Senin, 07 November 2016

Lima Sekawan, Trio Detektif, Imung Kamu Pilih Mana?



Lima Sekawan, Trio Detektif, Imung
Kamu Pilih Mana?

Hai, Sob.

Diantara Sobat di sini mungkin ada yang tahu Imung, detektif cilik karya Arswendo Atmowiloto yang dekil ini sangat jeli dalam menangani suatu kasus. Si kurus hitam korengan dengan rambut yang tergerai di dahi itu bisa beraksi secepat kilat. Kasus-kasus yang dihadapinya juga bikin kita ikut memeras otak. Alur sang pengarang yang sudah tak diragukan lagi karyanya membuat sang penikmat buku enggan beranjak untuk selingkuh ke buku lain.

Itu hanya sekilas tentang Detektif Cilik Imung, buku ke 04, Selamatkan Bayi Kami yang aku baca. Buku terbitan Februari 2014 yang didesikasikan untuk calon detektif-detektif Indonesia. 

Membaca kisah misterius Imung aku jadi teringat buku-buku masa kecil yang kulahap habis. Meski nggak semua serinya kupunya, ada beberapa serial detektif yang masih kuingat sampai sekarang. Yaitu Serial Lima Sekawan dan Trio Detektif. Sobat ada yang suka juga?

1.    Serial Lima Sekawan

Beberapa koleksi Lima Sekawan yang masih "aman" :D

Buku karya Enyd Bliton yang sangat kugemari. Tokohnya ada 4 plus sekor anjing yang sangat cerdik. Julian, Dick, George dan Anne, serta Timmy, si anjing cerdik yang selalu mengikuti petualangan mereka.

Nama jalan, tempat dan nama tokoh asing membuat aku benar-benar penggemar berat serial ini. Saat kelas 1 SD, membaca nama jalannya yang aneh (kadang juga susah dieja) malah membuatku jatuh cinta. Nama-nama dalam cerita juga beda tentunya dengan nama kebanyakan orang Indonesia, menjadi sangat menarik buatku. Itu juga yang mungkin yang membuat aku begitu antusias membaca serial ini.

Tokoh serial ini:
-       Georgina atau biasa disebut George. Gadis tomboy berambut hitam ikal pendek yang suka sekali berpetualang dan berhadapan dengan hal-hal seru. Anak dari ilmuwan terkenal Profesor Kirrin dan Bibi Anne sangat pemberani diantara ketiga sepupunya yang lain. Anaknya tidak sabaran dan pokoknya maju jalan. Kalau orang Jawa bilang, pokokmen lanjut, liyane pikir mburi yang artinya kurang lebih, pokoknya lanjut, yang lain urusan belakangan.

-       Julian atau Ju yang sangat dewasa. Dia yang paling tua diantara 3 yang lain. Berpikir panjang dan selalu memutuskan sesuatu dengan perhitungan yang sangat matang. Anaknya cakep Sob #hem…


-       Dick, adik Ju dengan rambut ikalnya yang sering dikira kembaran George. Lebih sabaran daripada George.

-       Anne, adik Ju dan Dick. Gadis tabah yang selalu membuat kedua abangnya, Ju dan Dick dan sepupunya George, sabar dan semangat dalam menghadapi suatu masalah.

-       Timmy, anjing peliharaan George yang punya daya penciuman sangat tajam beberapa kali menyelamatkan tuan beserta sepupu-sepupunya.

Lima Sekawan ini pernah juga dibikin versi film serial lho. Pernah tayang juga di TV. Tapi aku lebih suka baca bukunya daripada serial TV-nya. Lebih seru!

Jangan lupa  baca 7 Kaset Jadul yang bikin Kamu Bernostalgia

Sampai sekarangpun, aku masih sering membaca ulang serial ini, hehehe. Asyik lho, Sob. Bisa bikin ide melayang hebat di kepala. Kalau melayang doang, nggak ada eksekusinya, kapan jadi naskah ya? #Sambil pantengin laptop :D


2.    Serial Trio Detektif

Andai aku punya semua koleksinya :) Sumber gambar: triodetektif..id

Serial ini tertulis karya Alfred Hitchcock. Namanya juga trio, ada 3 tokoh dalam serial ini.
-       Tokoh pertama si Baby Fatso, disebut penyelidik pertama. Nama aslinya Jupiter “Jupe” Jones. Waktu kecil dia seorang actor cilik. Si gempal ini dianugerahi daya ingat yang teramat sangat kuat. Si Jupe ini juga sangat berbakat dalam menarik kesimpulan sebuah kasus.

-       Sedangkan penyelidik kedua Peter “Pete” Crenshaw, badannya yang atletis dan lincah membuatnya cepat tanggap dalam situasi tertentu.


-       Seorang tokoh lagi Robert “Bob” Andrews, didaulat sebagai ahli penelitian dan dokumetasi. Si kaca mata yang bekerja paruh waktu di sebuah perpustakaan membuatnya fasih dalam hal pengumpulan data suatu kasus.

Ceritanya, ketiga remaja ini bertempat di Rocky Beach, tak jauh dari kota besar Los Angeles, USA. Dalam beberapa bukunya sering ada teknik hubungan dari hantu ke hantu. Apakah itu? Hem… Sobat harus baca kisah-kisah kerennya kalau penasaran ya :D

Ada kartu nama dengan 3 tanda tanya yang membuat kita jadi bertanya-tanya dan makin penasaran. Judul-judulnya yang penuh misteri membuat kita hanyut dalam kisahnya. Yang paling kusuka Misteri Tambang Jebakan Maut, dalam judul aslinya The Mystery of Death Trap Mine. Aku sampai beberapa kali membacanya.

Misteri tambang Jebakan Maut, satu-satunya yang tersisa. Yang lain pada pinjam nggak dikembalikan :D

 Dan tahu nggak Sob, aku sampai terbayang-bayang sama si Pete ini, lho. Duh, dia tuh idola banget, penceritaan karakter tokoh yang sangat kuat membuatku ngebayangin si Pete ini pingin selalu ada di dekatku, ahahay :D Kubayangkan sih seperti Bon Jovi, penyanyi idolakuh :D Rasanya aku sempat jatuh cinta pada tokoh penyelidik kedua ini, hihihi. Tapi nggak mudah saat harus pindah ke lain hati.

#Ups, jadi kangen deh baca Trio Detektif lagi.

Selain kisah detektif dan misteri ada juga kisah lucu yang bikin kita ngakak kejer guling-guling. Ingat Si Lupus? wartawan freelance dengan rambut jambulnya dan permen karetnya yang dulu sempat booming sekitar tahun 90-an? Si Lupus nih menghebohkan jagat remaja sampai difilm-kan juga. Aw, kangen film-film jadul. Kapan ya ada versi barunya?

Masih ada juga Olga sepatu roda dan apalagi, ya? Sobat mungkin bisa bisa sebutin juga.

Dari bacaan-bacaan itu pula yang bikin aku suka nulis cerita misteri ataupun detektif, walaupun belum ada yang terbit. Doakan ya Sob, semoga bisa terbit juga dan booming seperti serial di atas, amin.


Udahan dulu ya, Sob, aku mau ngelanjutin baca si Imung :D

30 komentar:

  1. aku suka banget nget lima sekawan, trio detektif semuanya mbak...kita sejaman ya brarti he3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. bisa jadi Mbak. Tapi aku merasa isih pitulas tahun ough :D

      Hapus
  2. Ya..ampuun ini buku lama bgt yg pernah saya baca di perpus wilayah. Menarik dan menegangkan kisahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menegangkan Mbak. Aku selalu merindukan serial2 itu :D

      Hapus
  3. Tiga-tiganya saya suka. Duh.. kangen baca ketiganya. Jadi inget masa kecil. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, memang masa kecil masa indah yang nggak mungkin kita lupakan yo Mbak

      Hapus
  4. Waktu ku kecil cuma baca majalah bobo, kisah para nabi dan kunclung dulu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bobo pasti Mbak, aku penggemar berat majalah itu. Sampai sekarang. KUncung juga :)

      Hapus
  5. yang serial trio detektif itu pernah kubaca Mba, tapi sepertinya hanya 1 buku deh

    BalasHapus
  6. Mbaak...baca tulisan ini, kok, jadi bawa kenangan ke masa lalu ya... :)
    Itu semua buku favorit saya, waktu kecil. Saya juga dulu punya koleksinya. Tapi sayang, sekarang udah gak ada lagi hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada lengkap di tokbuk kayaknya Mbak. Hanya terbitan baru. Kertas, ilustrasinya beda :)
      Feelnya ntar juga beda pas kita baca Mbak :D

      Hapus
  7. Wah koleksi buku jadulnya lumayan banyak. Pinjeemmm hihi

    BalasHapus
  8. kalo aku ingetnya Detektif Conan sama Sherlock Holmes mbak,, btw ini detektifnya kok cowok semua yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lima sekawan ada ceweknya. Kalo yang lain kebanyakan cowok. Nggak ribe kali ya :)

      Hapus
  9. Walaaa saya dulu sempat 'jatuh cinta' pada Imung mbak..habisnya pinter sekali hehe

    Saya juga mengikuti lima sekawan waktu main di TV, bukunya juga saya baca. Trio detektif juga..

    Jangan-jangan kita seumuran nih mbak Wahyu..?? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. bisa jadi Mbak Anjar :D

      I love Pete Mbak.. haha :D

      Hapus
  10. wow, mantap mbak wahyu masih memiliki koleksi buku lama, buku lima sekawanku entah kemana hehehe... maklum suka pindah2 rumah jadinya koleksi bukunya pada ilang sebagian

    BalasHapus
  11. Aku dulu punya semua buku2 itu Mba.. terus kebanjiran.. hiks.. sedihnya kaya kehilangan harta yang berharga bangetttt gitu deh :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak, buku2 memang harta tak ternilai harganya

      Hapus
  12. wah samaan nih mbak wahyu bacaannya. Aku juga waktu kecil ya bacanya Lima sekawan, Sapta Siaga dan Pasukan Mau Tau. Dulu buku Lima Sekawannya belum yang versi comical kayak di foto mbak ini. Versi yg lebih lama lagi (yaaah ketauan dong umurku berapa). Kalo yg lokal, saya dulu bacanya Lupus mbak. Dan pas kelas 3 SMA barulah ketauan kalo Hilman Hariwijaya itu kakak kandung teman sekelasku waktu SMA, wahahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kita satu selera ya Mbak.
      Hihihi faktor u nggak ngaruh kok Mbak.
      Huwa... kakak kandung Hilman?
      Aku maniak lupus juga, tapi etah bukunya dimana. Majalah hai juga dah gatau kemana deh huhuhu...

      Hapus
  13. Bacaanku pas kecil itu, sewa di taman baca. Belum ada duit buat beli. Hihihihi.

    Aamiin, semoga punya buku yang bestseller yaa

    BalasHapus
  14. aku belum pernah baca tuh... kayanya asik juga. tokohnya lucu lucu lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera ke tokbuk, keren2 kok. Udah cetakan berpuluh2 Mbak :)

      Hapus