Selasa, 19 Mei 2020

7 Hal Tak Terduga Menjelang Lebaran di Tengah Pandemi


7 Hal Tak Terduga Menjelang Lebaran di Tengah Pandemi


Hai, sepanjang Ramadan 2020 ini begitu banyak kejadian dan harus kuat menjalaninya. Kubilang begitu karena memang keadaan sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Bayangkan saja, sehari, bisa jadi mandi lebih dari 3 kali. Hal yang jarang kalau nggak terpaksa banget. Masih setia #dirumahaja. Hanya bepergian untuk hal super penting. Sampai rumah harus langsung lepas pakaian sekalian mandi keramas. Tak boleh pegang ini itu dulu. 

7 Hal Tak Terduga Menjelang Lebaran di Tengah Pandemi

Senin, 18 Mei 2020

Minggu, 17 Mei 2020

7 Doa Sebelum Ramadan Berakhir


7 Doa Sebelum Ramadan Berakhir


Hai, mengungkap doa seperti membuka lembar baru. Terisi dari dulu, sekarang hingga secuil asa di masa datang. Dalam doa, ada kerinduan, kesedihan hingga rasa syukur atas apa yang telah ada –ataupun tiada-. Mengungkap doa, hakikat dari apa yang tak mudah diungkap kata. Sulit, meskipun selalu ada doa dalam setiap helaan nafas kehidupan.

7 Doa Sebelum Ramadan Berakhir

Sabtu, 16 Mei 2020

7 Tips Cara Hemat Lebaran Saat Pandemi Covid-19


7 Tips Cara Hemat Lebaran Saat Pandemi Covid-19


Hai, lebaran selalu istimewa. Setiap lebaran ada cerita tersendiri yang lain dan tak bisa diungkap dengan banyak kata. Sudah kebiasaan ada tabungan khusus ketika lebaran hadir. Untuk segala keperluan ketika lebaran tiba. Entah ke tempat wisata, bersilaturahmi saudara jauh ataupun menyediakan angpao khusus untuk orang-orang terdekat.

7 Tips Cara Hemat Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Jumat, 15 Mei 2020

7 Alasan Lebaran #dirumahaja


7 Alasan Lebaran #dirumahaja


Hai, mengangankan sesuatu memang hak setiap orang. Lebaran, merencanakan mau kemana, ke sana bahkan ke sini juga nggak masalah. Tersenyum untuk lebaran dengan beragam kenangan tahun lalu. Karena lebaran tahun ini jelas akan berbeda banyak. Meskipun tak mengurangi makna dari arti lebaran itu sendiri, saling memaafkan.

7 Alasan Lebaran #dirumahaja

Kamis, 14 Mei 2020

7 Alasan Nggak Perlu Mudik Dulu


7 Alasan Nggak Perlu Mudik Dulu


Hai, mudik menjadi salah satu ritual penting ketika lebaran. Buatku sih gitu. Bagaimana dengan yang lain? Bersyukurlah andaikata tak kenal kata mudik. Karena kerjanya di dekat rumah, ataupun memang keluarga suami/istri berdekatan. Selain hemat di ongkos, nggak perlu kenal macet jalanan.

7 Alasan Nggak Perlu Mudik Dulu

Rabu, 13 Mei 2020

7 Hal yang Dirindukan Saat Lebaran, Nomor 5 Bikin Baper


7 Hal yang Dirindukan Saat Lebaran, Nomor 5 Bikin Baper


Hai, kerinduan bisa muncul kapan saja. Rindu pada apapun dan siapapun. Merindukan gebetan hati? Hihihi, itu sih buat para abg kalik, ya. Atau merindukan sesuatu akan masa lalu yang menyenangkan? Hmmm, banyak hal bisa terjadi karena kerinduan ini. Ketika lebaran, apa yang membuatmu merindu?

7 Hal yang Dirindukan Saat Lebaran, Nomor 5 Bikin Baper

Selasa, 12 Mei 2020

Senin, 11 Mei 2020

7 Tips Baju Lama Jadi Baru, Padu Padan Rompi, Outer dan Kain


7 Tips Baju Lama Jadi Baru, Padu Padan Rompi, Outer dan Kain


Lebaran identik dengan baju baru. Eh itu bagi sebagian orang saja. Bersyukur buat yang bisa beli baju baru. Baju baru bukan keharusan yang harus ada saat lebaran. Lebaran yang kelihatannya bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini memang harus mampu membuat segalanya menjadi lebih baik lagi.

7 Ide Baju Lama Jadi Baru, Padu Padan Rumpi, Outer dan Kain


Minggu, 10 Mei 2020

7 Harapan Bulan Puasa Tahun Depan


7 Harapan Bulan Puasa Tahun Depan


Perbedaan yang sangat kentara terjadi di Ramadan tahun ini. Sebetulnya kembali ke kita untuk memaknai Ramadan yang sebenarnya. Bukan karena euforia sesaat yang kadang, membuat lupa. Berbeda, di mana pandemi covid-19 ini tetap membuat banyak perubahan yang terjadi. Membaik ataupun tidak, kembali ke masing-masing.


Sabtu, 09 Mei 2020

7 Hal yang Disyukuri Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19


7 Hal yang Disyukuri Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19


Tak terhitung jumlahnya, Allah SWT telah memberi begitu banyak nikmat

Dulu, ingat banget kalau awal bulan selalu tengokin kalender. Ada tanggal merahnya nggak, ya? Dan sekarang, benar-benar tanggal merah yang panjangnya tiada tara.

Dulu, yang namanya kumpul sama anak-anak dan keluarga sepertinya susah banget. Nunggu hari minggu. Itupun kalau aku nggak ada acara lain. Meskipun ibu rumah tangga nyambi jualan, kumpul sama anak merupakan hal yang dirindukan. Sibuk banget sih nggak. Tapi ada saja hal yang harus dilakukan dan itu memangkas waktu bersama anak-anak dan keluarga.

Jumat, 08 Mei 2020

7 Camilan Praktis dan Murah Meriah untuk Berbuka, Nomor 5 Tak Banyak yang Tahu

7 Camilan Praktis dan Murah Meriah untuk Berbuka,
Nomor 5 Tak Banyak yang Tahu


Siapa yang suka berbuka dengan kurma? Kurma salah satu makanan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa. Selain kandungan gizinya lengkap, rasa manisnya terasa beda. Selain kurma, ada beberapa camilan yang sering banget ada untuk berbuka puasa.

7 Camilan Praktis dan Murah Meriah untuk Berbuka, Nomor 5 Tak Banyak yang Tahu
 

Kamis, 07 Mei 2020

7 Ide Keren Saat Puasa, Nomor 5 Nambah Income


7 Ide Keren Saat Puasa, Nomor 5 Nambah Income


Puasa bukan berarti malas melakukan kegiatan apapun. Mengurangi kegiatan semampu kita. Untuk aktifitas lain, tetap bisa jalan seperti semula. #dirumahaja seperti ini karena pandemi covid-19, harus cerdas mencari kegiatan yang menyenangkan supaya tak lekas bosan.

7 Ide Keren Saat Puasa, Nomor 5 Nambah Income

Rabu, 06 Mei 2020

7 Akun Resep dan Kajian Favorit Saat Puasa


7 Akun Resep dan Kajian Favorit Saat Puasa


Beda dari biasanya, #dirumahaja membuat lebih banyak berselancar di dunia maya. Hmmm... beneran seperti itu? Entah juga, ya. Bagiku sendiri, work from home seperti ini banyak hal baru yang sebelumnya tak pernah terbayangkan. Ada banyak waktu dengan jeda tak sedikit. Untuk apa?

7 Akun Resep dan Kajian Favorit Saat Puasa

Selasa, 05 Mei 2020

7 Menu Buka Puasa Praktis dan Hemat, Tak Lebih dari 30 Menit


7 Menu Buka Puasa Praktis dan Hemat, Tak Lebih dari 30 Menit


Menu sehat, praktis, nggak pakai ribet memang idola banyak ibu rumah tangga. Tapi nggak hanya itu yang jadi pemikiran utama. Masih ada yang lebih utama lagi.

Nggak pakai boros.

Aha, memang, sih, mungkin hanya ibu rumah tangga yang paham dan ngerti bagaimana ribetnya mengatur segala keuangan keluarga. Nha, yang nggak pakai boros ini harus belajar dari pengalaman terpopuler. Alias pengalaman kita sendiri. 

7 Menu Buka Puasa Praktis dan Hemat, Tak Lebih dari 30 Menit

Senin, 04 Mei 2020

7 Perbedaan Puasa di Masa Covid-19, Nomor 5 Alhamdulillah Banget


7 Perbedaan Puasa di Masa Covid-19, Nomor 5 Alhamdulillah Banget


Banyak yang bilang puasa Ramadan tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya. Indah dengan beragam perbedaan. Mau nggak mau, semuanya berubah. Tetap ada sisi lain menjadi berkah berbeda di puasa masa covid-19 ini. Kadang, kita tak menyadari gebyar dari apa yang seharusnya tak perlu. 


Minggu, 03 Mei 2020

7 Tempat Favorit Akan Dikunjungi Setelah Bebas Keluar Rumah

7 Tempat Favorit Akan Dikunjungi Setelah Bebas Keluar Rumah


Sedikit banyak cerita dengan kisah terselubung di dalamnya. Non fiksi ataupun fiksi, ada kenangan dari sebuah tempat untuk dijadikan setting...

Kapan terakhir pergi lumayan jauh? Ehem, sampai lupa kemana dan untuk apa. Karena covid-19 membuat semua kegiatan di luar rumah menjadi mimpi semata. Keluar ya karena hal sangat penting. Semua serba terbatas, harus disadari bahwa tak keluar rumah dan tetap #dirumahaja adalah hal terbaik untuk saat ini.

7 Tempat Favorit Akan Dikunjungi Setelah Bebas Keluar Rumah

Sabtu, 02 Mei 2020

7 Akun Instagram Favorit Ini Nambah Ilmu Banget, Kepoin Yuk!


7 Akun Instagram Favorit Ini Nambah Ilmu Banget, Kepoin Yuk!


Hai, selalu ada saat menyendiri dengan ponsel kesayangan. Ketika urusan dunia nyata kelar, mantengin ponsel banyak dilakukan orang. Termasuk diriku. Biasanya apa yang dilakukan? Terkadang, membuka media sosial. Itu pula yang kulakukan. Entah facebook, twitter ataupun instagram. Kalau Kamu sendiri, sukanya mantengin apa, sih?


Jumat, 01 Mei 2020

7 Benda Teman Setia Saat #dirumahaja


7 Benda Teman Setia Saat #dirumahaja


Benda apa yang paling penting saat #dirumahaja? Masing-masing orang, dengan kegiatannya masing-masing pasti berbeda macam. Versi berbeda ini serta varian berbeda pula -tentunya- akan penuh warna dengan benda dan kegunaannya di orang yang berbeda. Eh, nggak bingung kan, ya? Hihihi...

7 Benda Teman Setia Saat #dirumahaja


Kamis, 30 April 2020

7 Menu Rumahan Ini Layak Dicoba, Mudah Banget

7 Menu Rumahan Ini Layak Dicoba, Mudah Banget


Halo, dari dulu, aku sama sekali nggak suka dan nggak bisa masak. Kecuali masak mi instan. Semua varian rasa mampu deh memasaknya. Dari rebus hingga goreng, haha. Tapi makin ke sini dan usia uzur, mau nggak mau ingin kasih yang terbaik buat keluarga. Salah satunya membuat menu sehat bergizi untuk keluarga tercinta.


Rabu, 29 April 2020

7 Aplikasi dan Web Favorit Versiku


7 Aplikasi dan Web Favorit Versiku


Ada banyak cara supaya #diamdirumah dan #dirumahaja selalu menyenangkan. Salah satunya memaksimalkan hobi yang kemarin tertunda. Hobiku nulis. Tentu untuk menulis yang baik perlu banyak membaca buku, serta web yang akan membuat tulisanku lebih berbobot.

Selasa, 28 April 2020

7 Hal Seru Saat Kumpul Keluarga #diamdirumah


7 Hal Seru Saat Kumpul Keluarga #diamdirumah

Apa keseruanmu #dirumahaja hari ini? Bingung mengatur jadwal biar nggak jenuh meskipun #diamdirumah. Terkadang, akupun bingung setelah semuanya sepertinya sudah diakukan bersama keluarga. Terutama sama anak-anak. Mulai dari beberes rumah hingga bikin salad bersama. Semuanya sudah dlakoni.



Senin, 27 April 2020

Minggu, 26 April 2020

Tentang Covid-19, 7 Hal yang Akan Kulakukan Saat Corona Berakhir

Tentang Covid-19, 7 Hal yang Akan Kulakukan Saat Corona Berakhir


Halo, covid-19 masihkah menghantui hidupmu? Iya banget. Mampu mengalihkan duniamu? Iya juga, sih. Lalu, mengeluh di awal itu pasti. Mengeluh di saat sekarang ini, kayaknya sudah nggak berguna lagi. Kalaupun akhirnya mampu menerima keadaan dan manut pada apa yang dianjurkan pemerintah, adalah hal terbaik yang bisa dilakukan.

Sabtu, 25 April 2020

Tentang Covid-19, Menahan Rindu

Tentang Covid-19, Menahan Rindu


Hai, berkecimpung terus di rumah tentu menimbulkan banyak hal baru. Yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Kumpul-kumpul jelas tak diperbolehkan. Melakukan kegiatan yang sifatnya banyak orang juga dilarang. Meminimalkan saling berkunjung, jangan lupa. Beberapa teman membuat status meminta maaf untuk tak menerima tamu selama pandemi corona ini. Sangat memakluminya.



Jumat, 24 April 2020

Tentang Covid-19, Pengeluaran Tak Terduga Saat Corona


Tentang Covid-19, Pengeluaran Tak Terduga Saat Corona

Katanya, menurut menejemen keuangan yang baik, harus ada yang namanya pos khusus pengeluaran tak terduga. Katanya, lho ya. Memang benar juga. Hanya, lebih percaya pada realita kebanyakan orang kayaknya lebih pas gitu. Bagiku sendiri ini bisa dimentahin banget. 




Kamis, 23 April 2020

Tentang Covid-19, 10 Perubahan Karena Corona


Tentang Covid-19, 10 Perubahan Karena Corona

Hai, berita dimana-mana masih yang itu-itu saja, ya. Tentang covid-19 dengan segala hal yang memang bisa jadi berubah setiap waktu. Banyak kisah pilu penuh perjuangan di bagian garda depan. Tentunya para tim medis yang berjuang menyelamatkan para pasien. Dengan resiko yang nggak mudah. 

Tentang Covid-19, 10 Perubahan Karena Corona


Pertobatan Sugirah


Pertobatan Sugirah
Oleh: Wahyu Widyaningrum


“Besok lagi, Ira.” Suara berat lelaki itu membuat tubuh menggigil. Melewati rambut sebahuku yang sembarangan. Gegas, kuikat cepat helai-helai kusutnya dengan sesak bergemuruh memenuhi dada. Selalu begini. Setiap malam, neraka ini membakar.

Cerpen Pertobatan Sugirah, oleh: Wahyu Widyaningrum

Rabu, 22 April 2020

Tentang Covid-19, Apa yang Harus Diperhatikan Saat Keluar Rumah?


Tentang Covid-19, Apa yang Harus Diperhatikan Saat Keluar Rumah?

Hai, kabar tentang covid-19 ini memang membuat banyak orang sedikit panik. Termasuk aku. Kalau ada yang tetap tenang dan biasa saja malah heran, deh. Kok bisa gitu, ya. Meskipun memang dianjurkan untuk tetap tenang, santai dan berpikir positif. Dengan tetap menjaga kebersihan, jaga jarak, cuci tangan setiap habis melakukan atau memegang sesuatu dan tetap di rumah saja.

Selasa, 21 April 2020

Tentang Covid-19, Biar Anak Mau Pakai Masker


Tentang Covid-19, Biar Anak Mau Pakai Masker

Awalnya, nggak kupikirin juga nih yang namanya masker. Hawong tinggal pakai saja. Apa sih susahnya, masalahnya apa coba? Hihihi, nggak ada kan, ya? Lagipula masker ini memang wajib dipakai selama pandemi corona masih berlangsung. Ya, tentang covid-19 yang masih gentayangan di sekitar kita. Pakai masker, agar lebih aman.

masker saat covid-19

Senin, 20 April 2020

Tentang Covid-19, Mampukah Mengalihkan Duniamu?


Tentang Covid-19, Mampukah Mengalihkan Duniamu?

Hai guys, tentang covid-19 sekarang ini, mampukah mengalihkan duniamu? Semua sepertinya terfokus tentang covid-19. Berita di televisi, dunia maya, hingga beragam berita yang di share melalui aplikasi WA. Semuanya lengkap, malah terkadang membingungkan. Mana betulan mana hoax, ya?



