Kamis, 09 Januari 2020

Tips Cara Mudah Nulis 150+ Artikel dalam Sebulan


Tips Cara Mudah Nulis 150+ Artikel dalam Sebulan


Sabar memang tak mudah, berpsoses butuh kesabaran ekstra

150 + sebulan, bisa? 2020 penuh dengan harapan baru, gimana denganmu guys? Irt bukan jadi alasan berat bikin kita tak bisa berkarya, lho. Salah satunya memaksimalkan hobi. Eh, hobiku nulis, apa hobimu?


Foto by kickvick.com



 Dan, memaksimalkan menulis adalah salah satu cara mudah agar nggak jenuh dengan ribetnya alur keseharian. Terutama kegiatan begitu begono saja yang sungguh melelahkan tiada tara wkwkwk. Kali ini aku akan berbagi tentang cara mudah nulis 150+ artikel dalam sebulan. Sebulan ya guys, bukan sehari, jangan galfok, ya :p


Bagaimana Bisa?
Awalnya memang tak mudah. Nggak mikir juga bisa banget nulis sebegitu banyak artikel. Tapi, nggak tahu kenapa, nih, kalau dihitung-hitung secara kasar memang betulan lho aku nulis 150 artikel dalam sebulan itu. Belum nulis yang lainnya, helleh, apa coba?

Masa sih, hmmm, nggak percaya juga, nih. Kok bisa sebanyak itu? Entahlah, akupun tak tahu kenapa bisa seperti itu. Rasa-rasanya ya mengalir saja, nggak pernah hitung-hitungan. Nulis apa yang kusukai.

Kadang, ada beberapa tawaran membuat artikel dengan syarat ketentuan yang harus dipatuhi. Selama aku bisa, ya kubikin saja. Nggak perlu ribet, pokoknya bikin sebisanya dan sebaik-baiknya.


Nulis yang Disukai
Ceritanya nih, aku nulis beberapa artikel di berita online. Yang aku suka saja, sih. Tentang lifestyle, kadang infotainment atau inspirasi. Tergantung yang baca banyaknya dimana, hehehe.

Dulu aku lebih suka nulis tentang unik seru. Tapi, karena banyak projeknya di lifestyle, ganti haluan deh. Ha... begitulah. Sehari, minimal membuat 5 tulisan. Kalau bisa sih yang lagi viral.

Kalau nggak ya nulis saja mau kemana gerakan tangan ini bermuara. Nggak perlu pakai puyeng biar hepi nulisnya. 5 artikel x 30 hari sama dengan 150 artikel. Itu minimal, seringnya berlebih.

Biasanya aku bakal buat draft-draft baru untuk tulisan besok, besoknya lagi, lagi dan lagi. Paling nggak memiliki 10 draft artikel. Bisa kasar bisa pula hanya tinggal edit bahasanya.  


Tips Mudah Nulis Banyak Artikel
Mau tahu gimana mudahnya nulis 10 artikel dalam sehari? Bisa lihat di Cara Mudah Nulis 10 Artikel Lebih dalam Sehari.

 
Nah, kenapa bisa sebanyak itu? Padahal, kadang males melanda banget. Cobain yuk tips mudah ala-ala dariku ini:

1.    Cari sumber sebanyak mungkin. Lalu apa yang ingin ditulis? Untuk blog, untuk lomba, tergantung niche blognya apa. Seperti aku nih, lumayan gado-gado. Sumber supaya apa yang kita tulis lebih valid dan afdol, hehehe.
2.    Sudah punya bayangan hari ini ataupun besok, apa yang mau ditulis. Tentunya dengan melihat berita ataupun mengamati sekitar. Bisa pula kisah pribadi.


3.    Jangan pernah menunda untuk menulis. Dan ini berat banget, haha. Soalnya aku sering menunda-nunda seperti ini. Gimana nggak menunda, karena masih jualan dan urus keluarga juga. Tak masalah kok. The power of kepepet, pasti jadi.
4.    Konsinten. Kata sederhana ini muatan maknanya padat banget. Berat memang, aku merasakan beratnya konsistensi nulis ini seperti apa. Kadang semangat sampai berkali lipat. Kadang hilang bak ditelan bumi.


