Rabu, 08 Maret 2017

Es Podeng Mohezam Banyubiru, Bikin Meleleh di Mulut



Es Podeng Mohezam Banyubiru, Bikin Meleleh di Mulut


Dear Sob, cuaca dingin dan musim hujan yang belum sepenuhnya rampung ini membuatku lama tak mengenal es. Secara batuk flu juga belum sembuh-sembuh benar. Namun asyiknya, semua terlibas saat ngumpul sama teman sekomunitas Sabtu kemarin sehabis acara literasi di SMPN 2 Banyubiru.

Dan nongkrong syantiq sambil nge es pun terjadilah sudah…

Pilihan jatuh ke es Pudeng Moezam. Di gerobaknya sudah tertera jelas harganya Rp.6.000,-. Alhamdulillah, gerimis memang benar-benar tak berarti hujan. Panas menghentak membuat kami nggak kuasa untuk tak mampir. Berempat, aku, Bu Budiyanti, Bu Maria dan Mas Nara.

Pesanan nggak pake lama. Es nya semangkok penuh. Isinya mutiara, kolang kaling, alpukad, nangka. Serta yang bikin lidah meleleh itu 3 colekan es krimnya. Bergizi banget kan, Sob? Ini aku suka, batuk flu pun terlupakan *urusan nanti hihihi.

Ini dia penampakan Es Podegn Mohezam
 
Sambil ngobrol ngalor ngidul kami menikmati es pudeng yang makin melumer-lumer di mulut. Mas pejualnya yang terdiri dari 2 orang nggak mau kasih tahu saat kutana namanya. Katana takut menjadi viral. Wkwkwk, mase ada-ada aja yah.

Setelah kurayu-rayu, dia cerita kalau beberapa saudarana ada yang jual es pudeng juga di beberapa tempat daerah Ambarawa. Wah keren ya bisnisnya. BIsa-bisa serumah juragan es.

Karena porsinya cukup banyak, waw, kenyangpun tak bisa ditolak. Siang yang memanaspun luntur karena es podeng ini. Walau makanku sambil sesekali batuk, uhuk uhuk, tak mengurangi kenikmatan lumeran es ini.

Melumer-lumer di mulut lho es podengna :D
 
Nah jikalau Sobat lewat, jalan-jalan atau memang berniat membeli es ini, gampang kok tempatnya. Nggak masuk-masuk gang, tapi tepat di pinggiran jalan besar. Dari informasi Mas Agus Surawan tepatnya di Jl. Wijaya Kusuma Banyubiru, Ambarawa, Jawa Tengah. Kalau dari Ambarawa, lanjut langsung menuju Banyubiru. Nah sebelum perempatan pusat, es pudeng itu berada. Dijamin nggak bakalan nyasar deh.

Sebetulnya mau bungkus. Tapi ragu, es krimnya ntar benaran sudah meleleh sampai rumah. Jarak yang lumayan kurang lebih setengah jam harus kutempuh untuk sampai rumah. Mendingan nggak dibungkus, hehehe. Emak-emak selalu kirmah alias mikir omah kalau urusan makan minum kayak gini ya, Sob.

Walau mendung, aku semangat banget nulis es pudeng ini. Sob, adakah es podeng di tempatmu juga?



98 komentar:

  1. Es pudeng moezam ?
    Jenis es apa itu teh aku baru denger.
    kalo di sini mungkin mirip-mirip sama es dofer ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin leon. Akunya juga nggak tahu es dofer yg kayak apa hihihi

      Hapus
    2. jenis apapun itu es podeng mohezam, liat penampakannya beneran bakalan meleleh dimulut walaupun mulutnya landungpun tetap meleleh deh...coba buktikan deh gih

      Hapus
  2. Mungkin sama dengan es campur ya mbak Wid kalau ditempat saya. Tapi ini isiiannya istimewa banget karena ada es krimnya ya. Dengan harga 6.000 nggak terlalu mahal lah dengan porsi segitu dan ada es krimnya.

