Senin, 19 April 2021

Ini Dia Rahasia Resep Mendoan Krispi Bikin Nagih, Sudah Tahu Belum?

 Ini Dia Rahasia Resep Mendoan Krispi Bikin Nagih, Sudah Tahu Belum?

 

Gorengan merupakan camilan sejuta umat. Banyak orang cinta sama beragam jenis gorengan ini. Orang kaya ataupun biasa saja, bisa banget menikmati kesyahduan gorengan nan bikin meleleh ini.



Gorengan juga banyak pilihannya. Mulai dari pisang goreng, bakwan, mendoan, misua hingga ketela goreng. Daya tariknya mampu membuat lidah tak berhenti bergoyang. Namun, di luar nikmatnya si gorengan ini, tetap jaga kondisi dan makan secukupnya saja, ya.

Bulan Ramadan seperti ini, gorengan menjadi pilihan yang paling diminati para ibu rumah tangga dalam menyusun menu. Salah satunya mendoan. Selain bahannya mudah didapat, cara mengolahnya juga mudah. Hanya saja, kadang, hasil tak sesuai harapan. Tepung terlalu lembek, tidak krispi atau rasa yang tidak pas. Urusan masak memang butuh banyak praktik. Sehingga dapat takaran pas untuk sebuah menu.

Buat yang maunya jadi saja, ada cara mudah dan dijamin hasilnya bikin nagih. Bagaimana caranya? Silakan dicermati hingga akhir, ya.

 

Bahan:

½ papan tempe, iris tipis atau sesuai selera.

8 sdm tepung terigu.

2 sdm tepng maizena.

2 sdm tepung beras.

1 lembar daun loncang, iris kecil.

Cabe rawit.

Air secukupnya.

Minyak goreng secukupnya.

 

Bumbu halus:

2 sdt ketumbar.

2 siung bawang putih.

3 siung bawang merah.

2 kemiri.

1 ruas kunyit.

Garam secukupnya.

½ sdt penyedap rasa.

 

Cara membuat:

1. Campur tepung terigu, tepung maizena, peung  beras dengan air. Aduk searah hingga merata. Jangan terlalu kental atau terlalu cair.

2. Masukkan daun loncang dan penyedap rasa. Aduk hingga merata.

3. Panaskan minyak goreng.

4. Ambil tempe yang sudah diiris tipis, satu per satu lalu celup ke dalam adonan hingga merata. Goreng dalam minyak yang sudah panas hingga tempe habis.

5. Biar mengembang, balik tempe sepelunya saja. Tunggu hingga kekuningan. Angkat dan tiriskan.

6. Taruh wada, mendoan siap disantap.

 

Sederhana banget, ya. Ini resep zaman nenek moyang banget, hihihi …. Tambahan tepung maizena dan tepung beras membuat hasilnya lebih krispi. Kalau tepung terigu doang akan lembek ketika mendoan mulai dingin. Meskipun ini hubungannya dengan selera masing-masing orang. Kadang, aku juga bikin mendoan dengan tepung terigu saja. Tepat enak asal dimakan saat masih panas atau hangat.

Meskipun jiwa pecinta gorengan meminta untuk terus makan gorengan, sebaiknya dibatasi dan jaga kesehatan. Makan  gorengan secukupnya saja, tak perlu berlebihan. Imbangi dengan makanan lain supaya kandngan gizi mencukupi untuk tubuh. Bulan Ramadan ini, semoga selalu sehat dan tetap semangat memadupadankan menu spesial. Selamat mencoba!

 

(Ed. Rohmah Rahmawati)

#ODOA
#KELASMENULISARTIKEL
#INDSCRIPTBUSINESSWOMANUNIVERSITY

Day-4

Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar