Jumat, 24 April 2020

Tentang Covid-19, Pengeluaran Tak Terduga Saat Corona


Tentang Covid-19, Pengeluaran Tak Terduga Saat Corona

Katanya, menurut menejemen keuangan yang baik, harus ada yang namanya pos khusus pengeluaran tak terduga. Katanya, lho ya. Memang benar juga. Hanya, lebih percaya pada realita kebanyakan orang kayaknya lebih pas gitu. Bagiku sendiri ini bisa dimentahin banget. 





Kondisi tak memungkinkan untuk segala hal yang berhubungan dengan rencana seperti ini. Sebagai orang biasa saja, mengatur keuangan pasti dan otomatislah. Tapi untuk merencanakan dalam kondidi tentang covid-19 ini tetap saja sedikit tahan nafas, tahan dompet, tahan lihat cowok ganteng juga, hehe. Ini karena pas puasa, wajib jaga pandangan, gituhhh… Dan kalau bisa sih kekepin dompet, haha.

Begitulah kehidupan, nggak ada yang tahu seperti apa pandemi ini kapan dan bagaimana akan berakhir. Saat ini yang dibutuhkan tetap semangat. Melakukan aktifitas di rumah. Nggak penting-penting banget ya tak perlu keluar rumah. Apalagi di bulan puasa hari pertama begini. Lebih baik di rumah saja, seperti anjuran pemerintah.

Sebetulnya, acara di rumah saja seperti ini kelihatan sederhana. Bukan masalah. Nggak enaknya sering lihat berita-berita negatif. Sampai bingung mana yang betulan mana hoax gitu. Pada akhirnya setelah sebulan di rumah, ada yang berubah drastis. Lihat isi dompet membuat tertakjub-takjub.

Ternyata, tanpa disadari ada banyak pengeluaran tak terduga. Sama sekali tak terduga. Tapi memang penting dan mau nggak mau harus dibeli. Untuk kesehatan dan keselamatan bersama. Tentang covid-19 ini, memang luar biasa. Nah ini dia pengeluaran tak terduga yang memang harus digelontorkan.

1.    Masker
Jelas banget masker menjadi peran penting di masa pandemi covid-19. Kemana-mana harus pakai masker. Dan beli adalah cara termudah apabila nggak sempat membuat sendiri.

2.    Cairan disinfektan
Karena bahan-bahan semuanya ada, ya buat sendiri. Tapi, masih ada juga belinya. Beli wadah semprotannya, hehehe.

3.    Hand sanitizer
Mau nggak beli, nggak mungkin juga. Bikin ragu deh dengan campuran yang benar seperti apa. Soalnya, saat keluar rumah dan jaman itu, belum banyak yang menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer ini berguna sekali. Aman ketika bepergian dan praktis.

4.    Kaca mata
Untungnya aku memang pakai kacamata. Hehehe, baru sekarang ini merasa beruntung pakai kacamata. Biasanya sih nggak nyaman dan jarang kupakai. Beli untuk suami dan anak-anak.

5.    Sarung tangan
Yang naik motor, ini penting banget. Sebetulnya aku jarang pakai. Dulu sudah pernah punya. Tapi entah kemana, deh. Akhirnya beli lagi.

6.    Sabun mandi dan sampo
Iya, mau nggak mau karena mandi sekarang ini jadi terlalu sering. Apa terlalu semangat mandinya gitu ya, tsahh…. Karena pergi sebentar sudah harus mandi lagi. Gitu kalik yang bikin boros.

7.    Deterjen cuci
Sama nih, dari bepergian sebentar saja, harus ganti baju semua. Akhirnya deterjen cepet habis ya wajar dong. Cucian segunung, pengeluaran deterjen tentu bertambah.

Ditelisik lagi sih memang penting semuanya. Dan masih ada pengeluaran lainnya. Tak masalah. Asal kita pintar mengatur pengeluaran dengan dana yang dimiliki. Yang punya anak kecil kayak dakuw, mungkin ekstra lebih lagi. Karena sabun, hand sanitizer, sampo dan sejenisnya cepat banget habis dan habis lagi. Buat apa? buat mainan. Haha, kudu sabar dan tabah seluas samudra tiada tara.

Buat Kamu sendiri, apa lagi sih pengeluaran tak terduga ketika covid-19 ini masih menghantui?


Hari ke-5 #BPNRamadan2020

0 komentar:

Posting Komentar