Senin, 17 Juli 2017

7 Manfaat Berkomunitas dan Ngumpul Seru Penarawa di Atas Awan



7 Manfaat Berkomunitas dan Ngumpul Seru Penarawa di Atas Awan

Dear Sob, happy Monday.

Yang namanya nyatuin jadwal banyak orang memang nggak mudah ya Sob. Tak beda dengan Komunitas Penarawa (Penulis Ambarawa) . Ngatur jadwal kopi darat saja nggak semudah membalikkan telapak tangan *hallah…


Alhamdulillah Ahad tanggal 16 Juli 2017 kemarin kita bisa ngumpul walau nggak lengkap. Halal bihalal sih ceritanya, tapi biasalah sampai di sana berganti dengan sharing cantik tentang apa saja yang tak mudah diprediksi. 

 Berangkat mruput pukul 09.00 dari Sumowono sendirian, duinginnya Bro, bbrr… menusuk tulang. Acaranya sih pukul 10.00 tapi aku mau mampir-mampir dulu ke temanku SMP. Itupun nyasar, karena aku lupa-lupa ingat. Hehehe.

Habis berhahahihi sama sohib unyu SMP aku melenggang ke rumah Mas Agus Surawan, tempat acara ngumpul seru Penarawa.

Dari perempatan Banyubiru menuju arah Bukit Cinta. Dari Bukit Cinta sendiri masih sekitar 3 kilometeran.

Alhamdulillah nggak pake nyasar. Bertempat di Dusun Tegaron, Banyubiru, Jawa Tengah, nggak kusangka rumah Mas Agus Surawan bagaikan di atas awan. Yuhuiii… kayak di puncak Candi Gedong 9.

Kubilang di atas awan karena benar-benar berada di ketinggian entahlah berapa dpl. Tinggi sekali Bro. Aku saja sampai ragu mau naikin motor ke halaman rumahnya. Menjulang, Sob. Hiii, takut. Akhirnya motor kutaruh di pelataran rumah Pak Kadus.

Perjuangan tak sampai di situ. Musti berjalan di jalan setapak (eh 2 tapak bisalah) untuk sampai di depan rumahnya persis. Huh hah hosh hosh hosh. Onde mande bener deh Mas Agus… :p

Tapi wow deh, sampai di atas awan itu, halamannya asri. Penuh akar kayu yang dijadikan meja kursi unik. Super unik. Dari situ, pemandangan jauh ke depan adalah rawa pening. Jiyah… mataku langsung ijo.

Beberapa teman mulai berdatangan, Bu Maria utami, Mas Rifan Fajrin, Nararya, Mbak Arinda Shafa cs, Pak Imam, Mentari, Pricilia, Pak Artoyo, Pak Joko, Lukas Jono, Arnold dan Mas Awig. Eh ya, Mas Awig ini hanya kukenal melalui beberapa grup di Wa, tapi penampakannya baru kuketahui kemarin itu. Hehehe…

Acara setengah resmipun dimulai. Tentang cikal bakal Penarawa yang berdiri karena minimnya wadah penulis di Ambarawa ini. Untuk itulah Bu Budiyanti dan Mas Agus Surawan membuat Penarawa. Dengan dipandu Mas Awig, teman-teman mengutarakan harapan ke depan untuk Penarawa.

Bagi diriku pribadi, ada 7 manfaat dari berkomunitas ini:

1.  Asyik
Iya dong. Kalau nggak bikin kita asyik dan nyaman, ngapain nyemplung di komunitas yang seminat, sehobi? Jadi saranku, tinggalkanlah sebuah komunitas kalau malah bikin puyeng ^hanya sekedar saran.

2.  Tambah Teman
Iyes, tak bisa tidak masuk di sebuah komunitas pasti akan menambah teman. Bahkan ketemu teman lama yang kadang tak bisa dinalar loh. Ketemu temannya teman SMP, sepupu kakak angkatan kuliah, temannya pacar si Anu dll. Pernahkah Sobat juga menemukan yang seperti itu?

3.  Tambah Ilmu
Buat daku yang gaptek, menambah teman ini bisa juga membuatku lebih cerdas. Saat puyeng dengan laptop yang ngadat, atau penampakan laptop yang tak kumengerti, eror dan lain-lain, aku bisa menanyakannya pada teman baru yang mengerti tentang dunia computer.

Kalau EBI ku berantakan, aku bis alangsung Tanya ke Bu guru bahasa Indonesia secara  langsung. Karena kadang, guglingpun masih bingung, hihihi.

4.  Bisa pinjam buku
Mataku selalu ijo kalau lihat buku. Apalagi buku punya teman yang menarik. Dengan harga yang kadang di atas harga kocekku, tentu saja hal teraman yang akan kulakukan adalah meminjam buku.

Selama kita bertanggung jawab dan menjaga dengan baik-baik pastilah dibolehin. Makasih buat Mas Agus, yang setahun ini sudah memberiku pinjaman buku berjilid-jilid hehehe.

5.  Tukar Pengalaman
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Sepakat banget, ya. Sering loh karena menulis sesuatu dengan setting tempat yang belum pernah kita datangi, aku tana teman yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Detil-detilnya, karakter dan sesuatu hal unik di tempat tersebut bisa kita dapatkan.
Tak hanya tentang dunia kepenulisan, namun juga rempongnya emak-emak, anak, juga berbagi pengalaman bisnis yang membuat melek mata kita.

6.  Saling menyemangati
Bebahagialah yang punya semangat selalu on. Tak sepertiku yang senin kemis ini. Sekarang bisa nulis berpuluh lembar, besok bisa saja hanya mantengin laptop sambil ngemil tak menghasilkan apapun ^kecuali dateline di ujung mata.