    Duh jadi mupeng nih, di sekitar rumah saya ada nggak ya? Secara saya kan orangnya jarang dolan-dolan mbak, jadi nggak tahu juga kalau ada hal baru, hehe *emak-emak kurang piknik nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, hanya ditambah es krim. Itu yang bikin beda hehehe

      Hapus
    2. es krimnya yang beda...emak adminnya mah tetep kan?....#ehh

      Hapus
  3. Weh yang menikmati es podeng, calon mertua lewat nggak kelihatan deh haha
    Di daerahku ada juga es podeng
    tapi aku jarang beli haha ... pengennya ada yang beliin gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, camer bablas yo Mbak Maya :D

      Hapus
  4. Mantap tenan, jika cuaca panas minum es podeng..!
    Pesen satu mbak gak' pake lama ya.. 😂

    BalasHapus
  5. Wau pas banget ni aku sedang haus hausnya mb wahyu
    Saya suka es podeng itu karena ada mutiaranya

    BalasHapus
  6. Nggak ada mbak di tempatku (maksudku bukan di Jerman, tapi di Batu), adanya Es pasundan. Hhahah, benar pean, urusan pilek batuk mah belakangan, yang penting happy makan es. Kangen pengen minum es. Di Jerman, aku bikin soda gembira sendiri, ya ampun harga sirup marjan dan susu kental manis yang kutemukan di toko Asia, busyeeettt mahal bangettt... Tapi tak apa, yang penting kangenku terobati. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAlo di luar jadi mihil2 ya Mbak. KAlo mudik bawa aja yg banak Mbak, apa suruh maketin

      Hapus
  7. Ambarawa tak jauh beda dengan Tuban, Es Podeng juga banyak di tempatku, hmmm, Jadi pengen minum es podeng. bagi bagi donggg mbakk ibu tante hehehe

    BalasHapus
  8. Kayak es teler mbak kalo di banyumanik. Cuma nggak pake es krim dan harganya lebih mahal sekarang

    BalasHapus
  9. Oh..es podeng itu es campur di kasih es krim tho..☺ baru tahu aku mbak..
    Belum pernah makan aku...paling banter es doger, es buah, es campur gitu aja..
    Sebenarnya mirip sih..tp yang tak minum es nya es batu di serut..☺

    Hmm..klo pas panas2 mmng seger banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga baru sekali itu Mbak hehehe

      Hapus
  10. Segerrr bgt itu es podengnya Mba. Nikmat bgt pasti saat disantap ketika matahari bersinar terik

    BalasHapus
  11. yang putih-putih itu tak kira jenang sumsum mbak, pas baca keterangannya ternyata es krim hehe.

    di purworejo sama solo kaya e belum pernah nemu es macam ini, menarik buat dicoba

    BalasHapus
  12. Waaaaah, percaya deh... ini pastinya seger dan makglender di mulut terasa seger dan lembut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, lancar... seger... tanpa nyangkut :)

      Hapus
  13. enak tuh es podeng nya, cocok kalau pas lagi panas-panas ....

    BalasHapus
  14. wah resepnya itu ngak ada ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya nggak ada dan nggak tanya juga sama yg jual Mas:)

      Hapus
  15. waduh mba Wid, bikin mupeng enake poll kui mesti
    seger san panas-panas gini.

    BalasHapus
  16. Wah, asik tuh, Mba! Aku udah lama deh, pengen es campur nangka, cuma di rumah makan deket sini kosong melulu!
    Kalo batuk pilek, cobain bawang putih yg udah diuleg biar cepet sembuh. Biar boleh sering2 ngonsumsi es. #eh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan kucoba Mbak, biar bisa icip2 es dengan puas hehehe. Makasih tipsnya ya Mbak

      Hapus
  17. untung ngebacanya malem malem , coba klo siang siamg.... mau nyari di mana klo di sini. hehehehe

    BalasHapus
  18. ya ampuuuun! Jadi pengeeen deh mba..pasti enak banget ya! AKu baru ngeh kalau aku blm follow blogmu :)..sudah aku follow yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang minginin Mbak hihihi.
      Yup Mbak, tengkyu dah follow :)

      Hapus
  19. Makan es podeng pas matahari lagi terik memang enak yaa

    BalasHapus
  20. Kirimin dong mbak.. Jangan pake saos yak :v

    BalasHapus
  21. ehem kelihatannya enak tuh

    BalasHapus
  22. Jadi kangen makan es podeng waktu ngekos dulu mba :)... Deket tempat tgl saya sekarang nggak ada yang jual hihi

    BalasHapus
  23. Wkwk mase takut viral, lho malah hits kan yaa..

    BalasHapus
  24. Selamat malam kak, blognya udah ku follow. SIlahkan follow kembali jika berkenaan.

    Sementara itu ijin untuk membaca artikel lainnya... SAlam kenal.

