Jumat, 23 November 2018

7 Cara Mudah Agar Nulis dapat Duit


7 Cara Mudah Agar Nulis dapat Duit

Judulnya terlalu ekstrim?

Halo Sob, punya hobi yang mendatangkan income tambahan tentulah sangat menyenangkan. Apa hobimu? Melukis, menyanyi, main teater, masak atau jalan-jalan? Setiap hobi pastilah dilakukan dengan sangat hepi dan senang hati. Karena sesuai dengan kata hati. Beda tipis-tipis dengan kerja, yang terpengaruh oleh waktu. Kadang  hal yang sebetulnya nggak disukai, tetap harus dilakukan karena ada sistem di sana.

Salah satu hobi yang kusukai adalah melukis. Tapi aku belum mau bahas tentang lukis melukis ini. Biasanya nih, nggambar kulakukan saat jenuh.

Hobi lain yang kulakukan adalah baca. Semuanya aku suka. Terlebih buku bacaan penulis idola, Enid Blyton. Ini nggak pernah membosankan untuk diulang lagi guys. Meskipun hanya punya segelintir koleksinya, telah mampu membuatku bercabang-cabang untuk menulis ribuan kisah.

Ada lagi hobi yang lainnya, yaitu nulis. Aha, nulis ini yang akan kubahas.  Gimana nulis bisa menghasilkan duit? Ke dukun, panggil jin atau semedi 7 hari 7 malam? Hihihi, nggak bangetlah. Semuanya butuh proses. Yang jelas hobi  yang dilakukan (pastinya dengan senang hati) hasilnya juga akan menggembirakan juga.

Dok. pribadi



Ya, menulis bisa menghasilkan tambahan income. Untuk ibu rumah tangga seperti aku nih, nulis sebagai terapi. Biar nggak stres lihatnya dapur mulu, biar nggak jenuh dengan rutinitas selama 24 jam full jadi guru privat buat anak-anak. Xixixi, meskipun terlalu lebay memang begitulah adanya.

Mungkin ada di antara Sobat yang suka nulis juga, namun masih bingung itu tulisan mau diapain? Banyak cara menuju Jepang ^eaa… Tulisan ini bisa menghasilkan duit dengan kualitas yang bagus. Atau dengan style yang nyeleneh versi Sobat. Apa adanya ataupun ide lain yang tabrak aturan. Artinya nggak kayak tulisan yang biasa-biasa saja.

Awalnya pasti ragu dan nggak banget. Ora menjanjikan banget. Masing-masing orang beda. Karena nulis bisa enjoy tanpa dateline, nulis jadi menyenangkan karena suka-suka  gue. Yang suka-suka ini kalau plus dapat plus-plus yang lain, kenapa enggak, Sob?

Biar nggak makin kepo, ini tips versiku, siapa tahu bisa jadi versimu juga:

1.    Kirim karyamu ke media masa
Bisa berupa cerpen, cerita anak, cerita misteri, artikel, ataupun kisah inspirasi, resep dan lain sebagainya. Cari media yang menerima naskah sesuai dengan apa yang ditulis. Jangan sampai keliru kirim cerita anak ke majalah dewasa, bakalan nggak nyambung.
Dimuat nggak dimuat itu urusan belakangan. Dimuat alhamdulillah, nggak dimuat ya alhamdulillah. Tahukah, Sob, aku sudah kebal dengan segala hal tentang penolakan ini. Hantam dengan karya-karya baru. Sampai akhirnya dimuat dan itu hal yang tak bisa diungkap dengan kata, tsahhh…

2.    Jadi blogger 

Dok. pribadi

Cara yang sederhana. Dengan trik jitu, siapa tahu banyak agency ataupun perusahaan yang tertarik dengan isi blogmu? Ada fee di sana lho. Yang suka jalan-jalan, jangan lupa tulis dengan syahdu eh gaya tulisanmu. Siapa tahu jadi awal untuk hal baru. Tak ada yang mustahil, bukan?

3.    Jadi creator berita online 
Dok. pribadi

Ada banyak sekali media online yang bisa jadi pilihan. Ini juga sebuah pilihan, kalau nggak konsisten ya nggak ada  gunanya. Perjuangan selalu dibutuhkan. Nggak mungkin ujug-ujug. Eits, adapula yang menghasilkan dolar atau mata uang lainnya. Nah, gimana nggak semangat kalau seperti ini?

