasanya aku bikin. Camilan murah, meriah, mudah bikinnya.

1.    Mendoan
Siapa tak kenal mendoan? Tempe diiris tipis dengan tepung yang telah dibumbu ini memang yummy banget saat keluar dari penggorengan dan disantap. Jangan lupa kasih daun loncang, ya. Biar ada hijau-hijaunya nan syahdu gitu. Nambah sedap rasanya.

2.    Tahu isi
 
Tahu isi

Di tempatku namanya tahu susur. Haha, lucu ya namanya. Sama saja sih sebetulnya. Tahu yang tengahnya diisi dengan sayuran yang sudah dibumbu. Tak lupa dibalut tepung dengan garam biar rasanya makin mantap.

3.    Bakwan
Ada kol, wortel, daun loncang dan seledri yang diiris kecil-kecil. Lalu, campurkan dalam tepung terigu yang sudah dibumbu.  Goreng deh hingga kekuningan. Dikasih udang juga enak.

4.    Pisang goreng
Camilan lezat teman setia teh di sore hari. Saat puasa, kadang kangen juga sama pisang goreng. Kalau ada pisang kepok, pisang raja yang enak, biasanya kubeli sekalian. Biar ada simpanan kalau pas pingin goreng pisang.

5.    Gembrot



Nah, lho. Tak tanyak yang tahu camilan ini. Beda sama rolade, ya. Kalau rolade berasa agak anyep gitu. Nah, gembrot ini daun ketela (bisa juga diganti daun kenikir, daun adas, ataupun daun pepaya) yang direbus empuk. Diperas, kemudian dicampur kelapa yang sudah dibumbu kayak urap. Digulung-gulung, goreng deh dengan tepung. Enak banget. Apalagi kalau cabainya banyak. Hosh hosh hosh, pedasss...

6.    Gembus
Yang bagaimana ya? Hihihi, bingung neranginnya. Ya, sejenis tahu kw gitu. Memang dari ampas tahu. Nah, bumbunya kayak bikin mendoan. Tempenya aja yang diganti dengan gembus.

7.    Misua
Terbuat dari mi khusus buat misua. Bumbunya juga sederhana saja, sih. Hanya bawang putih, merica ditambah ebi. Sedapnya sudah nggak ketulungan, deh. Ini camilan favorit keluargaku saat lebaran guys. Pasti laris manis habis ludes. Saat puasa, kadang kangen juga bikin misua.

       Gorengan memang camilan yang menggetarkan hati dan lidah banget, ya, hehehe. Menggoda iman. Makan boleh, secukupnya saja. Di antara 7 gorengan di atas, ada favoritmu nggak? Bagi ceritanya ke aku, dong.


Hari ke 19 #BPNRamadan2020

0 komentar:

Posting Komentar