Kamis, 22 Agustus 2019

Air Terjun Klenting Kuning, Desa Kemawi, Sumowono, Nuansa Alaminya Terasa Banget


Air Terjun Klenting Kuning, Desa Kemawi, Sumowono,
Nuansa Alaminya Terasa Banget

Dan, gemericik air membuatku ingin kembali, ke sini
Klenting Kuning

Mengelabui kejenuhan dengan beragam acara menyenangkan bisa diawali ke tempat sejuk. Untunglah daerahku masih berada di pinggiran gunung. Hawa dan udaranya nggak diragukan lagi kesejukannya. Malahan udara dingin menusuk tulang sering banget muncul tanpa jeda. Nikmati saja...

Air terjun curug Klenting Kuning


Tentang curug atau air terjun yang nggak jauh dari rumahku. Namanya Wisata Air Terjun Klenting Kuning. Berada tepat di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah ini menyuguhkan pemandangan yang tak biasa. Kenapa? Nha, kalau mau tahu yuk deh kita cus langsung ke area wisatanya.

Entah yang keberapa kali aku ke Klenting Kuning ini. Entah juga tulisan keberapa yang kutulis. Sebelumnya, pernah juga kutulis di blog. Dengan kondisi dan situasi yang jauh beda banget dari Klenthing Kuning dahulu, membuatku ingin menuliskannya kembali ke blog.

Dimana Wisata Klenting Kuning ini?
Dari  Desa Sumowono sendiri, membutuhkan waktu tak lebih dari 15 menit. Melalui Masjid Besar Darussalam, Bantir, menuju Desa Kemawi. Akan ada plang besar tentang Klenting Kuning ini di pinggir jalan, nggak bakalan nyasar guys. Masuk gang kecil dengan pemandangan keren tak kurang dari 10 menit. Sampailah ke air terjun ini.

Harga tiket masuk dan parkir murmer
Parkiran memang tak begitu luas. Tapi, penjaga tiketnya super ramah banget. Hanya dengan merogoh kantung 5 ribu rupiah, Kamu bisa masuk ke wisatanya. Untuk kendaraan roda dua pakir juga sangat terjangkau. Cukup 2 ribu saja.

Pintu masuk air terjun, bisa buat foto, sayangnya mendung berkabut. Gunung Ungaran nggak kelihatan deh

Sebelum pintu masuk, ada tulisan Klenthing Kuning yang sangat menarik untuk buat foto guys. Dengan latar belakang Gunung Ungaran, Kamu bisa ambil spot foto di sini.

Menapaki anak tangga sebelum ke air terjun
Hawa sejuk dengan pinus-pinus nan menjulang akan menyambutmu. Anak-anak tangga menuju air terjun juga beberapa gua mungil yang akan membuatmu terkesima. Walaupun hanya berupa lubang di tanah yang agak menjorok ke dalam.

Air terjun warna kuning

Alami banget warna kuningnya guys

Lumayan juga jalannya tapi nggak sampai menguras tenaga untuk sampai di air terjun utama. Bunga sepatu yang siap menyambut dan pemandangan yang uwow banget. 



Buat para pecinta alam, bisa jadi acuan buat travelling sampai sini. Dan silakan ambil foto sepuasnya. Air terjunnya terkesan berwarna kuning. Karena latar belakang bebatuannya memang mengandung belerang. Hingga warna yang muncul adalah kuning. Ini keren banget, lho.

Di dekat air terjuan, dari atas air terjun dengan pinus yang menemani atau hanya duduk manis di depan air terjuan ditemani beberapa bunya sepatu. Ambil wudhu juga bisa lho. Ada tempat wudhu khusus yang ada di samping air terjun. Alami banget guys.

Air Terjun Kecil selain air terjun utama
Oh ya, selain air terjun utama, ada air terjun mungil yang alaminya terasa banget. Buatku yang suka lihat suasana alam, ini nggak kalah menariknya sama air terjun utama. 

Air terjun selain air terjun yang utama. Banyak bunga sepatu
  
Semakin mendekat, gemericiknya bisa mengenai muka guys. Dan silakan nikmati sepuasnya alam nan indah ini.

Mungkin banyak yang heran kalau aku nggak bosan berkali-kali sampai sini, kenapa?
1.    Jalan menuju area wisata sangat mudah dijangkau.
2.    Nggak ada kendaraan pribadi, nak ojek juga sampai.
3.    Tiket sangat ramah di kantong.
4.    Dari tempat parkir ke air terjuan jalannya nggak terlalu jauh. Yang membawa anak-anak ataupun orang tua, aman dan yaman saja.
5.    Beberapa kali ceritaku dengan setting air terjun ini, lho.
6.    Pemandanganya nggak ngebosenin untuk dilihat lagi dan lagi.
7.    Ada kenangan dong, eaaa...

Gimana, tertarik ke sini guys? Yang sekitaran Semarang, Ambarawa, nggak begitu jauh. Yang jauh saja sampai seini lho. Yuk, langsung taruh di list utama rencana liburan atau libur akhir pekanmu.

Baca juga:

1 komentar:

  1. Kirain airnya yg keruh kuning gitu. Ternyata karna background batuannya

    BalasHapus