4.    Kirim karyamu ke penerbit 


Buat Sobat yang suka nulis novel, kisah inspiratif, buku pelajaran, bikin komik ataupun beragam tulisan lainnya. Silakan gugling cari penerbit yang pas dengan karyamu. Kirim di sana dengan ucap bismillah dulu.
Yakin deh, semua naskah ada rejekinya sendiri-sendiri. Ditolak? Itu hal biasa banget. Jadi luweh saja. Stt, naskahku puluhan kali ditolak penerbit. Tapi tara! Itulah perjuangan.

5.    Ikut lomba kepenulisan
Banyak sekali lomba nulis yang diselenggarakan banyak penerbit ataupun kedinasan. Juga lomba blog. Ikut saja kalau memang Sobat merasa suka dengan temanya. Menang nggak menang, cuek saja. Kalau menang artinya bisa mendapatkan uang ataupun bingkisan. Kalau kalah, sudah biasa. Coba lagi di lomba lainya.

6.    Penulis lepas
Penulis lepas yang membuatmu bisa  berimajinasi kemana-mana. Kadang ada tawaran juga lho yang bikin semangat makin menggebu.

7.    Raup sebanyak mungkin link
Lewat komunitas, ataupun pertemanan. Ini akan sangat membantu saat mereka butuh penulis. Dan siapa tahu Sobat akan diajak atau direkrut. Jadi tim kreatif penulis skenariao atau pesanan sinopsis sinetron, FTV, bahkan film. Siapa takut? Ini sangat menggiurkan guys ^mata ijo.

Masih banyak lagi yang membutuhkan penulis dan menghasilkan income. Masih ada lagi yang lain? Silakan tulis di kolom komentar. Sekedar berbagi pengalaman juga boleh. Ditunggu ya, Sob.

Jangan menyerah untuk hal-hal yang kadang,
untuk berimajinasi saja kita enggan melakukannya.
Lakukan saja, nikmati setiap prosesnya.

Baca juga:

30 komentar:

  1. Baru melakukan nomer 2 dan 5 aku mah mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya semangat Mbak Vita. Lakukan yang paling disukai aja :)

      Hapus
  2. Ada beberapa yang belum saya lakukan, yaitu menjadi penulis lepas dan creator media online.
    Dan ada satu yang sudah saya hindari, saya sudah nggak mau lagi, yaitu ikutan lomba. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wikikik... Mas Rifan sih dimana-mana udah oke. Lakuin yang paling disenengin aja Mas :)

      Hapus
  3. Enid Blyton...aku dulu waktu SMP juga suka baca lima sekawan.
    Untuk dunia nulis, aku lagi coba menekuni dunia blogging nih mba. Pelan-pelan mulai merasakan dapat uang.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama dong ya. Sama nih, masih tertatih bbuat ngeblog :)

      Hapus
  4. Mantap jiwa tenan Ki mbak. Besar karena pengalaman makan asam garam dalam dunia literasi😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu juga dengan Mbak Rinda, aku banyak belajar dari semangatmu Mbak :)

      Hapus
  5. Enid Blyton punya beberapa novel karya beliau juga ceritanya seru...mantap tipsnya, baru melakukan yang no 2 dan 5 aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk coba yang lain. Siapa tahu juga suka lho :)

      Hapus
  6. aku masih bertahan di nomer 2 aja, mbak, kirim-kirim ke media sudah lamaaa gak hihihi, produktif euy

    BalasHapus
  7. Suatu saat ingin kirim karya ke penerbit juga hehe, terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
  8. Wah menarik. Dirimu sudah menjalani semuanya ya?

    BalasHapus
  9. Duh, berasa ditampol. Udah lama banget nggak kirin tulisan ke media masa πŸ™ˆ

    BalasHapus
  10. Bener banget, jadi penulis itu nggak bisa disepelekan lho. Saya juga pengen kerja sebagai penulis...
    Amien..😁😁

    BalasHapus
  11. Kereen aku kangen nulis buku semoga bisa cepat terbiit hihihi

    BalasHapus
  12. saya baru sampe no 1 dan 2 mba. smg bisa ngikut jejak mb wahyu

    BalasHapus
  13. Judulnya sangat menggoda untuk dibaca.
    List-nya jg oke punya. Semua hal kalo dilakukan dg hati bikin manfaat, termasuk manfaat dpt duit ya.

    BalasHapus
  14. Dari semuanya ada yang udah jalan, dan ada yang off. Semangat kembali nih. Terima kasih tipsnya, Teh :)

    BalasHapus