Senin, 14 November 2016

7 Kesalahan yang Bikin Malu, Malu-Maluin dan Ketawa, Kamu Pernah Mengalaminya?



7 Kesalahan yang Bikin Malu, Malu-Maluin dan Ketawa,
Kamu Pernah Mengalaminya?

Sumber gambar: startuphki
Hai, Sob.

Pernah nggak mengalami ketidaksengajaan yang bikin malu? Atau malu-maluin?  Dunia digital yang semakin cepat membuat kita bisa berinteraksi dengan rekan kerja, pasangan bahkan saudara walau jarak memisahkan. Namun, ketergesaan dan waktu yang sempit seolah membuat kita harus cepat memencet ponsel dan mengirim pesan. Padahal, bisa jadi ketergesaan itu membuat malu, marah bahkan ketawa dan malu-maluin.

Sobat mungkin pernah mengalami hal-hal di bawah ini:

1.  Salah emoji
Ceritanya, seorang teman menang lomba blog. Sebagai teman yang baik wajar dong kita kasih selamat ke dia. Ucapan selamat yang panjang lebar plus tanya trik tips bisa menang. Tak lupa tanya ini itu.


Di akhir kata maunya kasih tanda jempol ke atas. Tahu sendiri kan jempol ke atas bersebelahan dengan jempol ke bawah. Semoga letaknya sama ya emoji ponselku sama emoji ponsel sobat semua. Hehehe. Dan tara! Tahu sendirilah apa yang terjadi. Tanpa sengaja jempol ke bawahlah yang kupencet.

Hiksss… Permintaan maaf koar-koar kukeluarkan dong. Jadi nggak nyaman banget. Untunglah, itu temen sudah kenal baik di dumai dan dunia nyata. Huhuhu, maafkan jariku ini ya. Mules deh kalau inget.

Bisa jadi mau senyum malah emoji cemberut yang terpencet, hihihi.

Tips: Berhati-hatilah dengan apa yang kita pencet/tulis sebelum sent ya Sob.

2.  Salah kirim pesan ke teman
Kalau pesannya biasa aja sih gapapa ya. Kalau ehem-ehem? Maksud hati mau kirim pesan ke pasangan minta dibeliin pulsa dulu, eh  nyasar ke teman. Kalau teman deket isih rapopo. Kalau ke bos di kantor? Nyeseg nggak sih minta maafnya? Hihihi. 

Baca juga: Rekam Jejak

Kadang juga lagi pingin mesra-mesraan ke pasangan, kalimatnya so sweet dan beranting-ranting gitu, eh tak tahunya salah kirim ke teman. Haduh, bisa di-bully habis-habisan ya, Sob.

Tips:
-      Pantengin dulu namanya, bener nggak yang mau Sobat kirimin pesan.
-      Jangan pernah kirim pesan ke pasangan sambil nyambi yang lain Harus focus ya, Sob.

3.  Salah kirim pesan ke grup
Sebagai salah satu admin grup nulis, kadang jengah dengan postingan berbau `agak-agak` dari anggota grup. Nah aku sudah nulis sih panjang kali lebar bla bla bla. Aku sent dengan pedenya. Ternyata aku salah masuk grup kuliah, Sob. Huwa, malu pake banget deh, aku diketawain habis-habisan, katanya galaklah, kejamlah, segala macamlah mereka becandain aku. Semoga nggak terulang lagi ya, Sob.

Masih disyukuri sekedar salah grup, kalau salah kamar bisa ngebayangin nggak, Sob? Wkwkwk.

4.  Salah kirim pesan inbox facebook
Ceritanya sih lagi serius tanya-tanya naskah ke seorang penulis senior. Sekaligus chatting sama teman lama dengan bahasa yang konyol. Nah, nah, lagi serius nanya, aku salah kirim dengan bahasa konyol ke penulis senior. Malu-maluin banget ya, Sob. Kapok, deh.

Tips: Hindari chatting dengan banyak orang sekaligus. Selain jadi rancu, bisa aja terjadi salah kirim yang bikin malu-maluin.

5.  Salah tag status medsos
Karena tergesa nulisnya, aku pernah salah tag lho, Sob. Perhatiin deh kalau kita nulis status, kadang muncul banyak nama kan kalau kita mau nge tag teman? Nah karena tergesa itulah teman yang mau di tag si Rien Milansi keliru jadi Riena. Hehehe, siapa juga coba? Untungnya si Mbak nggak protes, cuma komen bingung, wkwkwk.

