Jumat, 25 Juni 2021

Dilengkapi Stylus, Paket Belajar Online Faber Castell untuk PJJ

 Dilengkapi Stylus, Paket Belajar Online Faber Castell untuk PJJ

 

Hero               : Ibu, cara cari KPK sama FPB kok lain yang diajarin Bu Guru?

Ibu                  : Beda cara, sama aja. Ya iyalah, ibu pakai cara zaman bahuela.

Hero (Kesal)  : Ibu gimana, sih ngajarinnya, aku nggak mudeng, Bu....

Ibu auto pening. Tapi itu belum puncaknya. Pas ngisi jawaban lewat google form kesabaran ibu diuji.

Hero (Panik) : Ini kupencet pilih A kenapa yang kepencet huruf B, HP ibu eror, ya, huhuhu, ibu, gimana ini?

Tolonggg!

 

stylus paket belajar online faber castell
Dilengkapi stylus, paket belajar online Faber Castell

Pernah kejadian? Tolonggg! drama di pagi hari sama si kecil yang masih duduk di bangku sekolah dasar memang sesuatu. HP gimana nggak lemot kalau dipakai daring bin PJJ anak-anak dengan tugas bejibun. Saat mau mengumpulkan tugas, biasanya HP malah hang, video tidak terkirim-kirim, mengisi soal lewat google form keliru klik muluk. Duh... bikin ngelu. Untunglah ada paket belajar online dari Faber Castell. Stylus yang uwuw banget biar tangan nggak jiper mencet-mencet layar HP. Masih banyak lagi yang bakal kubahas tentang Faber Castell ini.

Namun, itu entar dulu, ya. Aku mau cerita saat PJJ dan PTM yang menguras air mata, eh menguras pikiran dan kesabaran. Sebelumnya, ada yang sudah tahu serba serbi sejarah Faber Castell belum?

 

Serba Serbi Faber Castell

Tahukah kamu?

1.    Faber Castell berdiri pada tahun 1761 di Stein, Jerman. Tahu nggak, sih kalau perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan tertua di industri alat tulis? Wuih, keren, ya.

2.    Merupakan perusahaan keluarga hingga generasi ke-9.

sejarah faber castell
Kepemimpinan 9 generasi Faber Castell (foto by Faber Castell)


3.    Kapasitas produksi (pensil) 2-3 milyar per tahun.

4.    Jumlah karyawannya mencapai 8000 di seluruh dunia, wow!

5.    Dipasarkan di lebih dari 120 negara.

6.    Terdapat 9 lokasi produksi dengan kantor pemasaran di 23 negara.

7. Produknya merupakan kualitas terbaik di kelasnya untuk menulis, menggambar dan desain kreatif.

8.    Komitmen hijau menjaga dunia tetap hijau dengan proyek hutan lestari.

Kualitas memang tidak diragukan lagi. Dari dulu aku kecil, Faber Castell selalu menjadi pilihan untuk alat tulis sekolah dan alat tulis kerja ibuku yang kebetulan menjadi guru. Eh, apa hubungan Faber Castell dengan PJJ?

 

Refleksi Pendidikan di Antara PJJ dan PTM

Pandemi membuat semua berubah. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi solusi sekitar setahun ini untuk mengantisipasi penyebaran virus. Membosankan? Jelas! Anak-anak memiliki aturan baru dan kecanduan gadget. Tak bisa tidak, anak-anak lebih memilih main gadget daripada menyapu halaman rumah. Main juga mikir karena masih pandemi. Lalu, PJJ atau daring di rumah menjadi sangat membosankan.

Nah, inilah yang dibahas dalam webinar 'Refleksi Pendidikan Indonesia, di Antara PJJ dan PTM' yang diadakan oleh Faber Castell pada hari Sabtu, 5 Juni 2021 lalu. Dibuka oleh Mas Andri Kurniawan sebagai moderator, diisi oleh Product Manager PT Faber Castell International Indonesia, Bapak Christian Herawan, serta Ibu Saufi  Sauniawati, seorang konsultan dan praktisi pendidikan Indonesia.

Webinar Faber Castell (Foto by ss webinar)

Menurut Ibu Saufi tantangan PJJ yang dialami saat ini sangat kompleks,  misalnya:

1.    Tidak memiliki HP

Tidak semua anak memiliki HP terlebih anak-anak yang tinggal di pedesaan. Termasuk di tempatku. Anak-anak memakai HP orang tua untuk membuat tugas. Itupun kalau orang tua memiliki HP.

Solusi: Jika ada yang tidak memiliki HP, guru memberi alternatif meminta siswa datang ke sekolah, maksimal 5 anak, untuk diajar secara langsung dengan protokol kesehatan ketat.

2.    Ada HP tidak memiliki paket internet

Kendala kedua ini tergantung ekonomi masing-masing. Bagaimanapun juga dana yang dianggarkan tidak sedikit untuk paket internet PJJ. Bersyukurlah yang memiliki wifi atau dapat membeli kuota. Banyak yang tidak memiliki uang untuk membeli paket internet.

Solusi: Ada subsidi pemerintah, bisa dimanfaatkan dengan baik.

3.    Orang tua intens membantu program belajar di rumah

Stres tinggi, suara sudah kayak di hutan karena teriakan, memang sungguh membuat orang tua (khususnya ibu-ibu) harus memiliki ribuan stok sabar super banyak. Jika tidak, bikin pening pala berbi. Iya, swear, lho, nggak bohong!

Solusi: Orang tua mau tidak mau ikut belajar agar mampu menerangkan apa yang belum dipahami anak. Meskipun itu tidak mudah.

4.    Anak mulai bosan adanya daring

Wajar, kok. Tapi ya harus bagaimana lagi, inilah cara yang bisa dilakukan supaya pembelajaran tetap dapat dilakukan. Meskipun membosankan, harus memiliki cara tepat dan menyenangkan agar anak semangat PJJ.

Solusi: PJJ bisa dilakukan di taman atau berpindah ruangan.

5.    Kurikulum belum cukup menunjang model dari PJJ

Namanya juga mendadak karena pandemi yang hadir tidak diharapkan. Bagaimanapun telah berlangsung baik meskipun terdapat beberapa kekurangan.

Sudah setahun lebih melakukan PJJ, bagaimana dengan Pembelajaan Tatap muka (PTM)? Tentunya akan banyak kendala yang hadir karena membutuhkan adaptasi kembali.

 

Yang Harus Dipersiapkan Orang Tua dan Anak Menghadapi PTM

Dibutuhkan persiapan matang ketika PTM dilaksanakan demi kepentingan pribadi dan kenyamanan bersama. Di antaranya:

pakai masker faber castell
Taati Protokol kesehatan

·         Mulai mendisiplinkan jam tidur untuk anak. PJJ membuat aturan tidur kadang berantakan.

·         Orang tua harus mengajarkan protokol kesehatan secara tepat kepada anak. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta menjaga imun.

·         Jangan minta bekal kepada teman, lebih baik membawa bekal sendiri.

 

Persiapan Sekolah Saat PTM

Sekolah juga perlu mempersiapkan diri menjelang PTM. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini.

ü  Jarak bangku diatur sedemikian rupa agar jaga jarak aman.

ü  Jumlah murid yang berangkat harus terjadwal, bisa dibagi 2 kelompok dalam 1 kelas.

ü  Aturan perilaku wajib di sekolah untuk protokol kesehatan ketat.

ü  Melihat juga kondisi medis warga satuan pendidikan.

ü  Anak-anak membawa bekal sendiri.

ü  Kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler dibatasi.

ü  Sarana cuci tangan diperbanyak.

Tentunya masih banyak hal lain yang harus diperhatikan agar protokol kesehatan berjalan lancar dan anak-anak tetap nyaman.

 

Dampak Positif Adanya PJJ

Orang tua khawatir anak-anak kecanduan gadget? Ya wajarlah asal tidak berlebihan. Bagaimanapun juga ada dampak positif adanya PJJ ini. Coba, deh, mungkin berlaku juga untuk anak-anak di rumah, makin pintar dibanding emaknya, hehehe.