Sabtu, 18 April 2020

Review Novel Pelangi Kehidupan, Cinta Unik The Doctor’s Family


Review Novel Pelangi Kehidupan,
Cinta Unik The Doctor’s Family

Hai, hai, ketemu lagi ya guys. Masih #dirumahaja jangan bikin manyun apalagi uring-uringan nggak karuan. Banyak hal bisa dilakukan walau di rumah saja. Seperti aku nih, meskipun jenuh melanda-landa hebat, tetap harus berpikiran waras hingga semuanya berjalan dengan baik. Urus rumah, urus keuangan dan urus ini itu bla bla bla…

Review Novel Pelangi Kehidupan,  Cinta Unik The Doctor’s Family


Senin, 13 April 2020

Sepersekian Detik Part 1

Sepersekian Detik
Part 1

"Mantan."
"Yakin?"
"Hmmm..."
"Kok?"
"Nggak yakin."
Nah kan, chat di instagram itu benar-benar nggantung. Banget!
-ww-


Uwh, kututup obrolan DM dari orang gaje itu. Kukepoin instagramnya juga, sih. Siapa dan mengapa. Kayaknya aku memang nggak mengenalnya secara langsung. Gaje juga. Nggak kutemukan apapun. Tapi, pesan di instagram itu benar-benar menghantui.

"Boleh bagi WA-nya?"
"Ada di bio ig-ku." Kujawab singkat dengan ketikan singkat pula.
Dan siang itu bertubi-tubi chat WA masuk.
"Tahu aku?" Tanyaku penasaran setelah ia mengenalkan diri sebagai orang yang kirim pesan aku via instagram.
"Tahu."
            Hah?
"Rumahku cuma sekilo dari rumah mbak."
Apa?
Ough, takjub. Tetangga dong, batinku. Sopo to iki? Sumpah swear yakin aku nggak ngeh. Dulu sih lamat-lamat aku agak tahu FB-nya tapi ya sambil lalu. Nggak kuperhatikan banget-banget.
Eh, penisirin lho aku.
-ww-

"Lha mau nulis apa?"
"Hmmm...."
"Mantan?"
"Hmmm...."
"Ough perjuangan hidup jungkir balik jaman dulu?"
"Hmmm...."
"Hmmm sekali lagi dapat payung."
Hahaha, coba gimana rasanya kalau chat cuma hmmm hmmm doang. Menjengkelih,kan?
-ww-

Katanya sih mau nulis. Tapi aku ragu akut. Nih entah orang keberapa yang DM, inbok, email or WA urusan tulis menulis. Akhirnya hanya tanya gaje. Hanya sedikit orang yang akhirnya benar-benar serius.
Eh aku berharap ini serius.
Mungkin ada benarnya juga nulis tuh seleksi alam. Lha kalau aku sih hobi. Ih bilang aja kepepet. Ya deh dua-duanya haha...
-ww-

Pagi itu aku musti urusin tukang musholla kampung. Beli camilan dan bungkusan nasi. Sampai di garasi membuka ponsel. Beberapa WA masuk.
"Ewh, wer gitu di depanku cuek ya...." WA andalan dari si gaje.
Hah?
Kupikir-pikir lagi sambil nongkrong di motor. Noleh ke belakang.
Kepo sumpah!
"Lha dimana?" Balasku sekenanya.
Emoji ketawa membuatku geregetan.
-ww-

Lha aku malah takut. Jangan-jangan nih orang yang kepoin blog-ku sampai nulis komentar tentang...
Ku off-kan ponselku. Dahiku berkerut-kerut entahlah. Ih, kok aku jadi merinding, ya.
Jadi teringat salah satu komentar yang kuingat jelas sampai sekarang, tiang gantungan....
-ww-

Baca juga:

Rabu, 08 April 2020

Cek Virus Corona, Berikut Penjelasannya


Cek Virus Corona, Berikut Penjelasannya

Virus corona, virus berbahaya yang menyebar di seluruh dunia. Hampir di setiap negara merasakan akibat dari virus tersebut. Berbicara virus yang mematikan sehingga banyak memakan korban jiwa. Kalian tahu tidak apa itu virus corona? Mengapa virus ini bisa berbahaya dan mendunia? Cek virus corona online dan berikut ini penjelasannya agar kamu bisa tahu dan kenali seberapa bahayanya virus tersebut bagi si penderita.

Sumber: cnnindonesia.com