Kamis, 30 Juni 2022

Cara Agar Tidak Malas Menulis Blog, Ngeblog Ben Ra Ngganjel

Cara Agar Tidak Malas Menulis Blog, Ngeblog Ben Ra Ngganjel


Cara agar tidak malas menulis blog itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang nyatanya susah, dibilang susah nyatanya gampang banget.

Cara agar tidak malas menulis blog
Cara agar tidak malas menulis blog


Ketika Gandjel Rel, komunitas blogger yang kece ini mengadakan lomba menulis bertema mengapa males ngeblog, auto mikir. Apa yang yang mau kutulis, masa sih cara agar tidak malas menulis blog padahal blog ‘berlumut’ gini?

Namun, cara agar tidak malas menulis blog itu sebetulnya mudah saja, kok. Hmmm, walaupun aku kadang masih berpikir keras tentang apa yang menyebabkan hal itu terjadi.


Alasan Aku Jarang Nulis Blog

Sebelum mengupas tuntas cara agar tidak malas menulis blog, aku mau kasih tahu 7 alasan. Tentunya alasan mengapa blogku ya begini-begini saja sedari dulu.

Cara agar tidak malas menulis blog
Alasan terus ya, Cara agar tidak malas menulis blog


Zuzurly, blog adalah rumahku ketika suntuk dengan segala aktivitas yang tak dapat diprediksi. Jika kujadikan list, ada beberapa alasan kenapa muncul kemalasan nulis blog.

1. Dikejar Dateline

Ya, begitulah. Ada dateline yang harus segera diselesaikan di saat tertentu. Sebagai penulis lepas, ada saja kerjaan dengan dateline yang tak dapat ditolerir.

Tentu hubungannya dengan cuan dan perjanjian. Akhirnya aku dahulukan karena memang dateline ini sangat kupegang teguh. Sebisa mungkin tidak lebih dari tenggat waktu yang telah disepakati bersama.

2. Skala Prioritas

Sibuk itu hanya bohong semata, intinya skala prioritas. Ada skala yang harus diprioritaskan. Entah mengurus anak-anak atau faktor lain yang berhubungan dengan mata ijo, alias mencari pendapatan.

Misalnya saja mendadak harus nge-buzzer sesuatu, harus bikin konten untuk endorse dan dapat pesanan artikel mendadak dari klien. Nah lo akhirnya skala prioritas diutamakan. Demi apa? Demikian, tsah…

3. Profesionalitas

Mau apapun hasilnya, setiap pekerjaan harus tetap profesional ketika kamu memutuskan untuk menerimanya. Mau sereceh atau selembar apapun itu, lakukan yang terbaik.

Inilah yang selalu kujunjung tinggi. Meskipun ada sekali waktu tubuh tak mampu untuk menerima semuanya dalam waktu yang bersamaan, tetap saja harus profesional.

Alhasil, kadang, blog nggak kepegang, uhuks.

4. Kondisi Kesehatan

Nggak bohong kalau kondisi kesehatan dapat dengan mudah ngedrop. Apalagi di depan laptop terus menerus, itu kadang membagongkan, eh menjenuhkan banget.

Untuk itu kondisi yang kurang stabil membuatku harus pandai untuk sekedar hengkang sejenak dari rutinitas kerjaan, biar strong lagi. Dengan apa? Senam, jalan-jalan atau jajan di pinggir jalan.

5. Nulis Konten Lain

Ya iyalah karena nulisku nggak hanya melulu tentang blog. Ada portal media, ada novel, ada ini, ada itu yang tetap harus selesai di waktu yang telah ditentukan.

Berat? Nggak juga, hepi menjalankannya. Selama itu sesuai dengan hobi kita, kenapa nggak, sih?

6. Sok Sibuk

Wkwwk, namanya juga emak-emak sok sibuk. Selalu saja ada acara yang membuat salah satu list alasan kenapa malas nulis blog. Yea, alasan berikutnya karena ada acara.

Acara yang tak mudah untuk ditinggalkan begitu saja. Misalnya acara ditraktir teman, kondang in, ambil raport anak hingga cari sekolah buat anak. Bahkan acara rewang yang tentunya tidak dapat begitu saja kuabaikan.

Eh tahu rewang, kan? Rewang adalah jika tetangga dekat (satu RT) sedang ada keperluan atau hajatan. Baik itu ada yang menikah, meninggal atau hal lain yang mendesak.

7. Ada yang Ngganjel

Iya, kadang ada masalah atau sesuatu yang bikin hati itu ngganjel nggak karuan pokoknya. Piye yo ben ra nganjel, yaelah, ya udah masuk blogger Gandjel Rel tentunya makin ra ngganjel.

