Jumat, 24 Februari 2017

Cara Baju Licin Mulus Wangi Tanpa Seterika



Cara Baju Licin Mulus Wangi Tanpa Seterika


Dear, Sob. Menjadi anak kost sejak SMP membuatku harus pandai berdamai dengan situasi dan kondisi. Apapun keadaannya, setiap masalah harus ada solusi.

Salah satu masalah sepele adalah urusan seterikaan. Seterika sih sudah bawa dari rumah. Bisa buat nyeterika sewaktu-waktu sempat dan mau seterika. Masalahnya, listrik di tempat kost bakal njeglek alias padam apabila ada 2 orang anak kost yang menyeterika.


Pokoknya listrik harus super hemat. TV, seterika nyala, pompa air harus dimatikan. Padahal yang kost kan nggak hanya seorang dua orang tapi lebih dari sepuluh anak. Jadinya, menyeterikapun kudu antre hehehe.

Sedihnya buat aku yang waktu itu SMA sendiri. Mbak-mbak kost yang lain sudah pada kuliah, baju bebas bersyarat. Sedangkan aku masih harus pakai seragam. Kalau nggak diseterika, nggak kuat juga kan buat dipakai sekolah. Pasti kucel acak-acakan dan imejku turun drastis cie…

Bagaimana ya supaya seragam tetap rapi licin mulus tanpa diseterika?
Untuk menanggulangi hal-hal kayak gini. Ada tipsnya lho. Mau tahu?
1.     Cuci seragam seperti biasa. Tapi jangan diperas. Langsung taruh di hanger. Secara seragam kan kainnya tipis, jadi cepat kering. Waktu itu merantau di Yogyakarta cuaca panas.
2.    Kalau sudah benar-benar kering, lipat serapi-rapinya. Soalnya lipatan ini nantinya mempengaruhi hasil, wkwkwk.
3.    Semprotkan pewangi yang Sobat suka.
4.    Taruh seragam yang sudah dilipat di bawah bantal tempat kita tidur.
5.    Tidurlah dengan nyaman di atas bantal tersebut.

Paginya, lihat deh, seragam sudah rapi licin mulus dan siap dipakai ke sekolah. Walau nggak 100% kayak diseterika, cara ini lumayan bisa membuatku nggak stress saat nggak ada waktu buat seterika. Malas juga seterika apalagi antre menyeterika yang padat merayap, hahaha.

Ini nggak hanya berlaku untuk seragam, loh. Celana jins, kaos dan beberapa kain lain bisa kok. Tinggal dilihat saja jenis kainnya seperti apa. Ada kain yang benar-benar kucel kalau nggak pakai seterika. Kalau yang kayak gini tips di atas nggak berlaku lagi.

Sebetulnya ada lagi sih satu cara, biar nggak mikir seterika dan kita nggak ribet. Yaitu seragam di laundry-kan. Otomatis sampai di kita sudah rapi dan harum tinggal pakai. Namun untuk kantong anak kost yang pas-pasan ya mana kuat bayar laundry? Kalau aku juga mendingan uangnya ditabung buat beli serial Lima Sekawan dan Trio Detektif.

Yah, gitulah suka duka anak kost, seterikapun antre. Tapi nggak masalah karena semua masalah pasti ada solusinya. Setuju, Sob?

Baca juga:

69 komentar:

  1. Tips yang patut saya terapkan karena saya klau cuci baju hanya tergantung pada mesin cuci, asal lempar, mbak. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kadang ngak bersih Mbak

      Hapus
    2. OOT
      saya selalu menjadi telat maen kesinih, soalnya akun Disqus neng Admin nggak dipasangin URL blog ini, jadinya susah mau segera maen kesini teh....maenkesinih kalaupas ada kolomkomentar G+ yang neng admin juga komentar disitu....tau kan yang saya maksudkan?

      Hapus
  2. aku ga bisa mba klo ga disetrika hahaha rasanya lecek aja jadi dlu sblm ada ART bela2in dah aku setrika meski badan capek :p

    BalasHapus
  3. aku kalo lagi nggak males aku cuci dewe, tapi kalo sayah awake aku laundryin mba Wid :-D cuma jarak laundryan agak jauh gitu yang bikin males ke sananaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, moga ada bukaan londry yg leih deket Nyi

      Hapus
  4. Hhaha,,mbak baca paragraf pertama e sampeyan,, kayak pantun loh,, sengaja ya?
    Kalau mau semuanya ga pakai disetrika, ditaruh aja pakaian2 itu dibawah kasur? Jadinya nanti kasurnya penuh pakaian? :D iya mbak, mending seragam saja,

    BalasHapus
  5. aku gak suka setrika, jujur
    mending umbah-umbah banyak, biar bisa maen aer sambil nyanyi2 hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAu nggak mau Mas Ikrom, namana juga emak2 gada pilihan laen :D

      Hapus
  6. Saya hampir nggak pernah setrika baju lho, Mba. Hahaha bangga amat yak. Karena jemurnya pakai hanger. Palingan bahan katun yg gampang kusut aja yang disetrika.

