Jumat, 03 Maret 2017

Lupa, Antara Malu dan Menyebalkan



Lupa, Antara Malu dan Menyebalkan


Dear, Sob. Sebagai manusia wajar sekali kalau kita pernah lupa. Bahkan semakin berumur kata lupa ini jadi sering terucapkan. Enggak enak banget, ya. Tapi ya mau giman lagi lha wong namanya lupa itu tentunya nggak disengaja, hehehe.

Beberapa kali lupa pernah bikin malu juga loh. Beberapa lupa di bawah ini kurangkum dari beragam cerita orang-orang terdekatku:
 
1.  Lupa kacamata
Wah ini sudah beberapa kali kejadian. Dari Bapak, Ibu, kakakku bahkan aku sendiri. Bayangkan, buat orang yang minusnya banyak, kacamata ini sesuatu yang sangat penting. Kemana saja pasti dibawa. Tanpa kacamata, baca aja sambil memicingkan mata, capek bo! Naik motor jadi takut nabrak orang. Nah, yang bikin menyebalkan tuh, saat pusing nyari kacamata, eh tak tahunya kacamata sudah nangkring di telinga kita. Pernah ngalamin juga nggak sih?

2.  Lupa stetoskop
Pasien yang datang berduyun sering bikin nggak focus. Itu juga yang terjadi sama bapakku. Pagi yang sudah ribut bin ribet, malah pusing tujuh keliling nyari stetoskopnya dimana. Padahal, Sob, stetoskop itu sudah berada di kalungan leher bapak. Hihihi, aku ketawa aja kalau ingat kejadian ini. Beberapa pasien yang nunggu ikut geli juga. Maklum ya, namanya juga lupa.

3.  Lupa bayar
Hikss, ini nih yang bikin malu. Kakakku pernah lho belanja di tukang sayur. Pilah pilih barang pas mau bayar, eh lupa dompet nggak dibawa. Pamit deh pulang bentar ambil dompet plus bawa barang belanjaan. Olala, sampai rumah bukannya ngambil dompet tapi malah langsung masak, nyapu ngepel dan lain-lain. Bayangkan, betapa kasihannya tukang sayur itu nunggunya. Yang ditunggu lupa jugak :p

4.  Lupa naruh buku tabungan
Wah, ternyata ini lebih ribet. Harus laporan kehilangan dulu sama kepolisian lho, Sob. Ya gara-garana sepele, mau nabung eh buku tabuangnnya yang biasa di laci malah entah kemana. Nggak tahu buat mainan krucil atau akunya yang lupa naruh. Duh, duh, lumayan kan ngurusnya, butuh waktu.

5.  Lupa anak
Wakakak, mau ngakak kalau ini. Tapi kenyataanna itu loh. Karena rempongnya, kakakku yang mau mudik pas lebaran, lupa anak. Anaknya yang masih bayi waktu itu sedang tidur. Eh baru inget waktu mobil udah jalan. Ya ampun, untung belum jauh jaraknya dari rumah. Gerr banget kalau ingat kejadian ini.

6.  Lupa kunci
Nah, ini bikin kesal banget. Kunci rumah ataupun kendaraan. Pernah lho kunci motor kucari kemana-mana nggak ketemu. Sampai pusing pala berbi dan suntuk banget. Eh saat ke garasi baru lihat itu kunci masih nangkring di motor. Gubrak!

7.  Lupa Kondangan
Heh, ini nih bikin kesal banget. Karena sudah janjian ma tetangga kanan kiri, mereka sudah rapi jali wangi siap kondangan. Eh akunya baru nyadar. Huwa.. lupa belum siap-siap. Duh duh, dandan singkat deh, cuzz kondangan. Nggak apa sih, tapi kalau sudah janji kan bikin kesal yang lain musti nungguin kita…

Ada banyak lagi sih lupa-lupa yang lain.
Oh ya, lupa nama file. Pernahkah Sobat mengalaminya?

Hihihi, Sobat pasti punya cerita lupa juga, ya. Nah biar nggak suka lupa ini itu, ada beberapa tips yang kulakukan:
-          Taruh kunci, kaca mata atau barang penting lainnya di tempat yang sudah ditentukan. Dengan begini urusan lupa bisa diminimalisir.
-          Catat kalau mau bepergian. Kalau perlu pake papan tulis buat mencatat apa saja yang harus dilakukan hari ini. Sebegitunya, ya?
-          Kasih alarm di hp
-          Rajin membaca. Dengan membaca daya ingat kita lebih terjaga dengan baik loh.
-          Rajin menulis. Pengingatku juga nih. Dengan menulis kita bisa ingat kejadian lalu. Siapa tahu layak untuk dijadikan tulisan.
-          Banyak berdoa. Ini penting sekali. Terkadang pas pusing cari apa-apa tuh makin panik. Saat sudah tenang dan ucap bismillah, eh itu barang mudah aja mendadak ada di depan mata. Pernah nggak hayo? #cung, aku pernah!!

