Kamis, 22 Juni 2017

Asus E202, Memaksimalkan Kolaborasi Kreatif Ibu dan Anak



Asus E202, Memaksimalkan Kolaborasi Kreatif Ibu dan Anak

LOMBA BLOG ASUS E202

Percakapanku dengan si sulung waktu jalan di sebuah lahan kosong,

Si Sulung     : Hi… bauk!
Aku               : Duh *sambil tutup hidung.

Kulirik Si Sulung. Ia nunjuk lahan kosong. Di situ terdapat papan layaknya papan pengumuman bertuliskan ‘Dilarang Buang Sampah Di Sini!’ Tapi di lahan itu, tepatnya disekeliling papan itu sampah menumpuk menimbulkan bau busuk yang menyengat hidung.

Si Sulung     : Kok malah pada buang sampah di sini ya, Bu?
Aku         : Yah… ehem (sambil mikir). Mungkin malas buang di tempat   pembuangan sampah. Kan jauh… Nggak boleh ditiru loh ya.

Si sulung gantian mikir, sambil manggut-manggut tentunya. Kami melanjutkan perjalanan, dalam diam. Sebelumnya sudah beberapa kali ia sensitif kalau lihat sampah yang tak pada tempatnya.

Malamnya, sebuah gambar ditunjukkannya padaku. Biasa, mendadak jleb banget saat dia minta aku tulis sesuatu (mungkin menyadari tulisannya tak begitu bagus, hehehe).

This entry was posted in

Selasa, 13 Juni 2017

Sahabat Tanpa Syarat



Sahabat Tanpa Syarat

Dear, Sob. Gimana ramadhanmu? Masih lancar? Makin khusyuk ibadah? Alhamdulillah.


Bersama Sahabat Tanpa Syarat (foto by: Limpat)
Tak terasa arisan blog Gandjel Rel sudah sampai di kocokan ke 4. Yuhui.. berharap aku dapat sih. Soalnya kemarin di kampung pas banget dapat arisan gula dan arisan bulanan. Kali aja arisan blog ini juga dapat, hehehe. Tapi ternyata Mbak Nunung, dengan blognya yang berisi tentang cara dan tips mendidik anak, serta Mbak Agustina owner Frozen Kuro yang dapat. Oke Sob, tetap semangat.

 
 Mumpung ada waktu buat nulis ya, harus langsung ditulis. Kalau ditunda, ya begitulah, tulisan dikit-dikit lama-lama menggunung jadi bukit. Kayak kalau menunda seterikaan, semakin ditunda, semakin tinggi gunungannya. 


Tambah males, dan tentu saja nggak bakalan kelar kalau kita hanya haha hihi saja tanpa action. Oh tidak!! Sebagai pengingat juga, aku sering dan terlalu sering seperti itu. Semoga ramadhan ini malesku bisa enyah jauh-jauh ya, Sob.

Rabu, 07 Juni 2017

Resep Cara Membuat Kaldu Ayam Mudah, Hanya 30 Menit



Resep Cara Membuat Kaldu Ayam Mudah, Hanya 30 Menit

Dear, Sob. Gimana kabarnya?

Menu harian membosankan? Uh nggak lagi lah. Hidup di jaman super canggih seperti sekarang ini kita harus lebih pandai dan kreatif. Kreatif cari-cari resep, juga cerdas memilih bahan yang digunakan. Beli makanan jadi banyak, sih. Tapi, rasa kadang nggak bisa bohong, kehigienisan kita nggak tahu juga. Campuran masakannya? Entahlah.



Nah, untuk menyikapinya, yang paling aman dan tenteram damai sejahtera ya dengan memasak sendiri. Apalagi punya anak sedang dalam masa tumbuh kembang. So, makanan sehat dan bergizi harus diutamakan.