    BalasHapus
  7. Hem, gimana ya? Nggk kepikiran sih tapi apa iya ya haha ..,
    baju nggk disetrika nggk pd banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iya sih kalo nggak biasa Mbak :D

      Hapus
  8. tips nya oke mbak...hemat tenaga, hemat energi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, Mbak Hany, tengkyu dah mampir ya

      Hapus
  9. kadang jadi anak kos itu memang suka menemukan hal yang baru terutama soal penghematan

    BalasHapus
  10. waktu aku tinggal di pondok ini jadi cara alternatif kalo lagi males nyetrika hehe

    BalasHapus
  11. cara 2-3-4-5 sudah sering aku coba lho mbak :D belajar dari anak kos-kosan hehe

    BalasHapus
  12. Aku klo males juga nggak semua tak setrika. Apalagi klo pas udara panas..gerah soalnya☺

    BalasHapus
  13. tips nya bagus mbak, cocok buat anak kos yang gak punya setrika hahaha..

    BalasHapus
  14. pernah nyoba naruh dibawah bantal karena malas nyetrika, eh kucing aku suka masuk2 ke bawah bantal kalo tengah malem. gagal jadinya huhuhuhu. tapi emang berhasil kok, dulu pernah nyoba karena takut bayar listrik mahal. maklum anak kost kudu hemat. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kucingna pingin yg anget2 y Mbak

      Hapus
  15. Waduh..
    Ini nyuci ala coboy yang sering saya terapkan waktu ngekost dulu he..he..

    Rupanya memory ngekost masih melekat ya!!

    BalasHapus
  16. Waktu jaman pesantern dulu cara ku merapihkan pakaian yaitu dengan menyimpanya di bawah kasur..
    nanti kalo pakaianya sering di tindihin dengan sendirinya akan rapi.

    BalasHapus
  17. Jemur pakai hanger, kering langsung masuk lemari, irit tenaga dan listrik, mbak :D

    BalasHapus
  18. kalau di sini aku juga ngga nyetrika..karena keluar mesin dryer udah garing dan buru2 dilipat rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik dong Mbak Nuria :) hemat tenaga dan listrik

      Hapus
  19. huaaa, idenya okeee. saya soalnya males banget nyetrika, apalagi kalo udah numpuk hehe

    BalasHapus
  20. Kuncinya ada di bantal dan pewangi ya
    Oke sip taksave triknya

    BalasHapus
  21. Hahaha, sebagai anak kost (yang baru berjalan) 5 tahun ini, saya juga pernah nyoba cara ini mbak pas jaman awal-awal ngekost terus blm punya setrika sendiri.

    BalasHapus
  22. Wah itu tidurnya harus tidur cantik dan kepala nggak boleh polah ya mbak, dan nggak boleh geser-geser bantal. Saya pernah loh kalau tidur nggak nyaman bantalnya digeser dan kadang dibalik juga :)

    Intinya jadi anak kost harus kreatif ya mbak. Makanya anak kost tuh pinter-pinter soalnya pikirannya jalan terus :)

    BalasHapus
  23. Mba wahyuuuu, kalau ditidurin bantalnya aku mah pasti bakalan lecek itu baju hahahahah XD aku tidurnya parah gerak sana sini XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti naruhnya di bawah kasur Mbak ihihi

      Hapus
  24. Bagi saya Menyetrika adalah hal yang njelimet dan cukup membingungkan. Setrika ternyata ada llmunya teurtama dalam hal bagian mana dulu yang harus diserrika dari sebuah kemeja, atau busana, Pengaturan panas yang tepat untuk bahan bahan tertentu, juga cara melipat baju yang sudah dietrika. Pengalaman sih. Begitu baju rapih distrika, giliran dilipat eh malah lecek lagi hieiheie. Ujung ujungnya pake gantungan baju. Salam dari Pontianak

    BalasHapus
  25. Pantesan aja jadi rapih ya mbk,,, wong malamnya di tindih tidur,, pakaian yang ada di bawah bantal jadi kejepit hehehee

    BalasHapus
  26. Wih mantap tipsnya kece juga ya... Bisa juga ternyata denganbantal jadi mulus itu pakaian...

    apa jadinya ya kalo sudah berkeluarga istri kita nyetrikanya pake bantal...butuh bantal yang banyak sepertinya heheh!!!!

    BalasHapus
  27. Ini dulu aku praktekin waktu masih kuliah. Biar gak nyetrika, wkwkwk

    BalasHapus
  28. Bajunya di simpan di bawah kasur tidur. Agenda rutin anak kost.

    BalasHapus
  29. Ooh gitu ya.. ...ini bisa dibilang tips alternatif cerdas neng.. ..bikin baju licin dgn cara hemat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepepet Mas jadi mau nggak mau :)

      Hapus
    2. nah itu dia masalahnya.....orang sekarang malah suka yg mepet mepet...

      mepet apaan coba?

      Hapus
  30. Sering aku lakukan ini mbak, secara aku anak kost..hehe

    BalasHapus
  31. Iya, paling males emang nyetrika. Aku jarang banget ngegosok, hmmm... soalnya aku pilih di-laundry. *emakmalas wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, udah kering dan diseterika ya Mbak :)

      Hapus
  32. praktis dan sederhana
    lumayan bgt tipsnya utk hemat listrik :D

    BalasHapus
  33. Ya udah tar saya bilangin sama ibu e. Tips baju licin tanpa setrika

    BalasHapus
  34. Aku pernah pakai cara ini saat masih SD, diajarin ibu biar baju sekolah tetap rapi walau tidak disetrika...ahaha

    BalasHapus