Jumat, 18 November 2016

7 Hal Fenomenal Mangkok Gambar Ayam Jago yang Kamu Harus Tahu



7 Hal Fenomenal Mangkok Gambar Ayam Jago
yang Kamu Harus Tahu

Hai, Sob.

Mangkok gambar ayam jago sudah sering menemani kita saat makan di warung. Mungkin, sudah menemani Nenek Kakek Mbah Buyut kita makan saban harinya. Mangkok yang fenomenal ini juga bisa saja sudah  ada di dapur Sobat semua. Cek deh, pada punya nggak sih mangkok gambar/cap ayam jago?


Dan, aku juga memilih mangkok gambar ayam jago ini untuk warungku. Tak hanya tempatku, warung bakso di sebelah, warung bakso di pasar, bahkan warung bakso di terminal juga memakai mangkok bergambar ayam jago ini. Warung soto di samping TK anakku juga memakai mangkok ayam jago ini. Tapi, catet ya, aku nggak jualan bakso dan soto, mungkin lain kali. #Sapa juga yang nanyak! Hihihi.

Mangkok ayam jago yang menemaniku jualan saban hari
 
Siang-siang saat maksi kok jadi pingin tahu tentang mangkok ayam jago ini. Mangkuk yang selalu menemani keseharianku di warung yang kadang sepi, kadang ramai, kadang juga jumpalitan sambil nulis ini itu.

Ini dia 7 hal fenomenal mangkok gambar ayam jago yang aku temukan:

1.     Ternyata ayam merupakan simbol kemakmuran. 
 
Mangkok ayam jago memang fenomenal
     Di China, ayam digambarkan sebagai pelancar rejeki. Intinya para pedagang memakai mangkok fenomenal ini biar warung makin makmur dan laris manis bak kacang goreng. 

      Baca juga: Bakso Planet Salatiga

2.    Yang namanya pedagang ya bangunnya (biasanya) pagi-pagi. Kecuali pedagang yang jualan di pasar malam atau pasar dini hari. Nah, Sobat pastinya tahu kalau di desa, yang membangunkan kita dengan kokokannya yang fenomenal siapa hayo? Ya si ayam jago!

Ayam jagolah yang rajin bangunin kita di pagi hari. Atau pakai weker?
 
3.    Katanya sih, kalau nggak bangun pagi rejekinya dipatok ayam. Nah lho, nggak mau kan?

4.    Mangkok ini biasanya buatan China. 

Mangkok ayam jago biasana buatan China
 
     Lihat di bagian bawah mangkok. Biasana tertulis made in China, atau ada juga yang bahasa China. Konon, sejak jaman Dinasti Ming, penggambaran ayam jago ini sudah ada. Bisa jadi karena perdagangan, mangkok fenomenal ini bisa sampai ke Indonesia. Oh ya gegara mangkok yang fenomenal ini, sering lho mangkok ketuker sama tetangga. Baru nyadar kalau dibalikkan gitu mangkoknya. Belinya kan satu merk, kok jadi beragam merk, ya?

     Baca juga: Cumi Pedas Hosh

 
5.    Tahukah Sobat, mantan anggota Jonas Brothers, Joe Jonas pernah memakai jaket dengan gambar mi ayam dalam sebuah mangkok ayam jago? Keren kan Sob, mangkok jago memang fenomenal.

Joe Jonaspun pakai jaket gambar mangkuk ayam jago (Sumber gambar: bintang.com)
 
6.    Ternyata mangkok gambar ayam jago ini tak hanya tinggal di warung Indonesia. Menurut whitepaperconcent.com ada juga di Malaysia, Singapura, Filiphina, juga Thailand.


7.    Mangkok ayam jago ini muncul di film Kungfu Hustle. 


      Film yang disutradarai, dibintangi dan diproduseri Stephen Chow ini memakai mangkok bergambar ayam jago lho, Sob. Sobat pernah nonton filmnya?

Bagaimanapun filosofi, makna serta beragam anggapan tentang mangkok ayam jago ini, bagiku sih ketekunan, kesabaran dan kerja keras tetap modal utama untuk meraih kesuksesan.

Simbol hanyalah simbol, kitalah pelakunya, Allahlah penentunya. Jadi kalau mau laris warungnya bukan masalah pada mangkoknya, tapi rasa dan cara kita menghargai pelanggan. Yuhui.. setuju, kan?

Tapi ngomong-nongong, ada nggak sih restoran mewah yang memakai mangkok ayam jago ini sebagai tempat makanannya?




65 komentar:

  1. Kabarnya shioku ayam hahahahaha bukan ayam kampus lho.... muantap mangkuk jadulnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak... selamat kalo gitu Mbak, banyak rejeki buatmu, amin :)

      Hapus
  2. Wdduhh...mba wahyu mengingatkan sesuatu kalo liat mangkok ayam jago itu.....mie ayamm....hhehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendadak aku laper :D belum sarapan hihihi

      Hapus
  3. hahaha aku baru nyadar Mba, iya ya ternyata nyari rejeki kudu bangun pagi kayak ayam, apalagi ayam lambang kemakmurah wkkwkw
    thank u Mba, buat artikelnya, nyadarin sesuatu yang biasanya sepele.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak semua harus bangun pagi juga. Banyak yg kerja malam, paginya tidur Nyi.
      Sama2 Nyi, makasih :)

      Hapus
  4. Mangkoknya sama legendarisnya dengan gelas blimbing ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, gelas blimbing aku juga punya :)

      Hapus
  5. Hahaha bahasan yang beda dari biasanya...cukup menarik dan inspiratif sekali...

    kalo dulu saingannya ayam jago.. mangkok ajinomoto...tahu gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, tahu banget. Masih ada mangkok miwon :D

      Hapus
  6. Tukang es campur di pasar juga pakai mangkok ini, Mbak. :D Di salah satu film Thailand, juga mangkoknya pakai ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kemana-mana ya mangkoknya hihihi. Aku belum lihat yang film Thailand Mbak

      Hapus
  7. Kukuruyuuuuk.... he he he. Pelukis ayam jagonya dulu siapa ya? Hik hik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu nggak tahu juga Mas Tri hihihi :)

      Hapus
  8. aku baru nyadar klo di film kungfu hustle nongol mangkok ayam juga mba hehe, sugest kali ya makan mie instant di rumah berasa lebih enak kalo pake mangkok ini sampe sengaja nyari ke pasar beli mangkok ayam buat dipake di rumah :D

    BalasHapus
  9. loh kirain itu asli Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tahu setelah gugling Mbak :)

      Hapus
  10. Trims mba..jd tahu falsafah si mangkok sejuta umat ini! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. iya Mbak, mangkok sejuta umat :D

      Hapus
  11. ngeliat mangkoknya aja udah bikin laper. iya ya ternyata bukan produk lokal. kalo ngeliat mangkoknya aja udah berasa di Indonesia padahal

    -MKS.
    http://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/easy-money-jual-barang-preloved-mu-di.html

    BalasHapus
  12. Waww.legendaris ya
    .setahuku.org pd pake mangkok.itu krna tebel
    .g mudah pecah. Hehe trnyata ad rahasia di dalamnya ya :)

    BalasHapus
  13. Wuiiihh... mangkok jago ada di Kungfu Hustle juga ya. Keren bener tuh mangkok ya mba hihiii...

    BalasHapus
  14. Keren yaa mba mangkok ini bisa nge-brand dari dulu sampai sekarang, eksis terus. dan kalau liat ni mangkok, aku jd pengen makan bakso atau mie ayaam..ternyata saking khasnya bisa membuat orang itu lapar gegara liat mangkok :)

    BalasHapus
  15. aku ga punya mba haha abis kayak orang jualan, jadi inget El Rumi anak Maia yang juga pake topi mirip mangkok ayam ini :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi makin tenar karena mirip mangkok ini topina el Mbak :D

      Hapus
  16. Wow jadi banyak info ttg mangkok ayam 😀 di rumah juga ada satu, mangkok ayam ini. Entah darimana, mungkin makan bubur lupa mulangin 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sama Mbak, mangkokku jg dari beragam merk meski tatonya sama, ayam jago :D

