Sabtu, 09 Mei 2020

7 Hal yang Disyukuri Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19


7 Hal yang Disyukuri Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19


Tak terhitung jumlahnya, Allah SWT telah memberi begitu banyak nikmat

Dulu, ingat banget kalau awal bulan selalu tengokin kalender. Ada tanggal merahnya nggak, ya? Dan sekarang, benar-benar tanggal merah yang panjangnya tiada tara.

Dulu, yang namanya kumpul sama anak-anak dan keluarga sepertinya susah banget. Nunggu hari minggu. Itupun kalau aku nggak ada acara lain. Meskipun ibu rumah tangga nyambi jualan, kumpul sama anak merupakan hal yang dirindukan. Sibuk banget sih nggak. Tapi ada saja hal yang harus dilakukan dan itu memangkas waktu bersama anak-anak dan keluarga.


Dulu, kadang, malas gitu anter anak untuk ikut kegiatan sekolah. Bukannya nggak mendukung, capeknya memang nggak ketulungan. Belum kalau si kecil mau ikutan lomba apa gitu. Latihan intensif sebulan sebelumnya benar-benar menyita waktu dan perhatian. Antar dan jemput sekolah. Bolak balik lagi antar dan jemput latihan. Secara jarak sekolah dan rumah lumayan jauh. Tubuh kadang tak bisa kompromi.

Dulu, ngarep banget nggak perlu ada ujian nasional untuk anak-anak. Eh betulan lo dikabulkan karena pandemi covid-19. Sepertinya, apa yang jadi harapan tipis-tipis di masa lalu itu sekarang kesampaian juga ya.

Pandemi covid-19 membuat kita harus #dirumahaja. Nah, ada 7 hal yang patut disyukuri selama pandemi ini. Apa saja sih?

1.    Kumpul sama kekuarga
Terutama anak-anak. Benar-benar jadi tahu banget ya kebiasaan mereka. Yang rahasia sekalipun, hehehe. Karena aku #dirumahaja. Semuanya kukerjaian di rumah. Bisa selalu bersama anak itu hal yang susah banget pasin waktunya.

2.    Masak tanpa tergesa-gesa
Sebelum ada pandemi, masak tuh kayaknya dikejar waktu gitu haha. Kayak apa aja. Pokoknya bangun ya harus pagi. Siapin buat bekal sekolah dan lain-lain. Ribet bin rempong. Emang kan kayak dikejar waktu? Ada yang mengalami juga?

3.    Membaca buku sepuasnya
Ini dia yang kulakukan. Sebelum pandemi, membaca buku itu sebuah kegiatan kulakukan di sela-sela kesibukan. Atau kalau sedang naik angkot. Sekarang lebih bisa baca sepuasnya, keren ya.

4.    Tarawih bareng selama puasa
Senangnya bisa selalu tarawih bareng setiap malam #dirumahaja. Suatu hal yang mungkin, tak bisa selalu dilakukan saat puasa. Puasa biasanya kerjaan juga numpuk, harus kelar semua. Hiks, sedih ya kalau ingat. Masa pandemi covid-19 semoga membuat semuanya menjadi lebih baik lagi.

5.    Nulis sepuasnya
Pandemi covid-19 membuat warungku tutup. Biasanya, jualan nyambi nulis. Ngetik berita dan lain sebaginya. Karena pandemi, akhirnya aku fokus nulis.

6.    Hemat bensin
Lebih tepatnya pertamax, karena jarang bepergian.

7.    Memaksimalkan beribadah #dirumahaja
Biasanya, kerjaan membuat kehidupan sserasa cepat berlangsung. Semuanya serba cepat serasa dikejar waktu. Sampai-sampai, kadang sholat ataupun tadarus juga seolah dikejar waku. Nauzubillah. Masa pandemi ini bersyukur banget, insyaallah mampu beribadah tanpa ada rasa tergesa lagi dan lebih khusyuk. Amin.

Selalu ada hikmah dibalik semua yang kelihatannya menyedihkan. Selalu bersyukur atas nikmat-Nya di tengah pandemi. Masih semangat puasa, kan?


Hari ke 20 #BPNRamadan2020

0 komentar:

Posting Komentar