Senin, 18 September 2017

Aplikasi yang Apa Adanya, Bagaimana Denganmu?



Aplikasi yang Apa Adanya, Bagaimana Denganmu?

Dear Sob, bagaimana kabarnya?

Setelah beberapa lama menunggu, akhirnya sampai juga ke kocokan ke 11 nih Arisan Blog Gandjel Rel. Dan yang beruntung mendapatkannya adalah Mbak Rahma dengan tagline blognya dream, write and be alive. Serta Mbak Nyi Penengah seorang blogger, novelis dan penulis yang aktif sekali di dunia literasi. Eh, Mbak Nyi ini juga baru saja nikah, yuhi semoga langgeng dan samara ya, Mbak.

Sama seperti yang lalu, akupun belum pernah bertatap muka dengan keduanya. Semoga, aku berharap banget suatu saat kita bisa kopdar ya Mbak-Mbak Kece.

Tema yang disodorin juga bikin pening pala berbi. Uhukss, yaitu tentang aplikasi apa yang mendukung di dunia perbloggeran.

Memakai photogrid


Sejujurnya aku yang kategori gaptek level akut ini agak lola banget kalau ditanya aplikasi-aplikasinan. Secara ponsel yang dipunya juga biasa aja, laptop juga sudah berpuluh tahun, jadi ya apa adanya banget Sob hehehe.

Foto juga kuambil dari ponsel setiaku. Paling hanya kuulang beberapa kali untuk tampilan hasil gambar yang paling bagus (itupun versiku). Hal termudah yang kulakukan hanya mengeditnya saja. Itupun pakai editor foto yang ada di ponsel.

Di laptopku sendiri, tak ada alipkasi di bidang perginian ^maafkeun bahasanya alay. Soalnya daya simpan si pacar sejatiku ini sedikit. Kalau kutambahin aplikasi-aplikasi bakalan makin lemot.

Bahaya dong kalau mendadak buka word aja harus nunggu lima menit, uhuksss. Bisa-bisa ide yang bergentayangan di kepalaku keburu ngilang terbang ke awan.

Satu lagi lepi sudah untuk anak-anak, ada photoshop yang bisa membantu dalam hal perbloggingan. Namun, ya itulah, ganti lepi, harus mindah ini itu. Tentu harus nambah waktu luang. Padahal kerjaannya segambreng ^alasan.

Sepertinya memang harus butuh waktu khusus untuk bikin yang keren buat blog. Dan.. aku masih tertatih, harus terus belajar. Rasanya aku malah pingin nulis saja daripada utak atik gini. Atau, langsung corat coret di kertas saja, menuangkan hobi lamaku yang mati suri, menggambar, hehehe.

Nah, untuk memposting resep dengan cara membuat yang rempong. Biasanya kupakai photo grid. Ini juga adanya di ponselku. Jadi setelah foto ini itu. Tinggal kugabungin pakai apa yang ada di photogrid. Disesuaikan banyaknya kotak yang kubutuhkan. Dengan pigura bagian luarnya dan warna yang seperti apa. Dikasih penerangan yang lebih jelas, lalu dilihat-lihat kalau sudah baik ^menurut versiku. Kusimpan lalu tinggal dipindah di laptop.

Tak lupa dengan tambahan teks, itupun kalau aku pas mau nambah-nambah. Kalau nggak ya apa yang sudah ada saja. 


Lebih banyak mupeng kalau lihat banyak blogger yang keceh badai ilustrasinya. Pakai tulisan-tulisan yang lucu dan bagus. Btw kulihat malah kadang terlalu banyak tulisan membingungkan. Hehehe. Itu sih masalah selera ya Sob. 

Bikin mupeng lagi kalau ada yang jalan-jalan atuh di blog. Para mastah-mastah dengan tampilan blog yang nggak ngebosenin. Asik dipandang mata, asik dibaca sampai tuntas dan isinya bermutu. Aku belum sampai tahap seperti itu. Masih harus belajar.

Kadang dengan data dan panah memanah yang bikin aku takjub. Keren deh, semoga lain kali aku bisa juga tuh bikin yang begituan. Masa ya pakainya itu-itu terus, berkembanglah ya, Sob. Amin.

Yang sering kupakai sampai saat ini ya foto original, tanpa kutambah atau kukurangi. Apa adanya banget, nggak nipu deh kalau ketemu langsung sama orangnya . Itu kalau gambarnya orang hehehe.

Tanpa editan, sepanjang jalan di Prambanan

 Yuhuii, begitulah Sob, kalau Sobat sendiri pakai aplikasi apa tuh biar blognya makin cantik, makin kece, makin banyak yang mampir dan makin banyak dicintai para pembaca setianya? Bagi yuk kisahnya.

Btw apapun itu tetap semangat ngeblog kan, Sob...

Baca juga:
 

21 komentar:

  1. Aku jg awalnya pake photogrid dan smp sekarang masih. Simple dan gampang sih ga sanggup kl kecanggihan...

    BalasHapus
  2. Hapeku juga suka hang kalo kebanyakan aplikasi. Dulu edit poto pakak photogrid, picsart, trus sekarang lebih memilih photosop di lepi. Lebih praktis malah

    BalasHapus
  3. Sama mbaakk... Aku juga gaptek akut...

    BalasHapus
  4. Sama mba, aku mupeng banget kl liat blog yg kece2 foto & ilustrasiny. Makanya kepoin artikelny satu2 ahh..

    BalasHapus
  5. Waaah. Makasih sharingnya y mba wid. Foto2nya keren kook. Harus tetap semangat ngeblognya dunk ya

    BalasHapus
  6. Ngurusin foto buat blog memang 'sesuatu' ya Mbaak. Pakai aplikasi yang tepat bisa bikin tampilan blog makin apik.

    BalasHapus
  7. malam mbak, mbak nggak kuper banget sama aplikasi. ngeblog mbak juga ud canggih. heheheheh

    BalasHapus
  8. Saya cuman pakai words dan image ajah. Sama yg penting kuota data cukup.

    BalasHapus
  9. Aku seringnya pake picsart mbak, kalo buat ngedit foto. Kadang pake Canva juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo amiii jarang ngedit hehe
      paling crop bagian yang ganggu ehehehe

      Hapus
  10. aplikasi gratisan yang jelas mba hahhaahaaa ga kyak mastah2 yang uda pake berbayar :p

    BalasHapus
  11. Saya kalo edit foto biasanya untuk ngecilin ukuran fotonya Mba, itu saya pake aplikasi paint di laptop.

    Kalo untuk menambah tulisan/watermark biasanya paint juga dan kadang-kadang editnya via online di pixlr 😊

    BalasHapus
  12. Aku juga masih pakai photogird nih

    BalasHapus
  13. Yuhuuu!! semangat!

    dulu aku juga pakai photogrid Mba.. lama-lama males, hehe

    BalasHapus
  14. Saya masih setia pakai photoshop buat edit gambar termasuk gambar untuk blog, kayak udah punya ikatan khusus sama aplikasi ini jadi gak nyaman kalau pakai yang lain :)

    BalasHapus
  15. Yoi, yang penting semangat untuk tetap menulis ya :)

    BalasHapus
  16. Untuk edit foto saya lebih mengandalkan Pics Art mbak, karena bisa diakses lewat hp jadi lebih praktis.
    Saya punya laptop tapi lola banget kalau buat ngeblog, sambungan inetnya sering bermasalah, jadi nggak ada aplikasi yg saya simpan di laptop krn ga bisa digunakan :(

    BalasHapus
  17. Saya ngeblognya dari komputer, bila canggih biasanya pake ACDsee, itu pun dua hal yang biasanya saya lakukan: pertama mengecilkan ukuran atau seze file foto, kedua mencerahkan foto yang tadinya agak gelap :)

    BalasHapus
  18. klo aku pakai photo scape mbak
    klo mo buat ilustrasi ada canva
    lumayan simpel sih dan membantu

    BalasHapus
  19. belajarnya sambil jalan, yang penting blognya sering update aja, kalau terbengkalai susah memulainya :D

    BalasHapus
  20. Aku nek niat ngedit foto bisa2 lebih lamaan ngeditnya daripada nulis artikelnya. Kalau hasilnya kece badai sih gpp, tp kok yo hasil editan fotonya cuma gitu aja...jadinya ya sudahlah, mending foto apa adanya saja ben simple hehehe

    BalasHapus