Selasa, 29 Juni 2021

Bersama ASUS VivoBook 15 A516, Jadi IRT dan Penulis Profesional

 Bersama ASUS VivoBook 15 A516, Jadi IRT dan Penulis Profesional

 

Pukul 00.59 WIB

[Harus kirim sekarang ya, Mbak, besok pagi buat syuting]

Deg!

[Laptopku heng, Mas, aku nggak bisa kirim email, file belum kupindah flashdisk]

Balasku pasrah. 25 scene, kenapa juga tidak kukirim per 5 scene? Biasanya aku kirim per 5 scene, huhuhu.

Asus VivoBook 15 A516

Gimana perasaanmu sudah lembur dari siang hingga pukul 1 dini hari saat mau kirim email laptop malah hang? Besok, skenario harus ready untuk syuting sinetron stripping. Aku nangis dalam senyap.

[Ya gimana, ini sudah ditungguin, kan harus ku cek dulu]

Tak kubalas pesan dari head writer-ku itu. Laptop dipukul-pukul pelan, nggak ngefek, tetap saja mati. Kubanting-banting di meja pelan, nggak ngefek juga. Panikku level 1000!

Byar! Nyala, sambil tangan gemetaran kukopi file 25 scene itu ke flashdisk, berhasil.

Mataku berkunang-kunang menatap layar laptop sesempit itu,

wajar bikin pet-petan dan blur.

Pet! Laptop mati lagi. Alhamdulillah. Lalu kirim emailnya? Ponselku sudah full nggak bisa kirim file. Tunggu, masih ada satu cara, ke warnet!

Kugedor masku sambil nangis panik. Tak kuhiraukan teleponku yang dari tadi berbunyi minta diangkat.

“Anterin aku ke warnet,” pintaku lemas.

“Hah? Jam segini?”

“Laptop eror, besok skenario untuk syuting setelah dicek head writer,” jelasku terbata. Aku harus profesional, ini menyangkut kepercayaan dan tanggung jawab.

Pikiranku hanya satu, jam 1 dini hari, di kampung lereng gunung gini, apa masih ada yang buka? Mbuhlah, yang penting aku harus mencari warnet di tengah hawa dingin mencapai 14o Celcius. Untunglah warnet pertama yang kudatangi masih buka. Ada 2 orang asyik main game di sana. Saking gemetarannya aku nggak bisa mikir kirim email. Cuma kudodorkan flashdisk, masku yang kirim email tersebut ke alamat email yang ada di ponselku dan sent!

Setelah itu laptop masuk tempat servis sekitar seminggu. Rasanya, berton-ton pekerjaan memenuhi kepalaku. Aku ngetik di warnet, profesionalitas harus kujaga sebaik-baiknya. Padahal, kalau ke warnet otomatis tidak bisa sekaligus urus rumah dan anak-anak.

Aku butuh nutrisi laptop yang mumpuni!

 

Tragedi demi Tragedi

Dan sebulan lalu, laptopku benar-benar tak mau nyala. Kuberikan pada ahlinya, dan tahukah kamu? Semua isinya nyaris tak terselamatkan.

Aku mual ya Tuhanku, naskah-naskah penting ada yang tidak kusimpan di flashdisk. Inilah kecerobohan dan kesalahan fatalku. Meskipun laptop sembuh dengan tanda kutip, beberapa file penting lenyap tanpa belas kasihan, huhuhu....

Asus VivoBook 15 A516
Butuh laptop dengan layar luas

Tragedi berikutnya kakakku dapat ujian sakit yang menguras air mata. Kadang, aku harus menungguinya. Sambil menunggui, kusambi nulis untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan laptop layar seuprit yang hampir sering eror dan baru beberapa menit baterai sudah habis, mau tak mau aku jadi ribet sendiri.

Lagi-lagi, pandemi membuat acara webinar hampir tiap hari baik untuk endorse ataupun review produk. Layar laptop sempit, mata pedih dan perih, minus nambah, deh karena akhirnya pakai ponsel segenggaman tangan. Kegiatanku mengisi kelas menulis bersama komunitasku serta berbagai acara webinar dengan zoom meeting yang mengharuskanku memiliki laptop lebih nyaman untuk menunjang segala aktifitas. Belum lagi tugas daring anak-anak. Hiks, daku lelah, kerjaan tak ada yang beres.

Sungguh, aku butuh laptop yang memiliki penyimpanan aman, tahan banting serta layar lebar dan luas seluas samudra.

 

Pandemi Mengubah Segalanya

Memutuskan jadi IRT alias ibu rumah tangga, itulah awalku memulai kreativitas hasrat terpendam yang telah lama mati suri. Keluar dari kerja kantoran, kembali menggeluti dunia menulis yang telah kusukai sejak SD. Dari sinilah peluang menjadi freelance writer atau penulis (lepas) kudapatkan. Asiknya lagi, menulis dan tetap jadi ibu seutuhnya untuk anak-anak.

Asus VivoBook 15 A516
Menjadi ibu rumah tangga (IRT) sekaligus produktif dari rumah

Pandemi datang, rencana berantakan, menjadi tulang punggung untuk anak-anak adalah hal yang kadang, menjadi tanda tanya tersendiri. Kenapa? Mengapa dan bagaimana? Jalanin saja, rejeki toh sudah ada yang mengatur. Lalu, apa yang harus kulakukan?

 

IRT, Kenapa Harus Produktif?

Iya, harus, kalau nggak, kita akan terkungkung dan terpuruk. Tetap cerdas dalam segala situasi membuat IRT lebih berwawasan luas. Dengan produktif banyak hal positif didapat, lho, diantaranya menghindari stres, mendapatkan inkam, tidak tergantung sama orang lain dan hidup bahagia karena pikiran terus berkembang pesat. Ehm, sepakat nggak sih dengan kalimat ini?

Asus VivoBook 15 A516, hobi
Kerja yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar

Kerja yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar

Itulah kenapa aku memilih menulis, sesuai dengan passion-ku. Tentunya penulis profesional bukan hanya kaleng-kaleng. Namun, aku nggak mau kejadian laptop eror mata lelah bin blur dan harus jungkir balik saat kerjaan harus kelar. Nah, aku sudah punya impian besar lho kenapa pilih ini:

Asus VivoBook 15 A516, IRT
Menjadi profesional meski tetap di rumah jadi ibu rumah tangga

Yap, bagiku, ASUS VivoBook 15 A516 pilihan paling tepat untuk IRT dan bermimpi menjadi penulis profesional sepertiku.

 

Kenapa Kupilih ASUS VivoBook 15 A516?

Asus VivoBook 15 A516, penulis, IRT
Penampakan laptop ASUS 15 A516 bikin mupeng

Yakin banget meskipun emak rebahan akutu punya impian setinggi langit untuk tetap kreatif dan produktif di rumah saja walau rintangan badai guntur menghadang. Kenapa seyakin itu? Banyak alasan yang menyesakkan ulu hati, karena....

 

Aku Pernah Dibilang Memiliki Pesugihan

Mau ngakak takut dosa, ha... Faktanya seperti itu, mereka tak melihat aku jungkir balik menulis artikel, buku, serta skenario yang kadang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan. Mereka tak percaya aku dapat inkam dari nulis ini itu. Tahunya hidupku bahagia ongkang kaki tanpa kerja (amin). Mereka tak pernah tahu mata sakit dan laptop eror saat situasi darurat.

Asus VivoBook 15 A516, kapasitas besar
ASUS 15 A516 penyimpanan ganda dan kapasitas besar

Dan, aku percaya pada ASUS VivoBook 15 A516, karena desain penyimpanan ganda dan kapasitas penyimpanan besar sekaligus dilengkapi Microsoft Office Home & Student 2019 yang dapat gunakan seumur hidup. Kejadian kehilangan banyak file penting dan seringnya hang membuatku harus cerdas memilih laptop yang aman menyimpan segudang file.

Oh, iya, si kecil suka banget edit video karena ia mulai merambah ke youtube. Nah, laptop emaknya sudah nggak memadai lagi. Karena aku suka ngeblog dan traveling, aku sendiri kadang harus bikin video untuk job-job tertentu. Wah, gimana, dong? Wes to, santuy, ASUS VivoBook 15 A516 memiliki prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330. Urusan per-yutupan dan video, beres, deh.

Tenang saja, keunggulan data super cepat dan dengan instal aplikasi di SSD untuk respons dan waktu load lebih cepat dan HDD digunakan untuk menyimpan file ukuran besar seperti film, koleksi musik dan album foto. Penyimpanan yang sangat besar dengan HDD + SSD sampai dengan 1 TB + 256 GB bakal membuat enjoy saja menyimpan banyak file besar.

Asyik! Bisa nonton film sepuasnya dengan laptop kece dengan layar lebar nggak bakal bikin mata cepat capek, nyaman dan aman datanya. Pokoknya biarlah orang bilang apa, semoga sugih beneran, amin.

 

Aku Pernah Dibilang Sarjana Pengangguran

Pingin nangis pojokan kamar, sumpah! Tahukah kamu menjadi IRT adalah sebuah pilihan, meskipun ‘Anda’ seorang sarjana. Walau tak ngantor dan tak berbaju ngejreng, memilih tetap produktif di rumah dengan beragam kegiatan. Salah satunya ikut webinar banyak acara ragam kepenulisan ataupun endorse berbagai produk. Laptop sering eror membuatku memilih ponsel saat mengikuti acara webinar. 

Mataku sampai pedas rasanya menatap layar sempit segenggaman tangan.

Kalau hanya setengah jam gitu tahan. Namun, webinar biasanya sampai 2 jam, mata lelah hayati.

Asus VivoBook 15 A516, layar luas
ASUS VivoBook 15 A516 layarnya luas

Tenang ough, layar NanoEdge membuat area layar luas ASUS VivoBook 15 A516 cocok untuk bekerja dan bermain dengan sudut pandang 178° dan 83% screen to body ratio. Layarnya aja lebarnya 15,6 inci. Ya ampun bikin girang jejingkrakan nonton anime! Zoom, daring, webinar ala IRT rebahan sepertiku sudah bukan masalah lagi. Minus mata aman tenteram damai sejahtera, deh. Lagipula mau dipakai di luar ruangan ya aman aja soalnya memiliki lapisan anti silau untuk mengurangi gangguan yang tak diinginkan dari pantulan anti silau yang mengganggu.

Jadi, kita benar-benar fokus, sampai ke detailnya, soalnya, layarnya lebar sangat! Nyaman pol, awawaw, emejing!

 

Aku dapat Menunggui Kakak yang Sakit dan Nyaman Ketika Mengisi Latihan Kepenulisan

Apa hubungannya sama nungguin Kakak yang sedang sakit? Ya jelas ada karena berat ASUS VivoBook 15 A516 cuma 1,8 kg dan tebalnya 1,99 cm saja. Wow! Ini sih praktis banget. Bisa wira wiri ke rumah kakak, sangat ringan nggak pakai keberatan angkut laptop segala.

Asus VivoBook 15 A516, 1,8 kg
Saking ringannya, nyaman dibawa kemana-mana

ASUS VivoBook 15 A516 adalah laptop ringan yang mengikuti gaya kekinian yang serba cepat nggak pake lemot. Laptop portabel dan keren tampilannya. Weis, pokoknya pede banget dengan laptop canggih ini dengan lapisan transparent silver dan slate grey.

Asus VivoBook 15 A516, literasi
Saat pelatihan kepenulisan (foto diambil sebelum pandemi)

Selain itu, fleksibel kubawa kemana-mana ketika harus mengisi acara menulis di berbagai tempat. Tentu, dapat diandalkan dalam berbagai kesibukanku di dunia literasi.

 

Aku Bisa Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat

Kok Bisa? Iya banget, karena menyalakannya saja cepat nggak kayak laptopku sekarang ini butuh beberapa menit biar byar gitu. Mengakses ASUS VivoBook 15 A516 super mudah dan sangat aman. Sensor sidik jari bawaan dan di touchpad dan Windows Hello, tak perlu ngetik kata sandi muluk. Bukan zamannya lagi seperti itu, cukup dengan satu sentuhan. Wah!

Asus VivoBook 15 A516, sensor sidik jari
ASUS VivoBook 15 A516 dengan sensor sidik jari

Mengetik 10 artikel sehari atau puluhan scene skenario bukan masalah lagi karena semua cepat dan beres dengan keyboard full-size. Baclit ASUS VivoBook 15 A516 sempurna untuk kerja pada minim cahaya, mati lampu nggak masalah, tuh. Desainnya super ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh dengan key travel 1,44 mm membuat mengetik nyaman.

Pekerjaan bakal cepat selesai, menghemat waktu dan pekerjaan rumahku bisa beres. IRT memang multi talent yak, hehehe, semua karena ASUS VivoBook 15 A516.

 

Aku Bisa Hemat Waktu

Tahukah Kamu kalau ASUS VivoBook 15 A516 dapat diputar balik sehingga mudah dihubungkan dengan perangkat lain? Yap, karena ia dilengkapi dengan port USB-C® 3.2 dan kecepatan tranfer data 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0! Cakupannya port USB 3.2 tipe-A dan USB 2.0, output HDMI dan microSD reader membuat kita dengan mudah menghubungkan semua layar, periferal dan proyektor.

ASUS VivoBook 15 A516
Wow, kecepatan tranfer datanya bikin takjub!

Semudah itu, bagaimana nggak mupeng? Tentu dengan kemudahan ini aku bisa menghemat waktu untuk hal lain.