Tips: Janganlah tergesa-gesa nulis status. Baca ulang lagi sebelum sent ya. Walaupun kita bisa hapus atau sunting status tersebut.

6.  Salah kirim file
Ini sering banget aku lakukan. Bahaya ya, Sob. Diminta kirim scene A, nanti yang kukirim file scene B. Ini yang bikin aku pernah rempong. Entah karena kecapekan atau ngantuk berat, beradu jadi satu deh, Sob.
Pernah juga kirim file kosong ke media, padahal pengenalan di emailnya sudah mendayu-dayu banget, hahaha. Jadinya si editor malah balas email dengan lucu, nahan geli juga kali ye.

Tips: Jangan pernah kirim file saat mengantuk
Baca juga: Ngeblog?

7.  Salah kirim gambar
Biasanya sih gambar tentang lomba kepenulisan. Ada teman tanya mana  syarat-syaratnya. Ya sudah cari-cari di gambar WA, sambil lalu saja. Bukannya gambar lomba yang dikirim tapi gambar krucil lagi mainan. Wkwkwk, bikin ketawa ngakak deh, Sob.

Tips: Simpan gambar penting di laptop, hapus gambar yang nggak penting. Beri file sendiri tentang gambar-gambar tertentu.

Sobat masih mau nambah lagi?



This entry was posted in

25 komentar:

  1. Sering bangett mbaa wahyuu yang dialamin...malunya minta ampunn malahann...hhhheheh....namanya juga manusia tempatnya hilaf....hhe

    BalasHapus
  2. wah lengkap kali ya infonya mbak, benar jangan sampai salah dan malu-maluin

    BalasHapus
  3. Wuahaa..beberapanya pernah ngalamin..duh tapi yg poin no.4 itu tengsin bgt ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iya Mbak, awalna serius bin sopan, eh malah jadi kalimat konyol gegara salah ngirim

      Hapus
  4. Wah, ini mah pernah banget, Mbak! Paling2 minta maap langsung pas nyadar. Ga enak soalnya kalau ada yg tersinggung

    BalasHapus
  5. kalau saya yang paling malu, sih.. salah gandeng orang. kirain temenku trnyt org lain heheh
    salam kenal.. sudah aku follow ya blognya

    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. aku juga pernah!! wkwkwk, malunya tu lho.
      Oke Mbak, ntar ku folbek ya. Salam santun darikuh

      Hapus
  6. Seriing, salah ngartiin apa yg dimaksud lawan bicara..capek mbaak ngetranslate di otak :D ha ha ha...Ngomong sama pasien bahasa danish tiba tiba ketuker jadi bahasa Inggris :D kacau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, asal lawan bicara or chatna ora masalah yo gpp Mbak Dewi :D

      Hapus
  7. Kadang udah dibaca lagipun masih ada salah ya mbak Wid hehe.

    Kalau saya waktu skype di kantor pernah salah masuk alamat teman lain padahal udah ngomong panjang lebar...ee ternyata salah orang. Yang terima pesan paling ketawa aja sih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, untungnya nggak marah orange ya Mbak.
      Bener tetep aja ada yg salah hihihi

      Hapus
  8. ha..ha..aku alhamdulilah belum pernah sih. karena aku orange perfeksionis kadang-kadang. lucu juga kalau ngalamin kek gini. pastinya malu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malu banget Mbak Prana. Maluna pake banget :D

      Hapus
  9. ya ampun mba, kamu tahu banget wkwkwk
    aku pernah ngalamin semuanya :-D

    BalasHapus
  10. Kalau ini kesalahan yang sering terjadi saat mainan sosmed ya hehe
    Hmm pernah sih, yang paling memalukan aku salah kirim sms. Di dalam sms itu ada sangkut pautnya sama seseorang, eh malah aku kirim ke orang yang bersangkutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, betapa malunya ya Mbak, harus lebih ati2 memang :)

      Hapus
  11. hahaha aya aya wae mba pasti malu pisan ya :p

    BalasHapus
  12. saya pernah salah kirim gambar ke grup hihihi.... kebetulan di grup nya ada nama yg sama pula :D

    BalasHapus
  13. salah kirim pesan ini yang sering banget, iya ini efek dari melakukan chat dengan lebih dr satu teman, sering banget nih kejadian ☺️

    BalasHapus