Anak-anak makin kreatif dengan adanya PJJ

1.    Anak-anak menjadi kreatif mengerjakan tugas menggunakan alat elektronik. Otomatis karena tiap hari semua kegiatan dipantau, dibuat dan dibikin melalui HP.

2.    Karakter anak berkembang. Anak terbiasa melakukan kegiatan keseharian karena siring membantu orang tua di rumah. Karakter yang bagus seperti ini sebaiknya terus ditingkatkan.

3.    Portal pendidikan berkembang pesat. Munculnya portal rumah belajar di beragam aplikasi dan media online.

4.    Orang tua mengenal lebih dalam karakter dan kemampuan anak secara langsung. Semakin banyak dukungan orang tua untuk anak.

5.    Rasa kekeluargaan makin erat. Bagaimanapun juga, kuantitas saling bertemu antara orang tua dan anak akan mempererat rasa sayang dan memiliki.

Tak perlu khawatir, menurut Product Manager PT Faber Castell International Indonesia, Christian Herawan, Faber Castell telah menyiapkan paket belajar online yang sangat tepat dan pas disesuaikan kondisi sekarang ini yang semuanya (hampir) serba gadget.

 

Paket Balajar Online Faber Castell

Faber Castell memang sudah ada sejak lama, tahun ini usianya sudah 260. Wow, usia dengan apresiasi tertinggi, selalu menjadi teman setia anak-anak, orang kantoran juga setiap keluarga karena macam produknya memang istimewa. Faber Castell paket ujian, Faber Castell pensil warna, Crayon Faber Castell semuanya membersamai tumbuh kembang anak-anak.

paket belajar online faber castell
Paket belajar online Faber Castell 

Ada lagi paket belajar online yang sangat penting dalam masa PJJ dan PTM kali ini dari Faber Castell. Tempatnya cantik, isinya juga lengkap, yaitu:

-       1 Pensil 2B

Pensil untuk menjawab soal pilihan ganda LJK, lulus uji OMR/DMR dan tidak mudah patah.

-       1 Penghapus

Penghapus bebas racun phthalate dan bebas debu berbahan lembut tidak merusak media.

-       1 Pen

Pena ergonomis pas dan nyaman untuk menyamankan saat mengerjakan essay.

-       1 Rautan

Rautannya tajam dan tahan lama.

-       1 Stylus

Berfungsi mempermudah menandai jawaban dengan tepat. Dijamin tidak salah mencet lagi, deh.

Mau tahu lebih banyak tentang stylus?

 

Stylus Faber Castell

Ada yang belum tahu stylus? Cek percakapan di awal tulisan ini, ya. Sering mengalami si kecil kesulitan ketika menggunakan layar sentuh? Mau nulis eh tulisannya berantakan di layar HP. Mau mencet A yang kepencet B, pokoknya ribet jadinya. Nah, stylus ini gunanya mempermudah kita saat menggeser layar HP. Sederhananya sebagai ganti jari gitu lo buibu... eheheh.

stylus faber castell
Stylus Faber Castell

Stylus adalah alat seperti pena kecil yang bisa digunakan di smartphone atau tablet dengan layar sentuh. Khusus stylus Faber Castell ini mempermudah menandai jawaban ujian dengan tepat dan berfungsi di segala merek smartphone ataupun tablet.

Wah, memang menyamankan dan mempermudah kita sebagai emak-emak yang ribet kalau anak rewel pas garap ujian, ya. Si kecil juga santuy pakai stylus ini. Katanya enak dan lembut banget waktu dipakai. Harga stylus sangat terjangkau kantong, sekitar 35 ribu rupiah saja. Buat yang belum punya, bisa langsung ke toko alat tulis atau pesan melalui toko online. Untuk penggunaannya, bisa lihat videonya di akhir artikel, ya.

 

I Love Faber Castell

Jadi, sekarang tak perlu panik atau bingung ya cari alat tulis untuk keperluan apapun juga karena banyak pilihan produk dari Faber Castell. Terutama paket belajar online dengan isi yang lengkap. Apapun ujiannya, Faber Castell selalu membersamai. I love Faber Castell. Untuk keterangan lebih lanjut bisa langsung ke www.faber-castell.co.id.

#PaketBelajarOnline

 


0 komentar:

Posting Komentar