Rabu, 12 April 2017

Konsonan, Sebuah Cinta Karya Lukas Jono



Konsonan, Sebuah Cinta Karya Lukas Jono

Hai, Sob.
Sebuah rangkaian kata acak dalam sebuah puisi sering membuat kita berbeda penafsiran. Tak jauh dengan puisi-puisi karya Lukas Jono ini. Dengan pilihan kata yang lugas dan apa adanya. Kadang nggak nyambung dan terkesan acak, membuat makna-makna yang ada dalam untaian katanya berbeda dengan yang lain.

Jujur, aku harus berpikir ulang untuk memahami beberapa puisinya.

Sebuah judul puisinya, Konsonan (di halaman 10) akan membuat kita bertanya dan menjawab sendiri (mungkin).





Konsonan
Menjadi terik, saat aku baca
Mengelumat jiwa
Memenggal kepala di atas keras hati
Bait-baitnya meleleh di pelupuk mata
Tubuh-tubuh imajinasi menuntun naluriku
Hingga aku tak kesepian
Bersama Buku
Tingkir, 30-9-2013

Judulnya sangat menarik. Konsonan (nntara vocal dan konsonan) apa yang ada dalam hatimu, Lukas? Hehehe…
Ini merupakan buku kumpulan puisi kedua Lukas, setelah Tingkir, 2014.

Ini bisa cinta… terhadap buku yang sangat luar biasa. Banyangkan saja (sampai) memenggal kepala di atas keras hati. Wow banget ya, Sob. Memang buku membuat imajinasi kita melayang liar kemana-mana, sampai tak terdifinisikan.

Buku keren ini disunting oleh Mas Yuditeha. Yang harus memilih sekitar 400 san puisi karya Lukas Jono. Dan hasilnya memang luar biasa. Alasan yang membuat Sobat harus mempunyai buku Konsonan ini.

Ada puisi Oh Kekasihku (halaman 54) dengan 1 bait  terakhir yang rasanya gimana gitu.

Nyatanya tapi, bagiku suram ditelan ludah harapan


Ah ya, sedikit mengenal Lukas Jono memang menyenangkan. Tak pernah marah dan sangat murah senyum. Di sebuah kominutas baru yang aku datangi, selalu nyaman karena si Lukas ini akan selalu ada. Bayangkan, di Semarang, Salatiga, Ambarawa, Solo, Yogyakarta, Sumowono dia selalu hadir.

Jadi saat bengong tak ada teman yang kenal, si Lukas akan selalu ada. Dan, semangatnya untuk menulis luar biasa sekali. Pernah kopdar dan entah nyasar dimana sih ya waktu di Ambarawa. Hehehe.
Lukas juga sering menulis pesan-pesan yang selalu bikin tersenyum.

Membaca buku Konsonan karya Lukas Jono ini serasa melihat lukisan abstrak, yang tak terdefinisi, tapi dibuat dengan setulus hati. Setulus Lukas yang mencintai dunia menulis. Yup, Lukas, pendobrak yang patut diacungi jempol!

Judul           : Konsonan
Penuli           : Lukas Jono
Penerbit      : Garudhawaca, Yogyakarta
ISBN           : 978 602 6581 00 6
Terbit         : Januari 2017
Harga          : Rp. 45.000,-
Mau pesan? Bisa hubungi : 085743953138  (Lukas Jono)

Baca juga :



17 komentar:

  1. ini buku bisa dikirim ke Jakarta kah ? atau sudah dicetak diberbagai penerbit ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung hubungi cp di atas Mas :)

      Hapus
  2. saaya suka puisi, tapi terkadang membaca puisi suka membuat dahi mengernyit karena gak tau artinya apa... :)

    BalasHapus
  3. Baguss kayanyaa mbak :D Harus merenung baru bsa paham hehehe :D

    BalasHapus
  4. Saya juga pernah membaca karya-karya dari Lukas Jono, untain bait demi bait di susun begitu sempurna dan di balik bait-bait tersembunyi sesuatu yang membuat hati bergetar.

    Saya coba kontak beliau untuk pesan buku Konsanan. Terima kasih infonya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mbak Lisa :) Lukas memang aktif nulis puisi :)

      Hapus
  5. Bahasa puisi memang demikian adanya salah-salah kita bisa tersesat di rimbunnya aksara
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus Mbak, tersesat di rimbunnya aksara :)

      Hapus
  6. Salut utk lukas
    Sptinya dia emg berbakat di puisi y mbak. Kl di cerpen, kurang bgtu mudah dipahami hehe
    Aku malah blm beli bukunya hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes Mbak Rinda, bakatna di puisi :)
      kapan kopdar ?? kangen Mbak :)

      Hapus
  7. weih keren ya mbak.... bagi dong hihi

    BalasHapus
  8. Kadang aku sukar menerjemahkan puisi mba Wid hahahha

    BalasHapus
  9. Lukas Jono adalah inspirasi. :)

    BalasHapus