Sabtu, 16 Mei 2020

7 Tips Cara Hemat Lebaran Saat Pandemi Covid-19


7 Tips Cara Hemat Lebaran Saat Pandemi Covid-19


Hai, lebaran selalu istimewa. Setiap lebaran ada cerita tersendiri yang lain dan tak bisa diungkap dengan banyak kata. Sudah kebiasaan ada tabungan khusus ketika lebaran hadir. Untuk segala keperluan ketika lebaran tiba. Entah ke tempat wisata, bersilaturahmi saudara jauh ataupun menyediakan angpao khusus untuk orang-orang terdekat.

7 Tips Cara Hemat Lebaran Saat Pandemi Covid-19



Ketika pandemi covid-19 ini masih merajalela, ada cara hemat yang bisa dilakukan. Sehingga ada dana lain yang disalurkan ke hal lebih penting. Kelihatannya sepele lho, tapi dana dari penghematan ini bisa jadi sangat berguna untuk orang lain yang membutuhkannya.

Ada cara sederhana, tips cara hemat lebaran ketika si covid-19 masih butuh kewaspadaan khusus. Ini dia versiku, semoga bermanfaat, ya.

1.    Hemat baju
Baju baru kala lebaran memang sudah biasa. Itupun untuk yang mampu. Di luar sana, untuk beli baju lebaran nggak semudah orang lain melakukannya. Tak biasa bagi sebagian orang kalau lebaran malah nggak beli baju. Nah, kali ini selama masih ada baju layak, tak harus beli baru. Atau, misalkan beli beberapa baju lebaran, beli saja satu. Belinya juga ke teman dekat sekalian ngelarisin dagangannya.

2.    Hemat masak
Maksudnya? Puasa sebulan penuh tentulah saat lebaran ingin makan enak seperti harapan yang terpendam, hihi. Aha, tunggu dulu, nggak perlu berlebihan ketika masak untuk lebaran. Biasa saja, mungkin ganti menu yang agak istimewa. Sudah cukup. Toh, pandemi ini membuat tamu jelas berkurang atau malah tak ada sama sekali.

3.    Hemat camilan
Ada gitu yang menyiapkan camilan ataupun jajajan saat lebaran sampai turah meriah? Malah pada akhirnya nggak kemakan dan basi lalu dibuang? Sayang banget, kan? Beli saja yang disukai. Secukupnya.

4.    Hemat transport
Ini jelas banget karena lebaran ketika pandemi bagiku pilih #dirumahaja. Tak perlu melakukan perjalanan yang malah membahayakan karena wabah masih ada. Tentunya akan hemat trasnport. #dirumahaja sih.

5.    Hemat pernak pernik mudik karena nggak mudik dan #dirumahaja
Namanya mudik pasti butuh ini itu dan begini begitu. Bawa ini itu dan lain sebagainnya. Karena nggak mudik ya mending semua dana untuk keperluan lain yang lebih penting. Tabung saja gitu, hehehe.

6.    Hemat nggak main
Walaupun kangen main ataupun piknik, saat ini harus ditahan dulu, ya. Biar semua kembali normal dulu. Taung juga siapa tahu bisa umroh atau sekalian pergi haji. Amin.

7.    Hemat angpao
Eh, iya juga nggak, sih? Hihihi, lakukan saja yang kita nyaman. Urusan angpao walaupun nggak saling berkunjung masih bisa tranfer. Iya kan, ya?

Di luar itu semua, penghematan besar-besaran ini memang spesial. Untuk apa dana penghematan yang terkumpul? Bisa ditabung. Jangan lupa berbagi sebisa mungkin bagi siapa saja yang membutuhkan. Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah guys. Siapa tahu tetangga atau saudara dekat memang membutuhkan karena kena PHK atau karena nggak bisa kerja saat pandemi terjadi. Insyaallah pasti akan lebih berguna.

Begitulah cara hemat versiku, bagaimana denganmu?


Hari ke 27 #BPNRamadan2020

0 komentar:

Posting Komentar