Kamis, 20 Februari 2020

Ulang Tahun Penawara ke 7 dan Launching Buku Meretas Batas Dunia Kertas

Ulang Tahun Penawara ke 7
dan Launching Buku Meretas Batas Dunia Kertas


Tanggal 4 Januari 2020 sebetulnya merupakan ultah Penulis Ambarawa atau biasa disingkat Penarawa yang ke 7. Tapi karena berbagai hal, ultah tahun ini diselenggarakan Jumat, 14 Februari 2020. Bertempat di gedung baru nan epik, Lantai 2 Perpustakaan Daerah Ambarawa, perhelatan tasyakuran Ulang Tahun Penarawa ke 7 ini digelar. Sekalian dengan launching Buku Meretas Batas Dunia Kertas.


Ulang Tahun Penawara ke 7  dan Launching Buku Meretas Batas Dunia Kertas




Penulis Ambarawa atau Penarawa
Perjalanan panjang memang telah dilalui Penarawa. Ketua awal Penarawa Mas Agus Surawan, Kemudian Mas Nararia dan sekarang adalah Bu Budiyanti. Tiga ketua yang penuh dengan inspirasi. Meskipun beberapa jeda ada. Kekosongan dan kevakuman membuat Penarawa terus berbenah.

Penarawa bangkit, mulai bangkit dan bergerak lagi dengan banyaknya mimpi baru di depan mata. Semangat baru dimulai membuat hal-hal epik di komunitas menulis ini. Aktif sinau bareng di grup WA dan setiap Jumat jam 1 siang ada pelatihan menulis di Gedung Perpustaan Daerah Ambarawa dengan pengampu rutin Bu Budiyanti.


Panitia ribet tapi santai
Persiapan acara ini memang lumayan ribet juga meskipun sederhana. Tak mudah menyatukan banyak kepala dalam satu wadah. Syukurlah, semuanya tetap bisa memberi yang terbaik. Terkhusus buat panitia yang terus menerus berkoordinasi.

Salut buat Bu Budiyanti, selaku ketua Penarawa bangkit yang nggak bosan ngopyak-opyak panitia lainnya. Juga anggota yang lain untuk urun rembug. Rapat juga diagendakan beberapa kali. Tapi aku hanya bisa datang sekali saja. Karena cuaca benar-benar kurang mendukung. 


Selain Bu Yanti ada Bu Maria Utami yang ngurusi acara, Bu Widyastuti dengan ide-idenya. Pak Erpani yang trengginas banget nih ngurusin perkap. Mbak Intan yang super cekat ceket bikin ini itu dan undangan. Bu Tirta Nursari yang aktif banget tetap tenang dalam kondisi apapun dan selalu ada solusi baru.

Mbak Irena yang selalu siap sedia ngurusin keuangan. Mbak Meykke dengan cepat tanggap meski masih ada di Merauke. Mbak Hany yang ngurusin buku ini dari awal hingga akhir. Juga donatur yang sangat baik hati dengan kaos dan segalanya. Juga Mbak Arinda yang rela meluangkan waktu walau si krucils masih ribet. Kalian kece badai gengs.

Dakuw, hanya bisa intip-intip dan ngedoain semuanya lancar jaya dari jauh huhuhu...


Ulang Tahun Penarawa ke 7
Berkumpul dan ketemu banyak teman baru selalu istimewa. Pemotongan tumpeng, doa-doa terindah, tak lupa penampilan dari kelas menulis. Semuanya nggak terungkapkan kalau bisa seramai ini. Dan tentu saja ketemu teman yang lama tak jumpa.

Kedatangan para senior yang sangat menginspirasi juga. Pak Bambang Iss Wirya, wartawan senior yang tulisannya mantap banget. Aku suka baca di ulasannya di koran lho Pak. Juga yang selalu mendukung Penarawa dari awal, Pak Bambang Eka Prasetya. Mas Agus Surawan, aku belum kelar ngobrol seru sama Mas Agus nih. 

Ulang Tahun Penawara ke 7  dan Launching Buku Meretas Batas Dunia Kertas


Pak Bambang Murdiyanto, terimakasih untuk supportnya yang luar biasa. Pustakawan Perpusda Ambarawa yang selalu mendukung. Mbak Winda, Mas Daniel dan Elvira dari Teater 1000 Wajah Ambarawa, Mbak Dini Rahmawati dari KSS3 Temanggung, Teman-teman PBA (Perempuan Berkebaya Ambarawa) dengan kebayanya yang cantik dan wow banget guys. Kelingan (Keluarga Literasi Ungaran), GBM (Guru Bisa Menulis) juga kelas menulis Perpusda. Serta yang tak bisa disebut satu persatu.

Lagu Indonesia Raya tak lupa dikumandangkan dengan dipimpin Bu Umi Basiroh, jagoan nyinden yang semangat nulisnya mbuh deh. Tertakjub-takjub dakuw nih. Bu Maria sebagai MC juga membuat suasana hidup banget.


Ngobrol Seru Dibalik Layar Meretas Batas Dunia Kertas
Buku inspiratif ini merupakan kumpulan antologi yang ditulis oleh Penarawa. Ditulis oleh: Arinda Shafa, Nurma Baiti, Fitriana Dyah, Rohani Panjaitan, Maria Utami, Budiyanti Anggit, Intan Indarwati, Mutiara Cinta, Erpani, WW, Tirta Nursari, Lulu Bariroh, Sugiharto, Umi Basiroh, Yekti Sulistyorini, Meykke Santoso, Musyarofah, AR, Widyastuti.

Ulang Tahun Penawara ke 7  dan Launching Buku Meretas Batas Dunia Kertas


Bagaimana mendobrak keterbatasan yang ada. Ekonomi, semangat, nyinyiran bahkan hal lain yang kadang, tak terpikirkan di kepala. Dipandu oleh penyiar kondang Bu Tirta Nursari, bincang seru ini makin panas saja walaupun tetap santai.

Tak lupa doorprize dari banyak donatur. Pengumuman anggota yang paling aktif di grup yang diumumkan Mbak Meykke Santoso. Bu Umi Basiroh tak terkalahkan, Bu Budiyanti dan Bu Maria Utami. Walah, mereka keren-keren semua. Aku mundur teratur sodara-sodara.

Semoga menjadi inspirasi buat teman-teman yang lain. Setiap masalah yang muncul, selalu ada solusi. Dan bagaimana cara kita mendobrak keterbatasan itulah yang akan memunculkan hal baru yang lebih dahsyat.


Foto Bareng
Acara yang paling tak terlupakan tentulah foto bareng. Haha, ini nggak bisa dilupakan begitu saja. Karena bisa ngumpul seramai ini belum tentu bisa setiap saat dilakukan. Begitulah, masih belum move on dari kumpul seru ini guys.

Ulang Tahun Penawara ke 7  dan Launching Buku Meretas Batas Dunia Kertas


Semoga Penarawa makin bangkit. Dengan segala membuminya, alaminya dan apa adanya. Geliat literasi makin membahana, dan ada tunas muda baru yang akan membuat dunia makin indah. Di tengah keterbatasan yang ada.

Selamat ulang tahun Penarawa...

Baca juga: 

1 komentar:

  1. Keren Bu...sayang sy tdk bisa datang. Sukses selalu utk Bu Wahyu dan Penarawa

    BalasHapus