Menjadi tua itu pasti. Tapi semangat akan hal-hal baru membuat kita tak mudah lupa dan hidup memang harus bahagia. Sepakat, Sob?

Baca juga:


71 komentar:

  1. penyakit lupa, bermacam macam tingkatannya ya mbak. lupa kunci motor, lupa ngambil atm, dari mesin. uda 5 kali mbak. heheheh

    BalasHapus
  2. Lupa itu hal biasa tapi kalau lupa anak, aduh ini yang bikin senyum, mbak. Hehe

    BalasHapus
  3. kalo temen kantor saya pernah lupa istri hehehe... terlalu ya? Jadi dia nganter istrinya belanja. Eh... tau2 dia malah pulang, istri ditinggalin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetanggaku pernah ngalamin nih Mbak. Hihihi, nggak fokus kali si suami ya

      Hapus
  4. lupa kunci sering banget mbak, dan parahnya dulu ternyata kunci yang saya cari dikalungin ke leher :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, haduh memang deh lupa bikin ngakak juga ya :)

      Hapus
  5. Kalo sama anak karena aku 6 bersaudara biasanya orangtuaku ngecekin dgn ngabsen satu persatu mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sama kayak mbakku yang lupa anak, 6 soale Mbak :)

      Hapus
  6. Aku suka lupa itu kalau lagi capek ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas capek aku makin lupa juga Mbak Vit

      Hapus
  7. Aku jg sering lupa..hehe.. Trims tips nya..

    BalasHapus
  8. Kalo org jawa bilang "judule wae lali mesti yo rak kelingan ya mbak". Wkwkwkwk.

    BalasHapus
  9. Ada satu lagi mbak lupa yang paling bikin sebel: Lupa Password...hahaha...

    Lupa anak?? aduh aduh aduhh itu kebangetan... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucatet kalo password Mbak :D
      Hihihi beneran kui Mbak, bikin ngikik kalo inget

      Hapus
  10. Aku pernah yang nomor 1. Lupa kacamata, kacamata udah dipake kok dicari ke mana-mana, hadeh :D

    BalasHapus
  11. cara alami untuk menginatnya disebu aja brang nya mbak, misal nih saya letain kunci di atas lemari, "Sabda ini kunci diletak dilemari ya, nanti ambil disini", ya walaupun ngomong sendiri, tapi ini sugest dan alarm otak tersendri, dicoba yaaa, jangan suka lupa,

    BalasHapus
  12. Lupa itu sifat manusia mbak, semoga lupanya nggk kebablasan ya hehe

    BalasHapus
  13. Betul semua..! Wkwkwk.
    Aku baca ini sambil mesem malu-malu kucing, soale ga jauh beda 😜

    BalasHapus
  14. nomer 1 saya banget, sampe kadang marah2 nyari kacamata yg udah di kepala. mungkin saya lelah haha

    BalasHapus
  15. Lua mnurutku hal yg mawar tp kalau lupa sama anak mah gmana ya..hehe
    Tapi kalau ke barang, biasanya kalau dicari gak ketemu, gak dicari aja..wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mas. Entar juga ketemu sendiri kalo pas udah pasrah kitanya hehehe

      Hapus
  16. Lupa pulang mbak....hahaha...kalo ini sih nge-lupa, Emak-emak kalo dah ketemu temen2 lama, asyik nge-rumpi, lupa pulang....hehehehe

    BalasHapus
  17. sayapun kerap mengalami juga nih..
    suka jengkel sendiri dgn kebiasaan lupa ini

    BalasHapus
  18. Lupa pasword pernah nggak ya repot juga kalau punya sifat lupaan

    BalasHapus
  19. Saya yang lebih malu nih mbak. Masih muda tapi suka lupa. Paling malu kalo lupanya kambuh waktu ngajar di depan murid-murid.

    Misalnya: Saya negur murid karena dia nggak ngerjain soal yang udah dikasih. Tapi dia bilang udah selesai dan sebelumnya udah bilang ke saya. Duh malunya... kalo gitu saya mesti pandai-pandai ngelesnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka, malu banget itu ya. tp gpp namana juga lupa hihihi

      Hapus
  20. kemarin aku lupa bayar pulsa mba Wid kekekwwkw
    mau cabut orangnya ngingetin, lha gimana mosok diajak ngbrol melulu jadi ilang fokus.

