Rabu, 31 Mei 2017

Kangen Rindu Arisan Blog Gandjel Rel



Kangen Rindu Arisan Blog Gandjel Rel

Halo, Sob..

Tak terasa sudah sampai putaran 3 arisan Blog Gandjel Rel. Yang dapat kocokan Mbak Rizka Alyna dan Mbak Alley Hardiani. Duo blogger kece dari Semarang yang suka sharing di blognya ini mengambil tema apa yang sedang aku kangenin. Hihihi. Apa ya? bingung juga deh, Sob.

Sama seperti kocokan 1 dan 2, yang ketiga inipun aku belum pernah bertemu muka dengan keduanya. Hanya saja, sesekali jalan ke blognya. Mbak Rizka Alyna merupakan bunda duo F, yaitu Fattah dan Fatih. Juga seorang psikolog yang mumpuni. Sedang Mbak Alley Hardiani penyuka travelling yang penggemar coklat. Yuhui.. blog mereka kece habis, semangat mereka ngeblog juga keren. Sangat menyemangatiku walau blogku ini masih Senin Kamis heu heu..

Jogja selalu istimewa (foo by locomotype.com)

Jumat, 26 Mei 2017

Menu Buka Puasa Favorit



Menu Buka Puasa Favorit

Dear, Sob…
Insyaallah, besok kita mulai menjalankan ibadah ramadhan. Sebelumnya juga, aku mohon maaf kalau selama ini ada salah tulis salah ucap salah komen ya, Sob.

Alhamdulillah, kita masih diberi kesehatan dan nikmat yang sangat luar biasa dari Allah SWT, hingga kita bisa menikmati ramadhan lagi, amin.

Belum juga hari pertama dimulai, teman-teman grup Blogger Gandjel Rel yaitu Mbak Hidayah Sulistyowati dan Mbak Ika Hardiyan Aksari memilih tema menu paling favorit saat bulan penuh berkah ini. Walau bingung semua karena bagiku semua makanan itu favorit, akhirnya aku memilih beberapa menu yang biasana (selalu) ada saat puasa.

Oh ya, Mbak Wati, merupakan blogger yang sangat ramah. walau belum pernah bertatap muka, aku rutin mengunjungi blognya yang apik. Sedangkan Mbak Ika, merupakan blogger yang aktif juga. Beberapa artikelnya tentang dunia anak dan mengajar membuatku sering mbrebes mili lho, Sob.

Tahu Asin

Rabu, 24 Mei 2017

Tradisi Nyadran Penuh Berkah di Bendung, Klaten



Tradisi Nyadran Penuh Berkah di Bendung, Klaten

Dear, Sob.
Menengok makam simbah merupakan hal yang menggembirakan. Karena berbeda tempat dan lumayan jauh. Saat pas untuk ke sana adalah menjelang ramadhan. Di daerah Klaten, Jawa Tengah dan sekitar, ada tradisi nyadran. Apa sih nyadran itu?


Nyadran merupakan tradisi pembersihan makan leluhur. Biasanya dilakukan di daerah pedesaan. Tata cara nyadran berupa bersih-bersih makam, di sana biasanya ada metok-an. Masing-masing keluarga masak, lalu dibawa ke makam. Kemudian dimakan rame-rame. Di makam simbah sendiri, ada tempat khusus buat acara ini.

Minggu, 21 Mei 2017

I love Monday, I Love JNE



I love Monday, I Love JNE

Dear, Sob. I hate Monday? Oh no…
Hari Senin idetik dengan seragam, dasi dan topi. Malas, ngantuk, masih terbayang piknik bersama keluarga kemarin. Atau masih mau tarik selimut buat tidur sepuasnya?

Itu masa lalu! Gebrakan keren dikibarkan oleh JNE. Perusahaan yang gaungnya sudah sampai kemana-mana ini memang sungguh luar biasa. Bergerak di bidang jasa pengiriman, perusahaan yang berusia 16 tahun lebih, meningkatkan semangat karyawan dengan program khusus `I love Monday`. Apakah itu? 
This entry was posted in

Jumat, 19 Mei 2017

Bandeng Presto Salatiga, Bandengnya Asli Juwana



Bandeng Presto Salatiga, Bandengnya Asli Juwana

Dear Sob, ada yang suka bandeng?

Hem, sejujurnya kalau bandeng yang hanya dimasak atau digoreng saja tak begitu suka. Karena durinya sangat banyak, kecil-kecil pula. Ini sangat bahaya buat anak-anak kalau makannya nggak sabaran. Bisa-bisa durinya malah nyangkut di tenggorokan. 

Ih nggak mau banget kan, Sob? Bisa-bisa anak rewel berhari-hari heu heu…

Nah, yang paling aman sih ya bandeng presto. Bandeng dengan perlakuan khusus ini bikin durinya empuk dan aman dikunyah-kunyah karena empuk. Buat anak-anak juga sangat aman. Tak perlu khawatir durina nyasar kemana-mana.