So, agar semangat tetap terjaga dengan baik, ngumpul dengan komunitas ini bikin semangat tetap jozz.

7.  Membuka pintu rejeki
Amin. Dengan berkomunitas tentu saja akan menambah networking. Bisa saling tukar informasi bahkan bisa saling melakukan transaksi jual beli. Atau kerjasama bisnis.

Tak bisa dipungkiri bahwa komunitas membuat kita kuat. Wadah yang positif untuk menyalurkan hobi atau minat yang sevisi. Menyatukan energi menjadi sinergi yang lebih maju daripada sendiri. Saling menguatkan dan tentu saja saling mendoakan.

Semoga kumpul-kumpul Penarawa di atas awan ini membuka ide-ide baru yang bisa membuat kita lebih maju dan bijak dari sebelumnya, amin.

Nah, Sob, komunitas apa yang bisa membutmu punya energi berlebih? Sharing yuk!

Baca juga:

44 komentar:

  1. Bisa kopdar sesama blogger mengasikan sekali, suatu moment yang tak bisa terlupakan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, bener Mbak. Ini campur2 Mbak, nggak blogger. hehehe

      Hapus
  2. Saya setuju dengan no 1 mbak, jika bikin puyeng lebih baik cabut cepat cepat.

    Ngumpul bareng komunitas memang asyiik apalagi satu hobi, jadi banyak pengetahuan yg didapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, buat apa puyeng kalo nggak asik

      Hapus
  3. Alhamdulillah, momen halal bi halal begini memang paling gembira bisa ngumpul2nya ya mbak. Salam kenal mbak Widya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak, memang halal bi halal bkin silaturahmi terjaga ya. Salam kenal juga Mbak

      Hapus
  4. saya juga suka berkomunitas mba, nambah temen-pengalaman-wawasan siapa tahu bisa jadi ajang ketemu jodoh bagi para high qulity jomlo hihi

    BalasHapus
  5. Aku setuju, Teh, dengan semua manfaat diatas. Memang betul bisa menambah teman, ilmu, wawasan serta bisa saling bertukar ilmu..

    Aku juga sangat suka gabung dalam komunitas ataupun suatu organisasi. Banyak sekali manfaatnya..

    Termasuk komunitas blogger ya, Teh. Tentu bisa salng BW, selain bisa tahu apa yang diceritakan, bisa juga ambil manfaatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes Mas, dari bw bw juga kita jadi kenal nih Mas hehehe

      Hapus
  6. bener bangeeet...banyak manfaat asyik dari ngumpul bareng komunitaaas

    BalasHapus
  7. dan yang paling menggembirakan buat saya setelah baca mpe akhir, ganti suasana, itu yang paling menarik.

    BalasHapus
  8. masuk komunitas itu, asyik mbak. berbagi ilmu dan cerita.
    wii apalagi yang punya hobi yang sama. nyambung dah cerita nya. :D
    selamat beraktivitas mbak wahyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAi Mas Fajar, yah begitulah asikna berkomunitas. Semangat siang!!

      Hapus
  9. seru ya mbak punya komunitas yg sehobi gini...apalagi kalau satu kota juga ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh Mbak, males bange kalo jauhan. Pilih yg deket2

      Hapus
  10. Dengan susah payah dibayar dengan rasa kenikmatan yang setimpal mbakyu. gimana tidak dari 1 sampai 7 pont itu emang berkah...

    semoga langgeng dan semngat terus mbak.

    salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, aku gabisa komen di blogmu huhuhu

      Yap, emang berkah deh ngumpul seru ma teman2 sehobi

      Hapus
  11. wah bicara candi gedung songo aku masih kepikiran, belum ke sana dan pingin
    eh acaranya seru apalagi klo bisa pinjem2 buku, kadang klo ada temen yg punya sayang kalau beli hehe

    BalasHapus
  12. Jiaann langsung tayaang... Iyo penarawa tetap di hati

    BalasHapus
  13. Bener banget selain nambah ilmu juga nambah rezeki kumpul bareng komunitas itu 😊

    BalasHapus
  14. Tujuh manfaat yang menggiurkan dan sayang dilewatkan
    asyik ya bisa kontak langsung sesama teman blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh Mbak, biasana hanya kenal di dumay ya

      Hapus
  15. Setujuu..!

    kapan kita kopdar ya Mba? pas lebaran aku pulang Semarang lewat SUmowono, tapi pas banget sikecil mabok jadi nggak sempat calling2 padahal pengen mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwa... yuk yuk, kapan2 kalo lewat kabarin ya Mbak

      Hapus
  16. Sepakat banget dengan tujuh poin itu. Yang bagian membuka pintu rezeki itu ... tidak bisa dipungkiri lagi. Yakin.

    BalasHapus
  17. Wow, penasaran sama rumahnya Mas Agus yg di atas awan itu, Mba hehehe. Seru yaa klo bisa kopdar dgn komunitas yg punya passion sama.

    BalasHapus
  18. silaturahmi tuh penting banget mbak, saya setuju. bukan cuman seru-seruan dan tambah teman tapi lebih dari itu juga menambah rezeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, iya Mas, berkah pokokna dengan rajin silaturahmi

      Hapus
  19. Bagian yang saya suka adalah yang pinjam buku itu mbak Wid. Apalagi buku-buku yang mnginspirasi dan memotivasi untuk semangat nulis, hehe..

    Asyik ya mbak bisa kumpul teman-teman sekalian wisata ke atas awan, saya mau dong diajakin supaya tambah kenalan dan bisa pinjam buku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kapan2 Mbak Anjar.. sekalian kita kopdar

      Hapus
  20. Dengan adanya komunitas seperti ini saya jd nambah teman, nambah ilmu dan nambah hal2 positif lainnya.. memang penting ya berkomunitas Mba

    BalasHapus