5.    Manajemen waktu. Buatku yang irt, nulis membutuhkan hawa yang hening semilir gitu, aha, nggak sih, butuh waktu supaya nggak ada gangguan. Biasanya disela jualan. Atau malam hari menjelang subuh. Sebelum kegiatan rumah dilakukan.
6.    Nulis dengan hati. Ah, ini kadang hanya ungkapan resmi. Tapi begitulah, saat nulis dengan hati, tulisan kita mau ditolak, mau nggak viral, tetap saja nulis. Tentunya dengan makin belajar dari banyak kekurangan.


7.    Banyak bikin draft. Apapun bentuknya, hancurnya dan nggak karu-karuannya, tak masalah. Ini sangat penting, dengan draft, kita sudah dapat menuangkan ide yang muncul. Tinggal editing walaupun ngeditnya juga butuh perjuangan. Bagiku pribadi, draft ini sering menyelamatkan saat kepepet.
8.    Nulis, nulis dan nulis. Dengan terus nulis, setiap proses menjadi lebih mudah. Singkatnya, nulis juga butuh jam terbang. Tambah banyak nulis, banyak tahu kekurangan kita, mulai meperbaikinya demi sedikit agar lebih baik.


Begitulah sekelumit yang kulakukan. Point 4 sangat penting. Aku pernah di titik terendah nulis. Males, jenuh dan blank. Saat seperti itu point 7 sangat membantu, lho. Lihat draft, tinggal deh eksekusi tambah ini dan itu. Jadilah sebuah tulisan. Dari nulis bisa pula nambah pendapatan, cek di Cara Mudah Menghasilkan Dolar dari Nulis.

Kapan-kapan bakal kutulis saat jenuh dan males nulis, apa yang harus dilakukan. Tunggu postingannya ya guys. Semoga bermanfaat, salam termanis dariku...

Tak mudah untuk berproses tapi itulah kekuatan dan perjuangan yang sesungguhnya.

Baca juga:

20 komentar:

  1. beneran itu mb widya nulis sampai 150 artikel dlm sebulan? OMG, saya aja 1-2 artikel sehari masih blepotan. ha. BTW, tipsnya simpel banget, coba besok mulai saya terapkan dan semoga bisa ngikutin jejaknya mb widya, he.

    BalasHapus
  2. 150 artikel.. waah banyak banget kak. Kalau aku belum sanggup kayaknya hehe. Tapi setidaknya selalu berusaha minimal 1 artikel per minggu. itupun dicicil disela-sela kesibukan sehari-hari. Semoga nanti bisa ditingkatkan lagi, jadi 1 artikel perhari hehe.

    BalasHapus
  3. Wuih...150 artikel sebulannya... luar biasa... tapi kalau memang hobi seharusnya ga jadi masalah ya..(bookmark dulu ah, biar dipraktekin satu2)

    BalasHapus
  4. Wow.. keren, Mbak. Saya saja 106 tulisan, itu pun setahun hahaha.
    Makanya target 2020 ini, coba 1 pos satu hari, dam semoga lolos sampai akhir tahun. Aamiin.
    Tapi memang Mbak, kalau menulis sudah cinta, maka menulis itu akan enjoy dan menyenangkan. Apalagi ide memang sudah ada di sekitar kita. Tinggal terus semangat menulis.
    Keren, Mbak Wahyu.