 

Rabu, 17 Mei 2017

Wisata Curug Palebur Gongso, Desa Keseneng, Sumowono, Semarang



Wisata Curug Palebur Gongso, Desa Keseneng, Sumowono, Semarang

Dear Sob.
Waw, hari-hari sangat sibuk, bagaimana denganmu, Sob?

Disela kesibukan yang tak bisa terbantahkan apalagi tercampakkan, kusempatkan diri jalan-jalan pagi ke tempat wisata baru di Curug Palebur Gongso, Desa Keseneng, Kec. Sumowono, Kab. Semarang, Jawa Tengah.



 Apa yang bisa Sobat lihat di sana? Yuhuii… ya tentu saja air terjun. Tempatnya tak begitu jauh dari Wisata Curug 7 Bidadari. Kalau Sobat pernah ke sana, bablas dikit lalu belok kanak kiri deh, bisa langsung menemukan tempat ini.

Kamis, 11 Mei 2017

Kenangan Masa Kecil, Kisah Kaos Keramat




Dear Sob, dari blog, aku banyak mengenal banyak teman baru. Bagaimana dengamu?
Salah satu, eh duanya adalah Mbak Anjar Sundari dan Mbak Nia Nurdiansyah. Aku sudah hapal nama-nama mereka (walau belum pernah sekalipun bertatap muka) dari grup blogger Gandjel Rel yang aku ikuti.

Rubrik Halamanku, karya emaknya entah dimana. Masih tersimpan karya si kecil, M. Awan AM
 Dari kedua blogger diatas, banyak sekali ide-ide yang kadang nggak terlintas loh di pikiranku. Sesekali meluncur ke blog mereka, pasti akan muncul ide mantab yang bikin aku mulai menulis lagi.

Selasa, 09 Mei 2017

Puisi Anak dan Tips Menulis Untuk Anak




Dear Sob, bagaimana kabar hari ini? semoga sehat ya, amin.

Setuju sekali bukan apabila anak kecil punya daya ingat yang sangat luar biasa? Kalau kita cermati dan mengamati, beberapa hal sepele, menjengkelkan, menggembirakan, menyakitkan adalah beberapa momen yang (biasanya) tersimpan rapi dalam ingatan anak-anak. Ini juga yang terjadi pada si kecil jagoanku.


Seminggu kemarin full acaranya nunggu si kecil (7 tahun) yang agak kurang enak badan. Saat masa pemulihan, beberapa buku tamat aku ceritakan ke si kecil. Dan akupun bisa rampung membaca 2 buku Tere Liye dan 1 buku Gajah Mada yang semoga bisa juga kutulis resensinya nanti, ya, Sob (sebelum lupa-lupa ingat ceritanya).

Jumat, 05 Mei 2017

Teater Seribu Wajah Ambarawa



Teater Seribu Wajah Ambarawa

Hai Sob, barusan mampir di www.rifanfajrin.com, aku dapat ide menulis, meski agak terlambat. Walau tak lengkap karena tak hadir saat acara.

Foto by: Daniel
 
Komunitas teater kerkeren di Ambarawa, Jawa Tengah, Teater Seribu Wajah Ambarawa, baru saja berulang tahun yang pertama. Yes, walaupun telat, nggak apa kan kalau di postinganku kali ini aku ucapkan:

“Selamat ulang tahun yang 1 Teater Seribu Wajah Ambarawa”

Kamis, 04 Mei 2017

Kenangan Pahit Yogyakarta-Ambarawa



Kenangan Pahit Yogyakarta-Ambarawa

Halo Sob, yuhuii… ketemu lagi.
Acara Kampus Fiksi super seru dengan ketemunya beberapa teman dunia maya dan nara sumber yang tak diragukan lagi kualitasnya. Diantaranya Mbak Linda Christanty yang berbagi ilmunya tentang kepenulisan essai. Perjalanan yang cukup seru ini, menyisakan kenangan pahit saat pulang. Hem…

Foto by peruri.co.id


Yah, aku dan Mbak Hany tergesa keluar dari acara pukul 16.30. WIB. Dengan membawa segepok buku dari divapress, kami ketawa ketiwi kesenangan. Karena Jl.  Taman Siswa lebih dekat dengan Terminal Giwangan Yogyakarta, kami putuskan naik Trans Jogja lagi menuju terminal. 

Rabu, 03 Mei 2017

Perjalanan Seru Ambarawa-Yogyakarta



Perjalanan Seru Ambarawa-Yogyakarta

Dear Sob, Yogyakarta itu kota yang ngangenin. Makanya, saat Kampus Fiksi Emas dengan tajuk Menulis itu Abadi digelar oleh Penerbit Divapress, dengan semangat 45 aku daftar.

Yes, tahun kemarin aku juga sempat ikut kampus Fiksi ini bersama teman-teman sekomunitas Penarawa. Sayangnya untuk kali ini banyak teman-teman yang nggak bisa daftar. Selain daftarnya sudah telat, ada juga beberapa teman yang sibuk dengan acara pribadi.

Dalam bus Semarang-Yogya