Ngganjel ini bikin mood hancur berkeping-keping loh. Apalagi saat rindu si dia, ha…

Begitu banyak alasan, yang seharusnya nggak bisa dijadikan alasan ya, hmmm. Musti cari solusinya, dan inilah cara agar tidak malas menulis di blog.


Cara Agar Tidak Malas Menulis di Blog

Cara yang kupakai ini sebetulnya ada yang belum kulakukan, tapi baru mau  kulaksanakan. Biar benar-benar kulaksanakan dengan baik, gituh. Apa saja?

Cara agar tidak malas menulis blog
7 Cara agar tidak malas menulis blog


1. Nulis Behind the Scene

Eh, ini unik dan konyol bahkan lucu lho. Misalnya saja dibalik layar saat mau ambil foto masakan. Entah masakan malah hancur atau fotonya nggak epik sama sekali. Kesal kan, ya?

Gimana kalau hal-hal unik bin ajaib gitu dijadikan bahan untuk nulis di blog? Pasti keluar dari zona nyaman dan nggak membosankan seperti ini.

2. Nulis yang Dikuasai

Menulis tentang apa yang dikuasai akan memudahkan ketika harus menulis blog. Salah satunya menulis hal keseharian. 

Salah satunya nulis resep harian. Ya kan emak-emak setiap hari masak. Akan ada banyak menu yang dapat dijadikan bahan untuk nulis resep.

Apapun sesederhananya resep itu. Tak perlu detail, foto juga simpel.

3. Nulis Tips

Cara kedua adalah menulis tips. Tips biar wajan anti lengket saat menggoreng ikan, tips agar sepatu putih jadi hitam dengan pakai spidol, atau tips sederhana lain.

Misalnya saja nih, saat resleting celana atau tas bermasalah. Solusinya, oleskan lilin agar resleting kembali lancar. Eh itu bisa dijadikan tips juga, kan?

4. Perlebar Status Sosmed

Cara yang ketiga ini sebetulnya mudah kok, sering bikin status di sosmed, kan? Ngaku deh, wkwkwk.

Gimana biar status lebay ini diperlebar sedikit saja nulisnya sehingga layak dijadikan tulisan di blog. Nggak perlu panjang-panjang, cukup minim 350 kata saja sudah bisa diposting untuk blog.

Jadi bisa dua tiga pulai terlampaui. Idenya nulis caption, hasilnya bisa untuk ide nulis blog.

5. Nulis Curhat Bermanfaat

Apa ada curhat bermanfaat? Adalah, contohnya ya apa yang sedang kutulis ini. Sejujurnya ini adalah curhat yang terselubung, jadi nyaman nulisnya, nggak perlu kw kw-an.

Kw apaan, mbak? Kw singkatan dari keyword alias kata kunci yang ‘sebaiknya’ ada saat mau nulis sesuatu. Hal itu adalah jikalau dirimu menulis yang kece badai khatulistiwa sesuai kaidah SEO.

Apa itu SEO, silakan gugling ya hehehe… auto kabur.

6. Nulis yang Bikin Hepi

Lhadalah memangnya nulis nggak bikin kamu hepi? Temanya bikin puyeng ya nulisnya dalam tekanan, hihi. Nggak juga guys, nulis yang bikin hepi akan membahagiakan diri sendiri.

Apapun bisa ditulis sesuai isi hati, curahkan saja apa yang diinginkan. Kalau ingin nulis cerpen, cerbung dan novel yang panjang melintang, gaskeun…

7. Nulis Ben Ra Ngganjel dan Menghasilkan Uang

Nah, kalau ini langsung ngantuk ilang. Bagaimana cara nulis menghasilkan uang? Ya sesuaikan dengan passion-mu, cie…

Kalau aku nulis apa saja yang menghasilkan asalkan halal. Walau kembali ke point alasan yang atas tuh. Dari penulis lepas hingga semua pesanan tulisan kadang aku iyain saja, selama kondisi sehat dan insyaallah dimampukan, amin.

Nah udah 1033 kata, panjangnya! Semoga dewan juri nggak bosan membaca hingga tuntas. Yuk, praktekkan cara agar tidak malas menulis blog mulai sekarang.

Tak perlu banyak alasan, yang penting skala prioritas dan nulis ben ra ngganjel yang mendatangkan rezeki berlimpah.

Terimakasih Gandjel Rel, temanya bikin aku nulis bebas sebebas nulis buku diary.

Auooo, sebebas Tarzan bergelantungan dari akar pohon satu ke pohon lainnya. Love…


Baca Juga:

Awalnya Biasa Saja, Ujungnya Menghasilkan Cuan

Tips Mudah Menghitamkan Sepatu

Literasi Viral Media Sosial

0 komentar:

Posting Komentar