Sabtu, 17 November 2018

7 Cara Mudah Cari Ide Nulis Saat Kepepet


7 Cara Mudah Cari Ide Nulis Saat Kepepet

Dear Sob, kemarau sepertinya akan berlalu. Hujan dan kabut datang tanpa rencana di desaku. Bagaimana daerahmu Sobat tercintaku? Samakah? Rasanya jadi syahdu mendayu ya. Aha, yang mendayu tetap dengan semangat pantang menyerah untuk karya-karya baru Sob.

Memenuhi arisan Blogger Gandjel Rel, GRes yang cantik mbak Christanty Putriarty serta Mbak Ade Hermawati. Dua blogger keren yang sangat menginspirasi. Keduanya sangat aktif meskipun aku belum pernah bertemu keduanya secara langsung. 

Buat Kamu yang suka nulis tentunya paling nggak asik kalau mendadak ide mampet nggak mau keluar. Sudah rapi jali di depan laptop (atau pakai daster doang? tsahh…), eh malah bingung apa yang mau ditulis. Sering kok kejadian seperti itu. 




Begitu pula denganku, sudah ratusan kali mengalami yang namanya nggak ada ide. Padahal tulisan harus dan mau nggak mau jadi. Ini urusannya dengan profesionalisme, cie… Nah, bikin bingung kan? Beda lagi dengan yang tanpa dateline, tentu akan lebih santai nulisnya.

Bisa sambil piknik dulu, lari muter komplek dulu atau jalan-jalan lihat view yang menakjubkan. ^Kalau seperti ini triknya aku juga siyap sedia dan mau juga kok :p

Tapinya, saat kepepet selalu saja ada Sob. Saat semua harus selesai pada waktunya. Padahal kesibukan dunia nyata yang nggak berhubungan dengan tulis menulis nggak bisa ditinggalkan.

Contohnya nih buat emak rempong, kalau ada tetangga atau saudara yang punya gawe/hajatan. Nikahan, sunatan dan lain sebagainya. Bisa seminggu lamanya rewang. Nah ini yang mau nggak mau dan harus pandai membagi waktu biar kerjaan kelar semua.

Kembali ke masalah ide yang mampet tanpa aturan dan tanpa alasan jelas, ada banyak tips keren versiku Sob. Siapa tahu berlaku buat Sobat semua. Yuk deh, langsung cekidot:

1.    Lihat foto
Meskipun kelihatannya sepele ini sangat membantu lho, Sob. Misalkan ingin menulis tentang kuliner, lihat deh galeri fotomu. Apa yang ada di sana bisa dijadikan ide mendadak.
2.    Baca blog teman
Suka bw alias blog walking kan? Nah, dari sana akan banyak ide bermunculan. Ternyata tentang ini belum ditulis, tentang itu belum ditulis. Langsung saja tulis versimu.
3.    Baca ulang tulisan lama
Aku sendiri sangat sering melakukan trik yang satu ini Sob. Membaca ulang tulisan lama kita, mendadak akan ada ranting baru yang bisa dijadikan ide nulis lagi. Atau nulis yang sejenis dengan sudut pandang lain.


4.    Pilih satu kata
Mudah banget. Pilih satu kata dan jadikan tema tulisan. Ini juga kulakukan kalau ngajarin si krucil saat ada tugas mengarang.
5.    Buka media sosial
Media social apa yang paling aktif? Buka dan baca status yang malang melintang di sana. Ada status galau dan bikin semangat baru. Tangkap satu yang paling dahsyat (versimu) lalu tutup media sosilamu. Mulailah menulis.
6.    Ingat kisah sedih atau membahagiakan
Biasanya berlaku buat yang lagi galau atau kangen. Bisa lho ditulis langsung. Nggak perlu pusing cari ide lagi. Pengalaman pribadi, sstt…


7.    Ambil buku cerita kesayanganmu
Salah satu yang menginspirasi kalau kita baca ulang tulisan penulis kesayangan. Seperti aku nih, kalau jenuh melanda, baca ulang serial 5 sekawan yang sudah bulukan bukunya. Di sana, ada ratusan ide baru yang langsung bisa direalisasikan saat itu juga.


Silakan pilih mana yang paling cocok buat Sobat semua. Masing-masing orang tentunya beda satu dengan lainnya. Nggak ada yang sulit kalau kita melakukannya. Jangan hanya di angan, nggak bakalan kelar. Hihihi. Silakan mulai menulis lagi, karena menulis juga terapi, membahagiakan dan bikin pikiran segar kembali. Semoga bermanfaat ya Sob. Salam paling kece dariku!

Baca juga:

7 komentar:

  1. Lihat thumbnail post ini, aku membayangkan akan ada kaitan tips yg diberikan dg gmbar² keren tsb.
    Hehehe.

    Btw lgkah 1 lgsg massuuuuk. Buka foto file di laptop bisa berikn inspirasi. sepele memang, tapi saat itu lgsg muncul ide sekaligus kenangan pada moment tsb.

    Sehat selalu mbak, smga makin sukses..

    BalasHapus
  2. Kalo aku lebih suka baca tulisan teman, Mbak. Terutama bloger favorit. Ntar seakan dapat suntikan semangat baru gitu. Dan ide malah meloncat2 banyak sekali. Hahaha.

    BalasHapus
  3. Wuih bener banget mba, beberapa list di atas tadi bisa dijadiin ide nulis. Hayuk ah mulai rutin ngeblog lagi, aku dah mulai ngos2an nih ngeblognya, kudu latihan ngeblog terus tiap hari.

    BalasHapus
  4. Saat injuri timee biasanyaa idee jadi banyak ya hihi

    BalasHapus
  5. Naah..boleh juga nih tips nya.. Catet ah..biar ga sempat blank ide.. TFS mba...

    BalasHapus
  6. Wah bener semua deh tu tipsnya. Kalau aku tambah 1 lagi. Dengerin lagu mbak. Biasanya nnti tb2 dpt wangsit ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  7. Wah sebenarnya ide bisa ditemui di mana aja ya. Cocok nih tipsnya buat yg lagi odop. Thx for sharing ๐Ÿ˜

    BalasHapus