Kamis, 30 April 2020

7 Menu Rumahan Ini Layak Dicoba, Mudah Banget

7 Menu Rumahan Ini Layak Dicoba, Mudah Banget


Halo, dari dulu, aku sama sekali nggak suka dan nggak bisa masak. Kecuali masak mi instan. Semua varian rasa mampu deh memasaknya. Dari rebus hingga goreng, haha. Tapi makin ke sini dan usia uzur, mau nggak mau ingin kasih yang terbaik buat keluarga. Salah satunya membuat menu sehat bergizi untuk keluarga tercinta.



Mungkin, ada yang heran dan nggak percaya. Kalau aku dengan pedenya membuka warung makan sederhana. Jual makanan jadi pula, rica-rica. Itupun hasil kursus kilat ma suamik, hihihi. Urusan masak memang dia lebih oke. Lha gimana lagi, supaya dapur tetap mengepul. The power of kepepet gitu, deh.

Menjahit sudah ahli, walaupun bikin rok atau baju yang jahitannya nggak ribet. Atau cuma betulin kancing lepas. Berkebun tahulah dikit-dikit, wong ndeso gini. Bikin kruistik? Ahlinya, udah banyak hasilnya di dinding. Bikin asesoris? Hallah, gampang. Pernah jualan jaman dulu kala, hasil karya sendiri. Menulis buku, udah ada hasilnya, walau tetap masih belajar.

Lalu, apa keterampilan yang harus dipelajari saat ini, ya? Sayang kalau waktu terbuang percuma di libur super panjang dan belum jelas sampai kapan berakhir.

Aha, memasak!

Banyak cara biar #dirumahaja selalu menyenangkan. Dan saat work from home dan #dirumahaja ini kesempatan mempelajari hal baru yang aku nggak begitu suka, tapi berguna buat keluarga. Memasak! Masakan rumah sederhana dan nggak membutuhkan dana besar. Lagipula aku nggak punya alat-alat canggih untuk masak memasak.

Nggak selalu sukses, tapi nggak gagal terus juga. Ini dia 7 menu rumahan yang antara gagal nggak, tapi tetap saja lezat dimakan, hehehe. Keterampilan baru yang mengasyikkan. Bahan lumayan hemat, tergantung isi kulkas juga. Mudah pula, meskipun ada gagalnya. Lihat saja yuk....

1.    Salad buah

Menu rumahan salad buah
Salad buah isinya melon, pisang, pepaya

Sederhana dan mudah. Walaupun awalnya bingung, kebangetan memang aku, nih. Ternyata bikin salad itu gampang banget. Tinggal buah dipotong kecil-kecil. Taruh wadah, kasih mayonaise, susu kental manis dan keju. Jadi, deh. Enak banget. Nggak punya mayonaise, ya susu saja sudah enak. Sttt, ini diajarin keponakanku.

2.    Martabak

Menu rumahan martabak
Martabak, endes banget

Bikin kulitnya saja selalu gagal, huhuhu. Parah, kan? Untunglah ada keponakan yang membuatku semangat untuk bikin lagi dan lagi. Hingga si kulit bisa mulus tanpa cacat. Uplek isinya juga nggak perlu ribet. Karena nggak punya daging, kornet dan sejenisnya, daun onclang saja ditambah telur, garam dan ulek bawang putih. Rasanya endes banget. Aku bikin kulit mulus saja sudah bersyukur banget guys, hehehe. Sampai jadi martabak, itu sesuatu....

3.    Donat

Menu rumahan martabak
Donat, walau nggak mulus, jadi juga dan enak

Tahukan Kamu bahwa donat pertamaku gagal total hancur nggak karuan. Walaupun rasanya terbilang enak. Akhirnya coba lagi dan lagi. Syukurlah bikinan kedua sukses. Takaran bahan jangan salah, deh. Keliru sedikit bisa ambyar semuanya.

4.    Brownies kukus

Menu rumahan brownies kukus
Brownies kukus, nggak kalah endesnya

Awal bikin juga gagal total. Tengahnya nggak mateng masih meleleh gitu adonannya. Kesalnya! Malu-maluin banget kan bikin brownies kukus aja gagal total. Bikinan ke 3 baru deh sukses dan langsung ludes saat masih anget.

5.    Ayam goreng kelapa

Menu rumahan ayam goreng kelapa
Ayam goreng kelapa paling anak-anak suka

Gara-garanya, di grup jaman kuliah ada yang posting. Aku minta resepnya, dong. Sejujurnya paling males buka youtube gitu. Selain boros kuota, haha, juga nggak yakin bisa gitu masak lezat. Ternyata bikin menu ini gampang. Tinggal ungkep ayam seperti biasa. Saat setengah matang, masukkan kelapa. Tunggu matang. Lalu goreng ayamnya. Baru deh kelapa digoreng sekaligus bumbu-bumbunya. Anak-anak senang banget!

6.    Kelan pindang tahu

Menu rumahan kelan pindang tahu
Kelan pindang tahu

Punya ikan pindang biasanya cuma digoreng doang. Lalu dibuatin sambal. Nggak kreatif banget, ya. Untung, deh, diajarin suamik bikin kelan ala pantura gitu. Ternyata mudah, lho. Hanya bawang merah, bawang putih, cabe hijau dan merah diiris, gula jawa dan garam. Ditumis kemudian masukkan santan. Pindang dan tahu dimasukkan juga. Beres. Ini nggak pakai gagal guys. Sukses jugak.

7.    Kering tempe

Menu rumahan kering tempe
Kering tempe

Ini agak sulit. Sulitnya itu saat tepat memasukkan tempe yang sudah digoreng ke adonan gula merahnya. Huhuhu, selalu nggak pas. Kalau nggak terlalu lembek, malah terlalu kering. Jadi keras gitu. Setelah mencoba beberapa kali, baru deh sukses dadakan. Senang banget rasanya.

Itu dia 7 menu andalan yang layak untuk dicoba. Sebuah keterampilan yang awalnya aku blas nggak minat dan nggak suka, akhirnya tertarik mempelajarinya. Eh ternyata memasak itu nggak sulit juga. Tapi butuh proses. Nggak sekali jadi. Banyak gagal jangan bikin patah semangat.

Kegagalan itu sukses yang sedang nyasar. Jadi sabar saja, ihirrr...


Hari ke-11 #BPNRamadan2020

0 komentar:

Posting Komentar