Rabu, 28 Desember 2016

Candi Prambanan, Kisah Kasih Roro Jonggrang yang Melegenda



Candi Prambanan, Kisah Kasih Roro Jonggrang yang Melegenda

Hai Sob.

Prambanan merupakan candi Hindu yang dibangun Dinasti Sanjaya pada abad IX. Candinya megah, semegah namanya. Candi yang berada diantara perbatasan DIY dan Jawa Tengah, tepatnya di utara jalan raya Yogya-Solo ini auranya tak pernah lekang digerus jaman. 


Aku tak ingat lagi kapan terakhir ke sana. Namun ingatan akan candi yang menjulang ini sempat mewarnai mimpi-mimpi malamku xixixi. Kenangan khusus dengan jalan yang melingkari candi ini, membuat aku rada baper. Kenangan apa sih? Sudahlah, itu mah masa lalu :D

Candi Prambanan nan megah
Prambanan berubah saat kudatangi Ahad 18 Desember 2016 lalu. Candinya masih tetap ya Sob, unik, indah dan megah. Tempat parkirnya super duper luas, arena mainnya sangat lengkap, serta kebersihan lingkungan yang sangat terjaga dengan baik. Asyiknya lagi, di beberapa titik tertentu banyak disediakan wastafel untuk cuci tangan.

Harga tiket masuknya masih terjangkau, ini dia harganya:


Harga tiket masuk Candi Prambanan

Karena musim liburan, Prambanan kemarin penuh sesak dengan para wisatawan. Masuknya sampai berjubel. Apalagi naik ke candinya harus berjejalan dengan wisatawan lain. Tapi tetap dong lihat patung Roro jonggrang yang terkenal akan kisah kasih cantiknya dengan Bandung Bondowoso yang menuai beragam kisah dan legenda yang super canggih.




Candi utama berupa 2 deret candi yang saling berhadapan. Deret pertama merupakan Candi Siwa, Candi Wisnu dan Candi Brahma. Sedangkan deret kedua terdiri atas Candi Nandi, Candi Angsa dan Candi Garuda.

Ada candi-candi kecil di sekitaran candi ini. Secara keseluruhan percandian ini terdiri atas 240 buah candi. Tak lupa aku melihat Arca Durga atau Roro Jonggrang. 

Candi Kelir
Karena penuh, sampai ke atas candi harus dengan jiwa raga karena orang naik dan turun tumplek blek jadi satu. Mau foto aja susah banget karena banyaknya lalu lalang orang yang jalan. Mereka juga kayaknya rempong mau foto karena backgroundnya nggak bisa hanya candi doang hehehe. Berkah buat Prambanan, juga pariwisatanya, ya.

Batu-batu tak beraturan, pingin deh kembali ke jaman dulu kala :)

Dalam kondisi apapun, anak-anak tak pernah lupa mainan tanah :D
Memandang keluar dari komplek percandian mata kita disuguhi bebatuan yang hancur nggak berbentuk. Gempa yang sempat merusak Candi Prambanan memang terasa banget efeknya. Ada juga ada monument gempa 27 Mei 2006.

Monumen gempa 27 Mei 2006
Setelah itu kita bisa menapak di jalan yang sejuk dan rindang dengan kanan kiri ditumbuhi pepohonan. Asyik sekali, Sob. Ada jasa penyewaan kuda, dan aha! Ada penyewaan panah arjuna biar kita jatuh cinta, haha... Anak-anak langsung cuzzz deh.

Suejuk banget, Sob!
12 anak panah hanya bayar Rp.20.000,-. Semua tertarik, yuk mari nyoba! Mbak dan Masnya juga keren habis pake baju kayak wayang. Mereka mengajari cara memanah dengan kesabaran ekstra. Kalau nggak di sini, kapan juga sih kita memanah asmara?

Main panah asmara :D
Arena bermain sudah menanti juga. Mau ayunan, jungkat jungkit, plosotan, atv, ada semuwah. Anak-anak milih sepeda yang dobel. Untuk single dipatok harga Rp.10.000,-, sedangkan double cukup Rp.20.000,- . Gowes, yuk!