      Hapus
  17. Perusahaan tempat kerjaku juga mendatangkan mangkok jago ini dari China mbak, aku bahkan sampai punya lima lusin. Tapi pas pindahan rumah yg ini aku sumbangkan buat RT sini. Nggak ada tempat buat nyimpen, hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow! pesennya sampai china Mbak wati??
      Lima lusin bisa buat modal jualan hihi. Berkah Mbak mangkoknya :)

      Hapus
  18. Mangkok ayam jago mamahku punya warisan dari almarhumah nenekku heuheu, shioku juga ayam hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sangat legendarin di kalangan trah Mbak Vita nih :)

      Hapus
  19. Bisa dikatakan mangkok ini hitz mbak atau jaman dulu. soalnya sekarang jarang nemuin yang ginian.Di daerah saya ada mie ayam yang masih pakai mangkok ini mbbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mi ayamnya moga bisa legendaris kayak mangkoknya ya Mas :) di sini masih banyak :)

      Hapus
  20. ayam, ayam jago ada dimana mana, ayam everywhere

    BalasHapus
  21. Rupanya ngehits banget ya Mba mangkuk gambar ayam ini..
    Aku baru tahu kalau kepercayaan china,ayam adl lambang kemakmuran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat hits Mbak. Banyak yang puna juga, berfilosofi jugak :)

      Hapus
  22. Hahaha iyaaaaa mangkok kyk gtu identi dengan bakso dmn2 ya :D
    klo sekelas resto blm pernah tau sih ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di resto belum pernah nemu juga sih Mbak :)

      Hapus
  23. haha... mangkok fenomenal ini. baru tau saya ada filosofinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, makanya laris manis ya mangkoknya :)

      Hapus
  24. Unik. Saya malah baru tau kalo si mangkok ayam jago ada filosofinya

    BalasHapus
  25. Ini mangkok dari zaman aku kecil ... kalau liat mangkok ini jadi inget masa kecil beli baso ya mangkoknya mangkok ayam jago..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya Mbak. Jamanku kecil juga udah ada

      Hapus
  26. mangkok dg gambar ayam jago ternyata ada sesuatu yang sangat istimewa
    pada gambar ayam jagonya ya

    biasanya kalau di restorant putih polos saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak, peuh filosofi ternyata ya :)

      Hapus
  27. Filosofii dan legendaris banget mbak yaa mangkok ayam ini. Udah akrab sama mangkok ini sejak kecil apalagi kalau beli bakso dan mie ayam 😁😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, udah ada sejak lama banget ya Mbak. Lihat mangkok ini selalu inget masa kecil

      Hapus
  28. mangkok fenomenal banget ni, dari saya kecil sampe sekarang masih ada & lumayan kuat si ga gampang pecah.
    Saya dirumah ada satu tau dari kapan & dari mana dapetnya tapi masih awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Memang banyak kenangan si mangkok ayam jago ini hehehe

      Hapus
  29. selamat sore, kembali membaca tentang mangkuk yang bergambar ayam jago yang kaya filosifi

    BalasHapus
  30. Mangkok ayam ini terkenal banget. Aku pernah lihat pembuatannya di TV.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku malah belum pernah lihat pembuatannya Mbak

      Hapus
  31. Kungfu hustleee... Favoritku ama suami nih mba hihi
    kok aku nggak sadar ya ada mangkok gitu, ternyata bahkan mangkok bakso kita masih made In china ya. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, ini mendunia ternyata ya Mbak :)

      Hapus
  32. mangkok bergambar ayam jago ini usia penciptaannya memang sudah sangat tua sejarah panjangnya pun sudah membumi, maka tidak heran jika kemudian muncul 7 hal yang fenomenal dari mangkok ayam ini

    BalasHapus
  33. Sekedar informasi, mangkok cap ayam jago dibuat di Indonesia dengan perusahaan PT. Lucky Indah Keramik.

    BalasHapus