Senin, 05 Juni 2017

Resep Membuat Kering Ubi Jalar Mudah dan Enak



Resep Membuat Kering Ubi Jalar Mudah dan Enak

Dear Sob,

Bulan ramadhan sudah berjalan beberapa hari. Kondisi tubuh insyaallah sudah mulai beradaptasi dengan baik ya, Sob. Lemas, males ngantuk nggak  lagi deh.

Sebagai ibu rumah tangga yang soleha *eaa… menu buka dan sahur jadi prioritas utama. Apalagi si kecil baru mulai puasa. Maunya masakin makanan yang bergizi dan imunisasi *eyalah malah nyanyi. 



Gitulah, Sob, akhirnya ubek-ubek beberapa masakan apa gitu biar nggak monoton. Kalau buat pribadi, urusan makanan nggak masalah. Asal ada buah dan sayur, wes beres deh. 

Kamis, 01 Juni 2017

Cara Membuat Brownies Kukus Mudah,Tanpa Mixer



Cara Membuat Brownies Kukus Mudah,Tanpa Mixer

Dear Sob…
Ada penggemar brownies?
Cung, aku salah satunya.

Buka puasa nggak melulu harus gorengan, kan? Sesekali bikin roti, biar sok dikira kreatif gitu loh :D

 
Sebenarnya paling nggak bisa bikin perrotian seperti ini. Selain harus sabar dan trengginas saat bikin, aku salah satu orang yang nggak sabaran. 

Entahlah, kenapa tanganku ini nggak bisa pas saja kalau bikin. Pinginnya seperti novel Hujan-nya Tere Liye. Masukkan semua bahan resep dalam komputer dan langsung jadilah roti. Yuhui… atau pinjem kantung ajaibnya si Dora emon *khayal.

Beberapa kali gagal total dengan beragam resep roti bikin males juga lho. Kalau kuingat-ingat, mungkin setahun yang lalu terakhir aku bikin roti. Kalau pingin, beli saja langsung. Bisa pesan atau beli jadi ke bakery.



Rabu, 31 Mei 2017

Kangen Rindu Arisan Blog Gandjel Rel



Kangen Rindu Arisan Blog Gandjel Rel

Halo, Sob..

Tak terasa sudah sampai putaran 3 arisan Blog Gandjel Rel. Yang dapat kocokan Mbak Rizka Alyna dan Mbak Alley Hardiani. Duo blogger kece dari Semarang yang suka sharing di blognya ini mengambil tema apa yang sedang aku kangenin. Hihihi. Apa ya? bingung juga deh, Sob.

Sama seperti kocokan 1 dan 2, yang ketiga inipun aku belum pernah bertemu muka dengan keduanya. Hanya saja, sesekali jalan ke blognya. Mbak Rizka Alyna merupakan bunda duo F, yaitu Fattah dan Fatih. Juga seorang psikolog yang mumpuni. Sedang Mbak Alley Hardiani penyuka travelling yang penggemar coklat. Yuhui.. blog mereka kece habis, semangat mereka ngeblog juga keren. Sangat menyemangatiku walau blogku ini masih Senin Kamis heu heu..

Jogja selalu istimewa (foo by locomotype.com)

Jumat, 26 Mei 2017

Menu Buka Puasa Favorit



Menu Buka Puasa Favorit

Dear, Sob…
Insyaallah, besok kita mulai menjalankan ibadah ramadhan. Sebelumnya juga, aku mohon maaf kalau selama ini ada salah tulis salah ucap salah komen ya, Sob.

Alhamdulillah, kita masih diberi kesehatan dan nikmat yang sangat luar biasa dari Allah SWT, hingga kita bisa menikmati ramadhan lagi, amin.

Belum juga hari pertama dimulai, teman-teman grup Blogger Gandjel Rel yaitu Mbak Hidayah Sulistyowati dan Mbak Ika Hardiyan Aksari memilih tema menu paling favorit saat bulan penuh berkah ini. Walau bingung semua karena bagiku semua makanan itu favorit, akhirnya aku memilih beberapa menu yang biasana (selalu) ada saat puasa.

Oh ya, Mbak Wati, merupakan blogger yang sangat ramah. walau belum pernah bertatap muka, aku rutin mengunjungi blognya yang apik. Sedangkan Mbak Ika, merupakan blogger yang aktif juga. Beberapa artikelnya tentang dunia anak dan mengajar membuatku sering mbrebes mili lho, Sob.

Tahu Asin

Rabu, 24 Mei 2017

Tradisi Nyadran Penuh Berkah di Bendung, Klaten



Tradisi Nyadran Penuh Berkah di Bendung, Klaten

Dear, Sob.
Menengok makam simbah merupakan hal yang menggembirakan. Karena berbeda tempat dan lumayan jauh. Saat pas untuk ke sana adalah menjelang ramadhan. Di daerah Klaten, Jawa Tengah dan sekitar, ada tradisi nyadran. Apa sih nyadran itu?


Nyadran merupakan tradisi pembersihan makan leluhur. Biasanya dilakukan di daerah pedesaan. Tata cara nyadran berupa bersih-bersih makam, di sana biasanya ada metok-an. Masing-masing keluarga masak, lalu dibawa ke makam. Kemudian dimakan rame-rame. Di makam simbah sendiri, ada tempat khusus buat acara ini.

Minggu, 21 Mei 2017

I love Monday, I Love JNE



I love Monday, I Love JNE

Dear, Sob. I hate Monday? Oh no…
Hari Senin idetik dengan seragam, dasi dan topi. Malas, ngantuk, masih terbayang piknik bersama keluarga kemarin. Atau masih mau tarik selimut buat tidur sepuasnya?

Itu masa lalu! Gebrakan keren dikibarkan oleh JNE. Perusahaan yang gaungnya sudah sampai kemana-mana ini memang sungguh luar biasa. Bergerak di bidang jasa pengiriman, perusahaan yang berusia 16 tahun lebih, meningkatkan semangat karyawan dengan program khusus `I love Monday`. Apakah itu? 
This entry was posted in

Jumat, 19 Mei 2017

Bandeng Presto Salatiga, Bandengnya Asli Juwana



Bandeng Presto Salatiga, Bandengnya Asli Juwana

Dear Sob, ada yang suka bandeng?

Hem, sejujurnya kalau bandeng yang hanya dimasak atau digoreng saja tak begitu suka. Karena durinya sangat banyak, kecil-kecil pula. Ini sangat bahaya buat anak-anak kalau makannya nggak sabaran. Bisa-bisa durinya malah nyangkut di tenggorokan. 

Ih nggak mau banget kan, Sob? Bisa-bisa anak rewel berhari-hari heu heu…

Nah, yang paling aman sih ya bandeng presto. Bandeng dengan perlakuan khusus ini bikin durinya empuk dan aman dikunyah-kunyah karena empuk. Buat anak-anak juga sangat aman. Tak perlu khawatir durina nyasar kemana-mana.

 

Rabu, 17 Mei 2017

Wisata Curug Palebur Gongso, Desa Keseneng, Sumowono, Semarang



Wisata Curug Palebur Gongso, Desa Keseneng, Sumowono, Semarang

Dear Sob.
Waw, hari-hari sangat sibuk, bagaimana denganmu, Sob?

Disela kesibukan yang tak bisa terbantahkan apalagi tercampakkan, kusempatkan diri jalan-jalan pagi ke tempat wisata baru di Curug Palebur Gongso, Desa Keseneng, Kec. Sumowono, Kab. Semarang, Jawa Tengah.



 Apa yang bisa Sobat lihat di sana? Yuhuii… ya tentu saja air terjun. Tempatnya tak begitu jauh dari Wisata Curug 7 Bidadari. Kalau Sobat pernah ke sana, bablas dikit lalu belok kanak kiri deh, bisa langsung menemukan tempat ini.

Kamis, 11 Mei 2017

Kenangan Masa Kecil, Kisah Kaos Keramat




Dear Sob, dari blog, aku banyak mengenal banyak teman baru. Bagaimana dengamu?
Salah satu, eh duanya adalah Mbak Anjar Sundari dan Mbak Nia Nurdiansyah. Aku sudah hapal nama-nama mereka (walau belum pernah sekalipun bertatap muka) dari grup blogger Gandjel Rel yang aku ikuti.

Rubrik Halamanku, karya emaknya entah dimana. Masih tersimpan karya si kecil, M. Awan AM
 Dari kedua blogger diatas, banyak sekali ide-ide yang kadang nggak terlintas loh di pikiranku. Sesekali meluncur ke blog mereka, pasti akan muncul ide mantab yang bikin aku mulai menulis lagi.

Selasa, 09 Mei 2017

Puisi Anak dan Tips Menulis Untuk Anak




Dear Sob, bagaimana kabar hari ini? semoga sehat ya, amin.

Setuju sekali bukan apabila anak kecil punya daya ingat yang sangat luar biasa? Kalau kita cermati dan mengamati, beberapa hal sepele, menjengkelkan, menggembirakan, menyakitkan adalah beberapa momen yang (biasanya) tersimpan rapi dalam ingatan anak-anak. Ini juga yang terjadi pada si kecil jagoanku.


Seminggu kemarin full acaranya nunggu si kecil (7 tahun) yang agak kurang enak badan. Saat masa pemulihan, beberapa buku tamat aku ceritakan ke si kecil. Dan akupun bisa rampung membaca 2 buku Tere Liye dan 1 buku Gajah Mada yang semoga bisa juga kutulis resensinya nanti, ya, Sob (sebelum lupa-lupa ingat ceritanya).

Jumat, 05 Mei 2017

Teater Seribu Wajah Ambarawa



Teater Seribu Wajah Ambarawa

Hai Sob, barusan mampir di www.rifanfajrin.com, aku dapat ide menulis, meski agak terlambat. Walau tak lengkap karena tak hadir saat acara.

Foto by: Daniel
 
Komunitas teater kerkeren di Ambarawa, Jawa Tengah, Teater Seribu Wajah Ambarawa, baru saja berulang tahun yang pertama. Yes, walaupun telat, nggak apa kan kalau di postinganku kali ini aku ucapkan:

“Selamat ulang tahun yang 1 Teater Seribu Wajah Ambarawa”

Kamis, 04 Mei 2017

Kenangan Pahit Yogyakarta-Ambarawa



Kenangan Pahit Yogyakarta-Ambarawa

Halo Sob, yuhuii… ketemu lagi.
Acara Kampus Fiksi super seru dengan ketemunya beberapa teman dunia maya dan nara sumber yang tak diragukan lagi kualitasnya. Diantaranya Mbak Linda Christanty yang berbagi ilmunya tentang kepenulisan essai. Perjalanan yang cukup seru ini, menyisakan kenangan pahit saat pulang. Hem…

Foto by peruri.co.id


Yah, aku dan Mbak Hany tergesa keluar dari acara pukul 16.30. WIB. Dengan membawa segepok buku dari divapress, kami ketawa ketiwi kesenangan. Karena Jl.  Taman Siswa lebih dekat dengan Terminal Giwangan Yogyakarta, kami putuskan naik Trans Jogja lagi menuju terminal. 

Rabu, 03 Mei 2017

Perjalanan Seru Ambarawa-Yogyakarta



Perjalanan Seru Ambarawa-Yogyakarta

Dear Sob, Yogyakarta itu kota yang ngangenin. Makanya, saat Kampus Fiksi Emas dengan tajuk Menulis itu Abadi digelar oleh Penerbit Divapress, dengan semangat 45 aku daftar.

Yes, tahun kemarin aku juga sempat ikut kampus Fiksi ini bersama teman-teman sekomunitas Penarawa. Sayangnya untuk kali ini banyak teman-teman yang nggak bisa daftar. Selain daftarnya sudah telat, ada juga beberapa teman yang sibuk dengan acara pribadi.

Dalam bus Semarang-Yogya

Selasa, 25 April 2017

Album Foto Kenangan Bersama Idphotobook



Album Foto Kenangan Bersama Idphotobook

Hai Sob. Ketemu lagi kita ya ...
Semangat pagi :D

Masih tentang album foto kenangan nih. Gara-gara nggak ada album kenangan terbaru dan ter up date. Aku nemu idphotobook di jagad maya.

Aku coba kirim beberapa foto di idphotobook. Aku pilah pilih foto jagoanku (karena hanya sebiji dua biji yang aku print. Itupun tintanya luntur dan kertas fotonya nggak bagus). 


Album Foto Kenangan



Album Foto Kenangan

Hai, Sob.

Hari gini kayaknya sudah nggak kenal sama klise foto, ya. Semua teknologi sudah mutakhir banget. Foto di hp sudah bagus, bisa diedit, bisa dikecilin, dibesarin. Bisa ditambah tulisan semau kita. Bahkan foto yang jelek habis bisa jadi keceh badai sehabis diedit dengan beragram program.

Etapinya, karena teknologi yang super canggih ini, sekarang banyak yang nggak punya foto album kayak jaman dulu. Duluuu sekali, beberapa puluh tahun yang lalu, yang namanya foto album itu sesuatu banget. Ada beragam model dan ukuran yang bisa kita pilih. Harganya pun beragam. Kita bisa tempal tempel foto sesuka hati kita. 


Rabu, 19 April 2017

Hari Kartini, Harus Kreatif



Hari Kartini, Harus Kreatif

Hai, Sob, bulan April identik dengan Hari Kartini. Sejarah dan cerita Kartini memang tiada habisnya. Bahkan film Kartini yang dibintangi Dian Sartro dan disutradarai Mas Hanung Bramantyo ini sudah sedemikian hebohnya.

Begitu juga yang terjadi pada emak-emak. Yang mempunyai putra dan putri TK ataupun SD, pasti juga sudah sangat heboh booking salon dan baju. Buat apaan coba? Ya buat merayakan Hari Kartini ini. 

Senin, 17 April 2017

Merawat Blog, Bersama Didik Prasetyo dan Penarawa



Merawat Blog, Bersama Didik Prasetyo dan Penarawa

Dear Sob, semangat Senin 😀
Pas semangat banget nih, aku mau bagikan keseruan kopi darat kemarin. Ini acara kumpul-kumpul (bagiku sih me time) bersama teman Penarawa (Penulis Ambarawa) yang ke 33. Yaelah sudah banyak ya, yang ke 33. Nggak nyangka sudah sebanyak itu kita saling sharing. Alhamdulillah.

Serunya Merawat Blog bersama Mas Didik Prasetyo (Foto by: Nararia)
 
Ahad, 16 April 2017 kemarin acara kopdar diisi oleh Mas Didik Prasetyo. Dengan tema Pelatihan Merawat Blog.  Seorang blogger dari Ambarawa yang kemampuannya jiyah… nggak perlu diragukan lagi. 

Jumat, 14 April 2017

Kena Marah, Apa yang Kamu Lakukan?



Kena Marah, Apa yang Kamu Lakukan?

Dear Sob, masih liburan, selamat menikmati ya, Sob.
Barusan keponakan bersungut-sungut sambil bercerita kalau acara membatik di sekolahnya nggak sukses sama sekali. Saat kain diwarna, ya jadilah warna sesuai pewarnanya, tapi lukisan di batiknya luruh juga.

Hihihi. Aku mau ketawa tapi kasihan juga, karena keponakan musti membatik ulang di rumah. Rempong banget, ngalahin rempongnya si emak sama buliknya wakakak. Bu gurunya nggak marah juga, lha wong namanya membatik kan bukan perkara yang mudah ya, Sob. Beli alat dan bahannya aja entah dimana, wajarlah kalau pertama kali membatik gagal total. 



Rabu, 12 April 2017

Konsonan, Sebuah Cinta Karya Lukas Jono



Konsonan, Sebuah Cinta Karya Lukas Jono

Hai, Sob.
Sebuah rangkaian kata acak dalam sebuah puisi sering membuat kita berbeda penafsiran. Tak jauh dengan puisi-puisi karya Lukas Jono ini. Dengan pilihan kata yang lugas dan apa adanya. Kadang nggak nyambung dan terkesan acak, membuat makna-makna yang ada dalam untaian katanya berbeda dengan yang lain.

Jujur, aku harus berpikir ulang untuk memahami beberapa puisinya.

Sebuah judul puisinya, Konsonan (di halaman 10) akan membuat kita bertanya dan menjawab sendiri (mungkin).




Senin, 10 April 2017

Lotis, Kumpulan Beragam Buah yang Menggiurkan



Lotis, Kumpulan Beragam Buah yang Menggiurkan

Hai, Sob. Selamat hari Senin, semoga berkah untuk hari ini, ya.

Untuk penggemar buah, lotis merupakan camilan yang tak bisa ditolak. Karena dalam lotis sendiri merupakan kumpulan beragam buah yang menggiurkan untuk segera dilahap.

Yes, lotis memang nggak hanya terdiri satu jenis buah. Tapi bermacam-macam buah dengan khasiatnya yang beragam pula. Dan tentunya tak dipungkiri lagi ada banyak manfaat dari buah-buahan ini untuk tubuh kita. 


Jumat, 07 April 2017

Resep Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Kriuk



Resep Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Kriuk

Jamur crispy renyah kriuk
Resep Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Kriuk. Dear Sob, Sebagian besar anak-anak suka dengan yang berbau crispy. Tepungnya yang melekat dan gurih serta rasanya yang bikin mulut nggak berhenti makan membuat pingin lagi dan lagi.

Beberapa warung atau outlet-outlet kecil di pingir jalan banyak yang menjual jamur crispy renyah dan kriuk ini. Hanya saja, kita mungkin sering ragu dengan minyak goreng yang dipakai. Warnanya kadang sudah menghitam, bikin bulu kuduk merinding. Bisa jadi minyak yang dipakai sudah puluhan kali dipakai. Mana ribet sih kalau kita tanya-tana detil seperti itu. Yang ada penjualnya malah pelototin kita hehehe.

Senin, 03 April 2017

Asyiknya Gali Inspirasi Menulis Bersama Kelingan


Asyiknya Gali Inspirasi Menulis Bersama Kelingan

Serius nulis (Foto by: Dewi Rieka)
Hai Sob, salam Senin.
Gimana kabarnya hari ini, sehat semua kan, Sob?

Menulis itu menyenangkan. Meski kadang tak ter-definisi-kan, hehehe. Yes, aku setuju banget. Plus mengasyikkan, sepakat, Sob? Banyak anak kuliahan ribet dengan makalah menulis yang bikin pusing. Nggak semua kali ya? Eh tapi ini nggak mau ngebahas tentang makalah menulis lho ya, haha malah kemana-mana…

Senin, 27 Maret 2017

Resep Puding Coklat Mudah dan Enak Serta Manfaatnya



Resep Puding Coklat Mudah dan Enak Serta Manfaatnya

Puding Coklat
Dear Sob, ada yang suka puding coklat?

Iyes, puding coklat memang banyak disukai banyak orang. Terutama anak-anak. Selain teksturnya yang lembut dan rasa coklatnya yang kebanyakan anak suka, puding coklat ini benar-benar bikin mulut meleleh. Mau dan mau lagi, bagaimana denganmu, Sob?

Rasa memang tak pernah bisa bohong. Makanan yang terbuat dari agar-agar yang banyak mengandung serat ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Pasti sudah banyak yang tahu betapa pentingnya serat bagi tubuh. Selain memperlancar pencernaan, serat juga membersihkan usus.

Jumat, 24 Maret 2017

Pingin Cepat, Malah Lambat



Pingin Cepat, Malah Lambat


Dear Sob, gimana kabar menjelang weken ini? weken di akhir bulan hehehe. Tetap harus bahagia, ya 😁

Pernahkah Sobat merasa tergesa-gesa? Pinginnya cepat-cepat tapi…
Yakin deh, tujuhbelas orang ngacung :D. Namanya juga manusia, tergesa-gesa atau pingin cepat-cepat adalah suatu hal yang amat wajar. Hanya saja pernahkah Sobat merasa bahwa serba pingin cepat dan tergesa ini membuat hal-hal yang lainpun ikut masuk dalam lingkaran ketergesaan ini?

Rabu, 22 Maret 2017

Harus Tega pada Tugas Anak



Harus Tega pada Tugas Anak


Dear Sob, gimana harimu, tetap hepi kan?

Berkisah tentang anak-anak memang tak akan ada habisnya. Anak ada PR, orang tua juga ikut mengoreksi, ikutan mengajarkan, ikut cari-cari referensi. Anak ada tugas prakarya, orang tua juga yang akan `disambati` bahan-bahannya. Mencarikan, membelikan dan membantu mengerjakan.

Eits, tapi jangan heran lho ya, kalau banyak juga orang tua yang ikut membuatkan hihihi. 

Senin, 20 Maret 2017

Naik Bus Malam, Kenapa Nggak?



Naik Bus Malam, Kenapa Nggak?

Hai, Sob.
Tulisanku masih sambung menambung dengan kemarin dan kemarinnya lagi. Yaitu acara Ngopi Seru Bareng Editor Elex Media dan Serunya Ketemu Teman Dunia Maya
Yah, kali ini kisah kasih naik bus semalaman, sendirian, dan kepanikan yang sempat kualami. Hihihi nggak penting amat, ya.

Meski sejak jaman SMP sudah kost, naik bus malam sendirian itu ya mikir-mikir sampai panik, Sob. Setelah kupikir matang dan kuputuskan berangkat ke Bandung, mulailah aku cari tiketnya. Setelah tanya saudaraku yang tinggal di Bandung, akupun cari bis yang terdekat dari rumahku. 

Rabu, 15 Maret 2017

Serunya Ketemu Teman Dunia Maya



Serunya Ketemu Teman Dunia Maya

Di belakangku ada Mbak siapa ya? hehehe
Dear, Sob. Bagaimana rasanya ketemu dengan teman dunia maya?

Ada teman dunia maya yang akhirnya bisa ketemu langsung. Diantaranya Rien Milansi, Mas Adji Atmoko, Mbak Arinda Shafa, Lukas Jono, Mbak Dini Rahmawati, Mbak Hany, Bu Budiyanti yang ternyata dulu tetangga, Bu Maria Utami, Mas Agus Surawan, Mas Nararia, Mbak Bhe, Mbak Via, Mbak Fitriana, Mbak Mutiara, Mas Harry. Hem siapa lagi ya, yang daerah Ambarawa lumayan banyak.

Senin, 13 Maret 2017

Ngopi Paling Seru Bareng Editor Buku Anak Penerbit Elex Media di Bandung



Ngopi Paling Seru Bareng Editor Buku Anak
Penerbit Elex Media di Bandung


Dear Sob. Ngopi yuk J Temanya saja sudah seru, dan beneran seru lho. Serunya ada di sini…

Syukur alhamdulillah nggak disangka nggak diduga aku dapat undangan acara Ngopi Seru bareng Editor Buku Anak Penerbit Elex Media di Bandung Sabtu, 11 Maret 2017. Nggak hanya penulis dan penerbit tapi juga para ilustrator yang kreatifitasnya nggak diragukan lagi.

Karena harus kutempuh hampir semalaman dari rumah, aku harus tega ninggalin anak-anak. Yang bikin panik dan agak takut, aku nggak tahu Bandung. Secara aku ini emak-emak kurang piknik, huhuhu. Terakhir kali ke Bandung jaman SMA.

Jumat, 10 Maret 2017

Kejadian yang Bikin Kapok



Kejadian yang Bikin Kapok

Dear Sob, beberapa kali membaca blog tentang kemandirian anak, mengingatkanku akan suatu kejadian yang bikin geli tapi juga kasihan.

Sebelumnya aku setuju banget dengan yang namanya kemandirian ini. Bahkan kedua orangtuaku merelakan anak ragilnya ini menjalani kost sejak jaman SMP. Haha, kalau diingat-ingat, mau-maunya daku, ya. Andai sekarang disuruh milih, aku akan bilang tidak! Hehehe.

Rabu, 08 Maret 2017

Es Podeng Mohezam Banyubiru, Bikin Meleleh di Mulut



Es Podeng Mohezam Banyubiru, Bikin Meleleh di Mulut


Dear Sob, cuaca dingin dan musim hujan yang belum sepenuhnya rampung ini membuatku lama tak mengenal es. Secara batuk flu juga belum sembuh-sembuh benar. Namun asyiknya, semua terlibas saat ngumpul sama teman sekomunitas Sabtu kemarin sehabis acara literasi di SMPN 2 Banyubiru.

Dan nongkrong syantiq sambil nge es pun terjadilah sudah…

Senin, 06 Maret 2017

Serunya Acara Literasi di SMPN 2 Banyubiru, Ambarawa, Jawa Tengah



Serunya Acara Literasi di SMPN 2 Banyubiru, Ambarawa, Jawa Tengah


Dear Sob. Ngomong di depan umum tuh bukan perkara yang mudah. Apalagi sudah beberapa tahun nggak pernah melakukannya. Kalau rapat RT sih cuap-cuap mulu. BTW untuk acara resmi, aku sudah melupakannya, lama…

Awalnya, Bu Yanti, teman di Penarawa (Penulis Ambarawa) menawariku mengisi acara literasi di sekolah. Kupikir nggak sungguhan jadi ya ku-iya-in saja. Tak disangka, iki beneran alias tenanan. Hikss… Sumpah, ini bikin aku nggak bisa tidur 7 hari 7 malam. 

Jumat, 03 Maret 2017

Lupa, Antara Malu dan Menyebalkan



Lupa, Antara Malu dan Menyebalkan


Dear, Sob. Sebagai manusia wajar sekali kalau kita pernah lupa. Bahkan semakin berumur kata lupa ini jadi sering terucapkan. Enggak enak banget, ya. Tapi ya mau giman lagi lha wong namanya lupa itu tentunya nggak disengaja, hehehe.

Beberapa kali lupa pernah bikin malu juga loh. Beberapa lupa di bawah ini kurangkum dari beragam cerita orang-orang terdekatku:

Rabu, 01 Maret 2017

Jepret Arem-Aremku Ala Sushi



Jepret Arem-Aremku Ala Sushi

#2thGandjelRel

Dear, Sob. Terobsesi akan sesuatu sah-sah aja, ya. Sepertiku yang selalu tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan Jepang. Rasanya separuh nafasku tertinggal di sana *ea… ea…

Serial Oshin yang sampai berderet episodnya itu aku suka lho. Walau separuh jiwa ingatannya, waktu itu masih bayi, hihihi. Yang kekinian, aku penggemar berat TV Champion. Masakannya keceh badai semuwah. Bikin ingatanku melayang wira wiri nggak bisa diam.