Selasa, 07 Desember 2021

Review Buku Trio Detektif, Misteri Nuri Gagap, 7 Burung Penuh Teka Teki

Bacaan wajib zaman SMP ini kuminati kembali sejak aku suka nulis novak atau novel anak. Petualang dengan banyak ide cerdas untuk membongkar kasus yang muncul menimbulkan kreativitas tersendiri. Untuk itu, aku mulai hunting buku-buku jadul terbitan lama dengan tampilan klasik.

Trio Detektif, Misteri Nuri Gagap

Koleksi buku dan majalah zaman SD memang terbilang lumayan, tapi sudah banyak yang hilang (dipinjam tidak balik) atau dijual ke loak. Ketika menemukannya lagi di IG atau aplikasi toko online, jiwa petualang meronta ingin keluar. Jadilah aku mencari ke beberapa penjual second buku jadul.

Kali ini aku mau kupas tuntas Misteri Nuri Gagap, nuri yang tergagap-gagap dan  ternyata memiliki pesan khusus dalam ucapannya itu. Mampukah Trio Detektif menyelesaikan misteri ini?

 

Tentang Trio Detektif

Bagi kamu yang belum kenal dengan Trio Detektif, aku kenalin dulu, ya. Mereka adalah remaja yang tinggal di Rocky Beach, sebuah kota kecil di pinggiran kota Los Angeles, dekat Hollywood. Nah, karena kesukaannya pada misteri atau hal-hal yang berbau tanda tanya, mereka mendirikan Trio detektif.

Penyelidik satu adalah Jupiter Jones, penyelidik dua Pete Crenshaw, catatan dan penelitian oleh Bob Andrews. Ketiganya memiliki markas di tempat Jupe (Jupiter Jones). Berupa bekas karavan tua yang tak tampak dari luar karena tertutup barang bekas milik paman dan bibi Jupe.

Markas lengkap tersebut berisi peralatan khusus yang dibuat sendiri dari barang bekas. Mulai dari televisi, tempat afdruk foto, kamera walkie talkie hingga telepon. Kreatif, kan? Gimana, lanjut langsung ke petualangan mereka, yuk.

 

Misteri Nuri Gagap, 7 Burung Penuh Teka Teki

Awalnya Trio Detektif diberitahu sutradara kenamaan yang merupakan sahabat mereka, Alfred Hitchcock. Memberitahukan Mr. Festriss kehilangan burung nuri, Billy Shakespeare. Burung nuri dengan kicauan tergagap dan berulang aneh, lalu petualangan dimulai.

Dari seekor burung nuri, merambah ke 6 burung lainnya sehingga ada 7 burung yang harus dicari. Gegara burung, mereka bertemu orang-orang yang sama-sama mencari ke-7 ekor burung tersebut. Mulai dari Mr. Claudius hingga Huganay yang dengan beragam cara licik membuat Trio Detektif kian terjepit.

Makin lama, penyelidikan berlangsung seru dan Trio Detektif harus menghadapi hal-hal yang tak disangka. Keselamatan mereka terancam dengan banyaknya halangan yang datang tanpa diduga.

Ke-7 burung itu, yang entah dimana keberadaannya perlahan mulai ditemukan.  Masing-masing burung ternyata memiliki satu pesan rahasia untuk menemukan sejenis harta karun. Harta ini berupa lukisan indah yang sangat mahal harganya.

Sayangnya, burung ada yang dicuri dan ada yang ketemu tapi kemudian dicuri. Tinggal satu burung beo, si Blackbeard yang hafal semua pesan burung lainnya, termasuk kicauan Billy yang gagap. Kunci kicauan burung inilah Trio Detektif mampu menerjemahkan pesan penuh teka teki dan tempat dimana lukisan kemungkinan disembunyikan.

Ada pesan yang menyebutkan Sherlock Holmes, buat kamu yang suka kisahnya, pasti paham banget. Di sini, ada alamat yang menggunakan alamat pemilik detektif andalan tersebut. Wuih, saling silang bikin kepo banget, kan?

Sesaat ketika teka teki itu terjawab, di tempat pekuburan lawas dan harapan sudah di depan mata, Huganay datang serta merampasnya. Padahal ternyata arti dari teka teki tersebut salah. Huganay marah sedangkanTrio Detektif kesal bukan main. Mampu lari dari Huganay, ketiganya lalu berkumpul di markas besar.

Semuanya masih kecewa dengan kejadian perampasan barusan dan murung, mendadak Jupe menemukan sesuatu yang tak terduga. Sesuatu yang menjawab semua teka teki tentang nuri gagap dan pesan 6 burung lainnya.

Apakah lukisan berharga tersebut akhirnya ditemukan Trio Detektif? Tentunya kamu dapat menjawabnya dengan mudah, namanya juga Trio Detektif. Akhir cerita tak usah kutulis, ya, biar pada penasaran.

Meskipun buku seri Trio Detektif ini sudah hampir berpuluh tahun yang lalu, tetap saja menarik untuk dibaca. Jangan heran, aku sudah beberapa kali membaca buku ini. Tetap saja pas ada waktu luang membaca lagi tak ada bosannya, wkwkwkw...

Buku seri Trio Detektif mana lagi nih yang kamu ingin aku review? Ramaikan di komentar ya.

 

Judul                          : Misteri Nuri Gagap

Seri                             : Trio Detektif

Penulis                      : Robert Arthur

Penerbit                     : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan                     : Kedua, April 1982

Jumlah Halaman        : 196

 

#TrioDetektif

#misterinurigagap

#reviewbuku

#resensibuku

 

Baca juga:

Resensi Buku Perempuan Penyapu Halaman, Karya Pepih Nugraha

Review Novel Pelangi Kehidupan, Karya Rohani Panjaitan

Review Buku Temanku Istimewa, Karya Arinda Shafa dan Wahyu Widyaningrum

1 komentar:

  1. 3 dektektif, buku cerita yang bagus dan bisa jadi inspirasi anak-anak untuk jadi seorang polisi bagian intel lah mbak.

    BalasHapus