Gowes yuk gowes :)
Saat mau pulang, kasih makan rusa dulu. Yuhui, serasa di hutan deh. Nah, sebelum ke area parkir, kita mampir ke pasar pernak pernik souvenir. Sayangnya aku lupa nggak jeprat jepret di sini. Karena peluh sudah membanjiri badan, capek, dan rempong sama 8 anak-anak, hihihi.

Banyak yang bisa dipilih, kaos, kalung, gelang, sandal, tas, topi ada semua. Tapi harus pandai nawar ya. Kaos Rp.60.000,- tawar aja jadi Rp.15.000,-. Dan dapatnya Rp.25.000,-. Sandal Rp. 45.000,- kutawar jadi Rp.20.000,-. Pokoknya yang namanya emak irit ya harus supel dan gaul kalo nawar. Dimarahin pedagang, ya senyumin ajah :D. Oh ya ada 7 tips menawar harga yang harus kamu tahu.

Narsis dulu ah, setelah rempong dengan 8 jagoan xixixi
Akhirnya, sampai juga ke parkiran. Lemas, capek tapi seneng pake banget. Kita bisa kasih pelajaran anak-anak tentang candi, kerajaan jaman baheula, Roro Jonggrang yang sangat melegenda. Mereka antusias sekali lho mendengar ceritaku tentang Roro Jonggrang. Walaupun mereka sudah beberapa kali ke Prambanan.

Ahamdulillah, kita bisa lancar meluncur pulang. Oh ya, parkir mobil Rp. 10.000,-. Yuk, siapa sih yang nggak pingin ke Prambanan?



52 komentar:

  1. malam mbak, prambanan agak lebih luas ya dari borobudur, adik penasaran disana. adik tahu pertama kali candi prambanan, waktu pelajaran sd dulu sejarah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luas sama dan lain2, taman, juga candi di sekelilingna iya Mas Fajar. Sekarng prambanan lebih indah

      Hapus
    2. tambah pengen main kesana, sekalian mampir ketempat baksonya mbak wahyu, mampir hehehhe

      Hapus
  2. Udah lamaa banget nggak main ke prambanan. Terakhir kali waktu SD sktar 12 tahun lalu. . Wkwkwk uda banyaak yg berubaah, jd makin baguss 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ke sana lagi Mbak, udah banyak perubahan :)

      Hapus
  3. Aku ingin banget suatu hari nanti ke prambanan. Aku cuma pernah ke borobudur. Itu pun udah lamaaaaa sekali hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah lama sekali nggak ke Borobudur. Ke prambananpun ini udah berpuluh tahun yg lalu. BAru kmr ke sana lagi Mbak :)

      Hapus
  4. Capek buanget muterin prambanan karena luasnya :D
    btw bener banget oleh2 nawarnya harus banyak biar gak rugi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, luasss banget.
      Wkwkwk, gitulah Mbak emak irits :D

      Hapus
  5. Wah, lama juga tidak mampir ketempat pertapaan di candi prambanan. Sudah 5000 tahun yang lalu ternyata bangunannya masih tetap kokoh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup Mas Indra, hebat ya orang jaman dulu

      Hapus
  6. Namanya plesiran dengan anggota keluarga meski capek, rasanya pasti sangat menyenangkan ya Mbak

    BalasHapus
  7. Kirain harga tikenya cuman 10.000 untuk dewasa ternyata mahal juga yah!

    BalasHapus
  8. Wah keren, ternyata selain candi ada banyak area bermain juga ya mbak Wid. Anak-anak pasti jadi senang dan betah tuh.

    Saya penasaran dengan panah asmaranya, ada Arjuna juga nggak mbak disana? Pengen belajar memanah sama pakarnya langsung, hehehe..

    Dan saya belum pernah kesana, huhuhu.. padahal itu dekat sekali loh, cuma Semarang - Klaten :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arjunanya kemarin sedang lomba Mbak, pake kebaya dan blangkonan heheheh :)
      Sesekali mampir prambanan, deket Mbak Anjar
      Yup, kalo bawa anak asik arena bermainnya :)

      Hapus
  9. pengen nih ke prambanan mba..rencana april 2017 kesana

    BalasHapus
  10. saya malah fokus pada yang sedang bermain panah asmara nya, jadi inget sama roro jonggrang ketika beliau sedang memanah para musuhnya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk..
      Aku penasaran sama Bandung Bondowosona Mas :)

      Hapus
  11. hai
    selamat siang
    wah indahnya candi Prambanan

    Aku belum pernah lihat langsung, duuuh kasiaaaan deh! Hehe ....

    terima kasih banget sudah berbagi info
    semoga bisa lihat dari dekat keindahan candi Prambanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kapan2 ada kesempatan ke prambanan ya Mbak Maya :)

      Hapus
  12. Nggak langsung ke Ratu Boko, mbak..? Dr Prambanan ada paket keRatu Boko kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada paketnya Mbak.

      Nggak Mbak, sekitar situ banyak candi2 juga, tapi nggak kudatengin semua. Jalannya jauh. Anak2 yg liat sambil bersepeda

      Hapus
  13. saya blm pernah ke prambanan, baru ke borobudur :) mungkin suatu saat nanti bisa ke prambanan

    BalasHapus
  14. Ya ampun, terakhir ke Prambanan waktu masih SD. :'D Kangen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak Anisa, terakhir SD, baru ke situ lagi beberapa minggu yg lalu hehehe

      Hapus
  15. aku juga pernah ke candi prambanan tapi udh lama bgt, dulu waktu lulusan smp, udh berapd tahun tuh, pgn kesana lagi ..

    btw aku udh folback ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah lama banget, prambanan sudah banyak berubah lho.

      Oke tengkyuuu

      Hapus
  16. panaaaas... eh,

    Tapi seru sih. Beberapa kali juga nulis tentang legenda ini di blog. Ebener tuh, ga ada yg sanggup nyaingi Bandung sampai skr dengan teknologi apa pun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener panas!! hehehe

      BAndung bener2 legendaris ya Mbak :D

      Hapus
  17. Duh..emang paling ga nyaman banget saat pingin ngambil moment banyak org lalu lalang
    Situs keindahan yg dimiliki bangsa Indonesia salah satunya candi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, mo gimana lagi rame banget Mbak.
      Yes, indah banget!!

      Hapus
  18. Wah jadi kangen ke Prambanan. Inget dulu ada genk bapak2 luar (negeri) yg pada minta fotoin krn temen2 pada sibuk selfie 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, pasti terkenang sekali ya Mbak Nita :D

      Hapus
  19. Huhuhu, orang Indonesia macam apa ya saya, belom pernah ke Candi Prambanan. Kalo ke Jogja atau Semarang, pasti aja buru-buru. :(

    BalasHapus
  20. sudah lama aku belum pernah ke prambanan mbak..terakhir waktu sma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, udah banyak perubahan skr Mbak

      Hapus
  21. Selalu pengen banget wisata ke Candi, apalagi ada permainan memanahnya pasti asyik banget ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ingat jaman kerajaan ya Mbak. Yup memang mengasikkan

      Hapus
  22. Tiketnya sudah beda ya, oktober kemarin aku kesini harganya 35k sekarang 30 ya..

    Btw, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? apa memang berubah ya?

      Hapus
    2. Biasanya suka berubah gitu mba.. Sebelumnya malah mendengar dari teman saya smpe 40k, tapi kurang tahu juga sih.. :)

      Hapus
    3. Bisa jadi Mas. Mungkin tergantung hari libur atau biasa ya

      Hapus
  23. Wuduuuu busyettt,,,parkir mobil semahal itu sekarang di Indonesia??? apa cuma di prambanan aja??
    Oh... ini nih yang aku suka,,,banyak informasi harganya...Kalau harga sama orang Indo sama orang bule sama tidak??
    Thanks ya udah ngunjungi blogku,,,aku udah follow kamu,,,tapi aku nggak bisa follow di google plus :( ga tau kenapa,,,aku pencet-pencet kagak bisa... :(

    BalasHapus
  24. segitu kemarin Mbak. Munkin karena liburan ya? terus dinaikan.
    Seharusnya sama aja sih harga bule ind.

    Sama2. yup gpp Mbak :)

    BalasHapus