Senin, 23 Januari 2023

Cek, Benarkah Hobi Nulis Menghasilkan Uang?

Cek, Benarkah Hobi Nulis Menghasilkan Uang?

Temanku, sahabat lama sesama kreator UC News menghasilkan puluhan juta dalam sebulan dari nulis. Hah? Apa benar? Iya benar, aku nggak bohong. Yang ditulis news, khususnya entertainment.

Buku anak duet, aku lupa buku yang keberapa


Keren ya, hebat banget. Akupun terplongo-plongo, kapan ya aku bisa seperti itu? Cek yuk cek!

 

Nulis Apa yang Menghasilkan Uang?

Siapa hobi nulis? Ngacung! Dan aku salah satunya. Hobi nulis dari bocil, menghempaskanku ke dunia tulis menulis berpuluh tahun kemudian.

Saat ini, nulis adalah keseharianku. Dari pagi hingga siang, dari siang hingga sore lalu menuju malam. Wajah udah kayak lepi hihihu… Ya Allah semoga lepiku sehat selalu, amin.

Weslah mbak, rausah kesuwen, ayoklah ceritain bagaimana bisa nulis menghasilkan uang?

Iyo, iyo, iki lho woconen.

Ini cerita versiku ya sodara-sodara, juga beberapa teman dekat yang memang menghasilkan cuan dari nulis. Cek ya, dari nulis dapat cuan.

1. Blogger

Ya kayak gini nih, sebagai blogger tentu punya blog. Cuan datang dari endorse produk. Selain itu blog yang ada iklannya (blogku nggak) dapat menghasilkan cuan dari Adsense.

Berapa penghasilannya, mulai dari 100 ribu, biasanya dapat placement post untuk blog. Rate tergantung masing-masing orang, mau harga segitu atau bahkan lebih dari itu.

Nggak perlu ribet kalau ada yang nerima job dengan rate segituan, bahkan kurang.

Ada pula yang lebih dari itu, bahkan aku pernah mengalami sendiri sejuta lebih untuk sekali post dengan brief tidak ribet. Catet ya tidak ribet hehehe.

2. Nulis Novel di Platform Media

Banyak banget penulis novel yang sukses di berbagai aplikasi novel. Aplikasi yang dimaksud misalnya KBM, GoodNovel, Innovel dan lain sebagainya.

Akupun pernah menjajal beberapa platform novel sekaligus. Hasilnya cuan mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Ini menggiurkan, apalagi yang sudah aktif di Wattpad auto cuan banget.

3. Nulis di Situs Berita

Nah, ini nih yang jadi awal ceritaku, nulis di situs berita online. Akupun pernah menjajalnya wkwkw, semua sudah kucoba guys. Sayangnya aku kurang tekun alias nggak sabaran.

Kalau temanku itu ketekunannya luar biasa dan ndilalah apa yang ditulis booming dengan PV atau pembaca mencapai puluhan juta. Jujurli memang tulisannya bagus dan mantap, lengkap dengan sumber valid.

Nah, wajar kan cuannya sampai puluhan juta per bulannya. 3 bulan auto bangun rumah. Untuk platform berita ini aku mundur, nggak cocok aku nih kalau nulis news, lama banget. Kecuali evergreen ya, pembaca masih lumayan banyak.

4. Nulis Buku

Buku apa sih yang cuannya banyak? Buku anak-anak atau cerita bergambar masih mendominasi guys. Buku anakku sampai sekarang masih menghasilkan royalti yang lumayan, alhamdulillah.

Caranya? Ya kirim ke penerbit buku, tunggu di ACC. Itupun kalau di ACC, kalau nggak ya coba lagi. Gitu terus sampai lolos dan ACC. Penulis yang hasilnya wes mbuh tuh kayak Andrea Hirata, Tere Liye dan siapa sih penulis idolamu?

Aku masih tetap Enid Blyton, wkwkw.

5. Content Writer

Content writer atau CW itu intinya membuat konten berdasar teks, ya. Nah, akupun menjajal dunia ini.

Sebagai penulis lepas yang mengiyakan saja segala orderan artikel selama ada waktu. Kadang kalau nggak sanggup ya kukasih ke teman lain sesama CW.

Untuk penulis lepas seperti aku mau niche apa saja oke, pertanian, perkebunan, tekno, lifestyle, bisnis de el el, pokoknya gaspol. Rate-nya? Standar saja sih, ada yang tinggi juga.

Tentu maunya yang tinggi menjulanglah, ya. Masih banyak yang lain lho, nulis skenario dan aku pernah bertahan 3 tahunan di penulisan skenario dan ghost writer. Untuk ghost writer beberapa kali ditawari, tapi masih mikir.

Gimana, tertarik nulis yang mana coba?


Hasil Nulis Apa Cukup Untuk Kebutuhan Harian?

Jawabannya cukup nggak cukup dicukupin. Alhamdulillah dari beragam nulis ada banyak hal kudapat.

Cuan iya, pengalaman iya, lingkaran pekerjaan iya, alhamdulillah. Intinya? Mencoba profesional, tulis yang terbaik dari yang terbaik dan on time.

Salam semangat nulis!

 

Baca Juga:

Bapak dan Ibu, Inspirasi Tanpa Batas

Nazla dan Maryam, Anak SD yang Bisnis Slime

Ide Keren Buat Nambah Cuan


 

1 komentar: