Minggu, 06 Agustus 2017

Resep Cara Membuat Cumi-Cumi Kol Mudah dan Enak



Resep Cara Membuat Cumi-Cumi Kol Mudah dan Enak

Dear, Sob.
Masih Ahad, saatnya masak lagi, hehehe. Menu apa untuk hari ini?

Yes, bahan baku yang kita gunakan kali ini adalah cumi-cumi. Cumi-cumi merupakan bahan makanan laut yang biasa dikonsumsi masayarakat Indonesia. Terutama yang dekat-dekat laut.

Namun, sekarang nggak susah kok cari cumi-cumi ini di pasar tradisional. Kecuali memang lagi nggak musim. Cumi-cumi bakalan mahal dan susah kita temukan di pasar. 

Tenang aja, bahannya mudah didapat
  
Bahan makanan laut terkenal dengan kandungan gizi yang tak diragukan lagi. Dilansir seputarikan.com, dari 100 gram cumi-cumi yang diteliti, cumi-cumi mengandung energi sebesar 75 kilo kalori, karbohidrat 0,1 gram, protein 16, 1 gram, lemak 0,7 gram, 32 miligram kalsium, 200 miligram fosfor dan 1, 8 miligram zat besi. Cumi-cumi juga mengandung beragam vitamin A, B1 dan C.

Baca juga:
Kandungan yang luar biasa ini tentu saja sangat baik untuk perkembangan tubuh, terkhusus buat anak-anak. Karena anak-anak adalah masa tumbuh kembang.

Untuk itu, kita harus bikin masakan cumi-cumi ini sangat berkibar di mulut, jozz di penampilan dan rasanya meleleh. Sehingga segenap keluarga bahagia dan puas saat menyantapnya. Setuju?

Etapinya, aku mau bikin resep ini ada sayurannya. Nggak melulu cumi-cumi doang bahan utamanya. Dan bahan yang kupilih adalah kol. Bayanganku sih biar kayak tongseng gituh. Kalau ada kolnya bikin rasanya lain, kan?

Yuk, langsung dimulai.
Bahan yang digunakan:
1.     ½ kg cumi-cumi segar. Cuci bersih, ambil tintanya kalau tidak suka. Kalau suka ya biarin aja. Rebus hingga mendidih dengan 3 gelas air, tunggu beberapa saat. Setelah dingin potong sekitar setengah cm. Airnya jangan dibuang, ya.
2.    5 Lembar kol. Iris agak lebar.
3.    3 buah onclang/daun bawang, iris kecil.

Untuk bumbunya:
1.      1 buah tomat, iris tipis.
2.      3 buah bawang putih, iris tipis.
3.      5 buah bawang merah, iris tipis.
4.      1 buah bawang putih, geprek.
5.      8 cabai set, iris tipis.
6.      3 lembar daun salam.
7.      1 ruas laos.
8.      Sejumput terasi.
9.      3 sendok saus tiram.
10.  3 sendok tepung maizena, cairkan dengan sedikit air.
11.  Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
12.  Garam secukupnya.
13.  Sejumput gula jawa.
14.  1 sendok teh gula pasir.

Cara membuatnya:
1.     Tuang minyak goreng dalam wajan, tunggu hingga mendidih.
2.    Masukkan bawang putih geprek, tumis hingga harum.
3.    Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai, tumis hingga matang.
4.    Masukkan cumi-cumi beserta air rebusannya. Andai suka banyak kuahnya, bisa tambahkan segelas air lagi atau sesuai selera.
5.    Masukkan tomat, terasi, saus tiram, gula jawa, garam, gula pasir. Tunggu hingga mendidih.
6.    Masukkan kol dan daun oncalang.
7.    Cek rasa.
8.    Masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan. Ini supaya kuahnya lebih kental. Kalau tidak suka kental, tak usah dikasih juga tak masalah.
9.    Kalau kol sudah empuk, matikan kompor.
10. Cumi-cumi kol siap dihidangkan.
11.  Resep ini untuk 4 porsi.

Resep cumi-cumi kol ini pedas loh ya. Bagi yang tidak suka pedas, bisa dikurangi cabainya. 

Cumi-Cumi Kol, bikinnya nggak lebih dari 30 menit

Oh ya, nggak usah takut dengan bahan dan cara membuat yang berderet-deret itu ya, Sob. Itu resep hanya biasa aja, kok. Cemplang cemplung dijamin jadi deh, hihihi.

Panjang dengan berderet nomor mah hanya di tulisan. Kalau sudah dipraktekin, ini hanya butuh waktu tak lebih dari 30 menit. Cepat sekali, kok.

Oke, Sob, semoga bermanfaat ya. Selamat masak!!

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

25 komentar:

  1. Wah enak nih nyobain bikin ah ntar ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  2. Kelihatannya sedaapp.. tadi dari pasar liat cum-cumi, pengen, tapi bingung dimasak apa lagi ya.. resep yang biasa dah bosen,kapan2 bikin deh dgn resep ini..
    Terimakasih dan salam kenal mba.
    annisahijrat.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhui.. monggo silakan dicoba. salam kenal juga darikuh :)

      Hapus
  3. Agak mirip racikan tongseng tapi dagingnya tinggal diganti cumi y mb

    BalasHapus
  4. Duh jadi pengen nih, Teh, penasaran kalau cumi di campur kol, giman aya rasanya. Kalau dari baca ini sepertinya mudah, tapi aku ko gk yakin kalau bikn sendiri, takut rasanya amburadul..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. NGgak Mas, cumi kan memang dagingnya udah kenyal dan rasanya artistik hehehe. JAdi dimasak apa aja aku yakin enak kok. APalagi ya suka seafood

      Hapus
  5. Selalu suka cumi-cumi..boleh coba resep ini lah...!Btw Mbak, bisa diganti cumi asin kan yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cumi asin yg seperti apa ya Mbak? hihi maaf malah nggak tahu nih

      Hapus
  6. Ini sudah pakai gula jawa, masih ditambah gula pasir, ya, Mbak? Oke. Dan di Jogja, enggak ngaruh, musim atau tidak, harga ya masih mahal. Hihihi. Malah jarang jika di pasar tradisional sekitar tempat tinggal saya. (lah ndeso).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, ke tempatku Mbak Kay. Iya itu pencampuran rasa yg oke, melebihi bumbu masak jadi mbak

      Hapus
  7. Cocok ini cumi-cumi masakan kesukaanku, kapan2 kalau pas lagi acara masakan sama temanku bolehlah aku pakai resep ini.

    BalasHapus
  8. Kalau masakan dengan bahan cumi-cumi itu favorit banget, boleh deh masuk dalam menu harianku hehe

    BalasHapus
  9. Wah masya Allah, looks yummy kak.. ^^
    Sayangnya aku ga bisa makan seafood, he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang bange. Tapi gpp, masih banyak yg lebih yummy Mbak

      Hapus
  10. Kayaknya enak tuh mbak.. salam kenal :)

    BalasHapus
  11. pingin bikin ah di rumah...bosen di itu2 terus ya mbak wahyu...

    BalasHapus
  12. Daerah saya banyak sekali cuminya, mau coba dulu ah...

    BalasHapus
  13. Duh mantap apalagi kalau pake cabe gendot Mba, Mama saya suka bikin gitu hehe

    BalasHapus