Minggu, 14 April 2019

Tak Perlu Bingung, Jajanan Khas Ndeso Bisa Kamu Dapatkan di Mbak Anik


Tak Perlu Bingung, Jajanan Khas Ndeso Bisa Kamu Dapatkan di Mbak Anik

Makanan khas ndeso selalu saja ngangenin
Cenil, cethot, gethuk, lopis, jenang...

Hai Sob, musimnya masih nggak menentu. Hujan, panas, nggak jelas kapan datangnya. Skenario alam yang kita nggak tahu sampai dimana juga. Di desaku sendiri, mendung teratur. Setiap sore biasanya hujan mengguyur dengan derasnya. Syahdunya kebangetan, deh.

Foto by Ariyanti Anik


Ketika mendung, kabut dan hujan datang, apa yang muncul di pikiran? Lapar, makanan dong, haha. Yuhu... memang yang namanya kulineran selalu saja menarik untuk disimak. Bosan dengan makanan kecil yang itu-itu saja? Tenang, ada banyak pilihan, lho. Kalau Kamu rajin berselancar di dunia maya, kulineran nggak hanya yang gitu-gitu aja, bosan, ah.

Gimana dengan makanan kecil khas ndeso?

Foto by FB Ariyanti Anik
Pernah nggak sih terlintas kangen makanan masa kecil di jaman old? Dulu, yang jualan jajanan ndeso ini memang kebanyakan embah-embah alias nenek-nenek. Ditaruhnya di tenggok yang dibawanya di punggung. Memakai jarit jaman bahuela.

Uangnya juga ditaruh di ujung jarit terebut. Biasanya didasarkannya bukan di meja tapi tampah atau tenggok. Dibungkusnya bukan jaman kekinian lho. Masih alami dengan daun pisang atau daun andong. Rasanya? Jangan tanya deh...

Carinya dimana ya makanan khas ndeso ini?

Cetil/cenil
By FB Ariyanti Anik
Aha, ada yang kesulitan dengan rasa kangen yang memuncak ini tapi nggak tahu mau ditumpahkan dimana? Memang sih nggak semudah mencari beragam kue dengan toping menarik di bakery atau toko roti. Masakan khas ndeso yang biasanya tanpa bahan pengawet ini sangat khas berbahan dasar khas ndeso juga. Ketela, jagung dan sejenisnya.

Lopis
By FB Ariyanti Anik
Aha, buat Kamu yang tinggal di sekitaran Sumowono, Bandungan, Jambu, Ambarawa, nggak perlu ribet cari makanan khas seperti itu. Ada AA Katering, yang digawangi Mbak Anik ini suka bikin jajanan khas ndeso yang ngangenin.

By FB Ariyanti Anik

By FB Ariyanti Anik

By FB Ariyanti Anik
Eh, tapinya bukan hanya yang khas ndeso saja, lho. Mbak Anik juga bikin beragam camilan, jajanan pasar hingga tumpeng. Pokoknya apa yang Kamu mau ada, deh. Nasi box dengan beragam sayur, lauk dan ubo rampenya juga ada. Tergantung permintaan saja. Mau ingkung juga bisa, tuh.

Nasi box
By FB Ariyanti Anik
Untuk harga, nggak perlu ragu. Sangat ramah di kantong. Nggak perlu bingung lagi ya kalau butuh makanan khas ndeso. Kangen makanan khas ndeso, hubungi saja Mbak Anik di AA Katering. Oh ya, di rumahnya belum tentu ready semua masakannya. Tergantung permintaan dan pesanan yang ada di hari itu. So, silakan kepoin facebook-nya ya, guys. 

By FB Ariyanti Anik

Ups, ada yang mendadak lapar? Langsung cus saja yuk cari yang bikin perut nggak keroncongan lagi. Dijamin rasanya endes banget... bikin ketagihan mau lagi dan lagi.

By FB Ariyanti Anik
Menjaga dan mencintai budaya, lewat kunineran ndeso yang khas...

AA Katering
WA/Telpon                : 0813 2875 4313
Facebook                  : Ariyanti Anik
Alamat                      : Nyampuran, Sumowono, Jawa Tengah 50662

Jangan lupa mampir di sini juga, ya:

49 komentar:

  1. Weleh2 kabeh kok kesukaanku semua jajanan pasar di atas.Menganggu rencana diet nih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, langsung cuss aja Mbak Tanty, diet abaikan dulu, hihihi

      Hapus
  2. Ini makanan masa kecil dulu, tergiang waktu itu tiap di belikan simbok dikala saya sedang merengek, pasti yang di belikan cethot itu. Kayak sate. Jadi ingin kecil lagi kangen di gendong Simbok Hek Hek Hek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Sama denganku Mas Jun. Dulu juga sering dibeliin simbok nih

      Hapus
  3. Waduuuh...auto lapeeer nih lihat foto2 jajan ndeso yg sangat mengundang ini.. Mba Wahyu tanggung jawaaaab...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyap tanggung jawab Mbak. Taktunggu wes di sini, hihihi

      Hapus
  4. Enak2 bangett tuh jajan pasarnya. Kalo pas kopdar GR di Sumowono bisalah mbaa dikasih testernya xixixi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyap Mbak Rahmi, haha. Di ndeso gni masih lumayan bisa ditemui jajanan pasar ala ndeso

      Hapus
  5. Duuuhh enyak tenan iku mbak, sekarang udah susah nyari jajan pasar kek gini untunglah ya ada catering ini jadi kalo kangen ato ada aada acar tinggal pesen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak, jarang yang nerima pesenan ndesoan seperti ini. Sekarang lebih dipermudah bisa pesen

      Hapus
  6. Mba, jajanan khas ndeso gini seru buat jadi hidangan lebaran nanti. Kan bosen ya roti kaleng lagi kaleng lagi. Bisa pesen nih kekknya buat lebaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus Mbak, sayangnya nggak tahan lama. Jadi musti harus habis, besok mikir lagi dikasih camilan apa yak hihi

      Hapus
  7. Ya allaaah mbaaak.. itu lopiss sama kinco enak banget... kesukaanku.. dsni uda jarang banget nget nget nget yg jual. Hiks. Jd mupeng deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak, aku juga suka, nggak ngebosenin memang. Udah jarang yang jual pula

      Hapus
  8. Aq doyan semua kecuali gatot hehe emang doyanan anaknya. Cari jajanan gini susah lo sekarang. Kapan2 klo ke Bandungan tak pesen sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silakan Mbak, udah ada kontaknya langsung. Eh gatot aku nggak begitu suka juga tapi tetep doyan hihihi...

      Hapus
  9. Jajanan deso malah enaaak. Anakku juga lebih senang jajanan deso heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik dong mbak nggak ada pengawtnya. Lebih sehat ya Mbak Wuri

      Hapus
  10. Jajanan deso malah enaaak. Anakku juga lebih suka jajanan deso hehehe

    BalasHapus
  11. Jajanan deso malah enaaak. Anakku juga lebih suka jajanan deso hehehe

    BalasHapus
  12. Jajanan deso itu enaaak. Anakkua juga lebih suka jajanan deso lho, kayak mboke hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes Mbak Wuri, masuk semua komannya yes. Makasih :)

      Hapus
  13. Wuaahh... Aku seneng banget lopis mbaa... Kapan-kapan aku diajak dolan ke mbak Anik ya? Pengen nyobain lopisnya

    BalasHapus
  14. Wah, aku seneng banget lopisnya. Kapan-kapan aku diajak pesen lopis ke mb Anik yaa

    BalasHapus
  15. Foto pertama begitu menggoda. Sayang lokasinya jauh ya dari kota semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh Mbak. Lumayan, 2 jam man kali ya Mbak. Sekarang banyakan macet di Bandungan

      Hapus
  16. Aku paling suka lopis, mbak. Ini jajanan ndeso yang sekarang makin dicari. Untungnya di Tlogosari ada beberapa penjual lopis, jadi aku nggak kesulitan kalo kangen ama lopis ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waini menarik Mbak. Pas kangen jajanan ndeso ada yang deket langsung bisa di cuss ya Mbak.

      Hapus
  17. Walaupun jaman sudah semakin modern, tapi jajanan tradisional ini masih tetep di hati.. favoritku cenil, cethot, ada juga kocomoto haha enak-enak semuaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak. Nggak enek juga ya dimakan ping bola bali. Pokoknya enak gitu nggak ngebosenin.

      Hapus
  18. Kleponnya menggiurkan, Mbak. Kelapanya buanyak banget.
    Kemarin, libur pemilu, pagi-pagi aku kan belanja ke pasar, jajan deh tuh makanan old. Wkwkwk. Buat ganjel weteng pas masih masak. Aku beli cetot sama kinco, mantab bener. Di pasa sini aja yang jualan jajanan kayak gitu tinggal 2 orang tok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sudah makin menipis si penjual ya Mbak. Tempatku juga ada beberapa eh macet satu karena udah tua. KAdang ngangenin juga. Untung dah bisa pesen sekarang.

      Hapus
  19. Aku suka dengan makanan desa. Makanan ini gak pernah bikin bosen. Apa lagi kayak cetot,centil henakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. MEmang nggak enek dan ngebosenin Mbak Tina. Jadi makannya juga nyaman dan pas melumer di mulut yak

      Hapus
  20. Jajanane menggodaku.... di Bali sebenarnya ada juga makanan tradisional seperti di Jawa. tapi tetep aja rasanya beda menurutku. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njuk nek di Bali gitu jenisnya, namanya apa saja nih Mbak Arina? Kepo dakuw hehe

      Hapus
  21. Hmmm... jajanan ndeso gini selalu menggoda yaaa.. Kalau di tempatku sih masih banyak yang jualan mba, soalnya rumahku ya di ndeso. Kalau yg deket rumahnya nggak ada penjual jajanan ini, bisa pesan ya ke AA Catering ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes Mbak, kebanyakan di ndeso adanya. Lha tempatku yang ndeso aja udah jarang. Lumayan ada aa katering

      Hapus
  22. Ngeriii mba Wahyu
    Jajanan ndesone bikin aku ngiler tenan. Semuanya enak dan ada beberapa yang belum pernah aku makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, yang mana nih yang belum pernah Mbak Nyi?

      Hapus
  23. Cenil.paling suka aku jane mba. Cuma aku pernah keloloden dadi rodo ati2 nek maem

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw, marai ngakak. Emang kenyal gitu sih Mbak. Atau cenilnya yang terlalu panjang sih? Auto ngikin aku baca komenmu ha...

      Hapus
  24. Ya ampyun..mbakewww..ini kok enak kabeh ya. Semua kusukak. Sayange kok adoh..huaaaa..huwaaa..tanggung jawab!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyaplah tanggung jawab Mbak Archa haha. Tinggal telpon ntar dianter kalo pas lewat semarang hihihi...

      Hapus
  25. Jajanan ndeso mengingatkanku dengan simbah, sering diajak ke pasar terus dibelikan jajanan ndeso, paling favorit cenil mbak. Jadi ngiler~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak, jadi kangen simbah banget, hikss... jaman simbah makanan kayak gini banyak

      Hapus