    BalasHapus
  21. Kayaknya lupa naruh kacamata itu sering dialami banyak orang ya? Tapi kalo lupa padahal kacamata nangkring di atas kepala kayaknya cuma ada di cerita-cerita. Ternyata ada yang ngalami beneran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran Mbak, aku pernah, mbakku, bapakku apalagi hehehe

      Hapus
  22. Hi Kenalan lah. Saya Kang Asep. Blogger pOntianak. Pendatang baru di blog mu kayaknya. Kayaknya sih Apa saya LUPA? Hhahahaha. Iya LUPA kadang menjengkelkan ya. Yang paling tragis saat antri ATM tuh. Sudah antrinya cukup panjang, eh giliran saya masuk ATM eh password atau PIN ATM Lupa. Huaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. gubrak banget ya hihihi
      Salam kenal juga. meluncur..

      Hapus
  23. Berbagai macam jenis lupa banyak juga ya mba hihi

    Tapi yang lupa anak masa iya sih ada? :D Duh, tapi ya namanya manusia pasti kadang2 khilaf yak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak. Haha, saking banyak yg dipikirin kalo itu mungkin Mbak :)

      Hapus
  24. saya jg sering lupa, mungkin karena faktor u ya mba

    BalasHapus
  25. Kalau lupa yang paling saya tidak suka adalah lupa membawa uang, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya ya Mas wkwkwk. Kok aku nggak bisa komen di blogmu ya ?

      Hapus
  26. Saya juga pernah ngalamin lupa bayar he..he..

    Bagi kaum istri asal jangan lupa suami ya, karena bisa repot kalau yang satu ini terjadi 😪

    BalasHapus
  27. satu lagi lupa isrti neng ...ini pasti sering di alami bagi mereka para laki laki perantau,,,,tapi saya tidak lho,,,,

    BalasHapus
  28. yg penting jgn lupa kepadaNYA,,,,,

    BalasHapus
  29. Aku paling sering...lupa naruh sesuatu! Tapi biasanya nanti ingatnya klo pas sholat.. *tandanya sholatnya nggak khusuk, masih mikir ke sana ke mari.
    Eh..nanti bisa ke lupa berikutnya...ini udah rakaat keberapa yaa?😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun.. sama Mbak, aku juga sering kayak gitu huhuhu. tanda2 nggak kusyuk nih

      Hapus
  30. Haha..ya ampuuun mbak, itu gimana lupa anak? Aku sering juga tuh lupa naro pulpen, lupa nara kacamata, lupa naro dompet ... Euuuh, makin berumur makin banyak lupa ternyata..

    BalasHapus
  31. kalau saya sering lupa naruh barang. bahkan kunci yang kecentel di leher aja nyarinya sampe hamburin isi rumah. pas nemu berasa kayak gimana gitu, gemesin dan emosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, njengkelke bange ya Mas, sampai hamburin ituh lho :D

      Hapus
  32. Saya rajin membaca (blog terutama) tapi tetap aja pikunan, hahahah... Akibat rempong kebanyakan urusan :D

    BalasHapus
  33. Wah bener banget! kalo soal lupa emang gak enak banget!
    Aku aja suka lupa kalo ke Mall, pas pulang kok aku sendirian terus ya...
    aku lupa belum nikah makanya sendirian terus!..

    BalasHapus
  34. Yang paling menyebalkan itu kalo lupa nama ya mbak..hehe bisa gawat

    BalasHapus
  35. kalau saya sering banget lupa nama orang hahaha
    sudah ketemu, disapa dan ngobrol sambil saya bergumam dalam hati: ini siapa ya? pernah ketemu tapi di mana? namanya siapa?

    duh, kan gak enak kalau nanya: maaf, kamu namanya siapa?

    hahaha

    BalasHapus
  36. Weleh-weleh lupa anak itu lo ,sampai keterlaluan tenan. Untung banget itu, mobil belum sampai jauh.
    Kalau dikampungku biasanya lupa anak saat menina-bobokan saja, " Ini anak siapa ya- ? kok ganteng amat " :D

    BalasHapus
  37. Pas lagi naik sepeda motor, aku pernah lupa ngecek bunda dibelakang sudah naik atau belum, alhasil bunda ketinggalan deh, bikin malu sumpah, nggak enak.

    BalasHapus
  38. Saya yang sering lupa adalah lupa sama komitmen hehe...

    BalasHapus