Senin, 13 Maret 2017

Ngopi Paling Seru Bareng Editor Buku Anak Penerbit Elex Media di Bandung



Ngopi Paling Seru Bareng Editor Buku Anak
Penerbit Elex Media di Bandung


Dear Sob. Ngopi yuk J Temanya saja sudah seru, dan beneran seru lho. Serunya ada di sini…

Syukur alhamdulillah nggak disangka nggak diduga aku dapat undangan acara Ngopi Seru bareng Editor Buku Anak Penerbit Elex Media di Bandung Sabtu, 11 Maret 2017. Nggak hanya penulis dan penerbit tapi juga para ilustrator yang kreatifitasnya nggak diragukan lagi.

Karena harus kutempuh hampir semalaman dari rumah, aku harus tega ninggalin anak-anak. Yang bikin panik dan agak takut, aku nggak tahu Bandung. Secara aku ini emak-emak kurang piknik, huhuhu. Terakhir kali ke Bandung jaman SMA.


Ternyata beda, ya. Dulu-dulu kemana-mana sendiri bahkan nebeng pick up atau truk it`s oke wae. Makin gedhe kok ada rasa khawatir. Namun semua terlibas saat kulihat nama-nama yang terpilih.

Ada beberapa nama yang familiar di negeri mayaku. Kebanyakan teman sesama blogger. Ada lagi teman grup nulis di WA. Itulah yang bikin aku semangat datang. Kalau nggak sekarang, kapan lagi aku ketemu sama teman-teman kece tersebut? Namun grogi juga lha wong aku nggak ada yang kenal di dunia nyata.

Perjalanan yang memelahkan dan istrirahat sebentar di tempat saudara membuat aku  ngantuk berat. Apalagi di bis aku nggak bisa tidur. Untunglah tempat saudara dan acara di Aula Graha Kompas Lt. 2 nggak begitu jauh, bahkan dekat banget.

Pukul 13.30 WIB aku sampai di tempat acara. Sebelumnya sudah japrinan dulu sama teman nulis Mbak Nenny Makmun dan sesama blogger Mbak Nurul Fitri Fatkhani. Mereka dari luar Bandung semua. Mau tahu serunya ketemu banyak teman dunia maya? Pantengin terus blog ini ya :D

Untunglah Mbak Agnes dan Mbak Renny dari Elex Media menyambut dengan super ramah, grogipun hilang. Mbak-mbak cantik ini penuh semangat sekali. Kami saling kenalan satu dengan yang lain. Nama ditempel juga biar bisa tahu nama masing-masing peserta. Senengnya, bisa ketemu sesama teman yang sering melintang di dumay. 

Mbak Agnes yang peuh semangat
 Acara dibuka oleh Mbak Agnes, mbak editor yang penuh semangat dan menyenangkan ini membuat aku yang nguantuk berat langsung melek. Doa oleh Mbak Merlin, editor dari Quanta yang lemah lembut dan imut banget.

Mas Vincent pengisi selanjutnya. Pesannya penting ya, Sob:
-      Penulis nggak hanya nulis mulu, tapi harus pintar juga mempromosikan bukunya.
-       Promosikan lewat media sosial dan komunitas.
-     Buku yang sudah terbit jangan dibiarkan ya. Kalau hanya diam dan biasa saja, penjualannya ya akan biasa saja.

       
Intinya menjual buku nggak hanya tugas penerbit, Sob. Namun juga si penulis sendiri. Agar bisa cetak ulang berkali-kali, amin.

Setelah itu Mas Joko dari Elex Media menjelaskan proses cetak sebuah buku tak lupa royaltinya. Jadi semua transparan, ya. Tak lupa juga bahwa buku anak sekarang ini masih sangat dibutuhkan.

Mas Joko menjelaskan tentang proses sebuah buku
Menurut penelitian dalam setiap menit ada anak lahir. Bayangkan dalam hitungan jam, hari, bahkan bulan. Akan banyak sekali anak yang membutuhkan buku. Dan berapa buku yang dibutuhkan untuk anak?

Benar juga kan, kalau anak sudah mulai tambah besar, ibunya pasti akan membelikannya beragam buku yang sesuai usianya. Entah buku mewarnai, dongeng menjelang tidur, juga cerita anak. Judul juga sangat mempengaruhi pasar penjualan buku loh. Jadi bikin judul yang kece, yuk!

Mas Maman dari wakil illustrator memberikan sedikit sambutan juga lho.
Sesi selanjutnya dibagi dalam beberapa kelompok sesuai tema naskahnya. Kita sharing bersama editornya langsung. Aku dapat sama Mbak Renny, editor yang cantik ini menjelaskan tentang apa yang ada dalam amplop yang kudapatkan dari para editor tersebut. Di dalamnya sudah tertera nama ilustratornya sekalian. Namun sayang, aku cari kok nggak nemu, mungkin sudah pulang ya, hikksss.
  
Setelah penjelasan yang singkat, padat dan berisi, sesi terakhir yang ditunggu-tunggu adalah foto-foto, hehehe. Walau waktunya singkat, acara ini membuat melek mataku selebar-lebarnya. Ilmu nambah, nambah saudara baru dan nambah ide-ide baru. Banyak PR yang menanti di depan sana. Bismillah, semoga berkah ya, Sob. 

Diskusi dulu sama Mbak Renny, editor Elex Media
 
Banyak banget yang dibahas, waktunya kurang :D
 Kang Ale Muakhir dari Grup Penulis Buku Anak juga memberikan sambutan yang bikin kita semakin semangat lho.

Harapanku sih, semoga ada lagi acara seru kayak gini nih. Pinginnya yang deket-deket, biar bisa ikutan lagi, heheh. Tengkyu Elex Media, Mbak dan Mas editor dan teman-teman baru yang luar biasa.

Saatnya dan semangat merangkum ide-ide baru :D

67 komentar:

  1. Seru abiss
    Wah mb nenny mkmun ikut ya. ? Tahu.gt nitip salam hwhw

    BalasHapus
  2. senangnya mba ikut acara bareng2 penulis dan editor. jadi kepikiran buat kirim naskah ke elex media hehe

    BalasHapus
  3. Nggak kebayang serunya, mbak, jadi pingin ngopi bareng sama teman-teman maya, meski berbeda tempat tapi tetap antusias ngopinya. Hehe

    BalasHapus
  4. ih keren mba diundang acara keren ini :) semoga semakin terus produktif berkarya y mba ^^

    BalasHapus
  5. laaah tak kira amplop isinya duit mbak*ya Allah mata duitan bgt ini anak hehe

    bermanfaat banget ini mesti kumpul-kumpul bareng penulis kece di bandung, nambah ilmu - nambah relasi

    BalasHapus
  6. hehe, ya baru ngumpul ngumpul sebandung :p

    BalasHapus
  7. Berarti kesempatan jadi penulis buku anak masih terbuka luas ya mbak

    BalasHapus
  8. asik banget ya mbak acaranya...seneng bisa ketemu temen2 yg satu hobi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes Mbak Prana, walau awalnya gada yg kenal :)

      Hapus
  9. asik di undang,
    disana pasti banyak banget penulis penulis ya teh .
    aku selalu ingin nulis tapi belum kesampean

    BalasHapus
  10. ngopi bareng memang asik, biasanya aku bareng mak hehe

    BalasHapus
  11. Wow pengen dong ikutan.. hehe..
    Ngomong2 kurang piknik. Aku juga orang yang kurang piknik loh, haha. kemana-mana grogi kalo sendiri.

    BalasHapus
  12. Mantap..
    Wah.. Ternyata dapat ngopi dan pencerahan gratis dari para staf penerbit buku..
    Pasti pulangnya dapat oleh-oleh buku nih..