 

Aku dapat Traveling dengan Nyaman

Pandemi membuat acara jalan dan traveling tak seindah rencana karena urusan finansial dan area wisata berubah aturan. Eh, tapi, aku tetap traveling di tempat dekat. Piknik tipis-tipis ke sawah atau kebun samping rumah hehehe. Meski tak jauh, hanya motoran atau nggowes sepedaan kadang takut bawa laptop yang sudah uzur. Kena goncangan dikit, eror, terbentur dikit, data hilang dan nggak mau nyala. Duh, tolong!

Asus VivoBook 15 A516, traveling
Traveling lebih nyaman dengan laptop andalan ASUS VivoBook 15 A516

Namun, nggak ada lagi ketakutan seperti itu karena ASUS VivoBook 15 A516 mempunyai fitur peredam goncangan E-A-R® HDD melindungi data setiap benturan, sementara sasis diperkuat meningkatkan pengetikan dan membuka menutup laptop hanya dengan satu gerakan halus.

Duh, sungguh deh ASUS VivoBook 15 A516 ini idaman IRT yang peka, halus dan pengertian kayak daku ini. Sesibuk apapun kerjaan dan menjadi IRT, tetap butuh traveling yang aman dan nyaman. Sepakat?

 

Aku, ASUS VivoBook 15 A516 dan MyAsus

            Makin produktif walau IRT dengan MyAsus. MyAsus merupakan cara mudah mengakses serangkaian aplikasi Asus untuk memaksimalkan laptop ataupun PC desktop. Dengan mengoptimalan kinerjanya untuk dukungan purna jual. Selain itu ada banyak pilihan aplikasi populet dengan beragam tawaran ekslusif. Keren banget ya.

Setuju kan kalau MyAsus dan Mbak Dedew bilang gini:

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

 

ASUS VivoBook 15 A516 bisa lihat lengkapnya di sini, ya.

Spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516 dapat dilihat seperti di bawah ini:

Color

Slate Grey, Peacock Blue

Operating System

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Processor

 

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Celeron® N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz)

Graphics

 

NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5
Intel® UHD Graphics 600

Display

 

15.6-inch,HD (1366 x 768) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 

15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,IPS-level Panel,Anti-glare display,LED Backlit,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 

Memory

 

4GB DDR3 on board
4GB DDR3 on board,4GB DDR4 SO-DIMM
8GB DDR3 on board
4GB DDR4 SO-DIMM ,Memory Max Up to:12GB

Storage

 

1TB SATA 5400RPM 2.5" HDD,256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

I/O Ports

 

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
2x USB 2.0 Type-A
1x HDMI 1.4
1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x DC-in
Micro SD card reader (on selected model)

Expansion Slots (includes used)

 

1x DDR4 SO-DIMM slot
1x M.2 2280 PCIe 3.0x2
1x STD 2.5” SATA HDD

Keyboard & Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard with Num-key

Camera

VGA camera

Audio

 

SonicMaster
Audio by ICEpower®
Built-in speaker
Built-in microphone
with Cortana support

Network and Communication

Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Power Supply

 

ø4.0, 45W AC Adapter, Output: 19V DC, 2.37A, 45W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 33W AC Adapter, Output: 19V DC, 1.75A, 33W, Input: 100-240V AC 50/60Hz universal

Weight

1.80 kg (3.97 lbs)

Dimensions (W x D x H)

36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm (14.18" x 9.25" x 0.78" ~ 0.78")

Built-in Apps

McAfee, MyASUS

MyASUS Features

 

AppDeals, System diagnosis
Battery health charging
Splendid
Tru2Life
Function key lock
Smart WiFi
Link to MyASUS

Microsoft Office

Office Home and Student 2019 included

Regulatory Compliance

Energy star

Security

 

BIOS Booting User Password Protection
Trusted Platform Module (Firmware TPM)
McAfee LiveSafe™ 30-day trial
Fingerprint sensor intergrated with Touchpad
Security Lock

Included in the Box

Backpack

 

  IRT dan Bigger Dream, Wider Screen

Asus VivoBook 15 A516, IRT, Penulis
Bersama ASUS VivoBook 15 A516 bermimpi besar, seluas semesta

IRT bukan alasan untuk tak berkembang. Percayalah, dengan ASUS – 15 Inch Modern PC, bigger dream, wider screen, walau apapun kesulitan menghadang, bermimpi besar, seluas semesta. Makanya aku pingin memiliki ASUS VivoBook 15 A516 agar bisa menjadi penulis profesional ditunjang dengan laptop mumpuni dengan layarnya yang luas sehingga membuatku nyaman bekerja. Impian terbesarku tetap kembali membumi, menjadi ibu rumah tangga solid dan fokus melihat tumbuh kembang anak-anak dengan tetap menulis untuk menebar manfaat.

 

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”

 

Referensi:

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516/

0 komentar:

Posting Komentar