Minggu, 17 Mei 2020

7 Doa Sebelum Ramadan Berakhir


7 Doa Sebelum Ramadan Berakhir


Hai, mengungkap doa seperti membuka lembar baru. Terisi dari dulu, sekarang hingga secuil asa di masa datang. Dalam doa, ada kerinduan, kesedihan hingga rasa syukur atas apa yang telah ada –ataupun tiada-. Mengungkap doa, hakikat dari apa yang tak mudah diungkap kata. Sulit, meskipun selalu ada doa dalam setiap helaan nafas kehidupan.

7 Doa Sebelum Ramadan Berakhir



Banyak banget doa di Ramadan 2020 kali ini. Tentang pandemi yang tak kunjung berhenti, tentang keluh kesah, tentang marah-marah, bahkan tentang penerimaan dan apa adanya. Atau tentang perekonomian keluarga yang carut marut. Semuanya kembali lagi pada kepasrahan memuncak apabila mendengar satu kata, doa.

Ramadan tinggal beberapa hari lagi, banyak doa tertumpah ruah di langit. Membolak balik awan, kelam, hitam, biru hingga putih. Ada doa khusus yang tertuang juga di sana? Di antara gemericik hujan di malam hari. Kecupan sajadah di sepertiga malam? Ada yang sama dengan yang di bawah ini?

1.    Berharap covid-19 segera berlalu
Doa semua umat di dunia ini semoga diaminkan seluruh semesta raya, amin.

2.    Doa diberi kesehatan
Pernah merasakan sakit tentulah memahami arti kata sehat dan kesehatan. Bersyukur banget dengan kesehatan yang dianugerahkan Allah kepadaku. Selalu terselip doa agar semua sehat, tak kurang suatu apa. Buat orang tua, ibu, bapak, saudara, suami, anak-anak dan semuanya, amin.

3.    Diberi kelancaran
Apapun yang sedang dialami, berharap semua dilancarkan. Apapun itu, amin.

4.    Diberi kemudahan
Sesulit apapun masalah yang datang, selalu berdoa untuk solusi termudah masalah yang ada. Hidup penuh dengan masalah, tapi Allah selalu memberikan solusi terbaiknya sekaligus. Satu paket.

5.    Dicukupkan rejeki
Keadaan seringkali memaksa kita lebih cerdas dan penuh kreativitas. Meskipun kondisinya tak seperti harapan. Semuanya menjadi menarik dan tak tahu hikmah tersembunyi yang ada di sana. Kadang, ketakutan akan rejeki ini memang tak mudah, wajar dan bikin panik. Tapi, kembali lagi, bukankah rejeki nggak bakal tertukar?

6.    Kumpul sekeluarga
Mungkin, ini hal yang tak masalah bagi sebagian orang. Karena saban hari bisa kumpul sama keluarga. Beda denganku, kondisi berjauhan dengan pasangan hidup membuat banyak hal yang kadang tak bisa dipahami. Berdoa agar akhirnya bisa kumpul lagi seperti dulu. Lantas, ada saat menerima kenyataan dan mensyukuri apapun yang telah digariskan yang Kuasa.

7.    Berharap masih bisa berjumpa Ramadan kembali
Tak pernah tahu apa yang bakal terjadi sedetik kemudian membuat banyak doa terucap. Berharap masih bisa menjalani Ramadan tahun depannya kembali. Amin.

Semoga semesta mengamini, amin ya robbal alamin...


Hari ke 28 #BPNRamadan2020

1 komentar: