Sabtu, 30 September 2023

Laptop Terbaik ASUS Vivobook 14 M1405, WFH dan Membersamai Orang Tua Makin Berkualitas

Laptop Terbaik ASUS Vivobook 14 M1405, WFH dan Membersamai Orang Tua Makin Berkualitas

 

Seminggu pasca mbarep masuk asrama.

Hari itu puncak kangen pada si mbarep membuat simbahnya mbrebes mili, saat kuperlihatkan live PPSMB* Pionir di kampusnya. Formasi 10 ribu lebih maba atau mahasiswa baru sukses bikin melongo, takjub!

“Wah cilik-cilik banget, mbarep ora ketok,” kata Mbah Kung sedikit tergugu, rindu.

“Lha sik ndi mbarep?” tanya Mbah Uti dengan membuka mata lebar-lebar menatap ke arah HP. Matanya berembun dan tetes rindu itu akhirnya tumpah juga.

ASUS Vivobook 14 M1405


Di layar HP yang kecil tentu saja orang tersayang dan telah membersamaiku itu jelas hanya tampak remang-remang. Duh, kenapa nggak kepikiran pakai laptop saja?

Terburu, masuk kamar mengambil laptop yang baru kugunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dan mencabut kabel dari colokan. Pet! Waduh, laptop malah mati.

Aku menggaruk kepala yang tak gatal. Lah ini nanti booting malah lama dan tentu Mbah Uti Kung nggak sabar mau lihat cucunya yang hanya berupa titik-titik hitam kecil di layar, saking banyaknya maba.

Pasrah sudah, akhirnya nonton sampai akhir melalui HP dengan aku yang ngedumel sendiri. Apalagi simbahnya tetap antusias meskipun jelas terlihat tampang cucunya sama sekali.

Terbersit doa sundul langit: Ya Allah pengen punya laptop ASUS Vivobook 14 M1405 andalan untuk WFH dan membersamai orang tua.

 

Berbagai Drama Kehidupan

Jadi begini, sebagai ragil aku tinggal di keprabon bapak dan ibuku yang sudah lanjut usia, 85 plus. Otomatis, anakku juga sangat akrab dengan simbahnya atau kakek neneknya tersebut.

Untuk jauhan, terlalu berat dan menyedihkan. Oh ya, untuk ‘membahasakan’ anakku, aku memanggil bapak ibu dengan sebutan Mbah Uti dan Kung.

ASUS Vivobook 14 M1405


Beberapa drama kehidupan hadir saat si mbarep akan melanjutkan pendidikan selepas SMA yang benar-benar menguras energi. Syukur alhamdulillaah akhirnya impian ke kampus biru Jogja terkabul sudah.

Walau sebetulnya simbahnya berharap cucunya melanjutkan di Semarang karena dekat rumah hanya 1 jam berkendara. Sedangkan ke Yogyakarta sendiri butuh waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Jauhan gini, simbah bakal rindu teramat dalam.

Apalagi, yang Semarang juga diterima, yaelah drama lagi dan setelah mengalami perenungan teramat dalam, Jogja adalah pilihan. Kata si mbarep ‘soale ibuk juga alumni sana’. Ah, mbrebes mili aku mendengarnya.

Rindu Simbah VS Kegagalan Video Call

Akhirnya si mbarep masuk asrama, berjauhan dengan keluarga serta simbahnya, rindunya.... Untuk komunikasi jarak jauh mengandalkan video dan telepon.

Nah, untuk video call ini, juga menjadi drama yang antara sedih tapi juga bikin terkikik geli bagi kung utinya. Pakai HP apalah yang terlihat bagi mata lansia?

Akhirnya laptop menjadi solusi agar wajah si mbarep tampak jelas dan simbahnya puas melihatnya karena rindu. Walau laptopku sudah berat bebannya dan terseok untuk itu.

Waktu video call benar-benar kupersiapkan, baterai laptop full, dan sudah janji sama si mbarep jam berapa mau kutelpon.

Video call pun dimulai, saat simbahnya duduk santai di kursi kayu andalan belakang untuk bersantai, aku angkat laptop dari kamar setelah menghubungi si mbarep lewat WhatsApp Web.

Laptop kutaruh di meja tepat di tengah di meja depan bapak dan ibu.

“Mbarep, Mbah,” kataku sambil membenarkan laptop agar nyaman di hadapan beliau. Wajah sepuh itu langsung bersinar, melihat ke layar yang memperlihatkan mbarep sedang makan nasi kucing bungkusan.

“Assalamualaikum Mbah,” kata mbarep di video, samar-samar tidak cetho.

“Waalaikumsalam, wah lagi maem? Kok sithik maemmu?”

“Lha kok kuru, opo sangune kurang?”

“Kok rupamu ra jelas to le?”

Yaiyalah mbah, batinku. Memang kecerahan, warna de el el sudah nggak layak banget. Namun, aku tetap saja senyum-senyum sambil memperhatikan interaksi simbah dan mbarep.

Pet!

Lagi seru-serunya, laptop mati. Wadawww!

“Ngopo kui kok mbarep ora ketok neh?” Wajah sepuh kedua orang tercinta itu menatapku heran. Wajahnya menyiratkan kesedihan, duh...

“Sik mbah, leptope eror,” sahutku sambil utak utik on off, tapi tetap tak berhasil.

Doaku di sela mbrebes mili: Ya Allah, butuh laptop ASUS Vivobook 14 M1405 yang mumpuni dan membuat simbah bisa video call sepuasnya sama cucu tersayang. Amin…

Berita Viral Tinggal Wacana

Drama berikutnya cukup mengenaskan saat harus membuat news today. Sebagai freelance writer portal berita, harus sedia kapan saja untuk menulis berbagai hal, terutama yang sedang viral.

Jam tujuh malam, bos sudah ngoyak-oyak untuk membikin thread berita tentang kejadian viral yang masih anget. Rem blong di exit tol pada Sabtu (23/9) yang mengagetkan jagad maya dekat wilayahku mengakibatkan beberapa korban jiwa.

[Kamu ulas tuntas ya]

[Ya]

[Kisah lain juga bisa diunggah yang berhubungan]

[Ya]

[Yang akurat datanya]

Ah ya… aku rempong sekali mencari sumber langsung dari teman yang dekat daerah tersebut. Sudah jadi satu tulisan, kirim. Jadi 2 kirim. Jadi 3, kursor tak bisa digerakkan. Ya sudahlah, aku matikan dulu lalu hidupkan laptop lagi. Eh, malah hilang itu tulisan.

Sungguh. Aku pasrah, akhirnya kuminta teman untuk menghandelnya dengan cepat. Benar-benar tragis mengenaskan antara nyesek, tapi nggak boleh patah semangat. Apalagi kalau ingat harus bayar UKT Uang Kuliah Tunggal si mbarep wkwkwk.

Muncullah doa dari hati paling dalam: Ya Allah, saat mengejar dolarpun harus memiliki sabar seluas samudra raya, mau dong ASUS Vivobook 14 M1405 yang support penuh kinerjaku, amin.

Mimpi dan Rencana-Rencana

Dan, drama-drama lain terjadi dengan sendirinya. Seperti membuat konten si crocodile skink dan blue tongue skink milik keponakan terbengkalai.

Mbah Kung yang pingin nonton tinju jadoel zaman Mike Tyson juga belum kesampaian. Padahal aku sudah menjanjikannya nonton via laptop. Dulu Mbah Kung memang suka sekali nonton video tinju kelas dunia dengan kaset video jadoel.

Aku juga berangan merekam jejak foto orang tua dari dulu saat nikah hingga punya cucu selusin belum kesampaian. Selain itu memaksimalkan nulis berita viral buat dolar juga tersendat, belum lagi membuat pesanan artikel dan lain sebagainya.

Namun, sebagai freelancer sekaligus harus dapat memberi yang terbaik buat keluarga dan orang tua. Kudu bakoh kata orang Jawa yang artinya kuat. Work from home nggak boleh down tapi harus lebih profesional.

 

Kenapa Pilih ASUS Vivobook 14 M1405?

Ada banyak hal mengapa aku tetap tangguh dan menginginkan ASUS Vivobook 14 M1405. Brand mumpuni ini sudah terkenal sejagad maya dan nyata sebagai perusahaan yang memiliki reputasi andal dalam bidang teknologi.

ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia.

ASUS Vivobook 14 M1405


Salah satu andalannya adalah ASUS Vivobook 14 M1405. Laptop dengan AMD Ryzen™ 7 7730U Mobile Processor memiliki berbagai fitur mumpuni bagi yang bekerja di rumah.

Body slim, layar jelas dan sangat menyamankan aku yang hampir 8 jam lebih setiap harinya di depan laptop.

Laptop ekstra tenaga dengan fiturnya canggih banget yaitu layar berengsel 180 derajat. Engsel datar dengan presisi yang tepat memudahkan untuk berbagi konten bahkan ketika menyelaraskan dengan tempat duduk orang tua ketika melihat live ataupun video call si mbarep.

Webcam juga nggak kaleng-kaleng soalnya ada tombol khusus untuk on dan off mikrofon. Desainnya manis dan eksklusif dengan dua pilihan warna black dan cool silver serta Windows 11 yang support banget kinerjaku sebagai freelance writer.

"Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari."

Menariknya lagi laptop terbaik versiku ini cocok saat membersamai lansia dengan kesehatan menjadi kunci utama. ASUS Antimicrobial Guard Plus yang auto melindungi bagian yang sering tersentuh.

Aku tak boleh terkena virus bakteri apapun sebab bersinggungan langsung merawat dan rawan bagi orang tua yang usianya sudah 85 plus.

Nah, berikut sederet keunggulan ASUS Vivobook 14 M1405 yang yakin banget membuatku membersamai orang tua makin berkualitas dan kinerja WFH tak kalah pro!

Layar Jernih, Suara Jelas

Layar laptop ASUS Vivobook 14 M1405 memberi pengalaman visual baru dengan WUXGA (1920 x 1200) rasio 16:10. Seolah nonton di bioskop mini, layarnya cukup jelas dengan visual gambar andalan.

ASUS Vivobook 14 M1405


Layar memiliki sertifikat TÃœV Rheinland untuk emisi cahaya biru rendah. Mau nonton drakor, main game, kerja wow semuanya, lancar jaya!

ASUS juga mengusung teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) untuk efek webcam supaya panggilan video lebih optimal. Gambar HD dengan kejernihan tiada tanding semua tampak jelas dan tajam selama panggilan video.

Laptop juga menggunakan ASUS AI Noise-Canceling Technology untuk mengisolasi kebisingan yang ada di sekitar kita. Ini pas banget untuk yang kerjanya memerlukan interaksi dengan beberapa orang sekaligus dalam sambungan video.

Pekerjaan mengetik menjadi lancar jaya nggak capek mata dan tentunya masalah video call simbah dan cucu bukan masalah lagi. Layar ASUS Vivobook 14 OLED, brighten your vision dengan tampilan super jelas dan mata sepuh simbah aman dengan layar ini.

Suaranya ya jelaslah sangat pro! Dan, pastinya bisa puas memandang wajah sang cucu yang sedang menimba ilmu di Jogja.

Performa Mumpuni

Keputusan untuk kerja di rumah, mengais receh dan tidak meninggalkan orang tua serta keluarga itu cukup berat Ferguzo. Tapi nggak boleh ngeluh kalau sudah menjadi pilihan.

Kan ada ASUS Vivobook 14 M1405 yang mendukung kinerja di rumah, jadi kenapa harus mengeluh, ragu, was-was? Tenang saja, semua sudah ada yang ngatur kok, termasuk bisa pilih yang terbaik untuk WFH dan membersamai orang tua.

Kinerjaku yang kadang tak terjadwal baik harus membuatku sat set dan kebut-kebutan dengan waktu. Merawat orang tua oke, kerja ya pol-polan harus makin profesional.

ASUS Vivobook 14 M1405 memberikan keleluasaan penuh sebagai pendamping kinerjaku dengan lebih berkualitas sekaligus dekat orang tua.

Tenaga laptop oleh Prosesor AMD Ryzen™ 7 7730U didukung memori cepat 16GB DDR4 memory, penyimpanan SSD cepat 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD, dan WiFi 6E. Semua data yang ada aman dan mudah dalam penyimpanannya.

Serempong apapun, supportnya benar-benar luar biasa. Prosesor AMD Ryzen™ sudah jelas teruji kekuatannya dan sangat irit daya. Meskipun menggunakan aplikasi berat, kinerja tetap ampuh dan sat set tanpa perlu lemot atau drama loading yang bikin stress.

Emohlah kalau lemot, soalnya aku harus cekatan membagi waktu untuk kerja dan orang tua saat mau makan, berjemur dan rutinitas harian lainnya.

Laptop Tipis dan Ringan

Laptop super tipis sangat cocok buatku yang kadang perlu membawanya untuk kerja sekaligus mendampingi orang tua. Misalnya saja ketika harus mengantar orang tua rutin kontrol ke rumah sakit atau dokter.

Rutinitas mengawal orang tua berjemur, nonton TV dan ngobrol perlu manajemen waktu terbaik karena aku harus mengantar, menunggu dan tentunya tetap harus kerja. Berjemur paling tidak setengah hingga 1 jam, dapat menyelesaikan dua atau 3 artikel sekaligus.

Kontrol ke rumah sakit paling tidak membutuhkan waktu setengah hari. Saat menunggu antrean, aku masih bisa menyelipkan waktu untuk mengerjakan kerjaan dengan tenang, tentu selama orang tua terkondisikan dengan baik.

ASUS Vivobook 14 M1405 ini tipis dan ringan banget. Kalau berat ya maleslah gotong sana sini bikin repot saja. Namun, semua anti repot karena laptop slim banget dengan berat 1,6 kg dan dimensi 31.71 x 22.20 x 1.99 cm.

Bahkan kalau mau nengok si mbarep ke Jogja motoran akan lebih praktis dan bisa menaruh di ransel punggung tanpa beban. Males dong kalau mau nengok anak malah serasa bawa carrier. Emangnya mau naik gunung, mbak? Wkwkwk.

Tenang aja, bahu aman nggak pegel, nggak perlu pakai koyok tinggal wer motoran.

Saat lelah perjalanan bisa berhenti di masjid atau minimarket untuk melanjutkan kerja dengan baterai anti ngedrop. Kemudian, melanjutkan perjalanan lagi tanpa takut boyok-en atau encok gegara bawa barang terlalu berat di punggung.

Pokoknya war wer war wer terasa nggak bawa apapun deh di punggung dan bahu. Etdyahhh, ASUS Vivobook 14 M1405 benar-benar laptop terbaik versiku.

Laptop dengan ASUS Antimicrobial Guard Plus

Membersamai orang tua itu harus dengan kebersihan level tinggi. Apalagi sejak covid merajalela beberapa waktu lalu. Nah, karena hampir setiap saat aku bersentuhan dengan laptop dan orang tua, kebersihan harus terjaga dengan baik.

ASUS Vivobook 14 M1405


Untunglah Laptop ASUS dengan Antimicrobial Guard Plus sehingga area laptop yang sering disentuh tetap higienis. Antimicrobial Guard Plus dapat menghalau 99% virus Covid-19 dan bakteri lainnya. Emang deh, cocok banget sama kebutuhanku.

Keunggulan ini sungguh bikin aku nggak panik dan khawatir sebab semua harus cepat. Dengan higienitas andalan, WFH dan membersamai orang tua tetap dengan kesehatan maksimal dong.

Baterai Andalan

Meskipun WFH, menggunakan laptop terbaik versiku nggak bisa hanya dengan duduk manis di meja kerja kamar doang. Musti jinjing sana sini tergantung situasi dan kondisi simbah.

Apalagi tetap harus ready apapun yang  orang tua butuhkan tapi kerjaan juga beres, maka urusan baterai laptop tak bisa diabaikan begitu saja. Pastinya, membutuhkan baterai yang tahan lama sehingga nyaman saja ketika harus merawat orang tua dan kerjaan juga beres.

ASUS Vivobook 14 M1405


ASUS terbaik menggunakan baterai 42WHrs dan 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion yang awet dan tahan lama. Bahkan mengisi baterai rendah hingga 60% dalam 49 menit saja.

Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5 mampu memaksimalkan konektivitas internet. Oh ya, untuk konektivitas port I/O yang komprehensif. Terdapat pula port USB-C® 3.2 Gen 1 dengan pengiriman daya, dua port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, port USB 2.0, output HDMI®, dan soket kombo audio.

Semua itu memudahkan dan sangat praktis untuk menyambungkan ke periferal, layar yang ada dan proyektor. Selain efisiensi waktu mengisi, cepat terkoneksi, hemat daya dan WFH makin sat set juga.

Begitu lengkap semua hanya ada di laptop terbaik ASUS Vivobook 14 M1405. Siapa yang nggak ingin meminangnya? Begitupun diriku ini.

 

Laptop Terbaik WFH Versiku Tanpa Harus Meninggalkan Orang Tua

Banyak hal lain yang dapat kumaksimalkan dengan WFH makin pro sekaligus membersamai orang tua juga tak kalah berkualitasnya.

ASUS Vivobook 14 M1405


Mengapa demikian? Tentu saja dong, soalnya begini…

WFH Profesional

Jelaslah aku nggak panik lagi mau kerja sambil merawat orang tua, nyambi goreng tempe, bahkan menemani berjemur saat pagi hari semakin menyenangkan.

Memori tangguh, aman menyimpan data, laptop juga kujinjing kemana-mana aman jaya karena ringan dan nggak panik baterai drop.

Ah, indahnya kerja di rumah sekaligus memaksimalkan kebersamaan bersama orang tua tercinta.

Nulis Berita Viral Gas Pol

Nulis berita yang lagi viral juga cepat nggak masalah pokoknya.  ASUS Vivobook 14 M1405 pilihan terbaik siap membersamaiku dalam suka duka agar hasilnya viral terus.

Semangat Bikin Konten yang Tertunda

Ya, ini adalah angan yang masih kurintis. Ketika keponakan memelihara si buaya darat crocodile skink dan blue tongue skink auto pingin banget bikin konten ala-ala tips memelihara gitu. Hewan menggemaskan dan tentunya menjadi spesial.

Dengan laptop terbaik ASUS VivoBook 14 M1405, mengedit video dan gambar bukan masalah lagi, yaelah pokoknya pro dan berkualitas!

Video Call Lancar Jaya

Nggak ada lagi drama video call muka blur, ilang, atau malah perangkat mati. Tahu sendiri kan ASUS Vivobook 14 M1405 tahan banting dengan layar super jelas dan suara bak di bioskop.

Melihat pancaran sepuhnya, senyum dan kebahagiaan dengan melihat cucunya walau lewat video call, bagiku sudah membuat hati menggigil syahdu, ngilu penuh rasa syukur. Simbah pasti tersenyum senang lihat tingkah polah cucunya yang jauhan.

Ah, sereceh itu tapi membahagiakan.

Kangen Terkondisikan dengan Baik

Inilah yang penting, saat mau nonton ulang formasi PPSMB Pionir yang gagal total pada awal tulisan ini bisa lancar tanpa gangguan. Saat mau nonton video kiriman si mbarep, bukan masalah lagi sebab laptop layarnya pas. 

Rasa kangen untuk si mbarep yang membuncah setiap harinya sudah aman tenteram terkondisikan dengan baik.

Eh tahu nggak sekarang simbahnya juga suka nonton video terutama saat kubikinkan video foto-foto lama yang dibuat seperti rekam jejaknya dari dulu hingga sekarang.

ASUS Vivobook 14 M1405


Ah, bapak ibu, bagaimana aku bisa membalas semua jasa dan cintamu.

Nulisnya kok jadi sambil mbrebes mili ya…

Jujurly, cuma ASUS Vivobook 14 M1405 pilihan terbaik versiku #LaptopTerbaik #LaptopASUSGue. Kerja di rumah semakin profesional, membersamai orang tua penuh cinta dan berkualitas tiada batas.


Dalam jeda WFH-ku tetap membersamai orang tua tersenyum sederhana 

dan rindu cucu jauh pengikat hati tuntas dengan 

Laptop Terbaik ASUS Vivobook 14 M1405

www.awanhero.com

 

ASUS Vivobook 14 M1405

0°Black      Cool Silver

AMD Ryzen™ 7 7730U Mobile Processor

DDR4 16GB

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

WUXGA (1920 x 1200) 16:10 aspect ratio

Windows 11 Home


Foto by asus.com/id

PPSMB: Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru

1 komentar:

  1. Sebetulnya laptop ini sudah bagus dari segala sisi. Cuman internal storage 512GB itu berasa kurang, karena kapasitas segini tuh cuman setara sama smartphone. Minimum laptop jaman skrg sihh harus 1TB.

    BalasHapus