Senin, 27 April 2020

7 Tips Betah di Rumah, Nomor 7 Aku Banget

7 Tips Betah di Rumah, Nomor 7 Aku Banget


Ada banyak cara supaya tetap betah di rumah. Meskipun tak mudah, bisa dilakukan semua orang. Aku sendiri, awal #diamdirumah saja memang nggak menyenangkan sama sekali. Semuanya terkesan buntu.




Mau apa-apa mikir, mau keluar rumah mikir lagi. Nggak boleh kalau nggak penting banget. Mau buka warung juga mikir. Makin mikir ketika libur panjang si kecil diperpanjang entah sampai kapan. Nggak bisa membayangkan akan seperti apa liburan terpanjang sepanjang masa ini.

Membosankan? Semua orang merasakannya. Sedihnya, pendapatan  berkurang drastis juga. Nah, untuk mensiasati tetap semangat meskipun #diamdirumah, ada banyak cara dilakukan. Bagiku #diamdirumah tetap harus menghasilkan. Selain melakukan hal menyenangkan lainnya.

Sedikit atau banyak hasilnya, biarlah menjadi misteri Tuhan semata. Memang awalnya mikir tak habis pikir juga. Tapi, ada banyak yang bisa dilakukan kok selama #diamdirumah saja.

Ada beberapa tips yang kulakukan saat #diamdirumah seperti ini. Tentunya, sebagai perempuan harus punya ide dan cara agar semuanya berjalan dengan baik. Termasuk kelangsungan dapur supaya tetap mengepul.

Ini dia tips yang tetap bisa dilakukan biar tetap betah di rumah. Siapa tahu menginspirasi yang lain. Semoga bermanfaat. Cekidot:

                        1. Jualan online
Telah banyak orang yang melakukannya. Temasuk dakuw. Karena berjualan offline di masa pandemi covid-19 tentulah sangat rawan. Berjualan secara online bisa dilakukan meskipun tetap #diamdirumah. Yang kulakukan adalah jualan beras, sirup, brownies, donat dan banyak ragam lainnya. Barang yang ada dan bisa kulakan atau reseller, langsung deh dipromosikan. Promosi bisa lewat status WA ataupun instagram.

                        2. Memasak
Biasanya, pasar tiban selalu ada saat Ramadan. Tahun ini berbeda, karena memang tak boleh ada yang namanya kumpul banyak orang. Yang suka memasak, bisa lho tetap jualan di rumah dan menawarkan tentunya secara online juga.

                        3. Memaksimalkan hobi
Ada banyak hobi yang tertunda dengan adanya covid-19 ini. Tapi, tak ada salahnya tetap #diamdirumah dengan memaksimalkan hobi yang mungkin terbengkalai karena kemarin terlalu sibuk. Kali ini saatnya melakukan hobi yang tertunda tersebut. Hobi yang bisa dilakukan di rumah lho, ya. Misalkan saja baca buku. Kesempatan yang sayang untuk dilewatkan, bukan?

                        4. Membereskan rumah
#diamdirumah memang membosankan kalau tak melakukan apapun. Bisa lho bikin jadwal membereskan rumah biar nggak gabut seharian. Misalkan saja Senin membereskan rang tamu, Selasa ruang keluarga dan selanjutnya. Lumayan kan daripada bengong saja?

                        5. Melakukan kegiatan bersama si kecil
Ini juga kulakukan bersama krucils duoku. Layak banget kalau bosan. Emaknya saja bosan. Tapi bermain di rumah bisa menjadi hal menyenangkan. Misalkan saja menyelesaikan puzzle besar yang tertunda.

                        6. Menjahit
Memang, buat yang nggak suka menjahit hal yang sangat kurang menyenangkan. Bagiku, libur terlalu panjang ini pingin buka mesin jahit lagi. Lalu cari-cari baju yang bolong atau terlepas kancingnya. Saatnya dibetulkan, deh, hehehe.

                        7. Menulis
Aku banget nih, haha. Inilah yang kulakukan setiap hari, menulis apa yang dilakukan hari ini. Karena hobiku menulis. Menulis cerita bersambung yang kuposting di instagram, mengutak atik gambar, atau menulis di blog. Karena platform berita online tempat aku biasa nulis juga sedang kena lockdown. Ya sudah, deh. Sabar seluas samudra. Tetap nulis biar tangan lentur dan menorehkan apa yang ada di pikiran. Siapa tahu bermanfaat buat sesama.

Begitulah, tetap banyak yang bisa dilakukan meskipun #diamdirumah. Bukan alasan untuk bosan, jenuh dan malas. Dari rumah juga mampu menghasilkan. Yang mana versimu?



Hari ke-8 #BPNRamadan2020

2 komentar:

  1. menulis sambil menikmati acara tv upin n ipin mbak wahyu.
    gimna puasanya mbak wahyu ?

    BalasHapus
  2. Waaa sama sih ini. Nomor 7 aku banget wkwk. Semenjak #dirumahaja blog dan instagram jadi rajin unggah tulisan

    BalasHapus