    BalasHapus
  25. Dari penampakannya sama seperti es podeng ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooooo.... kirain es campur ? sama juga kali ya ? ha,, ha,, ha,

      Hapus
  26. Ebuset sampe luber gitu porsinya, haha... Kalau tengah hari yg terik emang seger banget deh makan es podeng :D

    BalasHapus
  27. Es podeng keliatannya enaak ya...Dan harganya juga murah. Mantap, deh!

    BalasHapus
  28. Aduh jauh amat, keburu haus hilang :)
    Harganya lumanyan bersahabat.

    BalasHapus
  29. harga murah..enk..hilang gerah.. es krim apa mba..isinya pa aj sih..

    BalasHapus
  30. Mbak es podengnya murah banget, 6.000 dapat semangkok banyak. Di sini ada es podeng, satu gelas plastik harganya 10.000. Dikit buanget

    BalasHapus
  31. Batu denger ada Es Podeng. Jadi penasaran rasanya. Soalnya saya juga doyan nyoba-nyoba es. Seger. Palagi kalo siang siang panas panas..

    BalasHapus
  32. bagi saya harus ada nangkanya
    dan melimpah ruah gitu.... duh enaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih, tapi dikit. Aku juga suka yang banyak nangkanya :)

      Hapus
  33. harganya aman banget dikantong ya mba, rasanya lumer deh di mulut kayaknya

    BalasHapus
  34. Kok enak begitu tampilannya, kalau di jawa sana murah murah enak, kalau dikalimantan sini..
    mahal pun belum tentu ikhlas kita keluarkan duit, kadang rasanya ga sesuai dengan lidah kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda tempat beda harga ya :)

      Hapus
    2. Iya dong mbak, apa lagi kalimantan bahan-bahan susah didapat jadinya harganya agak mahal,, rasanya juga pasti beda..
      kasihan..

      Hapus
    3. Aku belum pernah ke Kalimantan. Jadi penasaran moga2 kapan2 bisa sampai sana ya :)

      Hapus
    4. Ayo mbak kesini,,
      Tapi disini lumayan panas daripada disana..

      Hapus
  35. ehmmm ... dari gambarnya saja sdh keliatan lezat

    BalasHapus
  36. Kok nggak ada resepnya ya? Hehe
    Bentar lagi bulan puasa, cocok banget buat menu buka puasa..
    Mau beli kesana kan kejauhan. Saya di Jatim

    BalasHapus
  37. enak ini mba keliatannya hahaha jadi kepengeeen deh

    BalasHapus
  38. Mbaaaak.... Es podeng di daerah saya tidak seperti ituuuu... Ga pakai es krim tapi pakai serutan es itu.. Kalau pakai es krim enak banget ya.

    BalasHapus
  39. hemmm, pasti saat meleleh dimulut sensasinya luar biasa es podeng ini...
    menggoda

    BalasHapus
  40. Yah, di Ambarawa. Kalo di dekat Jakarta aja pengen. Apalagi harganya cuma 6.000

    BalasHapus
  41. jadi ngiler liat gambarnya..
    kalau ditempat saya es podeng itu minuman khas saata acara resepsi pernikahan

    BalasHapus
  42. Ini maknyusss banget kalau disantap di siang yang terik :D

    BalasHapus
  43. Waduhhhh padahal aku baca post ini malem-malem, tapi beneran bacanya jadi ngiler. hehehehe

    BalasHapus
  44. Maknyus enak seger kui Kak
    wkwkwkkw bagi2 sini

    BalasHapus
  45. Es Podeng, hidangan penutup yang nggak bakal bikin bosen tapi bikin gendut aku hehehe

    BalasHapus
  46. Es Podeng Mohezam khas semarangan pancen wajib di cicipi neng....ini mengingatkan saya waktu magelang merapi....

    BalasHapus
  47. Malem" baca artikel es podeng jd mupeng mbaak. . Lama ndak makan es podeng juga. Kalau di madiun tempat saya gtu es podengnya ndak dikasih es krim 😁

    BalasHapus
  48. Waah, es podeng biasanya cuma ketemu di acara jagong manten, hihi. Pengen nyobain sih, tapi kok jauh banget ya

    BalasHapus
  49. es podeng ..! untuk porsi lumayan banyak n aneka buah, Rp 6 ribu ramah banget tuh mbak. Di Bandung es Bungsu udah 20 rb semangkok. Mauuu mbak, antar ke es podeng mohezam ... beresss ... hehehe terimakasih.

    BalasHapus