    BalasHapus
  5. 150 artikel sebulan, 1 hari berarti 3 artikel. Itu berapa kata mba 1 artikelnya? Dih aku keknya ga bisa deh, soalnya 1 artikelku rata2 1500 kata, itu juga nulisnya paling cepet 2 hari apalagi kalo harus croscek sana sini buat validasi tulisan. Mba keren deh bisa 150artikel sebulan

    BalasHapus
  6. Ya Allah, aku merasa blogger hina melihat ada rekan sesama blogger yg nulis 150 artikel 1 bulan. Harusnya kita juga bisa kayak gini ya? Ah, ODOP aja gak mampu aku tuh hahahaha


    Keren parah pokoknya.. aku gak ngerti lagi mau ngomong apa

    BalasHapus
  7. Kayaknya 1 tahun baru bisa capai target 150 artikel, haha. Mantap banget mba. Ini mah sehari bisa 5 artikel (tepuk tangan dulu). Keren banget haha. Aku pengen aplikasikan tipsnya deh, paling nggak 30 artikel sebulan di 3 blog sendiri hehe

    BalasHapus
  8. Sehari sekali aja masih gak terealisasi kak, apalagi sehari 10 artikel, duhh malu deh jadinya haha..
    Malesnya itu lho yg suka menghalangi, kadang kalau udah rebahan udah gak mau lagi nyentuh laptop buat selesaikan draft. Semoga saya bisa berubah jadi lebih sering nulis lagi, semangatttt hahaa

    BalasHapus
  9. bearti saat membuka tulisan blog, tetap fokus apapun itu yaa? jangan sampe nunda kan?

    BalasHapus
  10. Buset, nggak mampu aku sebulan full time aja nggak pernah sampai 20 hehe. Karena gampang bosen di depan laptop :3

    BalasHapus
  11. Keren banget gak bisa nulis 1 bulan sebanyak 150 artikel itu sama dengan target saya menulis 150 artikel untuk 1 tahun dan tipnya nya ingin aku terapkan biar saya bisa nulis sebanyak itu
    keren kak

    BalasHapus
  12. Dlu waktu aku masih aktif nulis artikel di UC News memang terbiasa kejar setoran 5 artikel sehari selama beberapa bulan mbak karena ikut project dollar. Tapi jujur, itu bikin tangan kesemutan & sempat kram sampai punggung. Setelah itu aku mulai kurangi target & gak ngejar lagi hehehee...
    Memang sih dapat dollarnya lumayan, tapi klo jadi kram dan ga bisa nulis lagi juga percuma ya. Jadi mulai perhatikan kemampuanku sendiri juga.

    BalasHapus
  13. Wahhh butuh konsistensi nih. Nah itu masih jadi pr utama bagi diriku sendiri si

    BalasHapus
  14. Keren deh, bisa nulis 5 artikel dalam sehari. Bukan hal yang mustahil juga sih, apalagi Mbak sudah buktikan sendiri. Kalau saya nulis satu postingan blog saja dalam sehari belum tentu kelar.. hehe..

    BalasHapus
  15. Habis baca aku langsung terpana. Ya ampun hebat banget mbaaaa, bisa banget. Aku aja nulis 1 artikel bisa 3 harian karena banyak diselak sama ini itu ini itu. Apa mungkin style ngetikku juga kali ya yang bikin lama.

    BalasHapus
  16. Zaman masih jadi full content writer pernah juga.. tapi sekarang udah capek.. wkwk.. masih ambil beberapa job sih, tapi lebih banyak nulis di blognya. Semangat terus mbak... konsistensinya kereen.

    BalasHapus
  17. Akj td awalny malah gafok ke mikir 150 kata dalam sehari. Haha.. Tpi keren bgt, bsa 150 per bulan. Aku cma setahun. Malah gc nyampe thun kmren. Huhuu

    BalasHapus
  18. Akj td awalny malah gafok ke mikir 150 kata dalam sehari. Haha.. Tpi keren bgt, bsa 150 per bulan. Aku cma setahun. Malah gc nyampe thun kmren. Huhuu

    BalasHapus
  19. Keren sekali ya bisa 150 artike dalam sebulan. Trus nulis artikelnya organik semua lagi ya, bakal meningkat tajam itu trafiknya. Makasi udah kasih tipsnya ya, Kak, semoga saya juga bisa konsisten nih nulis artikel di blog.

    BalasHapus
  20. Wah, keren... mesti banyak belajar dari sista ini... Aku belakangan ini susah banget nulis, harus jadi semakin banyak nulis draft ini

    BalasHapus