    BalasHapus
  13. waw dari bengkulu ke bandung mba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Mbak, rumahku Ambarawa, masih ke pelosok lagi hehehe

      Hapus
  14. Barakallah mb, ajarin dong mb bikin buku anak hehe

    BalasHapus
  15. Seruuu mbak acaranya, bisa sambil refreshing juga ya di Bandung..hehe

    BalasHapus
  16. Wah acaranya seru banget mbak wahyu, ini yang di Bandung itu ya 😀

    BalasHapus
  17. Jadi pengen bisa nulis cerita anak karena lagi hamil. Harus banyak-banyak baca buku nih biar ga roaming sama bahasa anak. Paling ga ada bahan untuk dogengin anak sebelum tidur. Dulu pas kecil suka didongengin sama ayah. Semoga nanti bisa nurun kalau pas punya anak. Hehe

    BalasHapus
  18. serunya, alhamdulillah mba Wid ya
    kepengen deh ikutan hehhe

    BalasHapus
  19. Waah senangnya dapat kesempatan kumpul dan berbagi ilmu dgn sesama penulis keren dan editor. Moga suatu saat aku jg dapat kesempatan serupa. Ketemu raditya dika gitu misalnya 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga bisa ketemu sang idola Mbak Rahmi :)

      Hapus
  20. Keren deh, mbak dibela2in jauh2 dr smrg ke bdg biar upgrade ilmu yaa mbaa...sukses selalu mba semoga bisa lsg aplikasikan ilmu yg didpt kmrn

    BalasHapus
  21. Serunyaaa.... Kapan ya jadi bagian dr kalian..

    BalasHapus
  22. Ngopo wae disambi ngupi, mesti akih serune.
    *ngetokimensenengngupi2 ^_^

    Happy hang out mbak..

    BalasHapus
  23. bagi ilmunya mba Wid, hihihi minta oleh-oleh ilmu :-D

    BalasHapus
  24. Wah keren.. Dan kyknya seru euy acaranya..

    BalasHapus
  25. Wah keren.. Dan kyknya seru euy acaranya..

    BalasHapus
  26. mbak wahyu boleh pesan nggk? Mbak wahyu ngumpulin dolar, kalau sudah ngumpul entar undangin kita2 semua di rumahnya mbak.., ya biasalah ajak makan2 sama ngopi bareng gitu..., hehe

    BalasHapus
  27. Buku anak emang ga ada matinya ya, haha... Karena ortu akan bela2in untuk anak, apalagi untuk pendidikan macam beli buku.

    BalasHapus
  28. Waaah mbak wahyu kerrreeeeeenn. Sukses terus yaaa mba

    BalasHapus
  29. Bikin ngiler, teman2 nyolek suruh daftar biar kopdar hihi tapi aku dah kelamaan di Bogor, kasian bocah hiks kangen ngumpul pabers. Moga ada kesempatan seseruan lagi aamiin

    BalasHapus
  30. Kesempatan langka ya, Mbak. Ketemu sama orang2 keren smoga makin keree3n ya, Mbak.

    BalasHapus
  31. asik banget ya mba, kumpul kayak begini bisa nambah sodara sekaligus nambah iman buat semnagat nulis, hehehe

    BalasHapus
  32. Kerenkerenkeren!!

    😍😍😍

    Ga bs komen yg lain nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga kapan2 bisa kopdaran juga mbak arina :)

      Hapus
  33. eh di post ini Mba Wahyu tampak ayu tenan y..
    #Salfok
    baru tau event elex di bandung ternyata mencakup bbrapa wilyah y

    BalasHapus
  34. Acaranya seru banget yaa Mbaa, kapan yaa saya bisa menghadiri acara seperti ini? *nasib orang yang tinggal di kota kecil*

    BalasHapus
  35. Kirain Agnes monica... Hehhee

    BalasHapus
  36. Seru ya mbak Wid, bisa ke Bandung menimba ilmu dengan editor buku. Semoga kedepannya mbak Wid bisa nerbitin buku anak yaa, aamiin :)

    BalasHapus