Selasa, 17 Maret 2020

Mengatasi Demam Dengan Koyo Demam


Mengatasi Demam Dengan Koyo Demam

            Demam merupakan naiknya suhu tubuh yang melebihi batas normal.  Demam yang tinggi pada anak atau bayi biasanya melebihi 40 derajat dapat menyebabkan kejang demam atau yang biasanya dikenal dengan step yang sangat berbahaya bagi anak. Bahkan kejang yang dialami anak ini jika berlangsung melebihi waktu yang lima belas menit beresiko mengakibatkan kerusakan otak maka jika sudah demam tinggi disarankan untuk segera membawa kerumah sakit terdekat. Namun jika demam masih ringan dan kenaikan suhu masih normal maka bisa diatasi dirumah terlebih dahulu.

Mengatasi Demam Dengan Koyo Demam
Foto by id.hansaplast.co.id


            Cara mengatasi demam dari zaman dahulu bisa dengan banyak cara. Salah satu cara mengatasi demam yang sudah terkenal yaitu dengan mengompres. Mengompres sendiri merupakan metode fisik untuk menurunkan suhu tubuh atau menghambat kenaikan suhu tubuh melalui mekanisme penyerapan energi dari demam lalu mentransfer energi tersebut pada molekul air dan menurunkan suhu demam melalui penguapan. Mengompres dengan cara yang dulu dilakukan dengan menggunakan kain yang dibasahi kemudian diletakkan pada bagian tubuh yang mengalami demam. 
            Namun bagaimana sih mengompres dengan cara yang benar ? Cara mengompres yang benar dengan meggunakan air hangat dan bukan menggunakan air dingin. Air dingin hanya malah meningkatkan suhu tubuh . Manfaat dari kompres air hangat juga akan membuka pori-pori sehingga panas pada tubuh bisa keluar melalui pori- pori tersebut. Kompres sebaiknya dilakukan sekitar 15 menit. Cara mengompres anak demam yang selama ini dilakukan adalah meletakkan di kening. Perlu dipahami juga bahwa kompres penurun panas yang efektif adalah dengan meletakkannya didaerah lipatan seperti ketiak atau paha. 

            Alasannya mengompres kepala kurang efektif karena terhalang tulang tengkorak. Jadi paling efektif sebenarnya berada di lipatan-lipatan pembuluh darah besar. Disitulah pembuluh darah lewat terjadinya penguapan. Tujuannya juga agar panas keluar lewat pori-pori tubuh. Namun tahukah kamu bahwa sekarang ada yang namanya koyo demam. Koyo demam ini bisa dikatakan teknik mengompres dengan cara baru. Dengan hanya menempelkan sebuah koyo demam bisa menurunkan demam anak dengan tidak perlu bolak balik mengganti kompres. Koyo demam digunakan sebagai alternatif bagi  anak anak bahkan juga orang dewasa untuk meredakan demam dan rasa panas yang kurang nyaman saat demam.

            Kompres instan ini biasanya berupa gel dingin yang akan memberikan rasa nyaman saat demam juga sakit gigi dan koyo demam ini bisa digunakan dalam jangka waktu maksimal 10 jam dan dapat membantu meredakan demam. Tetapi tetap jika suhu sudah diatas 40 derajat maka lebih baik dibawa kerumah sakit terdekat dan jika masih suhu tubuh sekitar 38 derajat bisa menggunakan koyo demam untuk mengatasinya.

Mengatasi Demam Dengan Koyo Demam
Foto by id.hansaplast.co.id

            Era sekarang memang banyak varian dan model koyo demam. Dalam memilih koyo demam juga harus hati hati. Kita juga harus memilih koyo demam yang sudah memiliki merk terpercaya dan jika sudah digunakan tidak menimbulkan kemerahan atau alergi di kulit. Salah satu merk didalam bidang kesehatan yang terkenal seperti Hansaplast. Hansaplast sendiri mengeluarkan Koyo demam untuk anak anak dengan gambar dan warna yang menarik. Dengan gambar kartun anak anak ini diharapkan anak tidak takut memakai koyo demam dari Hansaplast. Koyo demam dari Hansaplast seperti Hansaplast cooling fever Disney frozen, hansaplast cooling fever marvel avenger. Tetapi tidak juga menyediakan khsusus anak anak ada juga untuk orang dewasa yaitu Hansaplast Plester Kompres Demam.

0 komentar:

Posting Komentar